Makanan Khas Pasuruan

Pasuruan adalah salah satu kota paling Islami di Pulau Jawa. Berada di pesisir pulau Jawa, Pasuruan memiliki julukan sebagai kota Santri. Tak sekedar menjunjung budaya religi yang kuat, ternyata ada banyak sekali makanan khas Pasuruan yang super lezat lho.

Jika Sedulur sedang berencana berlibur ke Pasuruan untuk menikmati berbagai macam wisatanya, maka tidak boleh melewatkan wisata kuliner Pasuruan juga. Penasaran ada apa makanan khas Kota Santri ini? Langsung simak yuk!

BACA JUGA: 20 Destinasi Wisata Pasuruan Paling Hits, Wajib Ke Sini!

Nasi Punel

makanan khas Pasuruan
Traveling Yuk

Makanan khas Pasuruan pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah nasi punel. Makanan ini merupakan nasi campur khas Pasuruan yang terkenal dengan rasanya yang uenak.

-->

Sedulur biasanya akan diberikan satu porsi besar nasi dengan lauk seperti ayam, daging, paru, jeroan, sate kerang dan sebagainya. Untuk daging dan paru adalah lauk paling spesial karena dimasak dengan teknik serundeng.

Rawon Sate Komoh

Rawon sate pasuruan
Pinterest

Banyak kota di Jawa Timur menjadikan rawon sebagai makanan khasnya. Begitupun dengan Pasuruan. Namun, ada satu hal yang membuat rawon di Pasuruan unik dan lebih enak yaitu karena keberadaan sate komoh.

Sedulur akan merasakan nikmatnya kuah rawon yang hitam legam tapi gurih dengan lauk sate daging yang dibuat dengan bumbu spesial.

Satu porsi rawon sate komoh pun cukup terjangkau, Sedulur cukup membayar Rp 25 ribu untuk makanan khas Pasuruan ini.

Kupang Kraton

Makanan khas pasuruan
Malang Culinary

Berada di wilayah pesisir pantai, membuat makanan khas Pasuruan juga tidak bisa lepas dari seafood. Salah satu yang terbaik dan wajib dicoba adalah kupang kraton.

Makanan satu ini berbahan dasar kerang kecil yang banyak dijumpai di pantai. Namun, bukan berarti kupang keraton berasal dari kerajaan seperti yang ada di Jogja. Nama ini diambil karena ada sebuah kecamatan bernama Kraton yang memang jadi penghasil kerang terbesar di Pasuruan.

Kelezatan kupang kraton juga sudah banyak dibicarakan orang-orang. Sedulur akan merasakan gurihnya kerang kupang yang sangat pas bercampur dengan bumbu petis khas Pasuruan.

BACA JUGA: Legendaris! 8 Wisata Kuliner khas Malang Yang Bikin Perut Kenyang

Botok Tempe

Botok tempe
Brilio Food

Makanan khas Pasuruan selanjutnya adalah botok tempe. Walaupun terlihat sederhana dan cukup umum dijumpai diberbagai daerah, botok tempe di Pasuruan merupakan makanan yang sangat populer lho.

Apalagi makanan yang memiliki bahan dasar kelapa parut yang dikukus dengan bumbu seperti cabai, gamar, merica, dan daun salam ini juga memiliki banyak variasi. Misalnya saja, ada botok tempe yang juga diisi dengan udang, lamtoro, petai, sampai kerang.

Ikan Lempuk

Ikan lempuk
Pinterest

Olahan ikan lempuk adalah salah satu yang harus dicoba ketika datang ke Pasuruan. Ikan ini merupakan hewan endemik yang ada di perairan Pasuruan, tepatnya di Ranu Grati.

Salah satu olahan ikan lempuk yang paling populer adalah kerupuk dan peyek. Rasa gurih ikan ini akan sangat terasa dengan aromanya yang khas.

Ikan lempuk juga terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Bahkan, beberapa nutrisi dalam ikan ini sangat bagus untuk ibu hamil dan anak-anak.

Bipang Jangkar

Makanan khas Pasuruan
Pinterest

Selanjutnya ada makanan khas Pasuruan yang juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah. Namanya adalah bipang jangkar.

Makanan ini sudah sangat legendaris dan begitu terkenal di Nusantara. Bipang jangkar terbuat dari olahan beras yang dimasak menggunakan gula.

Bipang jangkar atau orang orang-orang juga sering menyebutnya dengan jipang, merupakan hasil akulturasi antara makanan Indonesia dan tiongkok. Hal ini dapat dilihat dari pengambilan nama bipang yang berasal dari Bahasa Mandarin ‘Bi’ yang berarti beras dan ‘Pang’ yang berarti wangi.

BACA JUGA: Resep Sate Kere, Sate Unik yang Legendaris

Permen Jahe

Permen jahe
Pinterest

Permen jahe atau biasanya disebut dengan ting-ting jahe adalah makanan khas Pasuruan tidak boleh ketinggalan masuk dalam kantong belanjaan. Makanan ini cocok sebagai cemilan dan oleh-oleh orang di rumah.

Makanan ini juga cocok disaat Sedulur tidak enak badan. Hal ini tak lepas dari permen jahe yang bisa membuat tenggorokan hangat dan perut menjadi tidak kembung.

Kue Bidaran

Makanan khas pasuruan
Fimela

Kue bidaran atau kue gabus adalah makanan khas Pasuruan selanjutnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan, margarin, keju, telur dan minyak nabati.

Makanan ini sangat unik karena teksturnya yang renyah tapi legit. Rasa makanan ini juga gurih manis sehingga cocok untuk semua kalangan.

Nah, itu tadi 8 makanan khas Pasuruan yang wajib Sedulur coba. Ada makanan berat yang bisa disantap untuk menambah energi, ada pula makanan ringat yang cocok untuk menjadi oleh-oleh. Sedulur bisa memilih mana makanan yang paling disukai.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.