Wisata

Air Terjun Laccar: Lokasi, Harga Tiket, Rute, dan Fasilitas

Pulau Bawean memiliki banyak wisata alam yang layak untuk dijelajahi. Salah satunya tentu saja adalah wisata Air Terjun Laccar. Wisata alam ini merupakan salah satu unggulan destinasi Kabupaten Gresik di Pulau Bawean. Di sana para pengunjung dapat menikmati keberlimpahan air dari mata air pegunungan desa. Mereka juga bisa berfoto bersama teman dan keluarga.

Umumnya pengunjung datang secara rombongan dengan membawa kendaraan atau juga anak muda yang sedang berlibur untuk melepas kepenatan. Di akhir pekan pengunjungnya bisa mencapai 100 orang. Terkadang wisatawan tak hanya datang untuk berwisata air terjun, tapi ingin menikmati panorama yang ada di Pulau Bawean.

Objek wisata alam ini terkenal dengan air terjunnya yang indah dan benar-benar alami. Wisata Air Terjun Laccar sangat cocok untuk kegiatan liburan. Penduduk lokal di tempat wisata ini juga sangat ramah terhadap pengunjung lokal maupun asing. Kalau Sedulur mau ke sini, cek informasinya berikut ya!

BACA JUGA: Air Terjun Blawan: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket, dan Rute

Sekilas Tentang Air Terjun Laccar

air terjun laccar
Pexels/Han Chieh Lee

Air Terjun Laccar terletak di kawasan Kabupaten Sangkapura. Sekitar 15 km dari pusat kabupaten Sangkapura. Ketinggian air terjun ini 25 meter dengan latar belakang bebatuan yang artistik. Air terjun ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi karena akses menuju tempat wisata ini relatif mudah. Melewati jalan sekitar 15 menit, wisatawan bisa menikmati air terjun tertinggi di Bawean.

Destinasi wisata alam ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang indah. Pengunjung dapat menikmati limpahan air dari sumber mata air pegunungan di desa tersebut. Nikmati indahnya alam di sekitar dan berfoto selfie.

Aliran air yang melalui destinasi wisata ini sangat dipengaruhi oleh musim. Misalnya pada musim kemarau, air yang mengalir di air terjun ini berkurang dan sebaliknya ketika musim hujan tiba. 

Tanaman hijau yang tumbuh di sekitar air terjun ini juga memberikan kesejukan. Air Terjun Laccar Bawean kerap ramai dikunjungi terutama saat hari libur. Pasalnya, air terjun ini terkenal dengan air terjunnya yang jernih sehingga tidak salah jika objek wisata ini dimasukkan ke dalam tempat wisata unggulan di Bawean Gresik.

Legenda Air Terjun Laccar

Ada cerita rakyat tentang wisata Air Terjun Laccar. Salah satunya adalah Air Terjun Laccar selama ini digunakan sebagai tempat semedi atau pertapaan di mana masyarakat dapat berkonsentrasi untuk mendapatkan ilmu tertentu. Beberapa orang masih ada yang bertapa di Air Terjun Laccar sampai hari ini. 

Selain itu terdapat lubang di sisi kiri air terjun. Menurut cerita rakyat dahulu kala, ada seseorang yang masuk ke dalam dan bermeditasi di dalam sebuah lubang tersebut namun belum keluar hingga sekarang.Percaya atau tidak, ternyata air terjun ini memiliki nilai mistis. Jika Sedulur mengambil batu di air terjun, konon mitosnya akan terjadi hujan lebat di Pulau Bawean.

Lokasi Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar Pulau Bawean terletak di Desa Dalam, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini, Sedulur harus menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer dari pusat Kabupaten Sangkapura menuju daerah Desa Dalam. Lalu melewati jalan setapak sekitar 15 menit, wisatawan bisa menikmati air terjun yang indah ini.

Rute Menuju Air Terjun Laccar

Lokasi Air Terjun Laccar berada di Pulau Bawean, Dusun Laccar, Desa Kebu Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura. Pulau Bawean dapat diakses melalui jalur udara dan laut. Penerbangan bisa berangkat dari Kota Surabaya atau Kabupaten Sumenep, Madura. Sedangkan wisatawan dapat melewati Pelabuhan Gresik dan Paciran Kabupaten Lamongan jika ingin melalui jalur laut. 

Perjalanan dari Pelabuhan Gresik menuju Pelabuhan Sangkapura Bawean memakan waktu kurang lebih 4 jam dengan kapal ekspres dan 8 jam dengan kapal feri, tergantung cuaca dan kondisi laut. Sesampainya di Pelabuhan Bawean, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan roda dua atau empat. Setelah memarkir kendaraan, Sedulur harus berjalan menyusuri jalan bebatuan dan sungai. 

Sedulur bisa menggunakan jalur laut untuk mencapai Pulau Bawean. Ada tiga kapal yang berlayar menuju Pulau Bawean, yakni Express Bahari, Natuna Express, dan Gili Iyang. Ketiga kapal tersebut memiliki waktu keberangkatan yang berbeda. Tergantung hari dan jam dengan biaya yang berbeda-beda.

Pada saat yang sama, wisatawan juga dapat menggunakan pesawat Susi Air pada rute penerbangan Surabaya-Bawean dan Sumenep-Bawean. Sesampainya di Pulau Bawean, Sedulur bisa menuju Air Terjun Laccar dengan kendaraan roda empat atau dua dan akses jalannya mudah.

Jam Operasional Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar buka setiap hari selama 24 jam. Tapi waktu terbaik ketika ke sini adalah di pagi hari. Selain tidak terlalu ramai, udaranya begitu sejuk dan menyegarkan. Sedulur akan merasakan energi positif dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Laccar

Untuk tiket masuk ke Air Terjun Laccar tidak dipungut biaya. Jadi, untuk saat ini masih gratis. Infrastruktur juga terus diperbaiki untuk mendukung kenyamanan. Tapi mengenai informasi tiket ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola setempat.

Fasilitas di Air Terjun Laccar

Untuk mendukung kegiatan wisata, Air Terjun Laccar memiliki sarana prasarana yang tersedia. Bisa dibilang fasilitas yang ditawarkan cukup komplit. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Tempat parkir kendaraan baik roda dua dan empat
  • Tempat peristirahatan untuk melepas lelah
  • Kamar mandi atau toilet umum

BACA JUGA: Kayangan Api: Asal-Usul, Pesona, Lokasi, Rute, dan Fasilitas

Daya Tarik Air Terjun Laccar

air terjun laccar
Pexels/Zkadoshi

Tak hanya menawarkan keindahan pantainya saja. Pulau Bawean juga mempunyai tempat wisata air terjun yaitu Air Terjun Laccar. Keindahan alamnya belum terjamah oleh banyak pengunjung. Wisata alam di Pulau Bawean ini tetap menjadi permata tersembunyi yang indah. Berikut daya tarik dan aktivitas seru di sini.

1. Menikmati pemandangan indah air terjun

Ketinggian Air Terjun Laccar sekitar 25 meter. Terdapat pemandangan bebatuan dan alam yang masih asri dan alami. Suasana Air Terjun Laccar dikelilingi pepohonan hijau, bebatuan, dan bebatuan sungai. Air terjun ini membuat panorama yang sangat indah serta memiliki air yang bersih dan jernih.

Seperti halnya wisata alam pada umumnya, sebaiknya berkunjung pada saat cuaca cerah. Air Terjun Laccar tidak boleh dikunjungi saat hujan. Selain karena airnya lebih deras dan biasanya keruh, Sedulur juga tidak bisa melihat pemandangan alam di sekitarnya. Datanglah ke air terjun ini lebih awal dan jangan terlambat meskipun buka 24 jam setiap hari.

2. Berenang dan bermain air

Di sini Sedulur bisa berenang, berendam, dan bermain air sepuasnya. Airnya jernih, bersih, dan terasa begitu dingin. Tapi Sedulur akan merasakan kesegaran yang luar biasa dari airnya.

3. Berswafoto

Pengunjung bisa berswafoto di berbagai tempat yang ada di destinasi wisata ini. Dan salah satu spot foto yang paling terkenal ada di sekitar air terjun itu sendiri. Sedulur bisa mengambil foto dengan background air terjun yang indah.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Laccar

Jika Sedulur ingin mengunjungi destinasi wisata alam ini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan. Dengan begitu kegiatan wisatamu berjalan lancar. Berikut diantaranya:

  • Sedulur perlu mempersiapkan diri baik fisik maupun mental karena medan dan jalan menuju air terjun ini cukup sulit serta Sedulur perlu sedikit trekking. 
  • Jika Sedulur mengunjungi Pulau Bawean lebih dari satu hari, pesanlah kamar hotel atau akomodasi terdekat.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan hormati aturan setempat.
  • Bawa perlengkapan pribadi seperti baju ganti, obat-obatan, dan lainnnya.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Itulah tadi ulasan singkat Air Terjun Laccar, salah satu surga wisata tersembunyi di Gresik. Selamat berwisata ya.