coban glotak air terjun kalipait

Ada destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kawah Ijen. Adalah Air Terjun Kalipait, obyek wisata air terjun yang masih berlokasi di sekitar Kawah Ijen. Tak hanya itu, air terjun ini juga disebut bersumber dari danau Kawah Ijen sehingga membuatnya terlihat unik dibandingkan air terjun lainnya.

Lantas, seperti apa pesona dan keunikan Air Terjun Kalipait? Berikut rangkuman informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Air Terjun Coban Lawe: Daya Tarik, Rute, Lokasi, dan Harga Tiket

Mengenal Air Terjun Kalipait

coban glotak
Pexels/Mike

Air Terjun Kalipait merupakan obyek wisata alam yang berada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Tepatnya, air terjun ini berlokasi tak jauh dari Kawah Ijen dan belakangan masuk dalam daftar rekomendasi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kawah Ijen. 

Masih terkait dengan lokasinya, air terjun ini bisa Sedulur temukan tak jauh dari pos pendakian ke Kawah Ijen di Paltuding. Pasalnya, jarak kedua objek tersebut hanya sekitar 2 kilometer atau kurang lebih membutuhkan waktu 5 menit saja. Di sisi lain, air terjun yang disebut sebagai salah satu hidden gem alias permata tersembunyi ini juga berlokasi di dekat jalan utama menuju Kawah Ijen.

Pesona Air Terjun Kalipait

Bicara soal pesona atau daya tariknya, Air Terjun Kalipait menawarkan keindahan pemandangan alam yang menakjubkan dan pastinya memanjakan mata. Mulai dari tebing-tebing batu yang melandai hingga terdapat hutan pinus yang tak hanya indah di mata tapi juga membuat udara di sekitar air terjun menjadi terasa sejuk. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi Sedulur yang menyukai wisata alam dengan pemandangan nan elok.

Di sisi lain, air terjun ini juga memiliki keunikan yang mungkin tidak Sedulur temukan di air terjun-air terjun lainnya. Keunikan tersebut adalah warna airnya yang cenderung hijau di mana umumnya air terjun dari perbukitan memiliki air yang sangat jernih. Warna hijau pada Air Terjun Kalipait sendiri disebabkan karena sumber airnya berasal dari danau Kawah Ijen yang memang berwarna hijau.

Sekadar diketahui, Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang berada di puncak Gunung Ijen dengan kedalaman 200 meter. Danau ini dikenal memiliki sifat asam yang bahkan disebut sebagai danau air asam terkuat di dunia. Hal ini menyebabkan Air Terjun Kalipait memiliki air dengan rasa pahit sekaligus asam. Rasa pahit dan asam ini berasal dari kandungan air asam pekat, seperti sulfat, klorida, fluoride, serta senyawa H2SO4 yang tinggi.

Fakta Menarik Mengenai Air Terjun Kalipait

Masih bicara soal pesona dan keunikan Air Terjun Kalipait, ada beberapa fakta menarik yang perlu Sedulur ketahui.

  • Tidak disarankan untuk mengkonsumsi air terjun. Dijelaskan sebelumnya, Air Terjun Kalipait memiliki sifat asam lantaran sumber airnya berasal dari Kawah Ijen. Berbagai kandungan senyawa asam di dalamnya membuat air terjun ini memiliki pH yang sangat rendah. Hal ini sekaligus menandakan bahwa air terjun tersebut dapat menyebabkan bahaya jika dikonsumsi. Untuk itu, Sedulur yang berkunjung ke sana ada baiknya tidak minum air terjun tersebut.
  • Tergolong destinasi wisata baru. Fakta berikutnya adalah Air Terjun Kalipait termasuk destinasi wisata baru di sekitar kawasan Kawah Ijen. Bukan karena baru muncul atau ditemukan, sebelumnya air terjun ini merupakan cagar alam yang tertutup bagi wisatawan. Bahkan kawasan tersebut sempat ditutup dengan pagar kawat berduri di pintu masuknya. Kendati demikian, sejak pertengahan 2020 lalu, Air Terjun Kalipait diubah statusnya dari cagar alam yang dilarang untuk dikunjungi menjadi taman wisata alam. Kini, wisatawan baik domestik maupun mancanegara bisa berkunjung ke sana sembari bersantai menikmati panorama Gunung Ijen.

BACA JUGA: Pesona Wisata Air Terjun Anjasmoro Sumbersalak

Lokasi dan Jam Buka

air terjun coban lawe
Unsplash/Josh Hild

Dijelaskan sebelumnya, Air Terjun Kalipait berlokasi tidak jauh dari Kawah Ijen sehingga bisa menjadi pilihan destinasi saat berkunjung ke sana. Tepatnya, air terjun ini berada di samping jalan utama menuju Kawah Ijen dengan rute melalui Bondowoso, Jawa Timur.

Untuk alamat lengkapnya, air terjun ini ada di Curah Macan, Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sedulur yang ingin melihat pesona Air Terjun Kalipait bisa berkunjung pada pukul 07.00 hingga 05.00 WIB. Air terjun ini dibuat untuk umum setiap hari. Berikut jadwal jam buka Air Terjun Kalipait selengkapnya.

  • Rabu: 07.00 – 05.00
  • Kamis: 07.00 – 05.00
  • Jumat: 07.00 – 05.00
  • Sabtu: 07.00 – 05.00
  • Minggu: 07.00 – 05.00
  • Senin: 07.00 – 05.00
  • Selasa: 07.00 – 05.00

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Kalipait, Sedulur perlu menyiapkan uang untuk tiket masuk. Perlu diketahui, tiket masuk ini sudah termasuk dalam harga tiket masuk ke Kawah Ijen. Adapun biaya yang dikenakan adalah sebagai berikut.

Tiket Masuk untuk Wisatawan Domestik:

  • Senin – Jumat: Rp5.000
  • Sabtu – Minggu: Rp7.500

Tiket Masuk untuk Wisatawan Mancanegara:

  • Senin – Jumat: Rp100 ribu
  • Sabtu – Minggu: Rp150 ribu

Rute yang Bisa Dilalui

Sedulur yang ingin mengunjungi Air Terjun Kalipait bisa melewati rute yang sama seperti saat ke Kawah Ijen. Sedulur bisa melalui Kota Bondowoso dengan kondisi jalan yang relatif mulus.

Kemudian, menuju Wonosari, lalu melanjutkan perjalanan ke Sempol, terakhir menuju ke Paltuding atau pos pendakian ke Kawah Ijen. Nantinya, air terjun ini bisa Sedulur temukan tak jauh dari lokasi tersebut.

Adapun total jarak yang akan Sedulur tempuh adalah sekitar 70 kilometer untuk sampai ke Air Terjun Kalipait dari pusat kota Bondowoso. Meski terbilang jauh, Sedulur tidak perlu khawatir akan bosan di perjalanan. Sebab, Sedulur akan disuguhi pemandangan pohon kopi dan hutan pinus yang memanjakan mata.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Kalipait

Berikut ada beberapa tips berkunjung ke Air Terjun Kalipait yang bisa Sedulur ikuti agar agenda kunjungan kian menyenangkan.

  • Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima karena Sedulur akan menempuh perjalanan yang cukup jauh serta harus berjalan kaki di medan yang menantang.
  • Kenakan pakaian yang hangat sekaligus nyaman untuk perjalanan jauh maupun beraktivitas fisik.
  • Selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Taati peraturan yang ada agar kunjunganmu menjadi menyenangkan.

Itu dia rangkuman informasi seputar Air Terjun Kalipait. Selain itu, juga sudah dipaparkan beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti saat berkunjung ke air terjun ini.

Agar menikmati suasana air terjun makin asik, Sedulur bisa mencoba ditemani Liven Up. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas bertualang di alam akan semakin seru. Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.