13 Rekomendasi Tempat Makan di Trawas Paling Hits dan Enak

Bagi Sedulur yang punya rencana berlibur ke Mojokerto, pastikan untuk menjadikan Trawas sebagai salah satu destinasi yang akan dikunjungi. Selain menyajikan panorama yang indah dan udara sejuk, ada banyak tempat makan di Trawas yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

Kawasan Trawas sendiri kini semakin populer sebagai alternatif wisata alam Puncak Bogor bagi penduduk Surabaya. Pada akhir pekan, kawasan ini sering kali dipadati pengunjung dari Surabaya dan sekitarnya, berkat jarak tempuh yang hanya memerlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam.

Udara sejuk Trawas dan kemudahan akses membuatnya menjadi destinasi favorit bagi warga Surabaya. Ditambah lagi, banyaknya tempat makan dan kafe baru yang sedang hits di Trawas semakin menambah daya tariknya.

Nah, jika Sedulur merencanakan kunjungan ke Trawas, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan yang bisa dipertimbangkan.

BACA JUGA: 9 Restoran di Banyuwangi yang Asri dan Luas

1. Rustic Market

tempat makan di trawas
Unsplash/Louis Hansel

Rekomendasi tempat makan di Trawas yang pertama adalah Rustic Market. Sesuai dengan namanya, Rustic Market sendiri mengusung gaya rustik yang terinspirasi dari Eropa. Mereka menggunakan ornamen kayu yang mendominasi suasana.

Di tempat ini, Sedulur dapat menikmati berbagai hidangan lezat seperti chicken curry katsu, spaghetti bolognese, carbonara, dan cordon bleu. Untuk pilihan minuman, Rustic Market menawarkan berbagai opsi mulai dari es teh, es americano, latte, hingga es coklat, serta berbagai pilihan minuman lainnya.

  • Lokasi: Kelurahan Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 WIB – 18.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp20.000 – Rp70.000

2. Restoran Alas

Berikutnya ada Restoran Alas. Restoran ini terletak di area Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman, yang dikelilingi oleh hutan lebat. Menu yang ditawarkan pun bisa dibilang cukup lengkap. meliputi nasi goreng Jawa, nasi goreng spesial, gurami bakar, dan cah kangkung.

Kelengkapan menu tersebut, tentu saja memberikan variasi hidangan lezat untuk dinikmati. Untuk minuman, Sedulur bisa memilih dari jahe madu, wedang jahe, hingga susu jahe. Semua pastinya diracik untuk memberikan kesegaran dan kehangatan.

  • Lokasi: Dusun Biting, Kelurahan Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 07.00 WIB – 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp7.000 – Rp65.000

3. Pendopo Asri

Pendopo Asri menyajikan pemandangan pegunungan yang menakjubkan, lengkap dengan kolam kecil yang menambah kesan alami dan segar. Sedulur dapat memilih untuk bersantap di area outdoor yang terbuka atau di dalam ruangan yang nyaman sesuai dengan keinginan.

Menu unggulan di tempat makan di Trawas ini meliputi ayam bakar, nasi bakmoy, sate pendopo, dan berbagai hidangan lezat lainnya. Selain itu, tersedia juga camilan seperti pisang goreng kipas dan tahu goreng petis. Untuk melengkapi santapan Sedulur, berbagai macam pilihan minuman pun tersedia.

  • Lokasi: Desa, Sukorame, Kelurahan Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 09.00 WIB – 20.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp7.000 – Rp35.000

4. Waroeng Desa

Selain sebagai tempat makan di Trawas, Waroeng Desa juga menawarkan fasilitas penginapan yang dikelilingi oleh hijaunya pepohonan. Suasana disini sangat tenang dan sejuk, menjadikannya tempat ideal untuk dikunjungi bersama keluarga.

Menu yang disediakan mencakup berbagai hidangan ayam seperti ayam kremes dan rica-rica, serta pilihan olahan ikan, penyetan, dan berbagai sayuran. Untuk minuman, tersedia pilihan seperti es teh, es kelapa muda, dan berbagai jenis jus, yang dapat melengkapi pengalaman makan Sedulur di tempat yang asri ini.

  • Lokasi: Jalan raya Trawas Kilometer 13, Desa Jatijejer, Kelurahan Jatinom, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 09.00 WIB – 19.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp9.000 – Rp70.000

5. Sendang Raos

Lokasi Sendang Raos berada di tempat yang agak tersembunyi, sehingga memberikan suasana yang lebih tenang dan damai. Bangunan kafe ini mengusung desain rumah tradisional Jawa yang menghadap langsung ke pemandangan pegunungan yang menakjubkan.

Tempat makan di Trawas ini menyajikan hidangan utama seperti ayam bakar dan pepes gurami, yang disajikan bersama cah kangkung dan cah jamur. Untuk melengkapi santapan, cobalah minuman segar seperti es jeruk nipis, es teh manis, kopi susu, atau es susu soda

  • Lokasi: Jalan Trawas-Mojosari Nomor Kilometer 15, Desa Jatijejer, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp6.000 – Rp70.000

BACA JUGA: 15 Kedai Mie Ayam Enak Surabaya yang Siap Bikin Ketagihan

6. Alas Trawas

tempat makan di trawas
Unsplash/Duc Van

Seperti namanya, lokasi ini terletak di tengah hutan dengan udara yang sangat sejuk. Pada malam hari, keindahan ornamen lampu yang dipasang di antara pepohonan menciptakan suasana yang memukau. Menu andalan di tempat ini meliputi nasi goreng hitam, ayam geprek, soto alas, dan bakso.

Sedulur juga dapat menikmati berbagai camilan yang lezat. Di antaranya seperti pisang nugget, sosis bakar, dan dimsum. Sedangkan untuk minuman, pilihan yang tersedia mencakup lemon alas, es kopi susu, magic galaxy, dan cappuccino.

  • Lokasi: Jalan Trawas-Mojosari, Kelurahan Kemiloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 13.00 WIB – 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp10.000 – Rp30.000

7. Bu Rajab Resto

Tidak hanya menawarkan suasana makan yang nyaman, Bu Rajab Resto juga dilengkapi dengan kolam pancing yang menarik. Di sini, Sedulur dapat menyewa peralatan pancing, menangkap ikan, dan langsung menikmati hasil tangkapan yang dimasak segar di tempat.

Menu ikan seperti patin, gurami, dan lele, biasanya dihitung berdasarkan berat onsnya. Sementara untuk menu seperti udang penyet, nasi goreng, dan sayur asem ditawarkan per porsi. Lalu untuk minuman, Bu Rajab Resto menyajikan berbagai pilihan segar seperti es teh manis, es sinom, dan soda gembira.

  • Lokasi: Jalan Trawas-Mojosari, Kelurahan Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 09.00 WIB – 18.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp4.500 – Rp50.000

8. Griya Cafe and Resto

Tempat makan di Trawas ini memiliki suasana yang sangat syahdu, terutama saat senja menjelang malam. Hiasan lampu yang berpadu dengan pemandangan gunung menciptakan panorama yang memukau. Desain interiornya didominasi oleh ornamen kayu, memberikan kesan alami dan hangat.

Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari berbagai hidangan hotplate, nasi goreng, spaghetti, hingga aneka camilan. Lalu untuk minumannya, tersedia pilihan seperti es kopi tubruk, latte, wedang uwuh, dan matcha fusion, yang siap memanjakan lidah Sedulur.

  • Lokasi: Jalan Udayana Nomor 11, Kelurahan Trawas, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 11.00 WIB – 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp10.000 – Rp40.000

9. Teras Majapahit

Restoran ini hanya buka pada akhir pekan, yaitu hari Sabtu dan Minggu. Terletak di sebuah rumah tua dengan arsitektur tradisional Jawa dan dikelilingi oleh hamparan sawah yang hijau, tempat makan di Trawas ini menawarkan suasana yang tenang dan asri.

Menu andalannya adalah berbagai hidangan berbahan dasar jamur, seperti sup jamur, nasi goreng jamur, telur dadar jamur, dan botok jamur. Selain jamur, tersedia juga pilihan hidangan ayam dan sayuran. Sedulur juga bisa menikmati kopi susu, es coklat, berbagai jenis wedang, serta es cincau yang menyegarkan.

  • Lokasi: Jalan Lembah Majapahit, Kelurahan Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 11.00 WIB – 17.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp7.000 – Rp35.000

10. Katarina’s Kitchen

Bukan hanya menyajikan berbagai hidangan yang begitu nikmat, Katarina’s Kitchen menawarkan banyak spot foto yang menarik dan estetik. Dengan area makan yang cukup luas, pengunjung dapat memilih untuk bersantap di rooftop, yang menjadi favorit banyak orang.

Menu makanan yang disajikan juga cukup lengkap, meliputi rendang hati, lapis daging, ayam goreng, dan oseng kikil. Sedangkan untuk minumannya, tersedia berbagai pilihan seperti kopi tubruk, kopi susu, kopi susu jahe, dan juga berbagai jenis wedang.

  • Lokasi: Jalan Raya Slepi Nomor 2, Desa Njuwok, Kelurahan Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 09.00 WIB – 20.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp5.000 – Rp50.000

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kedai Rawon Enak di Malang yang Legendaris

11. Warung Gubuk Weringin Bu Nuriati

tempat makan di trawas
Unsplash/Clay Banks

Tempat makan di Trawas yang satu ini, menyuguhkan pemandangan sawah terasering yang indah dan latar belakang Gunung Penanggungan yang megah. Pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang ditawarkan.

Hidangan yang tersedia meliputi bakso, nasi pecel, nasi empok biasa, nasi empok telur, serta nasi empok lele. Menu makanan yang beragam ini, tentu saja menambah kenikmatan bersantap sambil menikmati panorama alam yang memukau.

  • Lokasi: Sendang, Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam buka: 07.00 WIB – 18.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp13.000 – Rp18.000

12. Petung Park Trawas

Petung Park Trawas menawarkan berbagai pilihan makanan, mulai dari camilan hingga hidangan berat, serta minuman segar. Untuk menikmati hidangan-hidangan lezat ini, Sedulur bisa memilih area dalam ruangan, luar ruangan, atau lesehan.

Selain itu, ada juga gazebo yang memberikan pengalaman unik menikmati makanan dengan suasana aliran sungai yang jernih di bawahnya, berasal dari sumber air pegunungan yang segar. Dijamin, menyantap hidangan di sini akan memberi kenangan yang tak terlupakan.

  • Lokasi: Jibru, Belik, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 09.00 WIB – 17.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp15.000 – Rp26.000

13. Jungle Cafe

Rekomendasi tempat makan di Trawas yang terakhir adalah Jungle Cafe. Jungle Cafe menyediakan area outdoor yang menarik dan juga berbeda dari cafe-cafe lainnya. Cafe yang satu ini menampilkan tenda-tenda bergaya suku Indian Amerika yang ramping dan meruncing di bagian atasnya.

Dalam satu tenda tersebut mampu menampung 3 hingga 4 orang. Kemudian untuk menunya, cafe ini menyajikan hidangan seperti pecel, ayam goreng Jawa, hingga udang bakar yang pastinya mampu menggugah selera.

  • Lokasi: Jalan Raya Trawas, Jibru, Belik, Kec. Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Jam buka: 09.00 WIB – 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp15.000 – Rp20.000

Trawas memang tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan beragam pilihan tempat makan yang menggugah selera. Semoga rekomendasi tempat makan di Trawas yang sudah dibagikan di atas dapat menjadi panduan berharga dalam menikmati kuliner terbaik di kawasan ini!