dermaga rindu

Belakangan ini, di daerah Bangkalan muncul suatu objek wisata baru yang menyuguhkan konsep wisata unik dan juga menarik. Tempat ini bernama Dermaga Rindu, sebuah cafe kekinian yang berdiri di suatu kapal yang sudah tidak digunakan.

cafe kapal ini memang disandarkan di dermaga kecil secara sengaja, sehingga mampu menghadirkan konsep wisata yang sangat menarik. Ya, bisa dibilang jika konsep semacam ini adalah satu-satunya di wilayah Surabaya dan Madura.

Dengan keunikan dan keistimewaan yang dimilikinya, Dermaga Rindu tentu saja sangat cocok dijadikan destinasi ketika Sedulur berwisata ke wilayah Bangkalan. Namun sebelum itu, simak dulu beberapa informasi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Pacar Tulungagung: Lokasi, Jam Buka, Tiket, dan Rute

Mengenal Dermaga Rindu

dermaga rindu
Unsplash/Dani Tu

Dermaga Rindu adalah sebuah objek wisata di daerah Bangkalan yang akhir-akhir ini sedang banyak dibicarakan. Tempat ini berupa sebuah cafe berbentuk kapal yang bersandar di sebuah dermaga. Dibilang sangat unik, karena memang belum ada satu pun objek wisata yang mengusung konsep semacam ini.

Jadi tidak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi. Menariknya, jumlah pengunjung dari cafe ini dapat mencapai ratusan orang. Jumlah tersebut bahkan sering meningkat secara signifikan ketika akhir pekan maupun musim liburan tiba.

Sejarah Dermaga Rindu

Bisa dibilang jika Dermaga Rindu merupakan salah satu wisata baru yang ada di daerah Bangkalan. Tempat wisata ini baru diresmikan sekitar awal bulan Desember 2020 lalu. Kendati demikian, sampai saat ini cafe tersebut masih menyita perhatian dari banyak orang.

Bahkan selang beberapa hari usai dioperasikan, cafe tersebut langsung dipadati oleh pengunjung.  Posisinya yang menghadap secara langsung ke arah Jembatan Suramadu di sepanjang Selat Madura, memberikan daya tarik tersendiri.

Sebelum terkenal seperti saat ini, dulunya cafe tersebut adalah suatu objek wisata yang bernama Wisata Alam Kesek. Lambat laun, akhirnya tempat yang satu ini diubah jadi suatu wisata dermaga yang indah dan estetik. Bangunan cafe menyerupai kapal bernama Kapal Rindu, menawarkan view yang menawan.

Daya Tarik yang Dimiliki

Salah satu view paling menarik, yakni pemandangan Jembatan Suramadu. Jembatan tersebut tentu saja bisa dilihat dengan sangat jelas dari atas kapal. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Sedulur perlu melewati tangga jembatan kayu dari arah dermaga.

Ketika sudah sampai, maka bisa langsung bebas berfoto maupun menikmati pemandangan lautan yang indah. Selain area dermaga, area nahkoda juga menjadi salah satu spot yang menarik. Pokoknya ada banyak spot keren yang wajib Sedulur jadikan sebagai latar belakang dalam berfoto.

Bahkan banyak yang bilang jika tempat ini menjadi pesaing Surabaya North Quay, objek wisata di Surabaya yang sangat hits. Jadi memang akan sangat rugi ketika berwisata ke Pulau Madura tapi melewatkan berkunjung ke tempat ini.

Menu yang Tersedia

Sebagai salah satu objek wisata yang ada di kawasan Jawa Timur, tentu saja cafe yang satu ini menghadirkan beragam menu makanan dan juga minuman yang siap untuk memanjakan lidah para pengunjung. Jadi memang ada banyak menu menarik yang dapat dipilih.

Kendati demikian, yang menjadi menu signature di cafe yang satu ini adalah pisang keju dan nasi ayam. Hal lain yang jadi daya tarik dari objek wisata kuliner ini, yakni harga menu yang relatif terjangkau dengan suguhan panorama yang benar-benar epik.

Secara keseluruhan, harga menu yang ada di cafe ini antara Rp10.000 sampai Rp40.000. Di samping itu, Dermaga Rindu ini memiliki fasad bangunan yang sangat menarik. Sedulur dapat menemukan area dine-in di lantai satu serta lantai dua dari kapal.

Fasilitas yang Tersedia

Sekali masuk ke dalam area cafe dari objek wisata ini, para pengunjung dijamin akan langsung merasa nyaman. Bukan tanpa alasan, tempat yang satu ini menyediakan sederet fasilitas yang sangat lengkap, kurang lebih adalah sebagai berikut.

  • Dermaga Rindu telah dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi pengunjung.
  • Tersedia warung atau kios yang menjual makanan ringan, minuman segar, atau makanan lokal khas daerah tersebut.
  • Toilet yang bersih dan terawat adalah hal penting untuk memenuhi kebutuhan dasar pengunjung, terutama jika mereka menghabiskan waktu yang lama di tempat tersebut.
  • Area khusus untuk pengunjung yang ingin berfoto. Area ini biasanya didekorasi secara menarik dengan latar belakang yang indah, sehingga pengunjung dapat mengabadikan momen-momen mereka selama berkunjung.

Fasilitas-fasilitas yang ada di atas, akan meningkatkan pengalaman wisata pengunjung di Dermaga Rindu dan membuat kunjungan mereka menjadi lebih menyenangkan dan berkesan.

BACA JUGA: Air Terjun Kakek Bodo: Lokasi, Harga Tiket, dan Jam Buka

Harga Tiket Masuk

dermaga rindu
Pexels/Pok Rie

Hal menarik lain yang bisa ditemukan di Dermaga Rindu, yakni para pengunjung yang tidak dikenakan biaya untuk tiket masuk sama sekali. Ya, pihak pengelola dari objek wisata ini memang tidak memberlakukan sistem tiket, mengingat sejatinya objek wisata ini adalah sebuah cafe.

Sebagai gantinya, para pengunjung yang datang diwajibkan untuk memesan minuman serta makanan yang ada di cafe ini. Selain itu, ada juga biaya parkir untuk sepeda motor dan mobil yang Sedulur bawa ke sini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tarif parkir yang harus disiapkan.

  • Tiket Masuk: Gratis
  • Parkir Motor: Rp2.000
  • Parkir Mobil: Rp5.000

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Wisata dermaga lengkap dengan cafe Kapal Rindu ini berlokasi di Desa Kesek, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Bisa dibilang jika alamat dari cafe ini cukup strategis, sehingga mudah untuk Sedulur kunjungi, terutama jika datang menggunakan kendaraan pribadi.

Oleh sebab itu, bagi Sedulur yang datang dari luar kota dan tidak membawa kendaraan pribadi, maka menyewa mobil adalah solusi terbaik. Tidak usah khawatir, ada banyak penyewaan mobil di daerah Surabaya dan sekitarnya yang bisa Sedulur gunakan.

Sementara itu untuk rutenya sebenarnya juga tidak begitu sulit. Sedulur bisa memilih Jalan Kedung Cowek serta Jalan Tol Suramadu untuk bisa sampai ke lokasi ini. Waktu tempuh hingga sampai ke Dermaga Rindu sendiri kurang lebih hanya 30 menit dari pusat Kota Surabaya.

Jam Buka dan Jam Tutup

Bagi Sedulur yang ingin berwisata kuliner di tempat ini, mengecek jam operasional dari cafe Dermaga Rindu adalah hal yang penting. Untuk lebih jelasnya lagi, jam operasional dari cafe ini adalah sebagai berikut!

  • Senin: 10.00 WIB – 21.30 WIB
  • Selasa: 10.00 WIB – 21.30 WIB
  • Rabu: 10.00 WIB – 21.30 WIB
  • Kamis: 10.00 WIB – 21.30 WIB
  • Jumat: 10.00 WIB – 21.30 WIB
  • Sabtu: 10.00 WIB – 21.30 WIB
  • Minggu: 10.00 WIB – 21.30 WIB

Tips Berkunjung

Berkunjung ke cafe Dermaga Rindu bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna untuk memaksimalkan kunjungan Sedulur ke tempat wisata yang satu ini.

  • Pastikan untuk memeriksa jadwal operasional cafe dan memperhatikan prakiraan cuaca sebelum Sedulur pergi.
  • Untuk menikmati suasana yang lebih tenang dan santai, pertimbangkan untuk datang pada saat yang tidak terlalu ramai, seperti pagi hari atau hari kerja.
  • Cobalah hidangan khas atau minuman spesial yang ditawarkan oleh cafe untuk mengenal lebih dekat dengan pengalaman kuliner mereka.
  • Manfaatkan waktu Sedulur di cafe Dermaga Rindu dengan menikmati suasana yang tenang dan pemandangan yang indah.
  • Selalu patuhi aturan dan etika yang berlaku di cafe.
  • Jangan lupa selalu jaga kebersihan.

Nah, mungkin hanya itu informasi mengenai Dermaga Rindu yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Ya, Dermaga Rindu merupakan sebuah atraksi wisata di sekitar Madura dan Surabaya yang terkesan cukup unik dan menarik.

Tempat wisata kuliner yang satu ini tidak hanya menawarkan kudapan yang sangat lezat. Namun juga menyajikan view yang apik dan tidak bisa ditemukan di tempat-tempat lainnya.