air terjun coban lawe

Indonesia telah lama dikenal dengan keindahan alam yang mempesona. Tak sekadar memanjakan mata, pemandangan alam Indonesia juga seolah tak pernah gagal menyegarkan pikiran. Seperti misalnya Air Terjun Coban Lawe yang berada di Ponorogo, Jawa Timur ini.

Spot wisata alam satu ini selalu berhasil menarik minat wisatawan yang berkunjung ke Ponorogo. Pesona air yang mengalir deras yang berpadu dengan hijaunya dedaunan di sekitar memberikan kesan tenang sekaligus asri.

Nah, Air Terjun Coban Lawe ini juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata bagi Sedulur yang sedang berkunjung ke Ponorogo. Sebagai panduan, berikut rangkuman informasi seputar Air Terjun Coban Lawe, mulai dari daya tarik, lokasi, hingga rute yang dapat dilalui.

BACA JUGA: Pantai Pulodoro: Pesona, HTM, Rute, dan Aktivitas Serunya

Menilik Air Terjun Coban Lawe di Ponorogo

air terjun coban lawe
Unsplash/Mike Lewis

Air Terjun Coban Lawe merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di kaki Gunung Wilis, Ponorogo, Jawa Timur. Meski lokasinya terbilang agak tersembunyi, Coban Lawe ternyata cukup populer di kalangan wisatawan, terlebih bagi mereka yang menggemari petualangan.

Bagaimana tidak? Untuk dapat melihat pemandangan air terjun yang menakjubkan, wisatawan yang datang harus trekking melewati hutan lindung di kawasan lereng gunung. Meski terdengar melelahkan, perjalanan panjang tersebut seolah terbayar lunas setelah melihat pemandangan air terjun yang luar biasa dengan aliran air yang deras serta pepohonan yang asri.

Pesona Air Terjun Coban Lawe

Di samping pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata, kesegaran air di Air Terjun Coban Lawe juga menjadi daya tarik tersendiri yang sulit untuk ditolak. Apalagi, sumber air pada air terjun tersebut berasal dari Gunung Wilis sehingga airnya jernih dan terasa dingin menyegarkan.

Tak berhenti sampai di situ, bebatuan yang berjajar dengan bentuk berundak di sekitar air terjun juga menambah keindahan tersendiri. Tak heran, tempat ini kerap mejadi pilihan untuk bersantai sekaligus menyegarkan pikiran dan melepas penat dari berbagai kesibukan sehari-hari.

Pesona lain yang ditawarkan Air Terjun Coban Lawe adalah kondisinya yang dibiarkan tetap asli dan tidak mengalami banyak perombakan. Tak heran, jika dibandingkan dengan air terjun lainnya yang sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas dan aneka wahana, Air Terjun Coban Lawe cenderung minim fasilitas.

Akan tetapi hal ini malah menjadi pesona tersendiri. Tak hanya penggemar kegiatan alam, tempat ini juga menjadi spot favorit bagi pehobi fotografi ataupun orang-orang yang senang berpetualang menjelajah alam untuk mencari tempat-tempat eksotis dengan pemandangan alam yang belum banyak dijamah manusia.

Lokasi

Sedulur yang ingin berkunjung ke Air Terjun Coban Lawe tentu perlu mengetahui lokasi pasti dari objek wisata alam satu ini. Nah, Sedulur yang penasaran bisa langsung meluncur ke Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Rute Menuju Coban Lawe

Disampaikan sebelumnya, Air Terjun Coban Lawe terletak di kaki Gunung Wilis. Tepatnya objek wisata ini berada di sebelah timur Kabupaten Ponorogo atau berjarak sekitar 33 km dari Alun-Alun Ponorogo. Adapun waktu tempuh yang Sedulur perlukan untuk mencapai air terjun ini adalah sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Ponorogo.

Sedulur bisa memulai perjalanan dari pusat kota Ponorogo menuju Desa Krisik. Kemudian, masuk ke sebuah gang kecil sesuai petunjuk arah yang tersedia di sana. Perjalanan masih berlanjut sejauh 2 km untuk sampai ke pintu masuk.

Selanjutnya Sedulur harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 km untuk sampai di spot air terjun. Meskipun harus perjalanan yang ditempuh cukup panjang, Sedulur tidak perlu khawatir akan merasa bosan dan kelelahan. Pasalnya di sepanjang perjalanan, Sedulur akan disuguhi pemandangan hutan yang masih asri.

Adapun terkait pilihan transportasinya, Sedulur bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum seperti bus atau angkutan. Sedulur yang memilih menggunakan bus atau angkutan umum bisa memilih rute ke Kecamatan Pudak kemudian melanjutkan dengan ojek ke lokasi Air Terjun Coban Lawe.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati pemandangan indah Air Terjun Coban Lawe, Sedulur akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Meski begitu, harga tersebut terbilang cukup murah bukan untuk pemandangan alam yang begitu menakjubkan?

Jam Buka dan Tutup

Bagi Sedulur yang datang dari luar kota tidak perlu khawatir tidak memiliki banyak waktu untuk menikmati Air Terjun Coban Lawe. Pasalnya, destinasi wisata satu ini buka setiap hari dengan jam buka selama 24 jam. Tentu hal ini memungkinkan Sedulur untuk datang kapan saja dan bisa menikmati keindahan air terjun sepuasnya.

BACA JUGA: Pantai Ungapan: Lokasi, Daya Tarik, Rute, dan Harga Tiket

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

air terjun coban lawe
Unsplash/Josh Hild

Tak sekadar menikmati pemandangan alam yang luar biasa, ada beragam kegiatan yang bisa Sedulur lakukan saat berkunjung ke Air Terjun Coban Lawe. Kegiatan pertama tentu saja trekking melewati hutan yang masih terjadi keaslian dan keasriannya.

Kegiatan ini tentu akan memberikan pengalaman tersendiri terlebih bagi Sedulur yang tinggal di perkotaan. Apalagi setelah berjalan sejauh 2 km, Sedulur akan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang memukau.

Setelah lelah berjalan, Sedulur bisa bermain air di pinggiran sungai untuk menyegarkan tubuh. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa berfoto ria untuk mengabadikan momen yang sekaligus menjadi kenang-kenangan.

Jika cuaca sedang mendukung, Sedulur juga bisa mendirikan tenda dan menginap semalam di area camping ground yang sudah disediakan. Selain berkemah, Sedulur juga bisa bermalam di penginapan yang banyak tersedia di sekitar area wisata Air Terjun Coban Lawe.

Tips berwisata ke Coban Lawe

Agar kunjungan Sedulur ke Air Terjun Coban Lawe kian menyenangkan, berikut ada beberapa tips yang bisa menjadi catatan.

  • Ada baiknya Sedulur datang saat musim kemarau karena pada musim hujan, aliran air sungai akan sangat deras. Selain itu, jalur menuju air terjun juga menjadi licin karena terus diguyur hujan.
  • Siapkan kondisi fisik sebaik mungkin dan bawa perbekalan yang cukup. Hal ini dikarenakan Sedulur harus menempuh perjalanan panjang dengan jalur lereng gunung yang cukup menantang. Oleh karena itu, pastikan fisik dalam kondisi prima saat berkunjung ke Air Terjun Coban Lawe.
  • Agar keindahan alam Air Terjun Coban Lawe dapat terus terjaga hingga bisa dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuat sampah sembarangan.

Itu dia rangkuman informasi mengenai Air Terjun Coban Lawe di Ponorogo. Dengan pesona keindahan alam dan beragam aktivitas menarik yang ditawarkan, tempat ini tentu wajib masuk dalam daftar kunjungan Sedulur saat berlibur ke Ponorogo.

Agar menikmati suasana air terjun makin asik, Sedulur bisa mencoba ditemani Liven Up. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas bertualang di alam akan semakin seru. Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.