goa gong pacitan

Bicara soal Pacitan, tentu saja hal pertama yang ada di pikiran adalah pantai-pantai cantiknya. Kendati demikian, daerah di Jawa Timur ini juga terkenal dengan sebutan kota 1000 goa. Salah satu wisata goa yang sangat menarik dan wajib untuk dikunjungi adalah Goa Gong Pacitan.

Kota Pacitan sendiri dikelilingi oleh pegunungan kapur, menghadirkan objek wisata yang cantik sekaligus unik. Bahkan, bisa dibilang jika goa yang ada di sini merupakan kompleks goa paling luas di kawasan Asia Tenggara, lho! Setiap goa pun juga memiliki keunikannya masing-masing.

Dari banyaknya objek wisata goa di Pacitan, Goa Gong Pacitan menjadi salah satu yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Penasaran dengan goa tersebut? Langsung saja simak beberapa informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 23+ Tempat Wisata di Pacitan yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Goa Gong Pacitan

goa gong pacitan
Unsplash/Raychan

Goa Gong merupakan salah satu keajaiban alam yang menakjubkan di Indonesia dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Pacitan. Tersembunyi di dalam kompleks gua yang luas, goa ini terkenal karena formasi stalaktit dan stalagmitnya yang indah dan unik.

Selain stalaktit dan stalagmit, goa ini juga menyajikan panorama alam yang memukau dengan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Dikelilingi oleh hutan dan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi, Goa Gong menawarkan kesempatan untuk mengagumi keindahan alam yang masih alami dan terjaga.

Di bagian ujung lorong, terdapat sebuah ruangan berbentuk kubah raksasa dengan tinggi sekitar 30 meter, panjang 100 meter, serta lebar 40 meter. Bagi siapa pun yang mencari petualangan alam yang unik di Indonesia, Goa Gong di Pacitan adalah destinasi yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Lokasi Goa Gong

Ketika ingin berkunjung ke suatu tempat wisata, tentu saja Sedulur harus tahu lokasi dari tempat tersebut. Nah, jadi Goa Gong ini terletak di Jalan Salam, Salam, Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Dapat dikatakan jika untuk menuju Goa Gong Pacitan ini tidaklah sulit. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Pantai Klayar, salah satu pantai yang terkenal di Pacitan. Jika Sedulur memulai perjalanan dari pusat Kabupaten Pacitan, maka dapat berkendara menuju ke arah barat melalui Jalan Arteri Jalan Nasional III.

Silahkan ikuti jalan tersebut hingga sampai di daerah Poenoeng. Dari daerah ini, Sedulur bisa belok kiri ke Jalan Punung – Goa Gong. Nah, ikuti jalan ini sejauh kurang lebih 6,4 km. Objek wisata goa ini akan ditemukan setelah perjalanan tersebut.

Untuk bisa mencapai ke Goa Gong Pacitan, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini karena lumayan sulit untuk menemukan transportasi umum di daerah ini. Jika tidak, Sedulur bisa memilih menyewa kendaraan di daerah Pacitan.

Harga Tiket Masuk

Walaupun menyajikan panorama alam yang cantik dan juga sangat memukau, ternyata Sedulur tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmatinya. Hanya saja, tiket masuk ke wisata alam ini terbagi menjadi dua, didasarkan pada usia pengunjung.

Selain itu, para pengunjung juga akan dikenakan biaya retribusi parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang dibawa. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini informasi terkait biaya tiket masuk serta tarif parkir yang perlu untuk Sedulur siapkan.

  • Tiket masuk dewasa: Rp20.000
  • Tiket masuk anak: Rp5.000
  • Parkir motor: Rp2.000
  • Parkir mobil: Rp5.000
  • Parkir bus: Rp10.000

Jam Buka dan Jam Tutup

Jam operasional Goa Gong di Pacitan adalah dari pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap harinya. Pengunjung disarankan untuk datang sesuai dengan jam buka tersebut untuk memastikan bisa menikmati pengalaman menjelajahi keindahan gua ini dengan optimal.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Makan di Pacitan yang Enak

Daya Tarik yang Dimiliki

goa gong pacitan
Unsplash/Le Tan

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Goa Gong Pacitan tentu bukan tanpa alasan. Wisata alam yang di Pacitan ini, memiliki sejumlah daya tarik yang membuatnya menjadi tujuan wisata yang istimewa. Kurang- lebih, berikut ini daya tarik yang dimilikinya.

  • Bebatuan yang bisa berbunyi sendiri

Salah satu fenomena unik dari Goa Gong adalah kemampuan bebatuan di dalamnya untuk menghasilkan suara seperti gong ketika terkena air yang mengalir. Suara ini menciptakan pengalaman mistis dan unik bagi pengunjung yang menyaksikannya.

  • Perpaduan warna cahaya

Dalam gua ini, pengunjung dapat melihat perpaduan warna cahaya yang memantul dari dinding dan atap gua. Cahaya masuk dari celah-celah dan membentuk pemandangan yang memukau, menciptakan suasana magis dan mengagumkan di dalam gua.

  • Formasi stalaktit dan stalagmit yang indah

Goa Gong terkenal dengan formasi stalaktit yang menggantung dari atap gua, dan juga stalagmit di lantai gua yang sangat indah dan beragam. Setiap formasi ini memperlihatkan keunikan alam yang terbentuk selama ribuan tahun.

  • Lokasi yang sejuk dan asri

Terletak di tengah-tengah alam Pacitan yang hijau dan asri, Goa Gong menawarkan pengalaman menjelajahi gua yang sejuk dan damai. Udara segar dan suara alam yang menenangkan menambahkan keasyikan dalam menjelajahi gua ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Terdapat beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Di Goa Gong. Tentu saja, aktivitas-aktivitas tersebut dilakukan untuk memperkaya pengalaman wisata yang Sedulur lakukan. Nah, berikut ini beberapa aktivitas yang dimaksud.

  • Menikmati keunikan suara gong

Seperti yang sudah dibilang, salah satu aktivitas yang paling istimewa di Goa Gong adalah mendengarkan suara gong yang dihasilkan ketika air mengalir dan mengenai formasi stalaktit di dalam gua. Aktivitas ini tentu menawarkan pengalaman audio-visual yang unik.

  • Fotografi dan videografi

Goa Gong menyajikan lanskap gua yang menakjubkan dengan perpaduan cahaya dan bayangan yang menarik. Sedulur pastinya bisa mengabadikan keindahan formasi stalaktit dan stalagmit, serta efek cahaya yang mempesona di dalam gua.

  • Jelajah dan pendidikan

Mengambil waktu untuk menjelajahi setiap sudut Goa Gong akan memberikan Sedulur pemahaman lebih dalam tentang geologi dan proses alam yang terlibat dalam pembentukan stalaktit dan stalagmit. Aktivitas ini cocok bagi yang ingin belajar lebih banyak tentang keajaiban alam dan sejarah gua.

  • Piknik dan bersantai

Di sekitar Goa Gong, terdapat area terbuka yang sejuk dan asri. Sedulur dapat mengambil waktu untuk bersantai, menikmati pemandangan alam sekitar, dan mengadakan piknik bersama keluarga atau teman-teman. Udara segar dan suasana yang damai akan menambah kesan liburan di Goa Gong.

  • Menyelami kegiatan spiritual

Bagi Sedulur yang memiliki minat dalam kegiatan spiritual atau meditasi, maka cocok berkunjung Goa Gong. Suasana dalam gua yang tenang dan terlindungi dari hiruk pikuk dunia luar, dapat menjadi tempat yang cocok untuk merenungkan dan mencari kedamaian batin.

Fasilitas yang Tersedia

Secara keseluruhan, Goa Gong Pacitan telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai. Ya, hal ini karena objek wisata tersebut memang populer dan sering dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu dari dalam maupun luar daerah.

Nah, fasilitas umum yang dapat Sedulur nikmati di sini seperti tempat parkir, masjid, toilet, penyejuk ruangan, sendang air, dan lain sebagai. Bahkan ada pula fasilitas pendukung lain seperti pemandu wisata serta warung makanan dan oleh-oleh.

Peraturan yang Berlaku

Untuk menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan alam Goa Gong di Pacitan, terdapat beberapa peraturan yang perlu diperhatikan dan dipatuhi oleh para pengunjung. Berikut ini peraturan umum yang berlaku di objek wisata Goa Gong Pacitan.

  • Mematuhi petunjuk dan rambu
  • Menghormati keheningan
  • Tidak memindahkan atau merusak formasi alami
  • Menggunakan penerangan yang tepat
  • Menjaga kebersihan
  • Mematuhi aturan penggunaan kamera
  • Mengikuti petunjuk dari petugas atau pengelola

Tips Berkunjung

Terakhir, ada beberapa tips yang dapat membantu Sedulur saat berkunjung ke Goa Gong di Pacitan. Berikut ini tips-tips tersebut.

  • Pastikan membawa senter atau lampu kepala yang cukup terang untuk membantu melihat dengan jelas di dalam gua.
  • Bawa air minum dan makanan ringan untuk menjaga energi dan hidrasi selama perjalanan.
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas menjelajahi gua.
  • Pastikan untuk membawa kamera atau ponsel dengan kapasitas baterai yang cukup.
  • Datanglah pada jam buka dan hindari datang terlalu sore.

Goa Gong Pacitan merupakan tujuan wisata alam yang menakjubkan. Kunjungan ke Goa Gong tidak hanya akan memberikan pengalaman menjelajah yang memikat, namun juga kesempatan untuk menyaksikan keajaiban alam yang terbentuk selama ribuan tahun!