air terjun anjasmoro sumbersalak

Dengan pengelolaan yang baik, wisata Jember di berbagai pelosok desa semakin maju. Seperti yang terlihat pada Air Terjun Anjasmoro Sumbersalak. Terletak di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menawan dengan fasilitas yang makin lengkap.

Untuk menuju Curug Anjasmoro ini memerlukan usaha ekstra. Bukan hanya karena letak Desa Sumbersalak yang relatif jauh dari pusat Kota Jember, tapi untuk mencapai air terjun Anjasmoro perlu melakukan trekking dengan medan berbatu.

Namun, ini memberikan pengalaman yang seru serta membuat para pengunjung lebih takjub ketika melihat kesegaran air terjun ini. Selain penuh pepohonan, mitos seputar Air Terjun Anjasmoro menambah nuansa misterius di destinasi tersebut. Nah, kalau Sedulur penasaran seperti apa wisata di Air Terjun Anjasmoro Sumbersalak? Simak di bawah ini!

 BACA JUGA: Coban Pelangi Malang: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket dan Rute

Sekilas Tentang Air Terjun Anjasmoro

air terjun madakaripura air terjun anjasmoro sumbersalak
Unsplash/Kalen Emsley

Air Terjun Damarwulan dan Air Terjun Anjasmoro ada di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, yang merupakan salah satu objek wisata alam di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kini masyarakat sudah mulai merawat Air Terjun Damarwulan dan Anjasmoro yang merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Wisata air terjun ini menjadi ikon desa Sumbersalak karena keindahannya yang sungguh menakjubkan. Oleh karena itu, masyarakat luas dapat menjelajahi Desa Sumbersalak melalui kedua air terjun tersebut. Lokasi Air Terjun Anjasmoro ditumbuhi pohon bambu yang hijau dan terdapat banyak sumber mata air di sekitarnya, salah satunya adalah mata air Kencana Wungu.

Sementara itu, Abdul Munif, pengelola Air Terjun Anjasmoro, mengatakan dulunya lokasi air terjun itu kotor dan tidak terawat, bahkan dibiarkan begitu saja karena tempatnya terisolasi dan ditumbuhi rumput liar. Jadi rasanya memang sedikit menakutkan.

Namun berkat inisiatif dan semangat para pemuda Desa Sumbersalak, mereka bergotong royong memperbaiki tempat tersebut, sehingga lambat laun lokasi air terjun tersebut menjadi populer dan dikunjungi banyak wisatawan.

Air terjun ini terletak kurang lebih 30 kilometer sebelah timur pusat kota Jember, dan pengunjung dapat menikmati lebih dari satu air terjun, karena terdapat dua air terjun bertingkat yang membentuk tirai air pada dinding batu di sekitarnya.

Mitos Air Terjun Anjasmoro 

Menurut mitos atau cerita legendanya, Air Terjun Anjasmoro merupakan tempat terpisahnya Prabu Damar Wulan, salah satu tokoh Kerajaan Majapahit dengan Anjasmoro dan Kencana Wungu.

Sebelum Prabu Damar Wulan berangkat ke Banyuwangi di Kerajaan Blambangan untuk melawan teror Prabu Minak Jinggo yang tak lain adalah Raja Kerajaan Blambangan, mereka berpisah di tempat itu. 

Anjasmoro merestui dan mengizinkan Prabu Damar Wulan berangkat melawan Prabu Minak Jinggo. Sedangkan Kencana Wungu tidak melepaskan Damar Wulan karena khawatir dengan nasib Prabu Damar Wulan saat berperang melawan raja Blambangan yang terkenal dengan kesaktiannya.

Sepeninggal Damar Wulan, Kencana Wungu bersedih dan menangis tak henti-hentinya hingga air matanya menjadi mata air dan lokasinya tak jauh dari air terjun Anjasmoro. Sebelum menjadi objek wisata, air terjun tersebut tidak terawat dan ditumbuhi rerumputan liar serta terkesan angker.

Berkat kesadaran pemuda setempat dan bertambahnya tempat wisata di Jember, kawasan sekitar air terjun akhirnya diperbaiki. Destinasi wisata ini dibuka pada awal tahun 2016. Sejak saat itu pengunjung dari berbagai daerah masih belum berdatangan hingga saat ini.

Lokasi Air Terjun Anjasmoro 

Lokasi Air Terjun Anjasmoro sebenarnya cukup terpencil. Tepatnya di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun meskipun begitu, wisatawan tak pernah sepi berkunjung ke sini untuk menikmati keindahan air terjun. Bahkan setiap musim liburan selalu ramai.

Rute Menuju Air Terjun Anjasmoro 

Rute menuju Air Terjun Anjasmoro mudah untuk dicari. Setelah sampai di daerah Jember, Sedulur bisa menuju ke arah timur. Khususnya di Dusun Juroju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Jika Sedulur dari Kecamatan Kalisat, terus menyusuri jalan Ledokombo-Cumedak hingga mencapai persimpangan pasar Ledokombo, lalu belok kanan. 

Sesampainya di lapangan sebelah kantor desa Sumbersalak, Sedulur bisa belok kiri. Kalau sudah sampai di Stasiun Sumbersalak yang sudah lama tidak digunakan, terus lurus saja di jalan utama sekitar satu kilometer. Saat sampai di pertigaan, belok kanan menuju kawasan perkebunan dengan beberapa pemukiman warga. 

Sekitar 300 meter dari jalan raya, belok kiri menuju jalan yang belum beraspal. Ikuti jalan searah dengan rel kereta api, lalu lewati di bawah jembatan kereta api. Tak jauh dari sana terdapat papan petunjuk menuju Air Terjun Anjasmoro.

Sementara jika Sedulur dari arah Pujer Bondowoso atau Kecamatan Sumberjambe, kamua bisa melalui jalan Sumberjambe-Cumedak hingga sampai di pertigaan Sumberbulus. Lalu belok kiri dan terus menyusuri jalan aspal hingga Stasiun Sumbersalak. Sesampainya di stasiun, ikuti rute yang sudah dijelaskan di atas.

BACA JUGA: Pantai Payangan di Jember: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk

air terjun anjasmoro sumbersalak
Unsplash/Jonathan Wheeler

Harga tiket masuk Air Terjun Anjasmoro sangat terjangkau dan gak bikin kantong jebol. Cukup dengan Rp10 ribu per orang, Sedulur bisa menikmati keindahan tempat wisata ini sepuasnya. Kemudian untuk parkir kendaraan bermotor cukup dengan Rp2 ribu dan mobil Rp5 ribu.

Jam Operasional

Air Terjun Anjasmoro buka dari pagi pukul 07.00 WIB hingga sore pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik ketika datang ke sini adalah pagi dan sore. Saat pagi udara masih benar-benar sangat sejuk dan menyegarkan. Sementara sore cuaca tidak terlalu terik atau panas.

Fasilitas di Air Terjun Anjasmoro

Untuk mendukung kenyamanan wisatawan, Air Terjun Anjasmoro memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Di sini sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua dan empat. Terdapat juga tempat peristirahatan untuk melepas lelah ketika Sedulur sudah mencapai lokasi. 

Bagi Sedulur yang lapar tak perlu khawatir. Di sini tersedia warung makan untuk menjaga Sedulur tidak kelaparan. Sudah ada toilet atau kamar ganti jika nantinya Sedulur mau bilas atau ganti baju setelah bermain air.

Jalan setapak menuju air terjun juga sudah nyaman, jadi Sedulur bisa menyusurinya dengan aman. Semua fasilitas ini dikelola oleh warga setempat. Jadi, tempat wisata alam ini sangat terjaga dan terawat.

Daya Tarik Air Terjun Anjasmoro 

Air terjun yang sangat jernih menjadi daya tarik tersendiri ketika Sedulur berkunjung, bermain air, dan menikmati dinginnya udara di sini. Selain itu, di samping air terjun terdapat berbagai macam bunga yang memanjakan mata. 

Hijaunya dedaunan, suara air terjun yang jatuh dan suara pepohonan bambu saat ditiup angin menambah rasa kedekatan dengan alam. Rasa hormat dan syukur terhadap ciptaan Tuhan pun semakin meningkat. Kebahagiaan lengkap ketika anggota keluarga dibawa ke tempat ini. 

Keindahan Air Terjun Anjasmoro bisa menjadi latar belakang yang menarik untuk foto keluarga. Tak hanya itu, pengunjung yang hobi memancing bisa membawa alat pancing ke tempat ini. Karena tidak jarang pengunjung menangkap ikan di kolam dekat air terjun.

Sepulang dari air terjun, pengunjung dapat membeli kopi atau jajanan hangat yang dijual beberapa warga di dekat pintu masuk lokasi. Jika pengunjung masih ingin melanjutkan perjalanan, terdapat Air Terjun Damar Wulan yang terletak tidak jauh dari lokasi Air Terjun Anjasmoro. Tempat ini hanya dapat diakses dengan berjalan kaki.

Tips Berwisata ke Air Terjun Anjasmoro

Kalau Sedulur ingin berwisata ke Air Terjun Anjasmoro Sumbersalak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja kira-kira? Simak di bawah ini.

  • Bawalah baju ganti untuk berjaga-jaga jika bajumu basah.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman karena jalan setapak menuju air terjun bisa saja licin.
  • Bawa bekal jika perlu, namun di sini juga tersedia makanan dan minuman yang dijajakan.
  • Jaga kesopanan dan tata krama di tempat wisata.
  • Jangan meninggalkan sampah dan buanglah pada tempatnya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Air Terjun Anjasmoro Sumbersalak. Apakah Sedulur tertarik datang ke sini? Namun, agar menikmati suasana air terjun makin asik, Sedulur bisa mencoba ditemani Liven Up.

Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan ini cocok jadi sahabat di setiap aktivitas bertualang Sedulur agar semakin seru. Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.