Air Terjun Roro Kuning: Lokasi, Harga Tiket, dan Aktivitasnya

Unsplash/Alireza Heidarpour

Jika Sedulur berada di Jawa Timur khususnya Nganjuk, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Roro Kuning. Air terjun Nganjuk ini mempunyai cerita sejarah yang melegenda. Selain itu, mengunjungi tempat wisata air ini juga memiliki nilai keindahan tersendiri karena terdapat monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Air Terjun Roro Kuning yang dikelilingi pepohonan rindang dan merambat menembus bebatuan kokoh dari tiga mata air yang bersumber dari Gunung Wilis ini, menawarkan pesona dan keindahan alam yang luar biasa. Ini adalah tempat wisata yang sempurna untuk menghilangkan penat dari kehidupan sehari-hari dan bersantai.

Kalau Sedulur penasaran ingin berkunjung ke Air Terjun Roro Kuning, ada beberapa hal yang perlu Sedulur simak. Berikut ini informasi lengkapnya, mulai dari harga tiket sampai lokasi.

BACA JUGA: Pantai Asmara, Destinasi Indah dan Tersembunyi di Jember

Sejarah Air Terjun Roro Kuning

air terjun roro kuning
Unsplash/Alireza Heidarpour

Air Terjun Roro Kuning terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan mempunyai ketinggian 10 hingga 15 meter. Air terjun ini berasal dari tiga mata air yang mengelilingi Gunung Wilis dan mengalir melalui bebatuan padas di bawah hutan pinus.

Air Terjun Roro Kuning berasal dari cerita rakyat yang populer di kalangan masyarakat Nganjuk dan Kediri. Cerita  ini berkisah tentang dua orang putri Kerajaan Kediri yang hidup pada abad ke-11 dan ke-12, yakni Ruting dan Roro Kuning.

Ruting bernama aslinya Dewi Kilisuci dan Roro Kuning Dewi Sekartaji yang merupakan putri semata wayang dari Lembu Asimo dari Kerajaan Doho. Ada dua versi legenda yang beredar di kalangan masyarakat Nganjuk dan Kediri.

1. Kisah Dua Putri Raja yang Sakit

Kedua putri Raja Kediri, Ruting dan Roro Kuning, sedang sakit dan tidak ada seorang pun di kerajaan itu yang bisa menyembuhkan penyakit kedua putri raja tersebut. Ruting menderita penyakit kuning dan Roro menderita gondok dan penyakit kulit.

Ruting dan Roro mengembara ke hutan belantara untuk menyembuhkan sakitnya. Mereka mengitari gunung dan akhirnya sampai di lereng Gunung Wilis di Desa Bajulan, Nganjuk. Saat beristirahat dan merenungkan nasibnya, kedua gadis itu bertemu dengan Resi Darmo dari Padepokan Ringin Putih Desa Bajulan.

Kedua putri ini kemudian menjalani perawatan medis dan diobati dengan pengobatan tradisional oleh Resi Darmo. Setelah meminum ramuan Resi Darmo, penyakit yang mereka derita pun sembuh. Selama proses penyembuhan, Ruting dan Roro sering mandi di air terjun yang kemudian Resi Darmo member Air Terjun Roro Kuning.

2. Kisah Putri Raja yang Hilang

Kisah bermula dari Roro Kuning dan Asmorobangun yang mencari kakaknya Ruting yang menolak dinikahkan dan melarikan diri. Ruting konon berlindung di hutan lereng Gunung Wilis. Lalu Roro mencari kakaknya. Namun di tengah hutan, Roro jatuh sakit.

Ruting mengetahui adiknya sedang sakit, maka ia berusaha mencari obat di tengah hutan. Namun, dalam perjalanannya, dia terperosok dan menghilang. Sedangkan Roro dirawat oleh Panji Asmorobangun hingga sembuh dari penyakitnya.

Setelah Roro pulih, dia ingin menemukan saudaranya yang hilang. Namun ia dan Panji tersesat di lereng Gunung Wilis. Di lereng hutan Wilis mereka menemukan air terjun yang indah dan memutuskan untuk tinggal di sana sampai akhir hayat mereka. Air terjun ini sekarang dikenal dengan nama Air Terjun Roro Kuning.

Lokasi dan Rute Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning berada di Dusun Magersari, Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Nganjuk, Jawa Timur. Untuk menuju ke sini, Sedulur bisa melalui Jalan Berbek – Ngetos di Kecamatan Loceret. Jarak dari pusat kota Nganjuk sekitar 30 kilometer saja. Lokasi air terjun tidak jauh dari lokasi Pura Kerta Buwana Giri Wilis.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Roro Kuning setiap hari buka pada pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB. Untuk harga tiketnya sendiri cukup Rp10.000 per orang. Waktu terbaik ketika ke sini adalah pagi hari ketika udara masih begitu sejuk, dan sore saat cuaca mulai teduh. Jadi, Sedulur bisa berwisata dengan nyaman.

BACA JUGA: 

Daya Tarik Air Terjun Roro Kuning

nganget tuban
Unsplash/Logan Fisher

Air Terjun Roro Kuning airnya sangat jernih dan tidak terlalu deras. Kolamnya juga tidak terlalu dalam, jadi Sedulur bisa bermain air di sini. Pemandangan alam di kawasan ini sangat indah. Di sekitarnya juga terdapat pepohonan hijau yang membuatnya semakin indah dan sejuk. Pengunjung akan ditawarkan suasana yang teduh, udara sejuk, dan bunga berwarna-warni di sekitar air terjun.

Ada juga monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman. Monumen ini dibangun untuk mengenang Jenderal Sudirman yang memimpin gerilya melawan Belanda pada tahun 1949. Ada juga rumah sederhana yang konon pernah ditinggali oleh sang jenderal.

Setelah mengunjungi Air Terjun Roro Kuning, luangkan waktu untuk membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga dan orang tercinta. Pengunjung dapat membawa oleh-oleh khas dataran tinggi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Fasilitas di Air Terjun Roro Kuning

Fasilitas di Air Terjun Roro Kuning bisa dibilang cukup lengkap. Jadi, Sedulur tak perlu khawatir selama di sini. Pasalnya sarana dan pra sarana akan mendukung kegiatan wisatamu. Berikut di antaranya:

  • Area Parkir
  • Tempat Outbound
  • Kolam Renang
  • Tempat Makan
  • Toilet
  • Gazebo
  • Camping Ground

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Air Terjun Roro Kuning yang perlu Sedulur tahu. Jadi, kalau Sedulur sedang di Nganjuk dan butuh suasana alam untuk menghilangkan kepenatan, Sedulur bisa berkunjung ke air terjun ini.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.