Air Terjun Tirtosari Sarangan: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

Bicara soal objek wisata alam di Magetan, mungkin satu yang langsung muncul di pikiran adalah Telaga Sarangan. Namun jangan salah, karena di sekitar telaga tersebut ada destinasi wisata alam lain yang tidak kalah menarik, yakni Air Terjun Tirtosari.

Bisa dibilang jika Air Terjun Tirtosari kini telah menjelma menjadi salah satu objek wisata terkenal di Magetan. Air terjun yang satu ini menyajikan keindahan alam yang begitu indah dan juga menakjubkan. Bahkan lanskap yang ditampilkan dijamin akan membuat siapa saja merasa betah.

Ditambah lagi dengan aksesnya yang cukup mudah, membuatnya sangat rugi apabila dilewatkan ketika Sedulur menghabiskan waktu liburan di daerah Magetan dan sekitarnya. Namun sebelum itu, simak dulu informasi penting yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Air Terjun Blawan: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket, dan Rute

Pesona Air Terjun Tirtosari

air terjun tirtosari
Pexels/Haydan As Soendawy

Air Terjun Tirtosari merupakan sebuah objek wisata alam yang memukau. Terletak di perbukitan dengan pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk, air terjun ini mempunyai ketinggian mencapai 50 meter. Air terjun juga ini menawarkan pemandangan yang spektakuler ketika airnya jatuh dari tebing yang tinggi.

Air tersebut mengalir melalui formasi batu-batu besar di bawahnya. Untuk memudahkan akses pengunjung, tersedia tangga berundak yang membantu mencapai lokasi air terjun dengan aman dan nyaman. Meskipun memiliki keindahan yang menakjubkan, pengunjung tidak dapat berenang di Air Terjun Tirtosari.

Hal ini karena tidak ada genangan air yang cukup besar untuk dijadikan kolam alami. Namun demikian, tempat ini tetap menarik untuk dinikmati dengan berjalan-jalan menikmati alam sekitar dan menikmati suasana yang tenang dan damai.

Selain sebagai destinasi wisata alam, air terjun yang satu ini juga menjadi tempat yang cocok untuk melepaskan penat dan merefresh pikiran dari rutinitas sehari-hari. Pengunjung dapat menikmati suara gemericik air yang menenangkan sambil menikmati keindahan alam sekitar yang masih alami dan asri.

Lokasi Air Terjun Tirtosari

Air Terjun Tirtosari terletak di Ngluweng Kulon, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Bisa dibilang jika lokasinya berdekatan dengan Telaga Sarangan. Hal ini pastinya menjadikannya sebagai tambahan wisata alam yang menarik di daerah ini.

Rute Menuju Lokasi

Untuk bisa mencapai lokasi dari air terjun ini, tentu saja Sedulur perlu menuju ke arah Kota Magetan lebih dulu. Perlu untuk diketahui, jarak dari pusat kota Magetan sampai ke lokasi Air Terjun Tirtosari ini kurang lebih 16 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Cukup dekat, bukan?

Nah, jika sudah sampai di pusat kota, tujuan pertama yang perlu dilalui adalah Bundaran Selosari. Setelah itu, ambil ke Jalan Monginsidi dan lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Raya Sarangan. Sedulur hanya perlu mengikuti jalan ini sampai masuk ke dalam kawasan Telaga Sarangan.

Apabila telah sampai di Telaga Sarangan, Sedulur bisa langsung mencari pintu masuk yang posisinya tidak jauh dengan telaga. Nah, dari pintu masuk tersebut, Sedulur bisa terus mengikuti jalan yang ada hingga tiba di lokasi dari air terjun.

Lain halnya jika Sedulur berangkat dari Karanganyar atau kota-kota yang ada di sebelah barat Magetan. Sedulur perlu menuju ke Cemoro Sewu atau Cemoro Kandang dulu, baru lanjut perjalanan menuju ke Telaga Sarangan dan temukan lokasi air terjun. Tidak usah khawatir, aksesnya sangat mudah, kok!

Harga Tiket Masuk

Menurut informasi terbaru, harga tiket masuk ke Air Terjun Tirtosari adalah sebesar Rp 7.000 per orang. Dengan harga tiket yang terjangkau ini, para pengunjung sudah dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan dari air terjun paling terkenal di Magetan tersebut.

Selain menikmati panorama alam yang mempesona, harga tiket yang ekonomis ini juga membuat Air Terjun Tirtosari sebagai destinasi wisata alam yang ramah di kantong.

Jam buka dan Jam Tutup

Air Terjun Tirtosari di Magetan dibuka bagi pengunjung umum setiap hari dengan jam operasional dari pagi hingga sore hari, mulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Jam operasional ini memungkinkan para pengunjung untuk menikmati keindahan alam yang disajikan air terjun ini dalam waktu yang cukup lama.

Dengan suasana yang tenang dan udara yang segar, menjadikan waktu kunjungan di air terjun yang satu ini sebagai momen yang sempurna untuk berpetualang dan menikmati keindahan alam Magetan.

Fasilitas yang Tersedia

Air Terjun Tirtosari menawarkan fasilitas lengkap yang memudahkan pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya dengan nyaman. Kawasan wisata ini dilengkapi dengan parkiran luas yang memadai, sehingga tidak perlu khawatir tentang tempat parkir.

Terdapat juga banyak penginapan di sekitar area wisata untuk mengakomodasi pengunjung yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sini. Selain itu, tersedia toilet umum yang bersih dan nyaman, serta berbagai tempat makan untuk memenuhi kebutuhan kuliner pengunjung.

Untuk kenyamanan saat istirahat, beberapa gazebo telah dibangun di sekitar air terjun, memungkinkan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati suasana alam yang tenang. Yang tidak kalah penting, jalur menuju ke atas air terjun juga sudah sangat baik dan tentu saja aman.

Peraturan Umum yang Berlaku

Beberapa peraturan umum yang ada di Air Terjun Tirtosari, diberlakukan untuk menjaga keamanan dan juga kelestarian lingkungan. Kurang lebih, di bawah ini adalah beberapa peraturan umum yang harus diperhatikan dan diikuti ketika Sedulur berkunjung.

  • Menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Dilarang melakukan pencemaran atau merusak alam sekitar air terjun.
  • Dilarang merusak tumbuhan, membuang limbah, atau melakukan kegiatan yang dapat merusak ekosistem.
  • Dilarang membawa barang-barang berbahaya atau bahan-bahan yang dapat merusak lingkungan.
  • Patuhi petunjuk dari petugas atau pengelola tempat wisata untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Tips Berkunjung

Terakhir, ada beberapa tips yang dapat membantu Sedulur saat berkunjung ke Air Terjun Tirtosari. Agar liburan di objek wisata tersebut terasa lebih maksimal dan juga menyenangkan, jangan lupa untuk mengikuti beberapa tips penting berikut ini.

  • Siapkan Perlengkapan

Pastikan membawa perlengkapan seperti sepatu yang nyaman untuk berjalan di alam, serta pakaian yang sesuai dengan cuaca.

  • Waktu Kunjungan

Sebaiknya kunjungi air terjun saat pagi atau siang hari untuk menikmati keindahan alam dan cahaya matahari yang memancar di antara pepohonan.

  • Kondisi Fisik

Siapkan kondisi fisik yang cukup karena Sedulur perlu melakukan pendakian dan berjalan kaki untuk mencapai air terjun.

  • Keamanan

Patuhi rambu-rambu dan aturan yang ada di sekitar air terjun, serta waspada terhadap batu yang licin di sekitar area air terjun.

  • Sampah

Jaga kebersihan dengan membawa kantong sampah untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

  • Jadwal Kunjungan

Periksa cuaca sebelum berangkat dan pastikan air terjun dapat dinikmati dengan aman tanpa risiko cuaca buruk.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Air Terjun Tirtosari bukan hanya sekadar destinasi alam yang menakjubkan, tetapi juga menjadi tempat yang memancarkan kedamaian dan keindahan alam yang tiada tara. Dengan mengunjungi air terjun ini, Sedulur dapat menikmati keelokan alam yang masih asli dan menyegarkan, menjauhkan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.