air terjun lumajang

Berkunjung ke wisata air terjun memang dapat menjadi salah satu opsi menarik untuk menghilangkan penat setelah menjalani rutinitas sehari-hari. Salah satu daerah yang memiliki banyak wisata air terjun adalah Lumajang. Bahkan jumlah air terjun Lumajang mungkin ada puluhan.

Oleh karena itu, jika Sedulur sedang mampir atau berkunjung ke wilayah Lumajang dan sekitarnya, tidak ada salahnya untuk mendatangi salah satu wisata air terjun yang ada di sana. Dijamin, semuanya memiliki pemandangan yang memukau dengan ciri khas masing-masing.

Nah, bicara tentang objek wisata air terjun Lumajang, ada beberapa air terjun yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Di antaranya adalah seperti yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12+ Destinasi Wisata Kenjeran Surabaya yang Wajib Dikunjungi!

1. Air Terjun Tumpak Sewu

coban talun
Unsplash/Dear

Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu air terjun terindah di Indonesia. Tumpak Sewu sendiri dalam bahasa Jawa berarti seribu air. Nama ini merujuk pada fenomena air terjun ini yang memiliki banyak aliran air yang turun secara bersamaan dari ketinggian tebing batu kapur.

Keunikan Tumpak Sewu tidak hanya terletak pada keindahan air terjun itu saja, tetapi juga pada panorama alam sekitarnya yang menakjubkan. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang dikelilingi oleh hutan hijau lebat.

  • Alamat : Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang

2. Air Terjun Kapas Biru

Nama Kapas Biru merujuk pada warna air terjun yang tampak biru kehijauan yang disebabkan oleh refleksi cahaya matahari yang memantul dari air yang jernih. Keunikan dari air terjun ini adalah warna airnya yang begitu indah dan jernih, memberikan kesan seperti benang kapas biru yang terjun dari ketinggian.

Selain keindahan air terjunnya, Air Terjun Kapas Biru juga dikelilingi oleh hamparan hutan yang hijau dan suasana alam yang masih alami. Daerah sekitar air terjun ini juga cocok untuk berjalan-jalan atau trekking menikmati keindahan alam sekitarnya.

  • Alamat : Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang

3. Air Terjun Manggisan

Air terjun Lumajang berikutnya adalah Air Terjun Manggisan. Ini adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan di hari biasa ataupun saat liburan. Objek wisata ini sangat indah dan dapat memberikan sensasi yang berbeda dan mampu meredakan stress akibat aktivitas sehari-hari.

Air Terjun Manggisan menghadirkan pesona keindahan yang benar-benar menarik dikunjungi. Sangat disayangkan jika Sedulur mampir di kota Lumajang namun tidak berkunjung ke wisata Air Terjun Manggisan Lumajang, karena mempunyai keindahan yang tidak dapat ditemukan di wisata air terjun lain.

  • Alamat : Desa Kandangan, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang

4. Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu Lapis mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter, dengan letak air terjun yang berada di antara tebing tinggi dengan beragam tanaman. Kolam di sekitar air terjun tersebut juga terbilang cukup dangkal, yaitu dengan kedalaman setinggi kaki orang dewasa saja.

Dapat dikatakan jika Air Terjun Watu Lapis ini masih sangat alami, di sekelilingnya masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana di tempat ini semakin asri. Menariknya, cerita legenda mengatakan jika air terjun ini pernah dijadikan tempat pemandian para bidadari.

  • Alamat : Dusun Tawonsongo, Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang

5. Air Terjun Kabut Pelangi

Rekomendasi air terjun Lumajang yang berikutnya adalah Air Terjun Kabut Pelangi. Nama tersebut diberikan karena keindahan fenomena alam yang terjadi di sekitar air terjun, di mana kabut yang muncul di pagi atau sore hari dan sering kali membentuk spektrum warna pelangi karena pembiasan cahaya

Ya, keindahan utama dari air terjun ini memang terletak pada fenomena kabut yang muncul di sekitar air terjun saat matahari terbit atau terbenam. Pemandangan tersebut mempu memberikan pengalaman yang sangat indah dan memukau bagi para pengunjungnya.

  • Alamat : Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang

BACA JUGA: 10 Spot Snorkeling Banyuwangi Paling Worth It, Karangnya Indah!

6. Coban Sriti

coban glotak
Pexels/Manuela Adler

Bagi yang belum tahu, coban adalah istilah dalam bahasa Jawa yang berarti air terjun. Sedangkan Sriti merupakan nama dari air terjun tersebut. Nah, Coban Sriti sendiri memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan terletak di ketinggian sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut.

Coban Sriti seringkali menjadi tujuan wisata populer bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke wilayah Lumajang dan sekitarnya. Keindahan air terjun yang disertai dengan suasana alam yang segar dan sejuk menjadikannya tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

  • Alamat : Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang

7. Air Terjun Sarun Bedayu

Mungkin destinasi wisata alam berupa air terjun yang satu ini masih sedikit terdengar asing di telinga. Namun seiring dengan perkembangannya, Air Terjun Sarun Bedayu mulai banyak dikenal dan banyak wisatawan baik itu lokal maupun dari luar daerah yang berkunjung.

Lokasi secara geografis yang dikelilingi bentang alam pegunungan, membuat Air Terjun Sarun ini benar-benar terlihat menawan. Ditambah lagi dengan airnya yang jernih dan segar, dijamin Sedulur tidak akan bisa melupakan pengalaman ketika berada di objek wisata ini.

  • Alamat : Desa Bedayu, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang

8. Air Terjun Goa Tetes

Air Terjun Goa Tetes adalah sebuah air terjun yang memiliki aliran air, yang menetes atau berjatuhan dari ketinggian. Keunikan dari Air Terjun Goa Tetes yang lainnya, yakni ada pada goa yang terbentuk di dinding tebing di sekitar air terjun.

Goa tersebut dapat diakses oleh pengunjung yang ingin menjelajah lebih dalam ke dalam gua. Selain itu, pemandangan alam sekitar yang hijau dan udara segar membuat Air Terjun Goa Tetes menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.

  • Alamat : Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang

9. Antrukan Menjangan

Antrukan Menjangan menjadi salah satu wisata air terjun Lumajang yang wajib dikunjungi. Salah satu daya tarik utama dari Antrukan Menjangan Senduro, yakni keberadaan dari air terjun dengan tinggi 80 meter. Pemandangan air yang mengalir deras diiringi dengan pepohonan di sekitarnya yang rindang.

Tentu saja hal itu dapat menciptakan suasana yang sejuk dan sangat nyaman. Air terjun nan menawan ini juga bisa dijadikan sebagai latar belakang yang sempurna untuk menikmati momen-momen yang mengagumkan dan tenang di tengah alam yang masih sangat asri dan alami.

  • Alamat : Desa Wonocepokoayu, Kec. Senduro, Kabupaten Lumajang

10. Coban Pawon

Air Terjun Coban Pawon memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terletak di tengah-tengah hutan yang hijau. Keunikan dari air terjun ini adalah adanya batu besar di bagian bawah air terjun yang mirip dengan kompor atau dapur, sehingga menambah kesan seperti pancuran air dari dapur.

Coban Pawon menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di Lumajang dan menarik banyak pengunjung setiap tahunnya, terutama bagi para pencinta alam dan petualang. Selain menikmati keindahan air terjun, Sedulur juga dapat menikmati suasana alam yang segar dan sejuk di sekitarnya.

  • Alamat : Desa Kertowono, Kec. Gucialit, Kabupaten Lumajang

11. Air Terjun Gunung Geding

Air Terjun Gunung Geding merupakan salah satu air terjun Lumajang yang wajib dikunjungi berikutnya. Sepanjang perjalanan menuju objek wisata ini, Sedulur akan disuguhi dengan pemandangan hijaunya rumpun bambu yang menutup pandangan dari langit.

Kemudian Sedulur juga akan melewati pintu gerbang unik yang terbuat dari susunan batang bambu membentuk gunungan. Gapura bambu tersebut semacam tetenger dan kita semakin dekat dengan air terjun, maka suara derasnya juga semakin terdengar.

  • Alamat : Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang

12. Air Terjun Rekesan

air terjun lumajang
Unsplash/Jonatan Pie

Rekomendasi air terjun Lumajang yang terakhir adalah Air Terjun Rekesan. Walaupun ukurannya kecil dengan tinggi 5 meter, namun bukan berarti air terjun tersebut tidak menarik. Hijaunya pepohonan sekitar serta tatanan lempengan batu yang membentuk aliran membuatnya terlihat menawan.

Lokasinya sendiri juga tidak jauh dari rumah-rumah penduduk, jadi tidak heran jika rute untuk menuju ke air terjun ini cukup mudah. Ya, bagi masyarakat Pasrujambe, tentu saja sudah paham betul dengan titik lokasi yang dimaksud, bukan?

  • Alamat : Desa Jambekumbu, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang

Dari beberapa rekomendasi air terjun Lumajang di atas, manakah yang terasa menarik dikunjungi? Yang manapun itu, selalu patuhi aturan dan petunjuk keamanan yang ada, dan nikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh setiap air terjun di Lumajang!

Oia, karena wisata air terjun di atas membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur menikmati keindahan air terjun di Lumajang.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!