bukit jaddih

Bingung menentukan destinasi wisata saat berkunjung ke Madura? Sedulur bisa mendatangi salah satu tempat wisata yang tengah hits berikut ini. Adalah Bukit Jaddih, sebuah tambang kapur yang kini diubah menjadi tempat wisata.

Tak sekadar menawarkan pemandangan yang memanjakan mata, Bukit Jaddih Madura juga memiliki beragam wahana yang menarik untuk dicoba. Ingin tahu lebih jauh seputar Bukit Jaddih? Yuk, langsung simak rangkuman informasinya berikut ini.

 BACA JUGA: Wisata Bukit Geger: Lokasi, Harga Tiket, Pesona, dan Rute

Mengenal Bukit Jaddih di Madura

bukit jaddih
Unsplash/Hafizh Maryansyah

Bagi sebagian orang, Pulau Madura mungkin belum terlalu populer sebagai pilihan tujuan wisata. Kendati demikian, sebenarnya ada banyak destinasi yang bisa Sedulur kunjungi di pulau yang masuk dalam wilayah Jawa Timur ini. Satu di antaranya adalah Bukit Jaddih.

Bukit Jaddih sendirinya sebenarnya merupakan tambang kapur yang diubah menjadi tempat wisata dan layak untuk dikunjungi. Tempat ini pun menjadi salah satu spot wisata yang menarik, terutama bagi wisatawan yang senang berfoto ria ataupun ingin menikmati pemandangan alam yang indah.

Lokasi

Bukit Jaddih berada di Kecamatan Parseh, Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Tepatnya bukit tersebut terletak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Bangkalan atau 30 kilometer dari Kota Surabaya.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan wisata Bukit Jaddih, Sedulur akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Selain itu, Sedulur juga perlu menyiapkan uang untuk parkir, yakni Rp 5 ribu untuk roda dua dan Rp 10 ribu untuk roda empat. Sementara itu, jika ingin menikmati danau dengan menaiki rakit, Sedulur akan dikenai biaya sewa sebesar Rp 5 ribu per orang.

Jam buka

Sedulur yang ingin berkunjung ke Bukit Jaddih tentu perlu mengetahui jam buka objek wisata satu ini. Bukit Jaddih buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Rute Menuju Bukit Jaddih

Sebagai informasi tambahan, Sedulur yang ingin berkunjung ke Bukit Jaddih dapat melewati rute dari pusat kota Bangkalan melalui Jalan Tanah Merah, Jalan Raya Patemon, Jalan Raya Burneh, Jalan Raya Langkap, Jalan Raya Jambu, Jalan Raya Parseh, Jalan Raya Jaddih, dan Jalan Gua Pote.

Adapun waktu tempuh melewati rute tersebut adalah sekitar 1 jam perjalanan.

BACA JUGA: Bukit Kapur Arosbaya: Lokasi, Rute, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Pesona Bukit Jaddih

setigi gresik bukit jaddih
Unsplash/Hafizh Maryansyah

Bukit Jaddih merupakan spot wisata yang berada di kawasan pertambangan kapur. Hal ini membuatnya memiliki pemandangan indah yang mungkin tidak akan Sedulur jumpai di tempat lain. Apalagi meski sudah dijadikan tempat wisata, aktivitas pertambangan masih berlangsung sehingga Sedulur akan melihat aktivitas truk dan alat berat yang berlalu lalang.

Sementara itu, berikut ada beberapa pesona sekaligus pilihan aktivitas yang bisa Sedulur lakukan saat berkunjung ke Bukit Jaddih.

1. Spot foto menarik

Suguhan pemandangan yang indah tentu tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga menarik untuk diabadikan. Sedulur bisa berfoto sepuasnya sebagai kenang-kenangan.

2. Danau buatan

Pemandangan bukit tambang kapur makin dipercantik dengan kehadiran danau buatan. Danau dengan air berwarna hijau itu menjadi salah satu spot favorit wisatawan. Pasalnya, lokasi ini menyajikan pemandangan danau yang dikelilingi bukit kapur yang terpahat dan berpadu dengan langit yang cerah.

Tak hanya menikmati pemandangan, Sedulur juga bisa berkeliling danau dengan menyewa rakit. Selain itu Sedulur juga bisa menjelajahi rongga-rongga bukit yang memiliki pemandangan memukau.

3. Aneka wahana

Selain berfoto dan mengelilingi danau dengan rakit, masih banyak aktivitas lain yang bisa Sedulur lakukan saat berkunjung ke Bukit Jaddih. Satu di antaranya adalah menikmati kolam renang yang berada di tengah perbukitan kapur. Bermain air di tengah kawasan tambang kapur yang panas tentu bisa jadi pilihan menarik untuk mendinginkan tubuh.

Selain itu, tersedia pula wahan lain, seperti flying fox, ATV, hingga sepeda air. Sedulur yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat juga bisa mengunjungi toko aksesori Goa Pote.

Tips berkunjung ke Bukit Jaddih

Agar agenda wisata Sedulur ke Bukit Jaddin makin menyenangkan, berikut ada beberapa tips untuk Sedulur.

  • Agar cuaca tidak terlalu panas, Sedulur bisa berkunjung pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB atau pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB.
  • Gunakan pakaian yang nyaman serta topi atau payung untuk melindungi tubuh dari panas terik matahari.
  • Meski merupakan kawasan wisata, aktivitas tambang di Bukit Jaddih masih berlangsung. Untuk itu, sebaiknya tetap berhati-hati dan mengikuti petunjuk keamanan yang ada.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Itu dia rangkuman informasi mengenai Bukit Jaddih, pilihan destinasi wisata di Madura. Sedulur bisa memasukkan Bukit Jaddih sebagai salah satu tujuan wisata saat berkunjung ke Madura.