Pantai Bakung Blitar: Lokasi, Rute, dan Jam Buka

Sebagai daerah yang dekat dengan pesisir pantai selatan, Blitar memang menyimpan potensi wisata yang begitu besar. Apalagi salah satu pantainya bernama Pantai Bakung dikenal memiliki pasir putih yang cantik dengan hamparan batu karang yang mempesona.

Pantai Bakung sendiri merupakan pantai yang masih cukup ‘perawan’. Pantai ini masih sepi sehingga memiliki tampilan yang begitu bersih dan asri. Jadi tidak heran kalau Pantai Bakung sering disebut sebagai surga tersembunyi di Blitar.

Kalau Sedulur tertarik untuk menjelajah pantai indah ini. Mari simak informasi lengkap mulai dari lokasi, keunikan, hingga jam bukanya di artikel kali ini ya.

BACA JUGA: Pantai Kasap Pacitan: Pesona, Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas

Mengenal Pantai Bakung Blitar

pantai bakung
Unsplash/Hey Paolo

Pantai Bakung menjadi salah satu surga untuk para pecinta alam di Jawa Timur. Pantai yang berada di Desa Ngadipuro ini memiliki karakter khas pantai selatan yang memiliki ombak besar. Jadi tidak heran kalau pantai ini tidak bisa digunakan sebagai tempat berenang, apalagi banyak batu karang yang berpotensi melukai tubuh apabila terhempas oleh ombak.

Namun, meskipun tidak cocok untuk berenang, Pantai Bakung memiliki pemandangan dan suasana yang sangat indah. Sedulur bisa menikmati suasana pantai yang sepi dan asri, dengan hamparan pasir putih yang begitu lembut. Belum lagi, di tengah laut di seberang pantai, ada sebuah batu karang besar yang menjulang sehingga membuat panorama di pantai ini semakin cantik.

Garis Pantai Bakung sendiri cukup luas. Walaupun sebagian besar area pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang, ada satu spot kecil di sisi barat pantai yang bisa digunakan untuk bermain air. Hal ini karena area ini memiliki arus ombak yang sedikit lebih tenang karena tertutup batu karang. Namun, tetap tidak direkomendasikan untuk berenang di pantai ini.

Lokasi Pantai Bakung

Apabila diperhatikan melalui peta, maka lokasi Pantai Bakung ini berada di ujung sisi barat Blitar. Tepatnya ada di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Sebagai pantai yang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, pantai ini bisa diakses bebas oleh siapapun tanpa harus membayar biaya retribusi.

Rute Menuju ke Sana

Rute ke Pantai Bakung sama dengan rute ke Pantai Pudak. Ada sebuah pertigaan sebelum pantai Bakung dengan petunjuk arah seadanya untuk yang mau ke Pantai ini. Mungkin nantinya akan ada perubahan rute apabila Jalur Lintas Selatan Blitar yang sekarang sedang digarap ini rampung.

Jika diurutkan, dari kota Blitar menuju ke Pantai Bakung kurang lebih rutenya seperti berikut ini:

Kota Blitar ke selatan arah Kanigoro. Dari Perempatan Kanigoro ambil arah ke selatan menuju ke Lodoyo / Sutojayan. Sesampainya di Sutojayan ambil rute ke selatan terus dengan rute ke desa Ngeni. Melewati tanjakan Ndogong yang kini kondisinya sudah cukup baik setelah di cor. Ikuti jalan utama terus sampai ke desa Ngeni.

Sesampainya di pasar Desa Ngeni, ambil rute ke selatan terus mengikuti jalan sampai menemukan pertigaan dengan pohon beringin di tengah. Dari pertigaan tersebut ambil ke kanan, karena apabila ambil kiri merupakan rute alternatif menuju ke Pantai Serang. Ikuti jalan utama terus sampai menemukan perempatan besar dengan papan petunjuk arah pantai.

Ambil lurus untuk menuju ke rute pantai pudak, pantai bakung dll. Ikuti jalan terus sampai menemukan pertigaan dengan petunjuk arah baru menuju ke Pantai Bakung yang ambil rute ke kanan. Butuh waktu sembilan puluh menit dari kota Blitar untuk menuju ke Pantai Bakung ini.

Namun, kondisi jalan menuju ke Pantai Bakung juga harus menjadi perhatian Sedulur. Apalagi jalannya belum beraspal atau dicor, jadi bisa dibilang cukup sulit untuk dilalui khususnya saat musim hujan.

Jadi kalau Sedulur ingin menjelajah pantai ini, sebaiknya periksa kembali kondisi kendaraan dalam kondisi baik dan prima. Selain itu, kendaraan dengan tenaga yang tangguh jadi prioritas apabila ingin ke sini.

BACA JUGA: Pantai Jebring: Lokasi, Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

pantai bakung
Unsplash/Nofi Sofyan

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini. Berikut diantaranya:

  • Menikmati pemandangan alam

Dari saat tiba, mata Sedulur akan disuguhkan dengan panorama pantai yang luas dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Bukit-bukit hijau yang mengelilingi pantai menambah keindahan alam yang menenangkan.

Berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menikmati semilir angin laut yang segar adalah cara sempurna untuk melepas penat dan meresapi keindahan alam sekitar.

  • Melihat matahari terbenam

Menikmati matahari terbenam di sini bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Ketika senja, langit di atas pantai perlahan berubah menjadi kanvas yang dipenuhi dengan warna-warna indah, mulai dari semburat oranye hingga merah dan ungu.

Cahaya matahari yang mulai meredup dan memantul di permukaan air laut memberikan efek kilauan yang menakjubkan. Pemandangan ini menciptakan suasana yang romantis dan damai, ideal untuk diabadikan dengan kamera atau sekadar dinikmati dengan mata telanjang.

  • Camping

Bisa dibilang jika pantai hidden gems di Blitar ini adalah tempat yang ideal untuk camping bersama teman-teman. Dengan suasana yang tenang dan pemandangan alam yang indah, pengunjung bisa mendirikan tenda di tepi pantai dan menikmati malam di bawah bintang-bintang.

Tips Liburan ke Pantai Bakung

Suasana Pantai Bakung memang begitu alami dan asri. Sayangnya, Sedulur belum bisa menikmati itu semua dengan maksimal karena terbatasnya fasilitas yang tersedia di pantai ini. Dimana tidak ada penjual makanan, minuman, hingga ketersediaan toilet.

Untuk itu, sebaiknya Sedulur mempersiapkan perbekalan dengan baik ketika ingin berkunjung ke pantai ini. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Pantai Bakung di Blitar. Surga tersembunyi ini memang memiliki potensi wisata yang begitu besar karena keindahan alamnya, namun untuk bisa mencapai ke sana sebaiknya Sedulur mempersiapkan diri dengan baik ya. Apalagi akses jalan dan fasilitasnya belum begitu lengkap dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Blitar.