mloko sewu

Salah satu keputusan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan adalah berkunjung ke objek wisata alam. Selain mendapatkan pengalaman baru, Sedulur juga bisa relaksasi sembari menenangkan pikiran. Ya, hal semacam itu tentu bisa didapatkan di Mloko Sewu.

Mloko Sewu sendiri adalah destinasi wisata alam yang di sekitar Telaga Ngebel yang masih benar-benar alami dan asri. Banyak orang yang berkunjung untuk menghabiskan liburan bersama dengan keluarga, teman-teman, atau bahkan orang tersayang.

Nah, sebelum Sedulur memutuskan objek wisata yang satu ini sebagai destinasi liburan mendatang, ada baiknya untuk menyimak beberapa informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Sembilan Sumenep: Harga Tiket, Daya Tarik dan Fasilitas

Mloko Sewu

mloko sewu
Unsplash/Febryan Chandra Gunawan

Mloko Sewu adalah sebuah destinasi wisata berupa bukit yang memiliki ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata ini bisa dibilang tergolong masih baru, karena belum lama diresmikan, yakni pada tahun 2019 kemarin.

Dari bukit ini, Sedulur akan disuguhkan dengan pemandangan luas sekaligus bisa melihat indahnya Telaga Ngebel. Para pengunjung juga bisa menikmati hamparan kebun bunga yang sangat indah. Selain itu, perbukitan hijau di sekitar kawasan Mloko Sewu membuatnya terlihat semakin asri sekitarnya.

Daya Tarik Mloko Sewu

Seperti yang telah diketahui, Mloko Sewu merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Tentu saja hal itu tidak lepas dari beberapa daya tarik yang dimilikinya, seperti yang ada di bawah ini!

1. Pemandangan alam yang menakjubkan

Objek wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang memukau, dengan panorama perbukitan yang hijau dan udara segar pegunungan. Dari atas bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luas dan indah, termasuk dengan Telaga Ngebel yang indah.

Dijamin, pemandangan alam yang sangat menakjubkan ini tidak akan pernah bisa dilupakan. Dan ketika nantinya sudah pulang, pasti Sedulur akan langsung merasa rindu dengan tempat ini dan ingin kembali lagi suatu saat nanti.

2. Spot foto yang Instagramable

Keindahan alam Bukit Mloko Sewu menjadikannya sebagai tempat yang populer untuk berfoto. Banyak spot-spot menarik yang cocok untuk berfoto, seperti pepohonan rindang, tebing-tebing alami, dan pemandangan panorama bukit yang luas.

Selain itu, Sedulur juga dapat berfoto di atas balon udara berlatar belakang Telaga Ngebel yang cantik. Ada pula spot foto bernama pintu ke mana saja, dimana spot yang satu ini memberikan latar belakang yang bagus ketika matahari terbenam.

3. Aktivitas trekking dan berkemah

Bagi para penggemar petualangan dan aktivitas outdoor, Bukit yang satu ini menawarkan kesempatan untuk melakukan trekking atau hiking. Pengunjung dapat menjelajahi jalur-jalur hiking yang mengelilingi bukit dan menikmati keindahan alam sekitarnya sambil berolahraga.

Selain itu, buat para camper, tersedia pula camping ground yang bisa digunakan. Dengan begitu, maka Sedulur bisa menghabiskan malam bersama dengan keluarga maupun teman-teman sembari menikmati hawa yang dingin dari objek wisata ini.

4. Suasana tenang dan damai

Terlepas dari kegiatan wisata yang ramai, Mloko Sewu juga menawarkan suasana yang tenang dan damai. Para pengunjung dapat menikmati ketenangan alam dan merasakan kesegaran udara pegunungan yang sejuk dan juga menyegarkan.

Bukan hanya sekadar mempunyai suasana alam yang asri, objek wisata ini juga memiliki area yang dipenuhi oleh taman-taman bunga lho. Tentu saja area ini tidak boleh lupa dijadikan sebagai background ketika berburu foto yang keren.

BACA JUGA: Pantai Siring Kemuning: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Lokasi Mloko Sewu

mloko sewu
Pexels/Ben Maxwell

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, jika Mloko Sewu sendiri berlokasi tidak jauh dari Telaga Ngebel. Atau lebih tepatnya lagi, objek wisata alam ini beralamat di Prumbon, Pupus, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Jarak antara Mloko Sewu dari pusat Ponorogo kurang lebih sekitar 27 kilometer, dengan waktu tempuh selama sekitar satu jam. Perjalanan yang dilakukan, nantinya melalui Jalan Raya Ngebel, Jalan Raya Jenangan, serta Jalan Batoro Katong.

Jika Sedulur merasa kebingungan, setelah mencapai wilayah Ngebel bisa bertanya kepada penduduk setempat. Atau jika tidak, menggunakan aplikasi penunjuk arah untuk mencapai lokasi yang tepat di Prumbon, Pupus adalah pilihan yang sangat tepat.

Harga Tiket Masuk

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan dari Mloko Sewu, sepertinya bisa berbahagia. Bagaimana tidak, tiket masuk ke objek wisata ini terbilang cukup murah. Ya, Sedulur hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp10.000 saja.

Jam Buka dan Jam Tutup

Mloko Sewu mulai buka dari pagi hari sampai hore hari menjelang matahari tenggelam. Sedulur bisa menyesuaikan dengan jam operasional untuk bisa menikmati liburan di objek wisata ini. Nah, untuk jam operasional secara lebih jelasnya lagi, berikut ini daftarnya!

  • Senin: Pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB
  • Selasa: Pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB
  • Rabu: Pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB
  • Kamis: Pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB
  • Jumat: Pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB
  • Sabtu: Pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB
  • Minggu: Pukul 09.00 WIB – 18.00 WIB

Oh iya, jam buka dan jam tutup yang ada di atas, bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dari pihak pengelola. Jadi penting untuk selalu mengecek jam operasional dari objek wisata ini sebelum Sedulur memulai perjalanan.

BACA JUGA: Wisata Bukit Geger: Lokasi, Harga Tiket, Pesona, dan Rute

Peraturan yang Berlaku

mloko sewu
Unsplash/Aurelio Marcelino

Meskipun tidak ada peraturan resmi untuk Bukit Mloko Sewu, namun pengunjung diharapkan untuk mematuhi aturan umum dan etika yang berlaku di tempat wisata alam. Berikut adalah beberapa peraturan umum yang berlaku di destinasi wisata alam tersebut.

  • Tidak merusak lingkungan sekitar, termasuk pohon dan tanaman.
  • Selalu bawa pulang sampah dan buang di tempat sampah yang disediakan.
  • Jangan membuang sampah sembarangan di alam.
  • Dilarang melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kebakaran, seperti membuang puntung rokok atau membakar sampah di area hutan atau perbukitan.
  • Jaga ketenangan dan ketertiban di area wisata.
  • Hindari membuat kebisingan yang mengganggu pengunjung lain.
  • Patuhi petunjuk dan rambu keselamatan yang dipasang di area wisata.
  • Gunakan toilet dan fasilitas umum dengan baik, serta jaga kebersihannya.

Fasilitas yang Tersedia

Walaupun belum lama berdiri, bisa dibilang jika fasilitas yang ada di objek wisata Mloko Sewu cukup lengkap. Pastinya setiap fasilitas yang ada ini akan menunjang berbagai macam kegiatan dari para pengunjung. Nah, kurang lebih fasilitas yang tersedia di sini adalah seperti berikut!

  • Tempat Parkir

Terdapat area parkir di sekitar kawasan Bukit Mloko Sewu bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda maupun roda empat.

  • Tempat Istirahat

Tersedia beberapa tempat istirahat atau bangku-bangku yang disediakan di sekitar area bukit, di mana para pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan.

  • Toilet Umum

Meskipun terbilang cukup sederhana, para pengunjung bisa menggunakan fasilitas toilet umum di kawasan objek wisata alam ini.

  • Warung atau Penjual Makanan

Terkadang terdapat warung atau penjual makanan kecil di sekitar area bukit yang menyediakan makanan ringan, minuman, atau makanan lokal untuk pengunjung.

  • Area Berkemah atau Piknik

Beberapa area di sekitar Mloko Sewu tersedia untuk berkemah atau piknik, meskipun fasilitas ini mungkin bersifat sederhana dan pengunjung perlu membawa peralatan sendiri.

  • Area untuk Berfoto

Karena keindahan alamnya, bukit ini seringkali memiliki spot-spot yang bagus untuk berfoto, yang bisa menjadi salah satu fasilitas tidak resmi yang tersedia bagi pengunjung.

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Mloko Sewu, ada beberapa tips yang bisa Sedulur pertimbangkan untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik. Untuk itu langsung saja, simak dan ikuti beberapa tips sebelum berkunjung yang ada di bawah ini.

  • Pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca sebelum berangkat. Jika cuaca buruk atau hujan diprediksi, pertimbangkan untuk menunda perjalanan demi menghindari risiko.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas outdoor, seperti celana panjang, kaos yang menyerap keringat, sepatu yang nyaman untuk berjalan, dan juga topi atau payung untuk melindungi dari sinar matahari.
  • Pastikan untuk membawa perlengkapan dan peralatan yang sesuai dengan aktivitas yang direncanakan, seperti kamera, trekking pole, dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan.
  • Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan siap untuk perjalanan. Periksa kondisi mesin, ban, dan isi bahan bakar sebelum berangkat.
  • Jika menggunakan transportasi umum atau jasa transportasi lainnya, pastikan sudah mengetahui jadwal dan rute perjalanan yang tepat.
  • Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan selama berkunjung. Jangan membuang sampah sembarangan dan hargai alam sekitar.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

Dengan daya tarik alamnya yang menakjubkan dan suasana yang tenang, Mloko Sewu menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi bagi para pecinta alam atau siapa saja yang ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan kota dan menikmati keindahan alam yang memukau.