tempat makan di sarangan

Sedulur sedang berlibur ke Telaga Sarangan dan mencari tempat makan yang nikmat? Tidak usah bingung, ada banyak tempat makan di Sarangan yang sangat menarik untuk dicoba!

Seperti yang telah kita tahu, Telaga Sarangan sendiri merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi. Keindahan alam serta kesejukan suasana yang dihadirkan, membuat banyak wisatawan lokal maupun luar daerah berbondong-bondong menghabiskan waktu liburan mereka di sini.

Selain menikmati wahana yang menarik seperti naik kuda atau speedboat, di waktu tertentu para pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan Reog Ponorogo pada waktu-waktu tertentu. Jadi tidak heran jika Telaga Sarangan sering menjadi destinasi ketika masa liburan tiba.

Nah, bagi Sedulur yang memiliki rencana berkunjung atau bahkan sedang berada di kawasan Telaga Sarangan, berikut ini beberapa tempat makan di Sarangan yang bisa dikunjungi untuk mengisi perut yang sedang kosong!

BACA JUGA: 18 Cafe Trawas Terbaru yang Asyik Buat Nongkrong!

1. Mbah Djoe Resort

tempat makan di sarangan
Unsplash/Elevate

Rekomendasi tempat makan di Sarangan yang pertama adalah Mbah Djoe Resort. Restoran yang satu ini termasuk legendaris dan sudah lama menjadi tujuan kuliner bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Telaga Sarangan dan sekitarnya.

Di rumah makan yang satu ini, para pengunjung dapat menemukan beberapa menu khas dari Magetan, misalnya saja seperti bancak dan juga nasi menok. Tentu saja setiap menu tersebut dibuat dengan menggunakan resep tradisional.

Bagi yang belum tahu nasi menok, hidangan tersebut terdiri dari nasi, parutan kelapa, dan gadon. Kemudian ditambah ayam suwir dan dibungkus daun pisang. Sedangkan untuk nasi bancak merupakan nasi tumpeng mini dengan lauk-pauk yang lengkap.

  • Alamat: Jalan Raya Sarangan, Kabupaten Magetan arah Tawangmangu
  • Jam buka: Pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp20.000

2. Sate Jamur Warung Lumintu

Salah satu hidangan khas dari daerah ini adalah sate jamur. Pastinya akan sangat rugi jika Sedulur berkunjung tanpa mencoba hidangan yang satu ini. Nah, sesuai dengan namanya, sate jamur terbuat dari jamur tiram yang diolah menjadi sate dan disiram dengan bumbu kacang dan kecap.

Sebenarnya sate jamur sendiri bisa Sedulur temukan di beberapa rumah makan atau warung yang ada di sekitar Telaga Sarangan. Hanya saja, salah satu tempat makan sate jamur yang paling direkomendasikan adalah Sate Jamur Warung Lumintu.

Di tempat makan ini, Sedulur bisa menikmati satu porsi sate jamur berisikan 10 tusuk yang sudah dilengkapi dengan lontong atau nasi. Tentu saja bumbu kacang yang menyiram sate tersebut terasa sangat nikmat dan khas.

  • Alamat: Jalan Tawangmangu, Plaosan, Kecamatan Sarangan
  • Jam buka: Pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp14.000

BACA JUGA: Deretan Makanan Khas Madura yang Sayang Jika Dilewatkan

3. Warung Nasi Pecel Bu Parti

tempat makan di sarangan
Unsplash/Bilderboken

Bagi Sedulur yang mencari hidangan sehat ketika berkunjung ke Telaga Sarangan, mungkin Warung Nasi Pecel Bu Parti bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Warung pecel legendaris ini menyajikan beragam hidangan pecel yang bisa Sedulur pesan.

Satu porsi pecel yang ada di sini, terdiri sari nasi, kecambah, sayur kenikir, kemangi, irisan mentimun, dan tentu saja siraman bumbu pecel dengan cita rasa yang sangat khas. Sementara untuk lauknya, Sedulur bisa memilih ayam, telur, tempe, tahu, dan lain sebagainya.

Hanya saja, warung yang satu ini hanya buka dari sore sampai siang hari saja. Terlebih jika musim liburan panjang tiba, biasanya menu di sini lebih cepat habis. Kendati demikian, nasi pecel memang lebih cocok disantap sebagai sarapan atau makan siang.

  • Alamat: Jalan Raya Sarangan, Kecamatan Plaosan.
  • Jam buka: Pukul 07.00 WIB – 15.30 WIB.
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

4. RM. Pawon Sewu

Dapat dikatakan jika RM. Pawon Sewu memiliki beberapa keistimewaan di mata para pelanggan. Mulai dari bangunan khas Jawa yang luas dengan gazebo dan taman yang membuat suasana di sini terasa sangat nyaman dan asri.

Pawon Sewu pun turut menyajikan panorama megahnya Gunung Lawu yang berhiaskan pepohonan hijau serta kabut awan tipis. Dijamin pemandangan ini akan membuat setiap orang yang makan di tempat ini betah untuk berlama-lama.

Pilihan menu yang tersedia juga sangat banyak, mulai dari ayam goreng, sup iga, seafood, dan lain sebagainya. Pastinya setiap menu tersebut memiliki citarasa yang sangat lezat. Dijamin Sedulur tidak akan kecewa dengan hidangan yang ada di sini!

  • Alamat: Jalan Raya Sarangan No.25, Samping, Sidorejo, Kecamatan Plaosan
  • Jam buka: Pukul 09.30 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp50.000

5. Yang Goprak Pacalan

Rekomendasi yang berikutnya adalah Yang Goprak Pacalan. Di tempat makan yang satu ini, menu yang wajib untuk Sedulur pesan adalah iga bakar penyet. Dagingnya benar-benar empuk dengan bumbu yang merasuk sampai ke dalam.

Bahkan aroma asap bakaran dari daging tersebut sangat menggoda. Terlebih lagi, sambal penyet yang digunakan dibuat dari cabai dengan komposisi yang sangat pas. Dilahap bersama nasi hangat, mampu memberi pengalaman kuliner yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

Selain iga bakar penyet, ada beberapa menu olahan sapi yang tersedia seperti tongseng, sup, dan gulai. Sedangkan bagi Sedulur yang tidak makan daging sapi, di sini juga tersedia olahan dari ayam, seperti ayam bakar, ayam goreng, dan ayam pedas manis.

  • Alamat: Jalan Raya Sarangan, Plaosan, Getasanyar, Kecamatan Sidorejo
  • Jam buka: Pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

6. Bekicot Magetan

tempat makan di sarangan
Unsplash/Adrian Raudaschl

Jika Sedulur mencari tempat makan yang menyediakan menu anti-mainstream, maka restoran ini bisa menjadi pilihan. Ya, sesuai dengan namanya, tempat makan di Sarangan ini menyediakan menu utama berbahan dasar bekicot.

Hewan yang seringkali dianggap menjijikkan oleh banyak orang ini, berhasil diolah menjadi hidangan yang begitu lezat dan mampu menggugah selera. Bekicot di sini telah dibersihkan secara maksimal, kemudian dimasak dengan bumbu rica-rica yang khas.

Tidak hanya bekicot, tersedia pula menu unik yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Menu tersebut adalah rica-rica kelinci dan iwak kali goreng. Tentu saja semua menu diracik dengan bumbu yang tepat, membuat siapa saja akan ketagihan!

  • Alamat: Jalan Raya Sarangan, Wotan, Widorokandang, Kecamatan Sidorejo
  • Jam buka: Pukul 08.30 WIB – 16.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

Nah, itu dia beberapa tempat makan di Sarangan yang direkomendasikan. Dengan pilihan yang banyak dan beragam, pastinya membuat Sedulur tidak perlu khawatir jika merasa lapar ketika berwisata di Telaga Sarangan.

Saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!