Air Terjun Kabut Pelangi: Lokasi, Pesona, Rute, dan Harga Tiket

Bingung menentukan destinasi untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat? Sedulur bisa memilih Lumajang, Jawa Timur sebagai kota tujuan. Pasalnya, daerah ini memiliki beragam pilihan destinasi wisata yang menarik, khususnya bagi Sedulur yang menggemari wisata alam. Salah satu rekomendasi wisatanya adalah Air Terjun Kabut Pelangi.

Keindahan wisata alam satu ini merupakan perpaduan antara suasana sejuk khas pegunungan yang dilengkapi dengan panorama air terjun yang megah. Alhasil, dua kombinasi ini bisa menciptakan suasana yang bisa merelaksasi serta memanjakan mata Sedulur.

Apakah Sedulur tertarik untuk berkunjung ke Air Terjun Kabut Pelangi? Sebelum ini, tak ada salahnya untuk menyimak berbagai informasi mengenai air terjun tersebut, mulai dari pesona atau daya tarik, fasilitas, lokasi, harga tiket, hingga rekomendasi rute yang bisa dilalui.

BACA JUGA: Air Terjun Tirtosari Sarangan: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Rute

Air Terjun Kabut Pelangi

coban parang tejo
Unsplash/Jared Erondu

Air Terjun Kabut Pelangi atau juga dikenal sebagai Coban Kabut Pelangi merupakan sebuah air terjun yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini dikelola oleh Perum Perhutani KPG Malang dan masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tepatnya berada di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo serta tidak terlalu jauh dari Jalan Raya Lumajang – Malang.

Air Terjun Kabut Pelangi berada di kaki Gunung Semeru atau tepatnya di ketinggian 1.229 meter di atas permukaan laut. Kondisi ini membuat kawasan air terjun memiliki suasana sejuk apalagi ditambah dengan pepohonan hijau yang asri di sekitarnya.

Oleh karenanya, air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Lumajang, khususnya bagi para pecinta alam ataupun wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus melepas penat dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan.

Kisah Nama Air Terjun Kabut Pelangi

Bicara soal nama Air Terjun Kabut Pelangi, rupanya ada kisah atau alasan di baliknya. Selain menyuguhkan air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter yang memukau, Air Terjun Kabut Pelangi juga memiliki daya tarik lain yang memikat pengunjung.

Sesuai namanya, fenomena pelangi disebut kerap muncul di sekitar air terjun. Fenomena yang hadir karena pembiasan air terjun dengan cahaya matahari ini pun menjadi salah satu hal yang banyak dinantikan oleh wisatawan.

Sayangnya, pemandangan pelangi di bawah air terjun ini tidak selalu terjadi. Oleh karenanya hal itu sekaligus bisa menjadi pengalaman berkesan bagi wisatawan yang beruntung dapat menyaksikan kemunculan pelangi yang mungkin tidak pernah dijumpai di air terjun lainnya.

Lokasi

Air Terjun Kabut Pelangi terletak di kaki Gunung Semeru pada ketinggian 1.229 mdpl. Kawasan ini masuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Lumajang, Jawa Timur atau tepatnya di Mulyoarjo, Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Jam Buka dan Tutup

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.30 WIB. Meski demikian, Sedulur bisa bermalam di sana dengan mendirikan tenda di area camping ground yang memang disediakan oleh pihak pengelola.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan wisata air terjun, Sedulur perlu membeli tiket masuk seharga Rp 5 ribu per orang. Harga tiket masuk tersebut tentunya tergolong murah jika dibandingkan dengan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Tak hanya itu, tempat wisata tersebut juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat liburan Sedulur makin nyaman dan menyenangkan. Adapun selain tiket masuk, Sedulur juga perlu menyiapkan biaya parkir sebesar Rp 5 ribu untuk setiap kendaraan.

Rute yang Bisa Dilalui

Disampaikan sebelumnya, Air Terjun Kabut Pelangi berada di kaki Gunung Semeru dan masuk dalam wilayah administrasi Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Tepatnya lokasi ini berada tak jauh dari Jalan Raya Jalu Lumajang – Malang dan berjarak sekitar 1 km saja dari Polsek Pronojiwo.

Sementara itu, berikut rekomendasi rute yang bisa Sedulur lalui untuk menuju Air Terjun Kabut Pelangi dari pusat kota Lumajang. Pertama, Sedulur dapat mengarahkan kendaraan ke Jalan Nasional Lumajang – Malang, lalu menuju ke Sumbersuko.

Selanjutnya menuju ke Tempeh, lalu ke Pasirian. Dari sana, lanjutkan perjalanan ke Candipuro dan arahkan kendaraan ke Polsek Pronojiwo. Berikutnya Sedulur dapat mengikuti petunjuk jalan ke obyek wisata Air Terjun Kabut Pelangi.

BACA JUGA: Bernah de Vallei: Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Wahana

Pesona dan Daya Tarik

air terjun kabut pelangi
Unsplash/Takashi Miyazaki

Selain penampakan pelangi yang memukau, air terjun ini juga memiliki sejumlah daya tarik lain yang tak kalah mempesona. Satu di antaranya adalah aliran air terjun yang deras dan segar. Hal ini dikarenakan aliran sungai yang mengalir di Air Terjun Kabut Pelangi berasal dari Gunung Semeru. Sedulur pun dapat merasakan kesegaran air terjun ini dengan berenang atau sekadar bermain air.

Selain berenang, jangan lupa untuk mengabadikan momen sekaligus keindahan pemandangan alam di sekitar air terjun dengan cara berfoto. Apalagi ada banyak spot menarik yang cocok dijadikan latar untuk berfoto.

Puas berenang dan berfoto, Sedulur bisa menikmati keindahan alam dan suasana yang sejuk dengan bersantai di sekitar air terjun. Sedulur juga dapat menikmati bekal yang dibawa dari rumah sembari bersantai bersama keluarga maupun teman-teman.

Belum puas menikmati air terjun hanya beberapa jam? Sedulur juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di sekitar air terjun. Namun pastikan Sedulur mendirikan tenda di area camping ground yang disediakan pihak pengelola. Namun jangan lupa tetap mengikuti peraturan, ya, termasuk tetap menjaga kebersihan lokasi wisata alam tersebut.

Fasilitas yang Tersedia

Meski termasuk destinasi wisata alam yang masih tetap dipertahankan keasrian dan keasliannya, pihak pengelola telah menambah sejumlah fasilitas yang pastinya akan membuat agenda rekreasi Sedulur makin menyenangkan. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Air Terjun Kabut Pelangi.

  • Pusat informasi yang bisa Sedulur kunjungi untuk mencari informasi seputar tempat wisata tersebut
  • Toilet atau WC umum yang bisa dipakai wisatawan
  • Musala atau tempat ibadah yang terbuka 24 jam
  • Gazebo untuk bersantai sekaligus berteduh
  • Warung atau rumah makan yang menyediakan beraneka ragam makanan berat, minuman, hingga berbagai olahan seafood
  • Toko camilan yang menyediakan beraneka makanan ringan
  • Area parkir yang cukup luas dan memadai

Tips Berkunjung

Agar kunjungan Sedulur kian menyenangkan, berikut ada beberapa tip yang bisa diikuti, mulai dari sebelum hingga saat berkunjung ke Air Terjun Kabut Pelangi.

  • Ada baiknya Sedulur berolahraga sebelum berkunjung ke sana karena akan menempuh perjalanan yang cukup panjang. Sedulur juga akan banyak berjalan kaki saat berwisata di air terjun ini. Untuk itu, sebaiknya latih fisik untuk terbiasa bergerak agar tidak mudah kelelahan.
  • Pastikan fisik dalam kondisi prima saat berkunjung ke sana agar agenda wisata menjadi menyenangkan dan Sedulur bisa lebih maksimal menikmati pemandangan alam di sana.
  • Selain menyiapkan kondisi fisik, siapkan juga pakaian maupun alas kaki yang nyaman. Gunakan pakaian yang hangat namun juga menyerap keringat sehingga nyaman untuk beraktivitas seharian.
  • Tetap waspada dengan binatang liar karena wisata air terjun berlokasi di hutan.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum agar lebih hemat juga. Air Minum Pirlo bisa jadi pilihan terbaik untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Itu dia rangkuman informasi seputar Air Terjun Kabut Pelangi. Tertarik untuk berkunjung?