tempat makan di probolinggo

Ada banyak tempat makan di Probolinggo yang wajib dikunjungi ketika Sedulur berwisata atau hanya sekadar mampir ke kota ini. Dengan menyantap makanan yang ada di sini, tentu saja akan membuat pengalaman wisata terasa lebih lengkap.

Ponorogo sendiri terkenal dengan hidangannya yang sangat beragam. Mulai dari warung bakso, soto, sampai rumah makan legendaris pun bisa Sedulur kunjungi. Dijamin Sedulur tidak akan merasa bosan dengan makanan yang ada di daerah ini.

Namun saking banyaknya tempat makan di Probolinggo, mungkin akan membuat Sedulur merasa bingung untuk memilih yang terbaik. Tapi tidak usah khawatir, berikut ini akan diberi beberapa rekomendasi yang wajib untuk Sedulur coba ketika berkunjung ke sini!

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Rumah Makan di Blitar yang Paling Enak

1. Depot Rawon dan Sop Buntut D&C 19

rawon enak di Surabaya
Unsplash/Aldrin Rachman

Bagi Sedulur yang sering berkunjung ke Jawa Timur atau lebih tepatnya daerah Probolinggo, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Depot Rawon dan Sop Buntut D&C 19. Depot ini telah berdiri sejak lama dan telah membangun reputasi sebagai salah satu tempat makan terbaik di Trenggalek.

Sesuai dengan namanya, depot ini memiliki menu utama berupa rawon dan sop buntut. Depot Rawon dan Sop Buntut D&C 19 selalu ramai pengunjung, terutama pada jam makan siang dan makan malam. Banyak pelanggan yang datang dari berbagai daerah untuk mencicipi hidangan yang lezat di sini.

Depot ini memiliki suasana yang sederhana dan bersih, dengan nuansa khas rumah makan tradisional yang nyaman. Tempatnya cukup luas sehingga dapat menampung banyak pelanggan. Jadi Sedulur tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat pada saat berkunjung ke sini.

  • Alamat: Jalan Pahlawan Nomor 19, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp14.000 – Rp28.000

2. Rumah Makan Sari Laut CJDW

Rekomendasi tempat makan di Probolinggo yang berikutnya adalah Rumah Makan Sari Laut CJDW. Kepopuleran Rumah Makan Sari Laut CJDW tidak hanya di kalangan penduduk lokal, tetapi juga di kalangan wisatawan yang mencari pengalaman kuliner seafood yang nikmat dan lezat.

Bukan hanya dari makanannya saja, nilai plus dari restoran ini juga ada pada tempatnya yang memiliki suasana nyaman dan santai, dengan dekorasi yang sederhana dan terasa bersih. Meja dan kursi tertata dengan rapi, menciptakan suasana yang cocok untuk makan bersama keluarga atau teman.

Selain itu, pelayanan di sini terkenal ramah dan cepat. Stafnya profesional dan selalu siap membantu serta memastikan para pelanggan merasa puas dengan pengalaman makan yang dihadirkan.

  • Alamat: Jalan Raya Panglima Sudirman Nomor 341, Jati, Mayangan, Kota Probolinggo
  • Jam buka: 04.30 WIB – 01.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

3. Sumber Hidup

Sumber Hidup adalah tempat makan di Ponorogo yang terkenal dengan aneka masakan tradisional Jawa Timur yang khas. Hidangan yang ditawarkan di tempat makan ini, dibuat dengan resep rahasia dan bumbu yang benar-benar meresap serta rasa yang nikmat.

Berbagai macam hidangan seperti nasi pecel, soto ayam, ayam bakar, dan lainnya bisa Sedulur nikmati di tempat makan yang satu ini. Restoran ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat duduk yang nyaman, area parkir, dan fasilitas umum lainnya.

Ya, bagi Sedulur yang sedang mencari tempat makan bersama keluarga besar maupun teman-teman, tempat makan ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Dijamin Sedulur akan mendapatkan pengalaman kuliner baru yang tidak terlupakan saat berkunjung ke Probolinggo.

  • Alamat: Jalan Dr. Moch Saleh Nomor 02, Sukabumi, Mayangan, Kota Probolinggo
  • Jam buka: 09.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp7.000 – Rp40.000

BACA JUGA: 10 Rumah Makan Magetan Terbaik dengan Harga Terjangkau

4. Warung Bu Lely Khas Tugu Pahlawan Surabaya

tempat makan di probolinggo
Unsplash/Kittitep Khotchalee

Bagi pertama mendengar namanya, mungkin akan berpikir jika tempat makan ini berada di Surabaya, sekitar Tugu Pahlawan. Namun jangan salah, Warung Bu Lely Khas Tugu Pahlawan Surabaya menjadi salah satu tempat makan di Probolinggo yang wajib dikunjungi.

Menu yang bisa ditemukan di tempat makan ini juga sangat beragam. Mulai dari olahan burung dara, ayam, gurami, dan bebek, semuanya bisa ditemukan. Tentu saja citarasa dari setiap masakan yang tersaji sudah tidak perlu diragukan lagi.

Jadi tidak heran jika Warung Bu Lely Khas Tugu Pahlawan Surabaya sering dijadikan sebagai tempat tujuan untuk berwisata kuliner saat berkunjung ke Ponorogo dan sekitarnya.

  • Alamat: Jalan KH. Mansyur Nomor 6B, Sukabumi, Mayangan, Kota Probolinggo
  • Jam buka: 10.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp20.000 – Rp47.000

5. J’Bing Cafe & Resto

Jika Sedulur mencari tempat makan di Probolinggo yang terasa santai dan nyaman untuk berlama-lama, maka J’Bing Cafe & Resto bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Dikenal dengan konsep cafe yang modern dan santai, cafe ini memiliki dekorasi yang menarik dan atmosfer yang sangat nyaman.

Sama seperti kebanyakan cafe, tempat makan di Probolinggo ini menawarkan suasana yang cocok untuk bersantai, baik untuk sekedar ngobrol santai, rapat informal, atau bersantap dengan keluarga dan teman. J’Bing Cafe & Resto menyajikan berbagai hidangan yang menarik untuk dipesan.

Mulai dari makanan ringan seperti kue dan roti, minuman kopi dan teh, sampai hidangan utama seperti pasta, steak, burger, dan tentu saja beragam hidangan khas Indonesia.

  • Alamat: Jalan Basuki Rahmad Nomor 9, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo
  • Jam buka: 09.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga: Rp17.000 – Rp27.000

6. Bakso Pak Eddy

Rekomendasi tempat makan di Probolinggo yang berikutnya, cocok untuk dikunjungi oleh Sedulur yang hobi menyantap bakso. Ya, Bakso Pak Eddy merupakan salah satu warung bakso legendaris, yang bahkan telah berdiri sejak tahun 1997 silam.

Menariknya lagi, bakso yang diracik oleh Pak Eddy sendiri selalu enak dan tidak pernah mengalami perubahan rasa sejak awal kali berjualan. Satu porsi di sini berisikan beragam jenis bakso yang menggiurkan, seperti urat, ati, telur, tahu isi, dan juga bakwan goreng.

Menu yang beragam tersebut akan terasa semakin nikmat berkat siraman kuah bening dengan aroma yang semerbak. Akan lebih lengkap lagi ketika ditambah daun seledri dan juga sambal khas racikan Pak Eddy.

  • Alamat: Jalan Soekarno – Hatta No.158A, Pilang, Kademangan, Kota Probolinggo
  • Jam buka: 09.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp25.000 – Rp50.000

7. Soto Ayam Kraksaan Pak Koya

nasi becek khas nganjuk
Unsplash/Henrique Felix

Warung Soto Pak Koya adalah tempat makan di Probolinggo terakhir yang tidak boleh Sedulur lewatkan. Warung ini merupakan bisnis keluarga yang telah melegenda di Probolinggo. Bagaimana tidak, usaha ini dirintis oleh Pak Koya sendiri pada tahun 1950-an.

Dan sampai saat ini, usaha kuliner tersebut masih tetap berjalan dengan diteruskan oleh sang cucu, yakni Mardiyah. Menariknya lagi, kenikmatan dari Soto Pak Koya pernah membuatnya meraih penghargaan di tingkat provinsi Pada 1991 dengan menjuarai kontes makanan khas se-Jawa Timur di Surabaya.

Secara sekilas, Soto Pak Koya memang hampir sama seperti soto lainnya. Terdiri dari daging ayam kampung, nasi atau lontong, kuah kental, dan dilengkapi dengan telur. Namun, bedanya yakni ada pada penambahan koya yang membuat rasanya semakin gurih dan lezat.

  • Alamat: Jalan Mayjend Sutoyo No.10, Patokan, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo
  • Jam buka: 06.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 – Rp25.000

Mungkin hanya itu tempat makan di Probolinggo yang bisa direkomendasikan. Ya, di daerah tersebut memang ada banyak sekali tempat makan yang menarik dikunjungi. Semoga rekomendasi yang ada di atas dapat membantu Sedulur dapat menemukan tempat makan yang paling cocok saat di Probolinggo!

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!