pantai bletok

Berada tepat di jalur jalan utama antar provinsi, memang membuat Pantai Bletok sebagai salah satu objek wisata terkenal di Situbondo. Apalagi pantai ini memiliki pemandangan yang cantik dengan pesona pasir hitam yang juga begitu eksotik.

Bagi Sedulur yang sedang ingin melakukan perjalanan ke Situbondo atau menuju Bali menggunakan jalur darat, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan destinasi ini sebagai lokasi istirahat sejenak.

Nah, agar Sedulur bisa menikmati setiap sudut Pantai Bletok dan semakin seru saat bersinggah. Mari simak ulasan lengkap tentang pantai satu ini di bawah ya!

BACA JUGA: Gurih dan Sedap! Nasi Sodu, Kuliner Legendaris dari Situbondo

Mengenal Pantai Bletok

pantai bletok
Unsplash/Umberto Gorni

Pantai Bletok merupakan salah satu objek wisata bahari yang berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Lokasinya berada di sepanjang pesisir utara Pulau Jawa, letaknya juga sangat strategis karena berada di jalan utama antar provinsi.

Pantai Bletok memiliki area pantai yang tidak begitu luas. Namun, pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai kegiatan seru dan fasilitas memadai. Sedulur bisa menikmati pemandangan indah seperti hamparan laut lepas dengan air laut berwarna biru yang tenang dengan siluet pegunungan di sisi lainnya. Keindahan ini akan semakin terasa saat Sedulur datang di sore hari karena bisa melihat momen matahari terbenam yang menawan.

Pantai Bletok juga dilengkapi taman yang ditata rapi dengan tulisan ‘Pantai Bletok’ yang juga menjadi penanda serta ikon dari pantai ini. Tempat terbaik di pantai ini adalah terdapatnya sebuah dermaga. Dermaga yang dibuat dari bebatuan yang ditata sedemikian rupa.

Lokasi dan Rute

Lokasi pantai ini sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dicari. Alamatnya berada di Jalan Raya Pasir Putih, Mlandingan, Desa Bletok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Apabila Sedulur ingin mencapai pantai ini, ada beberapa rute yang bisa dilalui. Namun, rute terbaik dan paling populer adalah dengan melewati Jalur Pantai Utara atau Pantura. Misalnya dengan menjadikan Alun-alun Situbondo sebagai titik berangkat, maka akan menempuh perjalanan sekitar 27 km. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 35 menit berkendara.

Sedulur bisa mulai mengambil jurusan ke arah utara di Jl. KH. Wahid Hasyim menuju Jl. Achmad Yani atau Jl. Raya Pantura atau Jl. Situbondo – Banyuwangi dengan jarak 27 km. Kemudian sampailah di objek wisata Pantai Betok yang ada di sebelah kanan jalan dengan tulisan Pantai Bletok.

Harga Tiket Masuk

Untuk biaya masuk atau harga tiket masuk, pantai ini juga dikenal sangat murah meriah. Sedulur tidak dikenakan biaya saat memasuki pantai. Namun, ketika ingin melihat dermaga maka cukup membayar sebesar Rp5 ribu dan sudah bisa menjelajahi area sekitarnya.

Sementara itu, untuk biaya tambahan lain hanya ada biaya parkir saja. Untuk kendaraan seperti motor biasanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp1.000, sedangkan mobil umumnya dikenakan biaya Rp4 ribu.

Jam Operasional Pantai

Pantai ini juga bisa diakses kapan saja karena buka selama 24 jam dan setiap hari. Namun, untuk beberapa spot di dalam pantai seperti warung makan atau kantin mungkin bisa tutup sesuai dengan jam operasionalnya.

BACA JUGA: Pantai Bama: Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Keunikan Pantai Bletok

pantai bletok
Unsplash/Micah Hallahan

Sebagai salah satu pantai yang berada di jalur utama antar provinsi, Pantai Bletok memang cukup istimewa. Sedulur bisa menemukan banyak sekali keunikan pantai ini, berikut beberapa diantaranya:

1. Dermaga pantai yang istimewa

Tempat terbaik di pantai ini adalah keberadaan dermaga yang menjorok ke lautan. Dermaga ini terbuat dari tumpukan bebatuan yang ditata sedemikian rupa dengan begitu kuat. Dermaga ini aman jika dilewati dan sebagai tempat nongkrong bagi para pengunjung.

Berada di dermaga ini, wisatawan dapat melihat pemandangan yang cukup indah. Ditambah dengan hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat menikmati panorama pantai lengkap dengan pemandangan Gunung Raung yang terlihat begitu menawan melalui dermaga ini.

2. Sunset yang indah

Sore hari tempat ini menjadi favorit para pengunjung untuk menikmati sunset atau matahari terbenam. Hamparan laut luas dengan air laut berwarna biru, sangat indah ketika menjelang senja. Warna jingga matahari menjadi spot menarik untuk foto bersama atau selfie.

3. Pemandangan eksotik perahu nelayan

Pemandangan Pantai Bletok ini cukup indah untuk dinikmati. Sudah tersedia fasilitas bangku untuk duduk menikmati panorama. Hamparan lautan lepas dan keindahan garis pantai yang bersatu dengan buih ombak.

Sedulur juga akan bisa melihat perahu-perahu milik nelayan yang berada bibir pantai. Dengan berbagai warna sebagai pembeda yang berlalu-lalang di perairan pantai. Apalagi warga sekitar pantai ini memang memiliki mata pencaharian utama sebagai nelayan.

Momen lalu lalang perahu-perahu nelayan ini bisa menjadi salah satu pemandangan eksotik, apalagi jika dikombinasikan dengan pemandangan sunset di sore hari.

4. Taman pinggir pantai yang cantik

Ketika melewati jalan raya yang berada di sisi pantai ini, pasti pengendara akan melihat sebuah tanaman dengan tanaman-tanaman yang tertata rapi. Tak hanya itu, taman di taman ini juga terdapat sebuah penanda dengan tulisan Pantai Bletok dalam ukuran yang cukup besar.

Oleh karena itu, para pengendara pasti menoleh ke arah pantai ini dan biasanya mereka akan mampir di pantai ini dan juga menikmati taman pantai yang sudah terbangun dengan rapi. Apalagi taman ini dilengkapi dengan jogging track dan beberapa bangku yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk duduk.

Fasilitas

Pantai Bletok memang bukan pantai besar yang bisa menyedot ribuan pengunjung setiap hari. Namun, tempat wisata ini tetap memiliki fasilitas terbaik saat Sedulur berkunjung. Berikut diantaranya:

  • Warung

Ketika berada di pantai Bletok ini pun, para pengunjung tidak perlu takut lapar dan haus dan kesusahan mencari pedagang makanan atau minuman. Meskipun kawasan pantai cukup kecil, namun pantai ini juga memiliki warung-warung yang menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung.

Oleh karena itu, Sedulur pun hanya perlu menyiapkan uang cash untuk bisa membeli minuman atau makanan yang berada di kawasan pantai ini. Bahkan tak hanya makanan dan minuman kemasan saja, di pantai ini pun Sedulur bisa mencicipi menu ikan bakar khas Situbondo lengkap dengan sambal dan lalapan yang begitu sedap dan segar.

  • Area parkir

Tempat parkir kendaraan juga sudah tersedia di pantai ini. Namun, lahan parkir yang disediakan tidaklah begitu besar, mengingat kawasan pantai ini juga tidaklah terlalu luas. Jika pada saat ramai pengunjung, maka area parkir ini akan penuh.

Itulah informasi mengenai Pantai Bletok, sedikit tips jika Sedulur akan mengunjungi Pantai Bletok ini untuk membawa sunblock pelindung kulit ataupun topi ya. Dikarenakan pada saat siang hari dan cuaca cerah maka pantai ini begitu terik.

  • Free wifi

Fasilitas lain yang terdapat di pantai ini yaitu berupa adanya jaringan Wifi. Pengunjung bisa dengan mudah mengakses internet dengan menggunakan fasilitas wifi secara gratis. Dengan adanya jaringan wifi ini maka pengunjung akan lebih betah dan nyaman berada di area pantai.

Tips ke Pantai Bletok

Sebelum Sedulur berkunjung ke sini, ada beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan supaya aktivitas wisatamu bisa berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tipsnya.

  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momenmu di sini.
  • Jika ingin memancing, bawalah peralatan sendiri.
  • Bawalah bekal secukupnya.
  • Taati peraturan setempat dan jangan buang sampah sembarangan.
  • Siapkan fisik yang prima saat ke sini agar pengalamanmu bisa maksimal.

Nah, itu tadi ulasan lengkap tentang Pantai Blekok di Situbondo. Semoga informasi ini bisa membantumu sebelum berkunjung ke sana ya.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati pantai ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!