pantai bantol

Sebagai negara kepulauan dengan kekayaan alam yang menakjubkan, Indonesia menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Dari sekian banyak wisata pantai yang ada, Pantai Bantol mungkin menjadi salah satu yang belum pernah Sedulur dengar.

Berada di Jawa Timur bagian selatan, pantai yang satu ini memiliki kombinasi yang sempurna antara air biru yang jernih, pasir putih yang lembut, dan tentu saja panorama alam yang mampu memikat hati. Dijamin, berkunjung ke pantai ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik dan penasaran dengan pantai indah ini, jangan tergesa-gesa. Simak dulu informasi penting yang ada di bawah ini selengkapnya!

BACA JUGA: Pantai Ngudel Malang: Lokasi, Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket

Pesona Pantai Bantol

pantai bantol
Unsplash/Ardito Ryan

Bisa dibilang jika Pantai Bantol merupakan salah satu permata tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang memikat. Terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri, pantai ini menjadi destinasi favorit bagi para pecinta alam dan penggemar petualangan.

Pantai ini menghadirkan panorama yang menakjubkan. Hamparan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, serta hutan bakau yang mengelilingi membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk melepaskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Kesitimewaan dari pantai ini tidak hanya terletak pada pemandangannya yang indah, tetapi juga suara ombak yang tenang dan burung-burung yang berkicau menambah kesan damai dan alami pada suasana pantai yang satu ini.

Aktivitas di Pantai Bantol tidak hanya terbatas pada menikmati pemandangan alam saja. Bagi yang menyukai snorkeling dan memancing, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Semua pesona ini menjadikannya sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Malang.

Lokasi Pantai Bantol

Bagi yang tertarik untuk berkunjung, tentu saja harus tahu lokasi dari Pantai Bantol itu sendiri. Jadi, pantai ini terletak di Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Dari pusat Kabupaten Malang, pantai ini berjarak kurang lebih 60 km.

Rute Menuju Lokasi

Jika Sedulur memulai perjalanan dari pusat Kabupaten Malang, silahkan ikuti jalur selatan. Di sepanjang perjalanan, nantinya Sedulur akan menemukan papan penunjuk arah yang memberi arahan untuk menuju ke Pantai Ngliyep. Pantai tersebut berada di wilayah Desa Sumbermanjing Kulon.

Apabila sudah sampai di daerah tersebut, silahkan belok ke kanan. Kemudian lanjut perjalanan sampai di pertigaan menuju Desa Banjarejo yang berjarak kurang lebih 3 km. Dari pertigaan ini, silahkan ikuti jalur setapak sebelum sampai di pertigaan untuk menuju Pantai Ngliyep.

Berikutnya, Sedulur hanya perlu lanjut perjalanan sekitar 8 km hingga sampai di lokasi dari Pantai Bantol. Ya, dengan mengikuti rute yang satu ini, Sedulur bisa mencapai pantai yang indah ini dengan cukup mudah.

Hanya saja, perlu untuk Sedulur ingat jika jalan dan arah mungkin saja bisa berubah kapan saja. Oleh sebab itu, jangan sampai lupa untuk mencari informasi terbaru sebelum memulai perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan dan berbagai aktivitas menarik di Pantai Bantol, para pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Harga tiket ini memberikan akses ke semua fasilitas yang ada di pantai serta kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan alam yang ditawarkan.

Sementara untuk tarif parkir kendaraan, yakni sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Dengan harga yang terjangkau, pantai yang satu ini menjadi destinasi wisata yang cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari keluarga hingga para petualang.

Jam Buka dan Jam Tutup

Pantai Bantol beroperasi selama 24 jam penuh, sehingga pengunjung memiliki fleksibilitas untuk menikmati keindahan alamnya kapan saja. Jam operasional yang sepanjang waktu ini memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mengalami berbagai suasana pantai, baik itu saat pagi, siang, senja, atau malam hari.

BACA JUGA: Wisata Pantai Lon Malang: Pesona, Fasilitas, dan Harga Tiket

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

pantai bantol
Unsplash/Cody Black

Sebagai surga tersembunyi yang menawarkan berbagai keindahan alam, tentu saja ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini. Nah, kurang lebih berikut ini beberapa aktivitas yang menarik dilakukan di Pantai Bantol.

  • Snorkeling dan diving

Pantai ini menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa dengan air yang jernih dan terumbu karang yang masih terjaga. Pengunjung dapat melakukan snorkeling atau diving untuk mengeksplorasi kekayaan laut di sekitar pantai.

Berbagai jenis ikan tropis, terumbu karang, dan biota laut lainnya dapat ditemukan di sini, memberikan pengalaman yang memukau bagi para penyelam. Aktivitas ini tidak hanya menyegarkan tetapi juga memberikan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang ekosistem laut yang kaya.

  • Berburu foto ciamik

Pantai Bantol adalah surga bagi para fotografer amatir maupun profesional. Pemandangan yang menakjubkan, baik itu saat matahari terbit maupun terbenam, menawarkan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto yang memukau.

Selain itu, formasi batuan karang dan pasir putihnya memberikan banyak peluang untuk menangkap momen-momen indah. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera dan abadikan setiap sudut pantai yang menawan ini.

  • Bersantai dan menikmati panorama alam

Bagi Sedulur yang ingin mencari ketenangan, pantai ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai. Suasana yang tenang, udara yang segar, dan pemandangan alam yang indah membuat tempat ini ideal untuk melepas penat.

Sedulur bisa duduk di tepi pantai, menikmati deburan ombak, atau sekadar berjalan-jalan menyusuri pantai. Aktivitas sederhana ini, tentu saja bisa menjadi terapi yang efektif untuk meredakan stres dan memulihkan energi.

  • Mengunjungi hutan bakau

Hutan bakau di sekitar Pantai Bantol merupakan salah satu daya tarik utama yang tidak boleh dilewatkan. Pengunjung dapat menjelajahi hutan bakau dengan perahu kecil yang disewakan oleh penduduk setempat. Di sini, Sedulur bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna yang khas dari ekosistem bakau.

Aktivitas yang satu ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga edukatif. Namun juga dapat memberikan wawasan tentang pentingnya konservasi alam dan peran hutan bakau dalam menjaga keseimbangan ekosistem pantai.

  • Mengunjungi gua batu kapur

Selain pantainya yang indah, Pantai Bantol juga memiliki gua batu kapur yang menarik untuk dijelajahi. Gua ini menawarkan pengalaman petualangan yang berbeda dengan formasi batuan kapur yang unik dan stalaktit serta stalagmit yang indah.

Mengunjungi gua ini bisa menjadi aktivitas yang menarik bagi para pecinta alam dan petualang. Pastikan untuk membawa senter dan mengenakan alas kaki yang sesuai untuk menjelajahi gua ini dengan aman dan juga nyaman.

  • Memancing dan menangkap lobster

Pantai yang satu ini juga dikenal sebagai spot yang bagus untuk memancing. Sedulur bisa datang dengan membawa peralatan memancing sendiri atau menyewa dari penduduk setempat. Selain ikan, pantai ini juga terkenal dengan lobster-lobster yang bisa ditangkap.

Aktivitas memancing dan menangkap lobster ini bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menantang, terutama bagi mereka yang menyukai aktivitas luar ruangan. Hasil tangkapan Sedulur juga bisa langsung dimasak dan dinikmati di tepi pantai, memberikan kesan tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun merupakan salah satu pantai yang belum terlalu komersial, Pantai Bantol tetap menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai untuk kenyamanan para pengunjung yang datang. Nah, berikut ini adalah fasilitas yang tersedia di pantai tersebut.

  • Area parkir
  • Warung makan
  • Kamar mandi dan toilet
  • Tempat berteduh
  • Penyewaan peralatan snorkeling
  • Area camping
  • Tempat sampah
  • Keamanan

Peraturan yang Berlaku

Walaupun tidak tertulis secara pasti, Pantai Bantol tetap memberlakukan beberapa peraturan yang wajib dipatuhi oleh setiap wisatawan yang berkunjung. Kurang lebih, berikut ini beberapa peraturan yang berlaku di pantai ini.

  • Jaga kebersihan
  • Tidak merusak alam
  • Pastikan keamanan pribadi
  • Hindari aktivitas berbahaya
  • Hormati penduduk lokal

Tips Berkunjung

Untuk bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam berkunjung ke Pantai Bantol, ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Akses menuju pantai mungkin cukup menantang dengan jalan yang belum sepenuhnya mulus. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan siap untuk medan off-road.
  • Karena fasilitas di pantai masih terbatas, sebaiknya bawa perlengkapan sendiri seperti makanan, minuman, dan peralatan snorkeling.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman dan sesuai untuk trekking atau berjalan di medan berpasir dan berbatu.
  • Mengingat pantai ini belum terlalu komersial dan petunjuk jalan mungkin minim, bawa peta atau GPS untuk membantu navigasi.
  • Bawa kantong sampah sendiri untuk membuang sampah dengan benar jika tidak ada tempat sampah yang memadai.
  • Periksa prakiraan cuaca sebelum berangkat. Hindari berkunjung saat cuaca buruk atau musim hujan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah. Pemandangan di pantai ini sangat fotogenik.

Pantai Bantol adalah destinasi yang ideal bagi Sedulur yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih alami. Dengan segala pesona dan aktivitas menarik yang ditawarkan, pantai yang satu layak menjadi salah satu tujuan wisata ketika Sedulur berada di Malang.

Oia, karena wisata satu ini cukup menguras energi untuk berkeliling di sekitar lokasi. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati pantai ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!