Claket Adventure Park: Lokasi, Harga Tiket, Rute, dan Aktivitas

Wisata alam kini semakin banyak peminatnya dan selalu dikelola agar lebih baik. Nantikan tidak hanya pemandangan alam saja yang ada, tetapi juga spot foto unik. Salah satunya di Claket Adventure Park Mojokerto. Destinasi wisata alam yang memadukan kayu dan peralatan lainnya menjadi tempat foto. 

Tak heran jika banyak pengunjung yang datang untuk berfoto. Bahkan, Claket Adventure Park tergolong tempat wisata yang estetik. Karena selain pemandangannya yang indah, spot foto buatan pun tak kalah menariknya. Terletak di lereng Gunung Welirang, Claket Adventure Park memanfaatkan potensi wisata alam dengan baik. 

Pegunungan menyatu dengan seni dan menjadi destinasi foto yang indah. Tempat wisata alam di Mojokerto khususnya di kawasan Pacet memang banyak yang hampir sama. Pasalnya, pengelola destinasi wisata tersebut sangat memahami potensi wisata Gunung Welirang.

Gunung Welirang yang digunakan untuk pariwisata secara administratif merupakan bagian dari Kabupaten Mojokerto. Begitu pula dengan Claket Adventure Park yang akan dibahas kali ini buat Sedulur. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Agrowisata Belimbing Karangsari: Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket

Sekilas Tentang Claket Adventure Park

claket adventure park
Pexels/Fmaderebner

Claket Adventure Park pada umumnya merupakan destinasi wisata alam pegunungan. Namun yang membedakannya adalah terdapat konsep yang jelas di tempat ini. Konsep yang dimaksud adalah wisata alam, dengan beberapa spot foto yang asri dan indah. 

Dengan konsep ini, manajemen mengoptimalkan pemandangan alam melalui seni yang dibuat sedemikian rupa menjadi objek foto. Pemandangan alam yang dipadukan dengan seni tersebut menciptakan destinasi wisata yang indah. Oleh karena itu Claket Adventure Park berupaya menjadi salah satu wisata alam Mojokerto yang banyak dikunjungi wisatawan.

Lokasi dan Jam Operasional 

Claket Adventure Park bisa menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Tempat wisata Jawa Timur ini menawarkan beragam aktivitas wisata seperti spot foto Instagrammable, camping atau piknik di alam. Di sini Sedulur bisa menikmati pesona alam dengan udara sejuk dan pemandangan indah, berikut lokasi dan jam operasionalnya:

  • Lokasi: Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam operasional wisata: 08.00-17.00 WIB
  • Jam operasional camping: 24 jam

Harga Tiket Masuk Claket Adventure Park

Tiket masuk Claket Adventure Park masih sangat terjangkau. Namun jika mencoba aktivitas lain, Sedulur juga harus membayar tiket tersendiri. Selain itu, pengunjung harus membayar biaya parkir dan tiket masuk yang berlaku untuk anak usia mulai 5 tahun. Berikut informasi lengkap harga tiket Claket Adventure Park:

  • Tiket Masuk Piknik: Rp10.000
  • Tiket Lembah Cinta: Rp10.000,00
  • Ayunan Tepi Jurang: Rp15.000,00
  • Hammock Pelangi: Rp20.000,00
  • Tiket Camping per Malam: Rp20.000
  • Parkir Roda 2: Rp5.000
  • Parkir Roda 4: Rp10.000
  • Parkir Elf: Rp15.000
  • Parkir Bus: Rp25.000
  • Sewa Tenda Piknik: Kapasitas 2 Orang & Kapasitas 4 Orang : Rp20.000 dan Rp35.000
  • Sewa Tenda Camping: Kapasitas 2 Orang & Kapasitas 4 Orang: Rp35.000 dan Rp60.000

Tapi perlu dicatat bahwa harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pengelola setempat. Terutama ketika musim libur atau hari raya.

Rute Menuju Claket Adventure Park

Claket Adventure Park terletak di Jalan Raya Claket – Trawas Kilometer 03, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Jarak dari pusat kota Mojokerto kurang lebih sekitar 30 kilometer. 

Tempatnya sangat mudah ditemukan, Sedulur hanya perlu berkendara dari pusat kota Mojokerto menuju Jalan Raya Claket – Trawas. Setelah itu menuju jalur utama Trawas, tempatnya berada di jalur ini. Atau, Sedulur bisa menyimak beberapa rute di bawah ini dari pusat kota Mojokerto:

  • Jl. Gajah Mada – Jl. Pahlawan – Jl. Jayanegara – Jl. Gempol – Mojokerto/Mojokerto – Mojosari (rambu Mojosari/Malang – Jl. Kh. Ahmad Dahlan/Jl. Raya Pacing – Jl. Raya Sumber Wono – Jl. Raya Bangsal-Dlanggu – Jl. Letjend. Suprapto – Jl. Raya Badung – Jl. Raya Dlanggu – Jl. Jendral Ahmad Yani – Jl. Jend. Sudirman/Jl. Raya Gondang – Jl. Raya Gondang – Pacet – Jl. Pacet/Pandanarum – Pacet – Jl. Raya Pacet – Claket Adventure Park.

Fasilitas di Claket Adventure Park

Claket Adventure Park mengelola kawasan wisatanya secara profesional. Salah satu buktinya adalah fasilitas pendukung yang memadai bagi pengunjung. Secara keseluruhan, fasilitas yang tersedia cukup sempurna.

Tempat wisata ini memiliki warung makan dan tempat belanja oleh-oleh khas Malang. Selain itu, Sedulur juga bisa berbelanja kuliner dari tempat ini. 

Fasilitas penunjang lainnya adalah toilet dan mushola yang sangat nyaman. Tempat parkir juga sangat memadai untuk menampung beberapa kendaraan pengunjung sekaligus. Selain itu terdapat gazebo dan tempat duduk untuk istirahat sejenak.

Daya Tarik Claket Adventure Park

Gunung Welirang sama dengan gunung Anjasmoro, kedua gunung ini mempunyai pemandangan khas pegunungan yang sangat indah. Sedikit karya seni di lereng Bukit Welirangi menambah nilai tambah.

Oleh karena itu tempat wisata ini memiliki daya tarik ganda yaitu pemandangan alam khas pegunungan dan nilai tambah sentuhan seni dari pihak pengelola. Di bawah ini adalah daya tariknya yang bisa Sedulur nikmati.

1. Lembah Cinta

Tempat ini sebenarnya bukan lembah, melainkan spot foto dengan simbol “I love you”. Platformnya menghadap ke lembah hijau. Sedulur tak hanya bisa menikmati pemandangan hijau, namun juga bisa berfoto di tempat ini. Dijamin hasil fotonya akan sangat mengesankan, terutama foto bersama pasangan.

Spot foto ini sengaja tidak memiliki pagar. Tujuannya untuk mendapatkan tampilan gambar lembah yang maksimal dan simbol “I love you” yang sempurna. Namun jangan khawatir pihak pengelola memberikan faktor keamanan yang sangat baik. Manajemen menyiapkan kait pengaman tubuh atau body harness untuk menjaga pengunjung tetap aman dan terlindungi.

2. Ayunan Tepi Jurang

Ayunan di destinasi wisata alam Mojokerto ini mungkin mengingatkan Sedulur pada ayunan di taman bermain anak. Hanya di sini tingginya yang luar biasa. Tempat ini juga menjadi spot foto favorit pengunjung. Hasil fotonya pun tidak akan mengecewakan, Sedulur akan terlihat seperti sedang terbang di atas ayunan.

Namun untuk mendapatkan pengalaman dan hasil foto seperti itu, perlu keberanian ekstra. Berfoto di tempat ini memang akan memacu adrenalin. Sedulur tidak perlu mengkhawatirkan faktor keamanan. Pihak pengelola menyediakan body harness untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada pengunjung.

3. Hammock Pelangi

Hammock pelangi ini terletak di sekitar taman utamanya. Keistimewaan spot foto unik ini adalah banyaknya hammock dengan berbagai warna dan ketinggian. Jika cukup berani, Sedulur bisa berfoto di tempat tidur gantung ini. Semakin tinggi, semakin bagus pemandangannya. 

Begitu pula dengan gambar yang dihasilkan. Sedulur tidak perlu ragu lagi dengan keamanan tempat tidur gantung pelangi berlapis-lapis ini. Percaya saja pada manajemennya. Mereka sudah melakukan antisipasi seperti spot foto lainnya.

4. Taman Penuh Warna

Taman wisata ini memang tidak sepopuler spot fotonya, namun juga patut Sedulur sambangi. Kawasan pegunungan dan hutan dapat diubah menjadi taman yang indah oleh pengelola. Tempat ini memiliki banyak tempat duduk untuk bersantai. Suasananya sangat menenangkan dan benar-benar bisa membuat Sedulur betah.

Ada aktivitas seru yang bisa Sedulur lakukan di sini. Misalnya bersantai sambil ngopi bersama keluarga dan makanan khas Jawa Timur. Ini pasti sangat mengesankan bagi kamu. Pemandangan sekitar taman cukup berwarna, bersih, dan indah pastinya akan membuat foto-foto berkesan.

5. Tempat Camping

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah tempat yang dilestarikan sebagai kawasan perkemahan di kawasan pegunungan semakin meningkat. Masyarakat mempunyai tren liburan untuk kembali ke alam. Ternyata pengelola wisata di sini mempunyai visi yang sama. 

Mereka menyediakan camping ground bagi yang ingin berkemah di lereng Gunung Welirang. Selain menyediakan tempat berkemah, pihak pengelola juga harus menyiapkan segala fasilitas pendukung. Tujuannya tentu saja agar camp nyaman bagi pengunjung.

Tips Berwisata ke Claket Adventure Park

Sebelum berwisata ke Claket Adventure Park, ada beberapa tips yang perlu Sedulur tahu. Sedulur bisa menyimak beberapa hal di bawah ini.

  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan pakaian yang sesuai.
  • Bawa lotion anti nyamuk terutama di lokasi hutan.
  • Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen di spot foto.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai wisata di Claket Adventure Park. Semoga informasi ini membantu Sedulur ya.