5 Tempat Wisata Air Terjun di Bondowoso yang Wajib Dikunjungi

Tahukan Sedulur jika ada beberapa objek wisata air terjun Bondowoso yang sangat menarik untuk dikunjungi? Ya, walaupun tidak memiliki garis pantai, Kabupaten Bondowoso tetap berhasil menarik perhatian dari para wisatawan dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Mulai dari gunung, kawah, bukit, hingga air terjun, semuanya bisa ditemukan di kabupaten tersebut. Saat menyebut Bondowoso, beberapa orang mungkin langsung teringat dengan Kawah Ijen atau Gunung Ijen yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi.

Akan tetapi, keindahan alam Bondowoso tidak hanya terbatas pada Kawah Ijen saja. Kabupaten ini juga memiliki sejumlah air terjun yang menawarkan pemandangan eksotis dan keunikan tersendiri.

BACA JUGA: Paralayang Bukit Sempu, Wisata Anti Mainstream di Pasuruan

Daftar Air Terjun Bondowoso Terbaik

Mengunjungi air terjun Bondowoso bukan hanya memberikan pengalaman visual yang memukau. Namun juga manfaat kesehatan jiwa, menjadikannya tempat yang sempurna untuk melepas penat. Nah, di bawah ini adalah daftar air terjun menakjubkan di Kabupaten Bondowoso.

1. Air Terjun Busa

air terjun bondowoso
Unsplash/Kathryn Addobea

Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman refreshing dengan pesona unik yang dikenal dengan nama Air Terjun Busa. Nama tersebut berasal dari karakteristik airnya yang selalu mengeluarkan busa, fenomena alami yang bukan disebabkan oleh campur tangan manusia atau penggunaan detergen.

Air terjun Bondowoso ini menghasilkan busa karena airnya berasal dari Kawah Ijen, yang bercampur dengan belerang sehingga menciptakan gumpalan putih seperti busa. Meskipun biasanya air terjun dijadikan tempat untuk mandi atau bermain air, hal ini tidak dianjurkan di Air Terjun Busa.

Kandungan belerang dalam airnya dapat menyebabkan iritasi mata atau bahkan keracunan jika tertelan. Namun, pengunjung masih dapat menikmati pemandangan eksotis Air Terjun Busa, dengan bebatuan yang mengelilingi dan suasana yang tetap alami.

Tempat ini tidak hanya menyegarkan pikiran tetapi juga menawarkan spot foto menarik, berkat bebatuan sekitarnya dan air busa yang dihasilkan oleh air terjun tersebut.

Detail Informasi Air Terjun Busa

  • Lokasi: Kebunjeruk, Kalianyar, Kec. Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Harga tiket: Gratis
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB

2. Air Terjun Kalipait

Selanjutnya ada Air Terjun Kalipait. Nama “Kalipait” sendiri diberikan karena air di air terjun ini tidak bisa diminum, rasanya pahit dan asam. Seperti halnya Air Terjun Busa, air di sini mengandung belerang tinggi yang berasal dari Kawah Ijen.

Hal ini menyebabkan warna airnya tampak kehijauan dan menghasilkan sedikit busa. Para pengunjung dapat mencapai Air Terjun Kalipait dengan menempuh jarak yang tidak terlalu jauh dari Air Terjun Busa, yakni sekitar 5,4 kilometer saja.

Tidak heran, keduanya memang berada di kecamatan yang sama. Perjalanan bisa Sedulur lakukan dan hanya memakan waktu sekitar 11 menit dengan sepeda motor. Keindahan alam di Air Terjun Kalipait sangat memukau.

Meskipun air terjun ini tidak setinggi air terjun lainnya, suasana tenang dan asri dari hutan hijau di sekitar air terjun Bondowoso ini sangat menenangkan. Permukaan bebatuan di sekitar air terjun juga bisa dijadikan pijakan bagi pengunjung yang ingin mendekat.

Detail Informasi Air Terjun Kalipait

  • Lokasi: Curah Macan, Kalianyar, Kec. Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp5.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 WIB – 05.00 WIB

3. Air Terjun Niagara Mini

air terjun bondowoso
Unsplash/Bart Van Der Lugt

Jika Kanada punya Air Terjun Niagara, maka Bondowoso juga memiliki wisata alam air terjun yang disebut Air Terjun Niagara Mini. Terletak di Desa Kalianyar, air terjun Bondowoso yang menakjubkan ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 6 meter.

Meski lebih kecil, ketinggian ini justru memberikan keuntungan bagi para pengunjung yang bisa melihat air terjun dari dekat dengan aman. Salah satu daya tarik utama dari Air Terjun Niagara Mini adalah bentuknya yang bertingkat, menjadikannya versi mini dari Niagara Falls.

Pesona ini menjadikan tempat ini spot foto selfie yang menarik dan estetik bagi para pengunjung. Pemandangan latar langit, bukit hijau yang berbunga, dan dikelilingi pepohonan hijau semakin menambah keindahan Air Terjun Niagara Mini.

Menariknya lagi, Sedulur tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati keindahan dari air terjun ini. Jadi liburan ke Bondowoso bisa tetap hemat.

Detail Informasi Air Terjun Niagara Mini

  • Lokasi: Plalangan II, Kalianyar, Kec. Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp5.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

4. Air Terjun Tancak Kembar

Keunikan dari air terjun Bondowoso yang satu ini terletak pada adanya dua air terjun yang berbeda debit airnya. Salah satunya memiliki debit air yang lebih besar dan dikenal sebagai “laki-laki”, sedangkan yang memiliki debit lebih kecil dikenal sebagai “perempuan”.

Berdasarkan dari informasi yang beredar, perbedaan ini menjadikan air terjun tersebut sebagai salah satu destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Baik itu untuk menghilangkan rasa penasaran maupun hanya untuk sekadar bersantai.

Air Terjun Tancak Kembar memiliki ketinggian sekitar 77 meter dan terletak di kawasan hutan lindung dengan udara yang sejuk. Hal ini memberikan pemandangan hutan hijau yang lebat dan menawan. Selain menjadi lokasi yang sempurna untuk berfoto, Air Terjun Tancak Kembar juga memiliki mitos yang menarik.

Konon, mandi di air terjun ini dapat membuat seseorang awet muda. Keindahan eksotis yang ditawarkan menjadikan air terjun ini sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Detail Informasi Air Terjun Tancak Kembar

  • Lokasi: Hutan, Andungsari, Kec. Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp5.000 per orang
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 WIB – 15.00 WIB

5. Air Terjun Blawan

Tak jauh dari Pemandian Air Panas Blawan, terdapat keindahan alam lainnya yang menakjubkan, yaitu Air Terjun Blawan. Terletak Desa Kalianyar, air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan macadamia dan lumut yang menambah pesona alamnya.

Pohon macadamia terkenal dengan bijinya yang bernama kacang Macadamia, yang memiliki nilai jual tinggi. Keunikan Air Terjun Bondowoso ini terletak pada muara alirannya yang langsung masuk ke dalam tanah, akhirnya bermuara di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo.

Oleh karena itu, penduduk setempat sering menyebutnya sebagai air terjun hilang ke bumi. Selain keunikan alirannya, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan debit air yang besar, hutan yang rimbun, serta bebatuan berlumut yang menambah keindahan tempat ini.

Pesona alami tersebut membuat Air Terjun Blawan menjadi destinasi yang memikat hati siapa pun yang mengunjunginya.

Detail Informasi Air Terjun Blawan

  • Lokasi: Rengahrejo, Kalianyar, Kec. Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp3.000 – Rp5.000 per orang
  • Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 05.00 WIB – 18.00 WIB; Minggu, pukul 04.00 WIB – 20.00 WIB

BACA JUGA: Air Terjun Surodadu Mojokerto: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Tips Berkunjung ke Wisata Air Terjun

air terjun bondowoso
Unsplash/Ashish

Selain beberapa rekomendasi wisata air terjun Bondowoso di atas, berikut ada beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti untuk memastikan kunjungan yang menyenangkan dan juga aman.

  • Persiapkan fisik

Rute menuju air terjun biasanya memerlukan sedikit usaha dengan berjalan kaki melalui medan yang cukup menantang. Pastikan kondisi fisik Sedulur dalam keadaan prima untuk menghadapi perjalanan tersebut.

  • Kenakan pakaian dan alas kaki yang tepat

Gunakan pakaian yang nyaman dan mudah kering, serta sepatu atau sandal gunung yang kokoh dan anti selip. Medan yang berbatu dan licin memerlukan alas kaki yang tepat untuk menghindari cedera.

  • Jaga kebersihan dan kelestarian alam

Pastikan tidak meninggalkan sampah apapun di area air terjun. Hormati alam dan ikut serta dalam menjaga kebersihannya.

  • Periksa cuaca terlebih dahulu

Cuaca yang buruk bisa membuat perjalanan menuju air terjun menjadi berbahaya. Sebaiknya, kunjungi air terjun saat cuaca cerah untuk menikmati keindahan alam dengan lebih aman.

Menjelajahi pesona alam Bondowoso melalui wisata air terjunnya bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan wisata air terjun Bondowoso dalam daftar perjalanan Sedulur berikutnya!

Oia, karena wisata air terjun di atas membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.