Bernah de Vallei: Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Wahana

Bernah De Vallei adalah kawasan wisata ramah keluarga dan anak di Mojokerto, Jawa Timur. Nama Bernah berasal dari bahasa Jawa yang berarti ladang. Sedangkan De Vallei diambil dari bahasa Belanda yang berarti lembah. Tempat wisata yang baru Jatim ini baru dibuka pada akhir tahun 2020 lalu dan menawarkan banyak wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga. 

Tempat wisata ini merupakan destinasi wisata edukasi yang menawarkan berbagai pilihan wahana hiburan. Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Kamu akan melihat lembah hijau dengan pohon pinus yang rindang dan sungai yang mengalir dengan tenang. 

Suasana Bernah De Vallei yang tenang dan damai menjadikannya tempat yang sempurna untuk bersantai, melepas stres, dan menikmati keindahan alam. Jika kamu sedang mencari tempat untuk bersantai dan melepas penat, objek wisata ini sepertinya bisa menjadi alternatif tempat yang wajib kamu kunjungi. Berikut informasi lengkap mengenai Bernah De Vallei.

BACA JUGA: Berwisata ke Kediri Eco Park, Liburan Seru Sambil Belajar

Sekilas Tentang Bernah de Vallei

bernah de vallei
Unsplash/Ms Uppy

Bernah De Vallei terletak di kawasan Perhutani RKPH Kemloko BKPH Pacet KPH Pasuruan. Ide Bernah De Vallei Wanawisata digagas pada awal tahun 2014 oleh pengiat outbound dan pemuda desa Kembangbelor serta Tokoh LMDH Hutan Lestari desa Kembangbelor. 

Mereka mengajukan proposal kerjasama dengan Perum Perhutani KPH Pasuruan melalui BKPH Pacet yang telah disetujui oleh kepala desa waktu itu. Permintaan kerja sama tersebut dipersulit dengan situasi Desa Kembangbelor dan kondisi sosial politik yang belum mendukung. 

Lalu pembersihan dimulai pada 11 Oktober 2020 untuk mewujudkan impian desa wisata Kembangbelor yang dicita-citakan yakni Bernah De Vallei Wanawisata dengan visi misi menjadikannya desa wisata percontohan di Indonesia.

Akhirnya dalam waktu dua setengah bulan, pembangunan kawasan wisata Bernah De Valle dipercepat, mulai dari pembangunan jalan, kolam, jembatan, toilet, dan tempat perkemahan.

Pada tanggal 28 Desember 2020, Bernah De Vallei dapat menyelenggarakan soof opening yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Mojokerto Terpilh H. Muhammad Al Barra, Lc. M.Hum dan dihadiri jajaran perum perhutani KPH Pasuruan saat itu.

Sejarah Bernah de Vallei

Bernah adalah istilah dari masyarakat dengan luasnya kurang lebih 20 hektar dan dilalui dua buah sungai yang kemudian menyatu menjadi satu sungai. Objek wisata kolam renang di Bernah de Vallei memiliki oksigen murni dan berbagai wahana rekreasi yang sangat indah dan asri.

Tempatnya juga jarang berangin karena dikelilingi bebatuan, bukit dan dataran tinggi. Dahulu, tempat ini sudah ada sejak peradaban prasejarah Zaman Perunggu dan Besi yaitu masyarakat Neolitikum, sekitar tahun 500 SM, terbukti dengan adanya batu Menhir dan Dolmen di makam desa Belor.

Lalu juga ditemukan umpak batu sebelah utara punden Mbah Demung, juga utara punden Mbah Jurangdowo, aneka lumpang batu, batu dakon, watu kandang, pipisan, dan pecahan keramik China di utara dusun Paras yang menandakan sebuah pemukiman zaman Majapahit.

Ada juga prasasti yang ditemukan di sebuah makam di Desa Nogosari bertanggal 1286 Saka atau tahun 1358 M, zaman Raja Hayam Wuruk. Kemudian prasasti Lencana Girindrawardhana Dyah Ranawijaya di sumber Jubel menjadi tanda tanah Ganjaran Sri Brahmaraja Ganggadhara tahun 1486 Masehi.

Lokasi Bernah de Vallei

Bernah de Vallei berada di tengah tiga desa yaitu Paras, Kembang, dan Belor, Desa Kembangbelor, Pacet, Mojokerto. Tepatnya di Jalan Raya Tirtowening, Paras, Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

Sangat mudah ditemukan apalagi jika sudah mengetahui Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Bernah de Vallei tepat di sebelahnya atau MBI (Madrasah Kelas Internasional) di depan Amanatul Ummah.

BACA JUGA: Go Fun Night Carnival Bojonegoro: Wahana, dan Harga Tiket

Rute Menuju Bernah de Vallei

bernah de vallei
Unsplash/Ahmad Fatikh

Rute Bernah De Vallei sangat mudah dicari dan akses jalan bagus. Dari Jalan Gajah Mada, kamu bisa menuju Jalan Jayanegara. Setelah itu terus menuju Jalan Gempol-Mojokerto. Lalu kamu harus menuju Jalan Raya Tirto Wening Pacet, kemudian belok kiri. 

Dari sana kamu dapat mengikuti petunjuk arah. Kemudian, kamu dapat bertanya kepada penduduk setempat atau solusi terbaiknya adalah dengan memeriksa Google Maps. 

Jarak tempuh sekitar 31,6 kilometer dan waktu tempuh kurang lebih 52 menit. Atau kamu bisa langsung dari Jalan Pahlawan – Jalan Jayanegara – Jalan Raya Pacing – Jalan Raya Pacet – Jalan Mayjen H Soemadi.

Jam Operasional Bernah de Vallei

Bernah De Vallei memiliki jam operasional yang berbeda. Pada hari Senin sampai Kamis, Bernah De Vallei buka pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Lalu pada Sabtu dan Minggu, tempat wisata ini buka pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Bernah de Vallei

Sebenarnya untuk harga tiket masuk ke Bernah de Vallei hanya Rp7.000 saja. Selain itu untuk parkir motor Rp3.000 dan parkir mobil Rp5.000. Tapi untuk bermain wahana kamu perlu membayar lagi. Pasalnya, di sini banyak wahana yang seru dicoba. Berikut ini info tiketnya.

  • Kolam renang: Rp7.000
  • Taman kelinci: Rp10.000
  • Panggung dolanan: Rp10.000
  • Motor trail: Rp15.000
  • ATV: Rp20.000
  • ATV lintas hutan: Rp60.000
  • Flying fox: Rp20.000
  • Dino Ride Besar: Rp10.000
  • Theater Dino Je Lux: Rp20.000

Fasilitas di Bernah de Vallei

Untuk mendukung kegiatan wisata, di sini tersedia fasilitas yang cukup lengkap. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mushola
  • Toilet
  • Cafetaria
  • Restoran
  • Gazebo

Daya Tarik Bernah de Vallei

Selain Jatim Park 3, destinasi wisata ini menawarkan rekreasi seru dan menyenangkan, juga terdapat kolam renang yang menarik. Kamu juga diperbolehkan hunting foto di lokasi yang berbeda, karena di sini kamu akan melihat banyak spot foto yang sayang dilewatkan.

Lalu ada aktivitas luar ruangan yang menarik seperti berkebun dan berkemah. Bagi yang suka hiking bisa mencoba hiking di hutan pinus. Pemandangannya juga sangat indah ditambah dengan udara yang sejuk dan pepohonan hijau, membuat kamu semakin betah di sini.

Aktivitas Seru di Bernah de Vallei

Objek wisata Bernah de Vallei terletak di kawasan hutan Perhutani dengan pemandangan alam berupa pepohonan. Bernah de Vallei dengan luas 20 hektar terletak di kaki Gunung Welirang. Anak-anak dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti memberi makan ikan, menanam bunga, atau berenang.

Pengunjung dewasa dapat menikmati aktivitas seperti menyusuri sungai, trekking di hutan, dan menanam pohon. Pengunjung juga dapat menikmati paket kemah keluarga dengan harga mulai sekitar Rp150.000. Peralatan meliputi selimut, kasur, bantal, matras, api unggun, dan pilihan lainnya.

Wahana di Bernah de Vallei

bernah de vallei
Unsplash/Shibupavizha

Bernah de Vallei memiliki banyak wahana menarik untuk dijelajahi. Terdapat area dinosaurus, taman kelinci bahkan tempat perkemahan bagi yang ingin bermalam. Berikut beberapa di antaranya.

  • Kawasan Dinosaurus

Bernah de Vallei memiliki kawasan dinosaurus bernama Dino Je Lux. Ada banyak dinosaurus di sini yang menyambut wisatawan. Tak lupa juga ada wahana dino ride yang bisa kamu naiki serta theatrical drama yang menegangkan dan seru.

  • Taman Kelinci

Wisatawan dapat berinteraksi dengan kelinci-kelinci cantik di tempat yang bersih dan sejuk. Taman ini juga mempunyai makanan yang bisa diberikan wisatawan kepada kelinci. Jangan lewatkan tempat ini bagi pecinta kelinci.

  • Camping Area

Terdapat lokasi camping baru yang menawarkan nuansa perbukitan di tengah hutan bernama Kedung Jaran. Pemandangannya begitu menarik dengan suasana sejuk dan santai. Selain itu, Bernah de Vallei juga memiliki tempat camping dan perkemahan di blok A dan B.

  • Petualangan Jeep

Bernah de Vallei menawarkan tur jeep yang menyenangkan dan mengasyikkan. Bagi yang ingin merasakan sejuknya hutan kawasan ini, tersedia paket jarak pendek atau jarak jauh.

  • Wahana outbound

Selain wahana yang sudah disebutkan, masih banyak lagi wahana wisata bertema outbound di Bernah de Valle yang bisa dicoba wisatawan. Mulai dari kolam renang, fly fox, skuter, dolan panggon, mini ATV, dan lainnya.

Tips Wisata ke Bernah de Vallei

Bernah de Vallei terletak di daerah pegunungan. Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya mengenakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh. Jika tidak mau, kamu bisa membawa jaket untuk berjaga-jaga.

Apalagi jika membawa anak-anak patut diperhatikan, karena areanya sangat luas dan tentunya akan banyak pengunjung. Selain itu, sebaiknya memakai sepatu yang nyaman karena wisatawan harus banyak berjalan kaki selama berada di sana dan lebih nyaman untuk berjalan naik turun.

Oia, selain itu Sedulur juga harus memperhatikan perbekalan ya. Apalagi area wisata satu ini cukup luas dan akan menguras energi untuk berkeliling di sekitarnya. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati area Go Fun Park.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai wisata Bernah de Vallei. Semoga bisa membantumu dan menjadi pedoman liburan ke sana!