bukit kapur arosbaya

Sedulur sedang mencari objek wisata alam yang menawarkan sajian panorama alam yang sangat memukau dan berbeda dari biasanya? Tidak usah bingung, Bukit Kapur Arosbaya siap hadir untuk memuaskan hasrat bertualang yang dimiliki!

Bagi Sedulur yang gemar menjelajah alam, tentu saja sudah tidak asing dengan Antelope Canyon di Arizona, Amerika Serikat yang sangat menawan. Antelope Canyon sendiri merupakan sebuah ngarai yang mempunyai sisi tebing berwarna coklat eksotis dengan lorong alami yang terbentuk karena erosi.

Ternyata, terdapat suatu objek wisata di Indonesia yang mirip seperti Antelope Canyon Arizona, lho! Objek wisata yang dimaksud adalah Bukit Kapur Pelalangan Arosbaya alias Bukit Arosbaya yang terletak di Pulau Madura. Berikut ini informasi lebih lengkap mengenai Bukit Kapur Arosbaya!

BACA JUGA: Pesona Coban Sriti, Air Terjun Tersembunyi di Lumajang

Bukit Kapur Arosbaya

bukit kapur arosbaya
Unsplash/Andre Filipe

Bukit Kapur Arosbaya sejatinya merupakan bekas lahan tambang kapur yang sudah tidak digunakan lagi. Daripada dibiarkan begitu saja, pada akhirnya pengelola dari lokasi tersebut mengubahnya menjadi objek wisata yang menarik dikunjungi.

Berbeda dari kebanyakan bukit kapur yang memiliki warna putih, Bukit Arosbaya ini justru menawarkan hamparan bukit dengan warna coklat keemasan.

Daya Tarik yang Dimiliki

Ya, secara sekilas, panorama yang ada di sini mampu mengingatkan para wisatawan dengan Antelope Canyon Arizona. Perbedaannya yakni jika Antelope Canyon Arizona adalah ngarai gersang, Bukit Arosbaya masih ditumbuhi oleh tumbuhan paku serta beberapa pohon rindang.

Bebatuan kapur coklat ini juga dihiasi dengan pahatan bekas tambang, sehingga terbentuk relief abstrak yang cantik. Paduan yang dihasilkan antara bukit berwarna coklat keemasan dengan relief ini, tentu saja mampu menghadirkan panorama yang eksotis dan indah.

Pastinya Sedulur tidak akan bisa menemukan pemandangan semacam ini di objek wisata lainnya. Jadi bukit kapur ini memang sangat istimewa.

Aktivitas Menarik yang Dilakukan

Bisa dibilang jika Bukit Kapur Arosbaya layak dijadikan sebagai salah satu wisata favorit bagi para pecinta fotografi. Terdapat banyak sekali spot foto di sini yang menyajikan pemandangan nan indah eksotis. Jadi tidak heran lokasi ini seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk prewedding.

Semakin Sedulur menelusuri bagian dalam dari bukit ini, maka akan disuguhi dengan pemandangan yang benar-benar menakjubkan. Terdapat beberapa goa di dalam bukit yang dapat dimasuki dan digunakan oleh para wisatawan untuk hunting foto.

Di samping itu, ada juga tebing-tebing lengkap dengan relief pahatan dengan berbagai bentuk abstrak dan ukuran. Pemandangan yang ada di sekitar tempat ini pun masih sangat alami. Benar-benar menjadi salah satu tempat yang cocok untuk healing dan melepas penat usai menjalani aktivitas sehari-hari.

Fasilitas yang Tersedia

Karena masih tergolong sebagai objek wisata baru, belum ada pengembangan secara maksimal pada objek wisata ini. Ya, karena masih benar-benar alami, jangan harap Sedulur bisa menemukan berbagai fasilitas yang tersedia di sini.

Sedulur tidak akan menemukan warung penjual makanan dan minuman, mushola, atau bahkan toilet. Jadi jika ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini, pastikan membawa perbekalan yang cukup serta tentukan waktu yang paling tepat untuk berkunjung.

Harga Tiket Masuk

Dapat dikatakan jika harga tiket masuk yang dikenakan untuk bisa menjelajahi Bukit Arosbaya ini sangat ramah di kantong. Jadi Sedulur bisa tetap menikmati keindahan alam, healing, sambil berburu foto tanpa perlu takut kantong jebol. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini harga tiket masuk dan tarif parkir di sini.

  • Harga tiket masuk: Rp5 ribu
  • Tarif parkir motor: Rp5 ribu
  • Tarif parkir mobil: Rp10 ribu

Sedikit catatan tambahan, harga tiket masuk dan juga tarif parkir di Bukit Arosbaya di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pihak pengelola. Hanya saja, biaya tersebut dapat Sedulur jadikan sebagai patokan ketika ingin berkunjung.

BACA JUGA: Wisata Bukit Nirwana Malang: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Lokasi Bukit Arosbaya

bukit kapur arosbaya
Unsplash/Jos Zwaan

Lokasi dari Bukit Kapur Arosbaya ini ada di Plalangan Madura, Buduran, Makam Air Mata, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Bagi Sedulur yang sedang berlibur ke kawasan Madura khususnya Bangkalan, jangan sampai lupa untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini.

Rute Menuju Lokasi

Bukit Kapur Arosbaya ini masih satu kawasan dengan wisata religi Makam Aermata Ebhu. Jarak dari kedua objek wisata tersebut hanya sekitar 450 meter saja atau lima menit perjalanan. Cukup mudah untuk bisa mencapai kawasan ini, karena akses jalannya mudah untuk dilalui.

Nah, dari Jembatan Suramadu, objek wisata ini jaraknya kurang lebih 35 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan. Jika Sedulur melalui Jembatan Suramadu, maka dapat menuju ke Kota Bangkalan lebih dulu.

Setelah itu, lanjut perjalanan ke arah Kecamatan Arosbaya. Jika sudah tiba di Kecamatan Arosbaya, Sedulur dapat bisa mengikuti petunjuk jalan untuk menuju ke Makam Aermata Ebhu.

Tips Berkunjung

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna untuk berkunjung ke Bukit Kapur Arosbaya. Pastikan untuk memahami dan mengikuti tips berikut ini demi perjalanan yang nyaman dan juga aman.

  • Periksa jadwal operasional dan kondisi cuaca sebelum Sedulur pergi.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas outdoor.
  • Bawa perlengkapan pendakian seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik.
  • Patuhi aturan dan tanda-tanda yang dipasang di area tersebut.
  • Jangan merusak alam sekitar.
  • Bawa pulang semua sampah yang dihasilkan.
  • Waspada terhadap keamanan diri dan hindari menjelajahi area yang berbahaya atau tidak terlindungi dengan baik.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

Bukit Kapur Arosbaya merupakan destinasi wisata yang populer bagi wisatawan yang mencari pengalaman alam baru yang memukau dan menyegarkan. Untuk itu, jelajahi keindahan alam ini dan biarkan diri Sedulur terpesona oleh keajaiban alam yang luar biasa!