Wisata

Keindahan Alam, Agrowisata Gunung Pasang Jember

Agrowisata Gunung Pasang Jember merupakan tempat wisata di Jember, Jawa Timur yang memadukan pesona keindahan alam dengan wisata edukatif yang menarik. Di tempat ini, Sedulur bisa menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus melakukan beragam kegiatan rekreasi yang menarik dan juga mengenal tentang karet dan kopi.

Jadi tidak heran kalau tempat ini menjadi salah satu obyek wisata yang banyak diminati oleh masyarakat, baik lokal maupun dari luar daerah. Apalagi pesona alamnya juga sangat indah dan menawan.

Lantas, seperti apa Agrowisata Gunung Pasang Jember? Sebelum berkunjung langsung ke sana, tidak ada salahnya Sedulur menyimak terlebih dahulu berbagai informasi seputar agrowisata ini, mulai dari daya tarik, lokasi, harga tiket, hingga rute yang bisa dilalui.

BACA JUGA: Kebun Refugia Magetan: Daya Tarik, Lokasi, dan Harga Tiket

Agrowisata Gunung Pasang Jember

agrowisata gunung pasang jember
Unsplash/Ali Kazal

Agrowisata Gunung Pasang Jember merupakan wisata alam yang berlokasi di Afdeling Gunung Pasang, Kebun Gunung Pasang, Jember. Agrowisata ini dikelola oleh Perumda Perkebunan Kahyangan Jember yang juga merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Jember yang bergerak di sektor perkebunan dengan komoditi utama, yaitu karet dan kopi.

Pembangunan agrowisata ini sendiri bermula dari peristiwa banjir bandang yang sempat terjadi pada 2006 silam. Untuk memanfaatkan lahan area kebun yang terdampak banjir, agrowisata itu kemudian dibangun dan resmi dibuka pada 2009 silam.

Agrowisata Gunung Pasang Jember sendiri menyajikan wisata alam dengan berbagai wahana yang mendukung kegiatan wisata yang seru. Oleh karenanya, di tempat ini Sedulur bisa berwisata menikmati pemandangan sambil bermain bahkan mencoba wisata edukasi mengenai karet dan kopi.

Alamat Lokasi

Sedulur yang tertarik berkunjung ke Agrowisata Gunung Pasang Jember perlu mengetahui terlebih dahulu di mana lokasinya. Obyek wisata alam ini berlokasi di Afdeling Boma Gunung Pasang, Argopuro, Guplek, Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tepatnya, agrowisata tersebut berjarak sekitar 21 km dari pusat kota Jember dan berada di area perkebunan sehingga memiliki pemandangan yang asri sekaligus udara yang sejuk. Oleh sebab itu, tempat ini cocok menjadi pilihan destinasi wisata bagi Sedulur yang ingin refreshing sekaligus melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari.

Jam Buka Dan Jam Tutup

Sedulur yang berminat untuk berkunjung ke Agrowisata Gunung Pasang Jember ada baiknya datang pagi-pagi agar bisa menikmati berbagai wahana di sana. Adapun pihak pengelola menerapkan jam operasional atau jam buka dan jam tutup, yaitu setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Agrowisata Gunung Pasang Jember tidak sekadar menawarkan pengalaman rekreasi dengan berbagai wahana maupun fasilitas. Pasalnya, tempat ini juga bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang sedang menari destinasi wisata dengan biaya murah meriah.

Sebagai informasi, untuk masuk ke lokasi agrowisata Sedulur cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 8 ribu per orang. Selain itu, Sedulur perlu menyiapkan uang untuk parkir kendaraan apabila membawa kendaraan pribadi. Adapun tarif parkir yang berlaku juga terbilang cukup terjangkau, yakni dengan rincian sebagai berikut sebagai berikut.

  • Parkir sepeda motor: Rp2 ribu
  • Parkir mobil: Rp5 ribu

Rute dan Transportasi

Agrowisata Gunung Pasang Jember berjarak sekitar 21 km atau 45 menit perjalanan dari pusat kota Jember. Sedulur bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan pribadi karena akses jalan menuju lokasi terbilang mudah dan bahkan sudah beraspal.

Apalagi di sepanjang perjalanan Sedulur akan disuguhi pemandangan alam yang memukau yang membuat 45 menit perjalanan tidak akan terasa membosankan. Adapun rute yang bisa Sedulur tempuh untuk menuju lokasi adalah sebagai berikut.

Berangkat dari Alun-Alun Jember, Sedulur bisa langsung menuju ke Jalan RA Kartini lalu ke Jalan Nasional III. Kemudian, arahkan kendaraan ke Jalan Arowana, lalu ke Jalan Mujahir. Selanjutnya, lanjutkan perjalanan ke Jalan Tenggiri dan ikuti jalan sampai mengarah ke Suci, Kecamatan Panti. 

BACA JUGA: Pemandian Alam Selokambang: Pesona, Lokasi, dan Harga Tiket

Daya Tarik Wisata Gunung Pasang

agrowisata gunung pasang jember
Unsplash/Piron Guillaume

Berada di kawasan perkebunan dan dataran tinggi, Agrowisata Gunung Pasang Jember tentu memiliki pemandangan alam yang memukau di samping udara sejuk yang membuat nyaman. Di sisi lain, berbagai wahana yang disediakan juga tentu menarik untuk dicoba apalagi jika Sedulur datang bersama keluarga maupun rombongan.

Agar tidak penasaran, berikut rangkuman tentang berbagai wahana atau pilihan kegiatan yang bisa Sedulur coba saat berkunjung ke agrowisata ini.

1. Menikmati pemandangan

Bersantai sambil menikmati pemandangan dan udara yang sejuk bisa menjadi pilihan untuk melepaskan penat dari berbagai rutinitas yang kerap membuat jenuh. Sedulur pun bisa melakukannya di tempat ini karena berada di area perkebunan yang dikelilingi hutan nan asri.

Selain itu, ada juga sungai dengan aliran air jernih yang menambah keindahan tersendiri. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa melihat berbagai macam tanaman hias dan kebun buah-buahan yang tumbuh subur.

2. Wisata edukasi

Agrowisata yang berlokasi di Jember, Jawa Timur ini juga menawarkan wisata edukasi yang menarik, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Wisata edukasi pertama yang bisa Sedulur temukan adalah wisata edukasi kopi.

Menariknya, di tempat ini Sedulur bisa melihat langsung perkebunan kopi yang memang tumbuh subur di Gunung Pasang. Sedulur pun dapat menilik proses pengolahan kopi dari perkebunan, mulai dari memetik, mengolah, hingga mengemasnya menjadi produk kopi kemasan yang siap jual.

Selain kopi, Sedulur juga bisa menemukan wisata edukasi karet. Seperti dijelaskan sebelumnya, karet memang menjadi salah satu komoditi di perkebunan yang berada di kawasan Gunung Pasang. Sedulur bahkan bisa melihat pemandangan perkebunan karet di sepanjang jalan menuju kawasan tersebut.

3. Kolam pemandian

Puas menikmati pemandangan dan mengenal tentang kopi dan karet, Sedulur bisa mencoba berenang atau sekadar bermain air di kolam pemandian. Apalagi kolam pemandian ini berasal dari aliran sungai yang mengalir langsung dari Air Terjun Tancak sehingga sangat segar.

4. Camping area

Berkemah alias camping juga bisa menjadi pilihan aktivitas saat berkunjung ke agrowisata ini. Apalagi, pihak pengelola memang secara khusus menyediakan kawasan untuk mendirikan tenda. Bahkan terdapat dua camping area sehingga Sedulur tidak perlu khawatir agar kehabisan tempat.

Fasilitas Penunjang

Untuk menunjang aktivitas Sedulur selama berekreasi di Agrowisata Gunung Pasang Jember, pihak pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas dan sarana umum, mulai dari toilet, tempat makan, hingga tempat ibadah. Berikut beberapa fasilitas umum yang tersedia di sana.

  • Area parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Musala
  • Warung makan
  • Area bermain anak atau playground
  • Gazebo untuk bersantai

Itu dia rangkuman informasi seputar Agrowisata Gunung Pasang Jember. Obyek wisata ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata bagi Sedulur dan keluarga untuk mengisi libur panjang ataupun sekadar refreshing di akhir pekan.

Oia, karena wisata Gunung Pasang ini membutuhkan stamina karena berkeliling di sekitar areanya cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.