Simak cara membuat pembukuan warung sembako di bawah ini, sederhana dan mudah!

Warung sembako merupakan usaha yang hampir diinginkan oleh siapapun. Selain bisa memberikan keuntungan dan pemasukan yang besar, menjalankan warung sembako dianggap mudah karena kita tidak perlu keluar rumah untuk bekerja.

Karena biasanya warung sembako dibuka menggunakan bagian depan rumah. Namun, siapa bilang menjalankan warung sembako mudah. Kita harus menghitung beberapa hal secara teliti. Salah satunya kita harus mengetahui cara menghitung laba rugi toko kelontong.

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara membuat pembukuan warung sembako yang mudah untuk dilakukan. Caranya sangat gampang sekali, bagi Sedulur yang menjalankan warung sembako, simak penjelasannya dengan seksama. Yuk, mari langsung saja.

-->

Baca Juga: Sederhana dan Mudah, Contoh Laporan Keuangan Toko Kelontong

Cara Membuat Pembukuan Warung Sembako dengan Mudah

1. Membuat Catatan Barang Masuk dan Keluar

Membuat Catatan Barang Masuk dan Keluar

Cara membuat pembukuan warung sembako yang paling pertama adalah membuat buku laporan yang berisikan catatan setiap barang yang masuk dan keluar. Hal ini akan membantu Sedulur ketika membuat pembukuan warung secara berkala.

Langsung catat setiap barang yang keluar, dan juga catat apa saja barang yang masuk setiap harinya. Dengan begitu, Sedulur juga akan mengetahui barang apa saja yang telah laku dibeli dan apa yang belum. Hal ini juga akan memberikan data kecenderungan pelanggan warung Sedulur dalam berbelanja membeli barang apa saja.

2. Membuat Catatan Stok Barang

Membuat Catatan Stok Barang

Langkah selanjutnya dalam cara membuat pembukuan warung sembako adalah membuat catatan stok barang. Banyak contoh laporan penjualan harian toko yang memiliki kolom catatan stok barang yang tersedia apa saja.

Selain itu contoh laporan keuangan toko sembako juga perlu memiliki catatan stok barang, karena dengan begitu kita menjadi tahu barang mana yang harus segera ditambah, dan barang mana yang harus segera dijual.

Hal ini akan baik untuk sirkulasi barang yang ada di warung sembako Sedulur, agar warung Sedulur tidak penuh dengan barang dagangan dan malah justru menghalangi pelanggan saat berbelanja.

3. Membuat Neraca Saldo

Membuat Neraca Saldo

Langkah ini ibarat menjalankan sebuah manajemen keuangan toko kelontong, karena neraca saldo memilki fungsi untuk mencatat saldo kredit dan debit yang dimiliki oleh warung sembako. Seakan Sedulur sedang menggunakan aplikasi pembukuan warung sembako dengan melakukan langkah ini.

Dalam cara membuat pembukuan warung sembako satu ini, kita harus membuat catatan yang terdiri dari dua kolom. Pertama kolom debit, dan kedua kolom kredit. Hal ini diharuskan untuk mengidentifikasi kebenaran proses pencatatan yang kita lakukan dalam langkah pertama cara membuat pembukuan warung sembako.

Dengan membuat neraca saldo, kita akan tahu barang yang masuk dan keluar sesuai dengan uang yang masuk atau tidak. Cara membuat pembukuan warung sembako ibaratkan sebuah proses cek secara keseluruhan.

4. Menyusun Laporang Keuangan

Menyusun Laporang Keuangan

Cara membuat pembukuan warung sembako selanjutnya adalah dengan menyusun laporan keuangan. Cara membuat pembukuan warung sembako satu ini adalah proses final, karena harus memiliki laporan keuangan sebagai bahan evaluasi warung sembako yang kita jalankan.

Pada umumnya, susunan laporan keuangan akan terdiri dari 4 jenis laporan, pertama laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal dan laporan arus kas. Dengan 4 kategori tersebut, laporan keuangan akan lebih rapi dan akan mudah untuk diketahui jumlah uang masuk pada setiap transaksi.

Cara membuat pembukuan warung sembako tidak terlalu sulit, asal kita tekun dan rajin menyusunnya di awal dan sambil berjalan. Tidak dikerjakan secara menumpuk di akhir waktu ketika mendekati waktu evaluasi bulanan.

5. Gunakan Fitur Toko Saya dari Aplikasi Super

Gunakan Fitur Toko Saya dari Aplikasi Super

Jika Sedulur ingin cara membuat pembukuan warung sembako yang lebih mudah, Sedulur tinggal menggunakan fitur Toko Saya yang ada di Aplikasi Super. Karena fitur Toko Saya akan membuat Sedulur jauh lebih mudah dalam menjalankan cara membuat pembukuan warung sembako.

Fitur Toko Saya memiliki fungsi seperti aplikasi manajemen toko yang akan secara otomatis terdapat cara membuat pembukuan warung sembako di dalamnya. Sedulur tinggal klik tanggal berapa menginginkan transaksi yang didapatkan.

Selain itu juga dalam fitur Toko Saya, Sedulur dapat mengontrol jumlah stok barang yang dimiliki, mana barang yang harus ditambah, mana barang yang harus dihapuskan jika barang tersebut ternyata tidak terlalu diminati oleh pelanggan warung Sedulur.

Selain fitur Toko Saya, Aplikasi Super juga memiliki fitur bernama Super Kas, yang akan memudahkan setiap pengguna Aplikasi Super untuk melakukan segala jenis transaksi. Di era digital saat ini, transaksi pembayaran semuanya mudal beralih dilakukan secara digital.

Baik itu membeli pulsa, membeli kuota internet, membayar token listrik, dan membayar iuran lainnya. Aplikasi Super memberikan setiap pelayanan yang akan sangat memudahkan para penggunanya. Hal ini dilakukan Aplikasi Super sebagai komitmen untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tidak ada alasan lagi bagi Sedulur yang membutuhkan cara membuat pembukuan warung sembako namun menginginkan cara yang mudah , untuk tidak menggunakan Aplikasi Super. Segera download Aplikasi Super, dan langsung gunakan aplikasinya agar kehidupan Sedulur bisa berjalan dengan lancar.

Jangan lupa juga untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh, agar mengetahui apa saja keuntungan yang akan didapat dengan menggunakan Aplikasi Super. Klik di sini juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super agar tahu bagaimana cara daftar Aplikasi Super. Manfaatkan setiap kesempatan emas yang ada di sekitar kita. Selamat mencoba!