coban kedung darmo

Bagi Sedulur yang ingin mengeksplor keindahan wisata alam di Malang, sepertinya wajib mencoba mengunjungi Coban Kedung Darmo. Wisata yang berada di Malang Selatan ini memang sedang naik daun karena pesonanya yang begitu indah.

Coban Kedung Darmo bisa menjadi pilihan untuk Sedulur yang ingin mencari tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari Kota Malang. Nah, biar tidak makin penasaran. Yuk simak informasi lengkap tentang Coban Kedung Darmo berikut ini!

BACA JUGA: Coban Parang Tejo di Malang, Wisata Air Terjun Tersembunyi

Mengenal Coban Kedung Darmo

coban kedung darmo
Unsplash/Koes Nadi

Kedung Darmo merupakan air terjun yang memiliki 2 tingkatan yang disertai cekungan dengan bentuk kolam di setiap tingkatannya. Tingkatan atas di Kedung Darmo adalah tempat favorit bagi pengunjung untuk berenang, karena terdapat kolam yang ukurannya cukup luas dengan air berwarna biru jernih dan juga debit air lebih tenang.

Pada tingkatan kedua, Sedulur bisa merasakan sensasi air terjun yang berhadapan langsung dengan kolam alami yang tak kalah luasnya. Tempat ini menjadi spot favorit wisatawan untuk hunting foto hingga bermain air. Jika cuaca sedang cerah, debit air yang ada di air terjun Kedung Darmo cenderung rendah dan aman untuk berenang.

Lokasi Wisata

Coban Kedung Darmo menjadi salah satu wisata antimainstream yang sedang naik daun di Malang Selatan. Sedulur sendiri bisa menemukan air terjun ini dengan mencari lokasinya di sekitar Desa Wonorejo Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Rute

Sedulur bisa memulai perjalanan mulai dari Kota Malang. Lalu siapkan kendaraanmu da melaku ke arah Kecamatan Bantur. Sesampainya di Pasar Bantur, lurus menuju SMPN 1 Bantur.

Apabila sudah mencapai lokasi SMPN 1 Bantur, teruskan perjalanan hingga menemukan pertigaan pertama. Di sini, kamu akan menjumpai papan petunjuk ke arah Wonorejo. Kemudian, belok kiri melewati GKJW Wonorejo dan ikuti jalanan aspal hingga habis.

Coban Kedung Darmo belum dikelola secara resmi oleh pemerintah sehingga belum tersedia papan petunjuk utamanya. Namun, Sedulur bisa bertanya kepada warga sekitar untuk petunjuk selanjutnya.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Bagi Sedulur yang ingin datang ke wisata Kedung Darmo, berikut ini adalah informasi mengenai harga tiket masuk terbarunya:

  • Tiket Masuk: Rp 5 ribu
  • Parkir Motor: Rp 3 ribu
  • Parkir Mobil: Rp 5 ribu

Wisata Kedung Darmo buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung ke air terjun ini adalah pukul 06.00 sampai 10.00 WIB karena Sedulur tidak akan terkena sinar matahari terlalu terik.

BACA JUGA: Coban Pelangi Malang: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket dan Rute

Keunikan Coban Kedung Darmo

coban kedung darmo
UnsplashAngga Kurniawan

Coban Kedung Darmo memang jadi wisata alam yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur ke Malang. Apalagi air terjun yang sempat viral karena masuk ke salah satu tayangan televisi ini memang memiliki pesona yang begitu indah. Berikut ini beberapa keunikannya:

  • Keunikan kontur air terjun

Coban Kedung Darmo mungkin tidak seperti air terjun yang ada di sekitar Malang. Dimana umumnya coban yang mengalir memiliki titik air jatuh yang sangat tinggi dengan aliran yang begitu deras.

Di sini, Sedulur bisa menikmati kontur air terjun yang berundak seperti sebuah tangga. Alirannya pun cenderung pelan dan begitu indah dinikmati oleh mata.

  • Wisata alam yang tak jauh dari Malang

Bagi Sedulur yang tidak ingin terlalu jauh bepergian di sekitar Malang, Coban Kedung Darmo memang bisa jadi pilihan terbaik. Hanya memakan waktu perjalanan sekitar satu jam dari Malang, Sedulur sudah bisa menikmati keindahan alam air terjun ini.

  • Tiga kolam susun yang unik

Selain kontur yang sudah disebutkan sebelumnya, Coban Kedung Darmo memiliki 3 kolam utama yang sangat unik. Setiap kolam memiliki kedalamannya sendiri-sendiri sehingga Sedulur harus berhati-hati ketika berenang di sana ya.

  • Memiliki warna air sebening permata

Dengan aliran air yang tidak begitu deras, Coban Kedung Darmo memiliki kolam yang sangat jernih. Bahkan, Sedulur bisa dengan jelas melihat warna air yang begitu bening bagaikan sebuah permata. Warna unik ini juga yang membuat Kedung Darmo begitu terkenal.

Tips Sebelum ke Sana

Ada beberapa tips penting yang perlu Sedulur perhatikan sebelum berkunjung ke Coban Kedung Darmo. Berikut ini diantaranya:

  • Gunakan kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum menuju Coban Kedung Darmo. 
  • Pakailah alas kaki atau sepatu yang nyaman agar tidak terpleset karena medan yang licin. 
  • Bawalah pakaian ganti bila ingin berenang atau bermain air. 
  • Bagi yang tidak mahir berenang, hindari bermain ke tengah kolam karena cukup dalam.
  • Bila ingin berkemah, bawalah peralatan seperti tenda, matras dan lain-lain karena tidak ada penyewaan di lokasi.
  • Pastikan Sedulur mengecek prakiraan cuaca sebelum berangkat. Hindari berkunjung saat musim hujan atau ketika ada peringatan cuaca buruk karena jalur bisa menjadi sangat licin dan berbahaya.
  • Manfaatkan Google Maps untuk navigasi yang lebih mudah. Jika memungkinkan, gunakan jasa pemandu lokal yang sudah familiar dengan jalur dan kondisi medan.
  • Ikuti petunjuk dan aturan yang ada, terutama mengenai larangan berenang di kolam air terjun karena aliran air yang sangat kuat. Atau Sedulur juga bisa mencoba opsi berwisata dalam kelompok untuk saling membantu dan mendukung selama perjalanan.

Nah, itu tadi informasi lengkap tentang Coban Kedung Darmo di Malang Selatan. Salah satu tempat wisata tersembunyi ini memang cocok banget untuk Sedulur yang ingin merasakan tempat wisata antimainstream di Malang.

Agar menikmati suasana air terjun makin asik, Sedulur bisa mencoba Liven Up untuk teman bertualang. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas bertualang di alam akan semakin seru. Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp.

Liven Up

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.