Pantai Banyu Anjlok Malang: Daya Tarik, Lokasi, & Harga Tiket

Unsplash/Alex Gruber

Wisata Malang memang tiada pernah ada habisnya. Kabupaten Malang Utara terkenal dengan air terjunnya. Sementara itu bagian selatan terkenal dengan pantainya. Bingung antara pantai dan air terjun? Jangan khawatir, Sedulur bisa mengunjungi pantai di Malang yang memiliki air terjun yaitu Banyu Anjlok Malang.

Di antara sekian banyak pantai di Malang, tempat ini yang paling unik. Pasalnya Banyu Anjlok merupakan satu-satunya pantai yang memiliki air terjun. Pantai ini adalah tujuan sempurna bagi pecinta petualangan. Pasalnya melakukan trekking ke pantai adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan fisik Anda. 

Rasa lelah dan tenaga yang terkuras akan terbayar dengan pemandangan air terjun dan pantai yang menakjubkan. Kalau Sedulur mau ke sini, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Kahuripan Surga Tersembunyi di Sumenep

Sekilas Tentang Pantai Banyu Anjlok

pantai asmara jember
Unsplash/E Vos

Banyu Anjlok merupakan objek wisata alam yang menawarkan wisata pantai di Teluk Lenggoksono. Uniknya, selain menghadap ke pantai, kawasan ini juga memiliki air terjun dengan pemandangan langsung ke pantai. Inilah yang menjadi highlight dari destinasi wisata ini di mana Sedulur bisa menikmati dua objek wisata sekaligus.

Pantai Banyu Anjlok memiliki pasir putih yang halus. Meski pantainya menghadap ke laut selatan, namun ombaknya sangat tenang. Air terjun Banyu Anjlok tingginya kurang lebih 7 meter. Air mengalir dari cekungan atas. Air kemudian jatuh dan mengalir melalui bebatuan menuju pantai.

Pantai ini cocok disebut hidden paradise. Pasalnya, lokasi pantai tersebut tersembunyi dan untuk mencapai tempat wisata ini, Sedulur harus berjalan melalui jalan yang sempit dan cukup terjal. Namun, jika tidak ingin melewati jalur yang sulit tersebut, Sedulur bisa menyewa perahu nelayan. Sesampainya di sana, Sedulur akan terkesima dengan keunikan aliran alami air terjun yang mengalir menuju pantai.

Lokasi dan Rute Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok berlokasi di Lenggoksono, Gunung, Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke pantai ini, ada beberapa rute yang bisa Sedulur tempuh. Jika Sedulur berangkat dari pusat Kota Malang, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 30 menit untuk mencapai destinasi wisata Banyu Anjlok yang berjarak kurang lebih 71 kilometer. 

Sedulur bisa mengambil jalur Malang – Gadang – Bululawang – Turen – Dampit – Tirtoyudo. Setelah sampai di pertigaan Tangsi, belok kanan menuju Desa Purwodadi atau Dusun Lenggoksono. Sedulur akan melewati objek wisata Pantai Lenggoksono sebelum sampai di Banyu Anjlok. 

Di sana Sedulur perlu membeli tiket masuk dan membayar biaya parkir. Setelah itu, ada dua jalur menuju Banyu Anjlok dari Pantai Lengoksono.

  • Melalui jalur laut

Sedulur bisa menyewa perahu nelayan. Sedulur juga akan melewati beberapa tempat wisata lainnya seperti Pantai Bolu-bolu dan Teluk Kletekan.

  • Melalui jalur darat

Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam. Jalur ini merupakan jalan sempit sehingga kendaraan roda empat tidak diperbolehkan. Sebagai alternatifnya, Sedulur bisa menyewa ojek sehingga tidak perlu berjalan jauh menuju pantai.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Pantai ini setiap harinya buka dari pukul 07.00 WIB sampai sore pukul 17.00 WIB. Tidak disarankan ke sini di luar jam tersebut karena akses jalannya yang berbahaya jika dilalui malam hari. Terlebih penerangan jalannya juga sangat minim. Sementara untuk tiket masuknya cukup Rp10.000 per orang.

Daya Tarik Pantai Banyu Anjlok

pantai banyu anjlok
Unsplash/Johan Nygren

Pantai Banyu Anjlok memiliki beberapa daya tarik yang memukau. Ketika ke sini, banyak aktivitas seru yang tentu tak boleh Sedulur lewatkan. Pasti Sedulur akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan. Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Air Terjun yang Memukau

Air terjun Banyu Anjlok tidak terlalu tinggi. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang alirannya jatuh dari satu titik, aliran air terjun di sini mengalir menyusuri permukaan berbatu karang menuju tepian pantai. Makanya air terjun ini terlihat lebar. Jika Sedulur mempunyai keberanian, cobalah memanjat tebing hingga ke puncak air terjun. Terdapat kolam alami yang menampung aliran air. Dari atas tebing, Sedulur bisa lebih leluasa menikmati pemandangan indah.

  • Pantai yang Menawan

Meski pantai ini tidak terlalu luas, namun tetap menarik untuk dijelajahi. Kawasan pantai ini memungkinkan Sedulur bermain air dan mengambil foto. Banyak wisatawan yang berkemah di kawasan pantai. 

Namun, saat ini tampaknya ada anjuran untuk tidak berkemah di kawasan tersebut. Pasalnya, ombak di pantai ini sangat besar sehingga saat air pasang, air terjun pun terendam air. 

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk menjelajahi pantai ini adalah pada pagi hari saat air sedang surut. Tapi jika Sedulur memang ingin berkemah, pengelola setempat menyediakan tempat tersendiri yang lebih aman.

  • Spot Memancing

Jika Sedulur suka memancing, berwisata ke Banyu Anjlok adalah keputusan yang tepat. Pasalnya, kawasan pesisir ini memiliki daerah penangkapan ikan dengan jenis ikan yang beragam. Sedulur juga bisa naik perahu ke pulau tempat habitat lobster. Selain mengagumi pemandangan yang indah, Sedulur juga bisa menikmati hobi memancingmu.

  • Spot Snorkeling

Jika melalui jalur laut, Sedulur akan melewati kawasan snorkeling Teluk Kletekan. Peralatan snorkeling bisa Sedulur sewa dari warga sekitar Pantai Lenggoksono. Area snorkeling di sini Sedulur bisa menikmati beragam biota laut, termasuk terumbu karang dan ikan berwarna-warni.

Fasilitas di Pantai Banyu Anjlok

Meskipun lokasi pantai tersembunyi, tapi fasilitasnya sudah cukup lengkap. Jadi Sedulur bisa berwisata dengan nyaman. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia.

  • Warung makan
  • Toilet
  • Gazebo
  • Camping area
  • Sewa perahu
  • Persewaan alat snorkeling

Tips Berwisata ke Pantai Banyu Anjlok

Sebelum datang ke Pantai Banyu Anjlok Malang, ada beberapa hal penting yang perlu Sedulur perhatikan. Berikut ini tips berwisata ke Banyu Anjlok.

  • Hindari berkunjung saat musim hujan, pasalnya Air Terjun Banyu Anjlok akan memiliki debit air yang sangat banyak.
  • Perlu kehati-hatian jika Sedulur datang bersama anak karena aksesnya yang sulit dan membutuhkan tenaga ekstra.
  • Dilarang membuang sampah sembarangan atau merusak dan mencorat-coret apapun di kawasan pantai.
  • Hati-hati jika Sedulur ingin naik ke air terjun karena bebatuan sangat licin.
  • Pengunjung dilarang berenang di cekungan yang ada di atas air terjun karena cukup dalam.
  • Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah pagi hari saat air laut surut.
  • Kalau ingin berkemah, sebaiknya di area Pantai Lenggoksono.
  • Bagi yang ingin memancing, wajib menggunakan cara manual sehingga tidak merusak ekosistem laut.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Banyu Anjlok Malang. Oia, karena wisata satu ini memiliki area yang luas dan butuh stamina untuk mengelilinginya. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum.

Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan berjalan-jalan menikmati taman tanpa takut kelelahan.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.