kuliner malam banyuwangi

Sedulur sedang mencari rekomendasi tempat makan Sidoarjo yang murah dan juga enak? Tidak usah khawatir dalam artikel ini akan diberi rekomendasi. Beberapa tempat makan yang akan kita bahas ini, tentu saja bisa menjadi referensi yang tepat ketika mengajak keluarga jalan-jalan atau sekadar berjumpa teman.

Lantas, apa saja ya tempat makan Sidoarjo yang dimaksud? Langsung saja, simak ulasannya yang akan dijelaskan di bawah ini selengkapnya!

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Kuliner di Kota Pasuruan, Lezatnya Bikin Nagih

1. Warung Apung Rachmawati

kuliner malam banyuwangi
Unsplash/Jahanzeb Ahsan

Rekomendasi tempat makan Sidoarjo yang pertama adalah Warung Apung Rachmawati. Warung ini menarik perhatian karena lokasinya yang unik, yakni berada di atas air alias mengapung. Tentu saja akan  memberikan pengalaman bersantap yang berbeda dari kebanyakan restoran biasa.

Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan air sambil menikmati hidangan lokal yang lezat. Selain itu, menu yang khas dan istimewa bisa ditemukan di tempat makan ini.

  • Lokasi: Jalan H. Sunandar Priyo Sudarmo 20-22 Sidokare, Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 11.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp31.000

2. Ceker Lapindho Asli

Ceker Lapindho Asli mampu menarik perhatian para penggemar makanan pedas, karena keunikannya yang memadukan antara ceker ayam dengan taburan kuah merah yang sangat menggoda tentu. Tentu saja citarasanya semakin menggugah selera.

Teksturnya yang unik, dengan pengguna berbagai bumbu dan saus yang khas, memberikan citarasa yang berbeda. Bukan hanya itu, tempat ini cocok untuk mengeksplorasi kuliner lokal yang autentik.

  • Lokasi: Jalan Dr. Soetomo No.12, Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam operasi  : Pukul 10.00 – 22.00 WIB (Senin tutup)
  • Harga: Rp20.000 ke bawah

3. Kedai Makan Putri dan Kolam Pancing Lesehan Bu Retno

Bagi Sedulur yang sedang mencari tempat makan Sidoarjo sekaligus tempat memancing, maka Kedai Makan Putri dan Kolam Pancing Lesehan Bu Retno ini adalah pilihan yang tepat. Tempat yang satu ini menawarkan aneka menu olahan ikan air tawar dengan harga yang cukup murah per porsinya.

Selain menu ikan, ada juga opsi lain seperti olahan ayam. Nah, hidangan di tempat ini bisa disajikan dengan cara digoreng atau dibakar, menggunakan bumbu meresap yang sedap serta sambal bajak yang khas.

  • Lokasi: Jalan Mbah Citro Nomor 9, Binangun, Wadungasih, Buduran, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam operasi  : Pukul 09.00 – 16.000 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp20.000

4. Lesehan Legok Asri

Lesehan Legok Asri merupakan sebuah rumah makan keluarga terkenal di Sidoarjo yang direkomendasikan selanjutnya. Rumah makan ini memiliki punya kolam ikan serta kolam renang, yang diperuntukkan bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Terdapat dua jenis tempat yang tersedia, yakni indoor dan outdoor berupa saung yang akan membuat pengalaman makan di sini terasa semakin berkesan.

  • Lokasi: Jalan Raya Sukolegok, Dusun Legok, Suko, Sukodono, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 10.00 – 20.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp7.000

5. Bebek Goreng H Slamet

Seperti yang telah kita tahu, Bebek Goreng H Slamet adalah sebuah warung atau restoran yang terkenal dengan hidangan bebek gorengnya. Hampir di setiap kota besar, Sedulur bisa menemukan cabang dari warung yang menyediakan olahan bebek goreng ini.

Selain beragam menu bebek, Sedulur juga dapat menemukan olahan ayam yang juga disajikan dengan sambal serta lalapan yang sangat nikmat.

  • Lokasi: Jalan Raya Sedati Gede No.83, Gebang, Sedati Gede, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 11.00 – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

BACA JUGA: Sego Sambel Cak Uut: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Menu

6. Rawon Gajah Mada

rawon enak di Surabaya
Unsplash/Aldrin Rachman

Sesuai dengan namanya, Rawon Gajah Mada adalah sebuah warung makan atau restoran yang terkenal dengan hidangan rawon. Rawon di tempat ini, terkenal dengan kuahnya yang kaya dan berwarna hitam pekat yang dihasilkan dari penggunaan kluwek.

Rawon sendiri memang menjadi salah satu kuliner Jawa Timur yang telah menyebar ke berbagai daerah. Jadi ketika Sedulur berkunjung ke Sidoarjo, wajib mencoba hidangan rawon di sini.

  • Lokasi: Jalan Gajah Mada, Pekauman, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 10.00 – 03.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

7. Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur tentu saja sangat cocok bagi para pecinta kuliner yang ingin menikmati ikan bakar di Sidoarjo dengan cita rasa khas. Warung makan ini menawarkan berbagai jenis ikan dengan pilihan bumbu untuk yang bisa disesuaikan oleh preferensi para pelanggan.

Kapan lagi Sedulur bisa menikmati makanan khas Sunda ketika berada di Jawa Timur? Jadi pastikan untuk berkunjung ke tempat ini, ya!

  • Lokasi: Jalan Raya Taman Pinang Indah No.18, Jetis, Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 10.00 – 22.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp40.000

8. Lesehan Joyo

Tempat yang satu wajib dikunjungi oleh Sedulur yang ingin menikmati hidangan tradisional Indonesia dengan suasana yang santai dan akrab. Di sini tersedia berbagai hidangan lokal seperti nasi rames, pecel lele, ayam goreng, ikan bakar, dan hidangan Jawa lainnya.

Suasana lesehan sendiri benar-benar terasa ramah, membuatnya cocok untuk keluarga atau kelompok besar.

  • Lokasi: Jalan Raya Taman Pinang Indah No.5, Banjarbendo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 21.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp40.000

9. Bakso Tutus

Bakso tutus merupakan tempat makan Sidoarjo yang menyediakan varian bakso, yang dicampur dengan bumbu rempah-rempah dan disajikan dengan tambahan kuah kental yang kaya rasa. Ya, tempat ini wajib dikunjungi oleh mereka yang ingin mencoba varian unik seperti bakso tutus.

Bakso tutus biasanya juga mempunyai cita rasa yang kuat dan khas, karena bumbu rempah yang digunakan dalam proses pembuatannya.

  • Lokasi: Jalan Raya Taman Pinang Indah No.5, Banjarbendo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 11.30 – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp6.000

10. The Crabbys Sidoarjo:

begitu memasuki area restoran, Sedulur akan langsung disambut dengan aroma yang menggoda dari hidangan seafood berkualitas tinggi. Keunikan dari The Crabbys ini ada pada kreativitas penyajiannya. Hidangan seafood disajikan di atas meja berlapis kertas minyak, menciptakan suasana unik.

  • Lokasi: Jalan Raya Taman Pinang Indah Blok B1 No.06, Lemah Putro, Kwadengan Barat, Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 11.00 – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp240.000

11. Kupang Lontong Pak Misari

lontong kupang surabaya
Unsplash/Rivage

Rekomendasi tempat makan Sidoarjo yang terakhir adalah Kupang Lontong Pak Misari. Ya, hidangan yang wajib dicoba pada saat datang ke Sidoarjo adalah menu lontong kupang yang menjadi andalannya.

Bagi yang belum tahu, kupang lontong adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari kupang atau sejenis kerang kecil, yang disajikan dengan lontong, lengkap dengan kuah kental yang kaya rasa.

  • Lokasi: Jalan Raya Taman Pinang Indah No.5, Banjarbendo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: Pukul 09.30 – 16.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

Itu dia beberapa tempat makan Sidoarjo yang direkomendasikan. Ya, tempat makan ini kebanyakan menawarkan suasana yang sangat nyaman bagi para pelanggan yang datang. Dengan begitu, Sedulur bisa menikmati hidangan yang lezat sembari bercengkrama dalam waktu yang lama sekalipun.

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!