10 Tempat Makan Nasi Uceng Blitar yang Menggugah Selera

Ketika Sedulur berkunjung ke Blitar, maka akan menemukan hidangan dengan bahan utama yang mungkin tidak bisa bagi sebagian orang. Namanya adalah uceng Blitar, yang mana santapan ini dibuat dari jenis ikan uceng.

Uceng sendiri adalah jenis ikan kecil yang hidup di air tawar. Di Blitar, ikan ini populer karena mudah diolah dan memiliki cita rasa gurih yang disukai banyak orang. Biasanya uceng digoreng kering dengan tepung, sehingga menghasilkan tekstur yang renyah dan gurih di lidah.

Selain digoreng, uceng juga dapat diolah dengan berbagai resep lain seperti dipadukan dengan sayuran. Karena kelezatannya, banyak warung di Blitar yang menawarkan uceng sebagai menu utamanya.

Jadi, jika Sedulur sedang berada di Blitar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba hidangan uceng yang pasti akan memanjakan lidah. Nah, berikut ini rekomendasi warung di Blitar yang menyajikan menu uceng!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Tempat Makan di Trawas Paling Hits dan Enak

1. Depot “Anda” Uceng

uceng blitar makanan khas blitar nasi uceng
Pexels/Ali Dashti

Warung uceng Blitar pertama ada Depot “Anda” Uceng. Depot ini menggunakan sistem prasmanan untuk penyajian makanan. Selain uceng, terdapat berbagai macam sayur seperti sayur pare, sayur tewel, sayur bunga, dan singkong.

Lauk-pauknya pun beragam, mulai dari tempe, tahu, telur dadar, ikan wader, paru, ati ampela goreng, perkedel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Alamat: Depan SMA NEGERI 1, Jl. Raya Slorok, RT.01/RW.04, Bence, Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0812-4955-8000
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30 WIB – 18.00 WIB

2. Warung Lalapan Uceng

Sesuai dengan namanya, menu andalan warung ini adalah uceng goreng yang disajikan bersama sambal dan lalapan segar. Jika Sedulur ingin mencoba variasi ikan sungai lainnya, warung ini juga menawarkan berbagai pilihan seperti udang kali, kutuk, wader, gabus, jendil, cengor, dan belut.

Di samping itu itu, warung ini menyediakan empat jenis sambal yaitu sambal uleg, bawang, ijo, dan terasi. Untuk sayurnya, Sedulur dapat menikmati sayur nangka muda, pete, urap, dan aneka lalapan.

  • Alamat:  Jl. Raya Pasirharjo No.87, Sonogunting, Pasirharjo, Kec. Talun, Kabupaten Blitar
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB

3. Depot Mbak Atun

Depot Mbak Atun di Blitar memang terkenal dengan hidangan ikan bakarnya yang lezat. Namun, uceng yang disajikan di sini juga tidak kalah enaknya dibandingkan dengan uceng di warung-warung lain.

Selain uceng, Depot Mbak Atun menawarkan berbagai menu lain seperti mujaer, patin, gurami, wader, udang, dan teri. Sedulur juga dapat memilih apakah uceng ingin digoreng atau dibakar. Jadi bisa menikmati cita rasa makanan sesuai selera.

  • Alamat: Wisata Bendungan Lahor Karangkates, Ngreco, Kec. Selorejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0852-3312-5660
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 WIB – 19.00 WIB

4. Warung Sego Uceng

Warung Sego Uceng menawarkan beragam menu uceng yang lezat dan menggugah selera. Namun, jika Sedulur ingin mencoba hidangan lain, tersedia pilihan ikan air tawar seperti udang kali, lele, ikan patin, nila, dan gurami.

Warung ini juga menyajikan berbagai menu sayur seperti lodeh, beningan, cah kangkung, dan cah sawi. Nikmati kelezatan hidangan tradisional dengan cita rasa autentik di tempat ini.

  • Alamat: Tlumpu, Kec. Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0896-8744-2485
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

5. Warung Barokah Pak Sabar

Tempat untuk bisa menikmati uceng Blitar yang berikutnya adalah Warung Barokah Pak Sabar. Selain uceng, menu lain yang populer di sini adalah rujak dan es buahnya. Ya, warung ini menawarkan beragam hidangan, mulai dari ayam panggang, ayam penyet, lele penyet, hingga berbagai macam ikan sungai.

Untuk pilihan sayur, tersedia beberapa menu seperti sayur lodeh, sayur koro, bayam, dan sayur tahu, serta banyak lagi.

  • Alamat: Jl. Semeru No.18, Babadan, Kec. Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: (0342) 693960
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00 WIB – 19.00 WIB

BACA JUGA: Lezatnya Sate Kampret Kuliner Legendaris dari Jombang

6. Warung Uceng Sukaria “Joyo Mulyo”

uceng blitar makanan khas blitar nasi uceng
Pexels/Valeriya

Rekomendasi warung uceng Blitar berikutnya adalah Warung Uceng Sukaria “Joyo Mulyo”. Menu berbahan dasar ikan uceng di sini ditawarkan dalam tiga variasi penyajian, yaitu uceng lalapan, sayur uceng, serta mix uceng.

Untuk varian mix uceng, sajian ini mencakup uceng, wader, dan udang kali yang semuanya digoreng dengan tepung hingga garing.

  • Alamat: Jl. Semeru No.20, Gurit, Babadan, Kec. Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: (0342) 691005
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 WIB – 19.30 WIB

7. Taman Uceng Blitar

Restoran Taman Uceng Blitar tidak hanya luas, tetapi juga dirancang menyerupai taman wisata. Sehingga menambah kenyamanan saat Sedulur menikmati hidangan yang dipesan. Selain uceng, Taman Uceng Blitar menawarkan berbagai menu lain.

Misalnya seperti wader, ikan kutuk, udang sungai, lele, bebek ingkung, dan lain-lain. Seporsi uceng di sini dibanderol dengan harga terjangkau, dan Sedulur bisa mengambil nasi sepuasnya.

  • Alamat: Tanjungsari, Kec. Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0857-0857-4950
  • Jam buka: Setiap hari, buka 24 jam

8. Warung Mak Ti

Jika Anda ingin menikmati nasi uceng di Blitar serta berbagai menu berbahan dasar ikan sungai atau iwak kali seperti jendil dan wader, kunjungilah Warung Mak Ti. Selain nasi uceng, warung ini juga menyajikan sayur ikan nila.

Dengan harga hanya yang terjangkau, Sedulur sudah bisa makan dengan kenyang. Jadi tidak heran jika Warung Mak Ti selalu ramai oleh pembeli.

  • Alamat: Jl. Mawar, RT.03/RW.03, Nglaos, Jatinom, Kec. Kanigoro, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0857-3334-5896
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00 WIB – 20.00 WIB

9. Warung Uceng Cabang Sukaria

Warung Uceng Cabang Sukaria merupakan destinasi kuliner yang wajib dikunjungi bagi para pecinta masakan tradisional berbahan dasar ikan sungai, termasuk uceng. Warung ini dikenal dengan menu andalannya yaitu nasi uceng, yang disajikan dengan bumbu khas.

Selain nasi uceng, warung ini juga menawarkan berbagai menu ikan sungai lainnya seperti jendil dan wader, yang semuanya diolah dengan resep tradisional yang autentik.

  • Alamat: Jl. Pasirharjo, RT.03/RW.01, Sonogunting, Pasirharjo, Kec. Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0857-4651-7038
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB

10. Depot “Anda” Uceng 2 Cabang Kanigoro

Rekomendasi warung uceng Blitar yang terakhir adalah Depot “Anda” Uceng 2 Cabang Kanigoro. Menu andalan mereka adalah nasi uceng, yang selalu berhasil menarik perhatian para pengunjung dengan cita rasanya yang begitu nikmat.

Tidak hanya nasi uceng, depot ini juga menyajikan berbagai hidangan ikan sungai lainnya seperti jendil dan wader. Tentu saja semuanya dimasak dengan resep warisan turun-temurun yang menjaga keaslian rasa.

  • Alamat: Jl. Kusuma Bangsa, Jajar, Kanigoro, Kec. Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Telepon: 0852-0000-0313
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30 WIB – 18.00 WIB

Itulah beberapa rekomendasi warung makan uceng Blitar yang bisa Sedulur kunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan nasi uceng dan berbagai menu ikan sungai lainnya di warung-warung di atas!

Saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba!