alun alun bondowoso

Bagi Sedulur yang berencana liburan bersama keluarga, tentu perlu memilih destinasi yang cocok. Liburan sendiri tidak melulu harus mengeluarkan banyak uang. Coba saja kunjungi Alun alun Bondowoso, taman yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkumpul dengan keluarga.

Alun-alun kota sendiri memang sering dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan juga melakukan berbagai macam aktivitas. Sama halnya seperti Alun-alun Bondowoso, dimana Sedulur dan keluarga bisa melakukan banyak kegiatan menarik di tempat wisata ini.

Penasaran mengenai pesona dan aktivitas yang menarik dilakukan di Alun alun Bondowoso? Langsung saja, simak dulu beberapa informasi yang akan dijelaskan di bawah ini selengkapnya!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Resort di Banyuwangi, Cocok untuk Liburan

Pesona Alun-Alun Bondowoso

alun alun bondowoso
Radar Jember/Safitri

Alun alun Bondowoso merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Terletak di jantung kota, alun-alun ini menjadi pusat aktivitas warga dan pengunjung yang ingin menikmati suasana kota yang asri dan nyaman.

Dengan pemandangan yang indah dan berbagai fasilitas yang lengkap, Alun-alun Bondowoso menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pengunjung. Pesona utama dari destinasi wisata ini terletak pada keindahan taman yang terawat dengan baik.

Area hijau yang luas dipenuhi dengan beragam tanaman hias dan pepohonan rindang, menciptakan suasana yang sejuk dan segar. Di tengah alun-alun, terdapat sebuah air mancur yang menjadi pusat perhatian dan sering kali menjadi latar belakang foto bagi pengunjung.

Keindahan taman ini semakin terasa saat malam hari, ketika lampu-lampu taman dinyalakan dan menciptakan suasana yang istimewa. Dengan begitu, tidak heran jika alun-alun ini sering menjadi tempat favorit bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

Lokasi Alun-Alun Bondowoso

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika Alun alun Bondowoso sendiri terletak di pusat kota Bondowoso. Lebih tepatnya di Kauman, Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Sebagai taman besar yang ada di pusat kota, tentu saja cukup mudah untuk menemukan Alun-alun Bondowoso. Nah, jika Sedulur memulai perjalanan dari pusat Kota Surabaya, silahkan menuju arah ke selatan. Ambil Jalan Tol Surabaya – Gempol, dan lanjutkan ke Jalan Tol Porong – Gempol.

Keluar di pintu tol Probolinggo, lanjutkan perjalanan menuju arah timur melalui Jalan Raya Pantura. Setelah sampai di Probolinggo, lanjutkan perjalanan menuju selatan mengikuti petunjuk arah menuju Bondowoso melalui Jalan Raya Probolinggo – Bondowoso.

Setelah tiba di Bondowoso, ikuti petunjuk jalan yang mengarahkan Sedulur ke pusat kota. Nah, Alun-alun Bondowoso terletak di pusat kota dan cukup mudah ditemukan. Jika masih kebingungan, Sedulur bisa  menggunakan bantuan aplikasi peta seperti Google Maps.

BACA JUGA: Pantai Pulodoro: Pesona, HTM, Rute, dan Aktivitas Serunya

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

alun alun bondowoso
Unsplash/Jozsef Hocza

Alun-alun Bondowoso menawarkan berbagai macam aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh para pengunjung dari segala usia. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pada saat menghabiskan waktu bersama keluarga di alun-alun ini.

  • Olahraga

Bisa dibilang jika Alun alun Bondowoso adalah tempat yang ideal untuk berolahraga. Para pengunjung bisa memanfaatkan area terbuka untuk jogging atau berjalan santai sambil menikmati udara segar. Beberapa kelompok masyarakat sering mengadakan sesi senam pagi bersama yang bisa diikuti oleh siapa saja.

Selain itu, terdapat lapangan basket dan golf mini yang bisa digunakan untuk bermain bersama teman atau keluarga. Tentu saja ini menjadi kesempatan untuk memainkan olahraga tersebut dengan biaya yang jauh lebih murah dibanding menyewa lapangan khusus.

  • Kulineran

Salah satu daya tarik utama di Alun-alun Bondowoso adalah deretan warung dan kios makanan yang menawarkan berbagai macam kuliner lokal. Sedulur dan keluarga bisa menikmati aneka jajanan tradisional, seperti pentol bakar, tahu tek, dan aneka gorengan.

Selain itu, terdapat juga pedagang kaki lima yang menjual minuman segar, es krim, dan makanan ringan lainnya. Menjelang malam, area alun-alun sering kali berubah menjadi pusat kuliner malam yang ramai. Jadi jangan lupa untuk berwisata kuliner ketika berkunjung ke objek wisata ini.

  • Piknik

Seperti yang telah diketahui, alun-alun yang satu ini menyediakan area hijau yang luas, sangat ideal untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman. Sedulur bisa datang dengan membawa tikar dan bekal makanan untuk dinikmati di bawah pohon-pohon rindang.

Suasana yang sejuk dan pemandangan taman yang indah menjadikan piknik di alun-alun ini sebagai pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan. Jika bekal yang dibawa terasa masih kurang, tentu bisa menambah santapan dengan membeli di warung sekitar.

  • Foto-foto

Hampir sama seperti alun-alun di kota lain, Alun-alun Bondowoso juga menyediakan banyak spot yang instagramable, cocok untuk penggemar fotografi. Taman-taman bunga, air mancur, dan patung-patung artistik yang menghiasi alun-alun ini sering menjadi latar belakang foto yang menarik.

Tidak hanya itu saja, pada malam hari lampu-lampu taman yang dinyalakan menciptakan suasana romantis dan memberikan kesempatan untuk mengambil foto malam yang indah. Tentu saja berbagai spot foto yang keren ini cocok dijadikan sebagai latar belakang foto, bukan?

  • Playground

Bagi Sedulur yang datang bersama anak-anak, Alun-alun Bondowoso telah dilengkapi dengan area playground yang aman dan menyenangkan. Di sini, anak-anak bisa bermain ayunan, perosotan, dan berbagai permainan lainnya.

Area bermain ini dirancang dengan baik untuk memastikan keamanan anak-anak saat bermain, sehingga orang tua bisa bersantai sambil mengawasi anak-anak mereka dengan tenang. Ya, pokoknya destinasi ini sangat cocok didatangi bersama anak-anak.

Harga Tiket Masuk

Sebagai taman kota yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso, destinasi wisata ini bisa dikunjungi oleh siapa saja secara gratis. Para pengunjung dapat masuk dan menikmati seluruh area alun-alun tanpa perlu biaya sama sekali.

Ya, tentu saja hal ini menjadikannya tempat yang sempurna untuk aktivitas harian, rekreasi, dan bersantai tanpa mengeluarkan uang. Hanya saja, Sedulur tetap harus menyiapkan dana untuk retribusi parkir serta membeli berbagai kuliner yang tersedia di sekitar alun-alun.

Jam Buka dan Jam Tutup

Alun-Alun Bondowoso dibuka untuk umum setiap hari, bahkan sepanjang hari selama 24 penuh. Dengan begitu, maka memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan dan fasilitas alun-alun kapan saja, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Peraturan yang Berlaku

Untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan semua pengunjung, serta melestarikan keindahan dan kebersihan Alun alun Bondowoso, ada beberapa peraturan yang perlu diikuti. Berikut ini beberapa peraturan umum yang berlaku di alun-alun tersebut.

  • Tidak Membuang Sampah Sembarangan
  • Bawa Pulang Sampah
  • Hindari Aktivitas Berbahaya
  • Hindari Kebisingan Berlebihan
  • Patuhi Jam Malam
  • Tidak Merusak Fasilitas
  • Parkir di Tempat yang Disediakan
  • Tidak Berkendara di Area Pejalan Kaki
  • Tidak Berjualan di Area Terlarang

BACA JUGA: Alun-Alun Bangkalan: Lokasi, Fasilitas, dan Aktivitas Serunya

Fasilitas yang Tersedia

alun alun bondowoso
Unsplash/Naofal Mufid

Alun-alun Bondowoso adalah pusat kegiatan masyarakat yang menawarkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan kesenangan pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di Alun alun Bondowoso adalah seperti yang ada di bawah ini.

  • Jogging Track
  • Lapangan Basket dan Golf Mini
  • Warung dan Kios Makanan
  • Pedagang Kaki Lima
  • Taman Hijau
  • Tempat Duduk dan Gazebo
  • Area Bermain Anak
  • Playground
  • Toilet Umum
  • Mushola
  • Tempat Sampah
  • Spot Foto
  • Area Parkir Kendaraan

Tips Berkunjung

Berkunjung ke Alun alun Bondowoso bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan jika Sedulur mempersiapkan diri dengan baik. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat membantu Sedulur mendapatkan pengalaman terbaik saat mengunjungi alun-alun di Bondowoso ini.

  • Datang di pagi atau sore hari untuk menikmati udara yang lebih sejuk dan nyaman.
  • Jika berencana untuk piknik, bawa tikar dan bekal makanan sendiri.
  • Pakailah pakaian yang nyaman, terutama jika berencana untuk berolahraga atau berjalan-jalan di sekitar alun-alun.
  • Selalu buang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan alun-alun.
  • Bawa uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk membeli makanan dan minuman dari warung atau pedagang kaki lima di sekitar alun-alun.
  • Jika datang bersama anak-anak, pastikan mereka selalu dalam pengawasan,
  • Jangan lupa membawa kamera atau ponsel dengan kamera yang bagus untuk mengabadikan momen dan pemandangan indah di alun-alun.
  • Patuhi semua peraturan yang berlaku di alun-alun.

Alun-Alun Bondowoso adalah tempat yang sangat layak dikunjungi. Keindahan tamannya, lengkapnya fasilitas, dan juga berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di sana menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.