tempat makan bojonegoro

Jika Sedulur berkunjung ke Bojonegoro, tidak ada salahnya mampir ke tempat makan Bojonegoro atau kuliner yang ada. Tempat makan di Bojonegoro menawarkan berbagai hidangan untuk mengisi perut yang lapar. Lokasi, menu, jadwal dan harga makanan masing-masing tempat bisa menjadi gambaranmu sebelum datang.

Kabupaten Bojonegoro menawarkan banyak kuliner yang memanjakan lidah. Ada banyak tempat kuliner yang bisa Sedulur kunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan. Tempat kuliner di Kabupaten Bojonegoro ini tidak hanya berada di perkotaan saja. Namun juga menyebar hingga pinggiran Bojonegoro, mulai dari barat, timur, dan selatan Bojonegoro.

Menunya sangat beragam dan rasanya sangat lezat dengan harga terjangkau tentunya. Bagi Sedulur penikmat kuliner Kabupaten Bojonegoro, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Pasalnya, rasanya sudah pasti bikin Sedulur ketagihan.

BACA JUGA: 10+ Tempat Makan Penyetan Surabaya Terenak, Sambelnya Jos!

Rekomendasi Tempat Makan di Bojonegoro Terbaik

Pastinya setiap kota selalu menyuguhkan macam-macam kuliner enak dan lezat yang bakal memanjakan lidah kamu. Bojonegoro pun selalu memberikan hidangan khasnya yang tak kalah menggugah seleramu, Bojonegoro punya banyak tempat makan yang wajib Sedulur kunjungi. Berikut ini tempat makan Bojonegoro yang bisa jadi rekomendasimu!

1. Lesehan Ikan Bakar Klotok

rumah makan ikan bakar semriwing
Unsplash/Alexey Fedenkov

Kabupaten Bojonegoro menawarkan banyak kuliner yang memanjakan pecinta kuliner. Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah ikan gurami khas Lesehan Ikan Bakar Klotok. Apalagi di sini juga menawarkan suasana asri dengan pemandangan kolam ikan, pepohonan rindang, dan gazebo-gazebo yang saling bersilangan menambah keseruan kulineran.

Ikan Bakar Klotok terletak di Desa Banjarjo Kecamatan Padangan. Tepatnya di Pasar Hewan Jalan Klotok Padangan. Tempat ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 31 kilometer dari pusat kota atau sekitar 48 menit. Pengunjung yang tiba di parkiran diperlihatkan nama warung yang bertuliskan Klotok, Lesehan Ikan Bakar. Dapat digunakan untuk berfoto selfie bersama keluarga atau teman.

Ada dua menu utama yakni ayam dan gurami. Hidangan paling populer dan utama adalah ikan gurami bakar yang memiliki kombinasi bumbu pedas, manis, dan asin yang khas. Bumbunya yang meresap membuat olahan ikan ini menjadi favorit pengunjung.

Ikan gurami bakar yang ditawarkan di sini sama sekali tidak terasa seperti aroma tanahnya. Bumbunya pedas dan rasanya kuat. Tentunya juga tidak berbau amis. Selain ikan bakar gurami, ada menu lainnya seperti ayam bakar, tumis jamur, kangkung, dan lain sebagainya.

Lesehan Ikan Bakar Klotok berada di Jalan Cepu – Surabaya, Desa Klotok, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro. Harganya mulai dari Rp20 ribuan saja.

2. Kafe 44S

Restoran 44S merupakan salah satu tempat makan enak yang ada di Bojonegoro. Restoran ini memiliki tiga cabang untuk mendekati konsumen mereka. Menu yang bervariasi serta tempat yang luas dan bersih, menjadikan restoran ini cocok untuk tempat kumpul dan makan bersama dengan keluarga atau pasangan.

Kafe 44S memiliki tiga lokasi, yakni di desa/kecamatan Purwosari, sedikit di sebelah selatan rel kereta api. Kemudian di Desa/Kecamatan Kalitidu, tepatnya di utara perempatan lampu merah. Dan di perempatan Jalan Lisman Bojonegoro.

Ketiga tempat makan 44S tersebut memiliki sejumlah fasilitas, antara lain ruangan pribadi, lounge, dan area tempat duduk luas yang mampu menampung banyak orang. Restoran 44S menawarkan berbagai menu seperti ayam dan bebek, seafood serta aneka lauk yang lezat dan harganya terjangkau.

Sedulur hanya membutuhkan uang sekitar Rp9 ribuan sampai Rp75 ribu untuk menyantap menu ayam di Rumah Makan 44S. Menu seafood kerangnya dibanderol sekitar Rp31.500. Sedulur hanya perlu membayar sekitar Rp35 ribu untuk menikmati menu kerapu di 44S Restaurant. 

Menu kepiting dibanderol sekitar Rp80 ribuan sampai Rp93 ribuan. Menu ikan gurami 44S dibandrol dengan harga sekitar Rp59 ribu sampai Rp62 ribu. Harga menu sop berkisar Rp31 ribu sampai Rp44 ribu. Harga menu bebek 44S berkisar Rp29 ribu sampai Rp90 ribuan.

Menu nasinya dibanderol sekitar Rp5 ribu sampai Rp19 ribu. Dan Sedulur hanya membutuhkan sekitar Rp30 ribuan untuk menyantap menu udang yang ditawarkan Rumah Makan 44S.

3. Rumah Makan Ikan Bakar Semriwing

Rumah Makan Ikan Bakar Semriwing menjadi salah satu destinasi kuliner yang layak untuk dikunjungi, dengan suasana yang menyenangkan dan lokasi yang sejuk membuat pengalaman bersantap semakin seru.

Tempat makan ini menawarkan beragam menu lezat. Mulai dari sup gurami, rica-rica jendil, jendil goreng, oseng cumi, pepeas ayam, dan masih banyak lagi masakan lain yang tak kalah menggiurkan. 

Rumah makan ini terletak di Jalan Bojonegoro – Ngawi. Penikmat kuliner Bojonegoro tak akan segan-segan mengunjungi restoran ikan bakar Semriwing. Tidak hanya sekedar tempat makan, namun juga memberikan pengalaman kuliner yang unik. Suasana yang nyaman dan tempat yang sejuk semakin menambah kenikmatan makanan yang ditawarkan.

Para tamu dapat menikmati makanan sambil menikmati udara segar dan lingkungan yang menenangkan di sekitar restoran. Menunya menawarkan berbagai varian rasa dan cita rasa. Semua hidangan diolah dari bahan berkualitas tinggi dan rempah-rempah tradisional otentik, yang menawarkan pengalaman bersantap tak terlupakan bagi pengunjung.

Para chef di restoran ikan bakar Semriwing selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggannya. Selain itu pelayanan yang ramah dan profesional juga menjadi salah satu daya tarik Rumah Makan Ikan Bakar Semriwing. Staf siap membantu pelanggan memilih makanan dan memberikan pelayanan terbaik selama berkunjung.

Kebersihan dan keamanan juga menjadi hal yang utama di restoran ini, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh pengunjung. Tak heran jika Rumah Makan Ikan Bakar Semriwing menjadi salah satu tempat kuliner terpopuler di Bojonegoro.

Dengan berbagai keunggulan dan daya tariknya, Rumah Makan Ikan Bakar Semriwing tetap menjadi pilihan terbaik bagi Sedulur yang mencari pengalaman kuliner tak terlupakan di Bojonegoro.

Rumah Makan Semriwing siap menyambut dan memanjakan setiap pengunjungnya dengan santapan lezat, pelayanan ramah, dan suasana menyenangkan. Harga mulai dari Rp15 ribu saja hingga Rp45 ribu.

4. Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati didirikan sebagai wujud dedikasi dan apresiasi kepada para empu kuliner zaman dahulu, ibu rumah tangga yang turut memperkaya khazanah serta cita rasa masakan Jawa demi kekayaan rasa kuliner nusantara. 

Warung Apung Rahmawati merupakan jawaban dua generasi, klasik modern dan regional, disajikan dengan gaya tradisional dan menawarkan berbagai hidangan dengan cita rasa istimewa. Lahir dari mimpi, semangat dan keyakinan yang kuat, Warung Apung Rahmawati melanjutkan kesinambungannya di industri makanan. 

Sejak tahun 2003, restoran yang berlokasi di Jalan Veteran 77 Jambean, Sukorejo Kecamatan Bojonegoro ini mulai menghidupkan kembali dunia komersial industri makanan. Bisnis keluarga ini memiliki 11 cabang yang beroperasi, diikuti oleh bisnis katering. 

Menghadirkan cita rasa terbaik tanah air dengan pengalaman bersantap yang istimewa, Warung Apung Rahmawati membuktikan bahwa tempat ini cocok untuk makan siang dan makan malam dengan harga yang sangat terjangkau.

Di sini Sedulur bisa mencicipi olahan ayam, gurami, tumpeng, menu paket, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari Rp35 ribu saja.

5. Warung Pondok Salak

Warung Pondok Salak khusus para pecinta kuliner belut yang terletak di Desa Bendo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Sesuai dengan namanya, warung ini terletak di tengah taman salak yang sejuk. Dibangun pula gazebo dan area lesehan di antara taman salak untuk menikmati kuliner khas bersama keluarga.

Selain menu aneka masakan belut khas Pondok Salak, pengunjung juga bisa menikmati menu lainnya dengan harga ramah di kantong. Beberapa di antaranya seperti kari ayam kampung, ikan gurami bakar maupun goreng, jeroan, tempe, penyet, nasi jagung, dan masih banyak lagi. Harganya mulai dari Rp25 ribuan.

BACA JUGA: 23 Tempat Sarapan di Surabaya, Enak dan Tidak Pernah Sepi!

6. Omah Cabe

Unsplash/Brian Fathurohman

Omah Cabe menambah Bojonegoro dalam daftar kuliner yang wajib Sedulur kunjungi saat berwisata ke sini. Restoran ini relatif masih baru yang berlokasi di Jalan Veteran Bojonegoro.Omah Cabe di Bojonegoro merupakan cabang keempat dan pusat bisnis ini di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Namanya identik dengan cabe yang pasti menunya pedas. Menu utama restoran ini adalah ayam mbledos, yaitu ayam kampung yang dilumuri cabai. Cabai yang digunakan di restoran Omah Cabe bukanlah suatu kebetulan karena diambil langsung dari Pati lantaran mempunyai rasa yang otentik.

Selain itu, menu minuman antara lain  kelapa muda beku hingga es ikatan cinta. Komposisinya terdiri dari daun mint, jeruk nipis, serai, dan pelengkapnya. Jadi jika Sedulur mempunyai selera pedas wajib mengunjungi Omah Cabe. Harganya mulai dari Rp16 ribuan.

7. Omah Tepi Sawah (OTS)

Omah Tepi Sawah atau OTS Restaurant menawarkan beragam menu utama yang wajib Sedulur coba. OTS menawarkan konsep mixing antara tradisional modern. Sedulur bisa menikmati berbagai hidangan masakan khas sambil menyaksikan pengeboran minyak dan gas.

Lokasi OTS mudah dijangkau oleh roda dua dan empat. Tempatnya terletak di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas. OTS dapat diakses dari terminal Rajekwesi Bojonegoro dari arah timur atau melalui pertigaan Mlaten ke arah timur, kemudian ada pertigaan lagi, lalu jalan ke arah selatan sekitar satu setengah kilometer hingga menemukan OTS.

Sesuai namanya, OTS terletak di pinggir persawahan sekitar 300 meter dari pengeboran migas PAD B Sukowati, di Blok Tuban. Kesan tradisional langsung terlihat begitu memasuki kawasan Resto OTS. 

Alat pertanian tradisional digunakan di dalam ruangan untuk dekorasi. Semuanya ditampilkan dan ditata dengan rapi serta indah. Seperti garu (alat untuk membajak sawah dengan sapi atau kerbau), doran (pegangan cangkul), dan capil. 

Di pojok ruangan digantungkan lampu minyak hias berbahan kayu jati. Meja dan kursi jati ditata dengan indah. Dinding kayu jati yang menjadi dinding restoran dua lantai ini pun terlihat eksotis. Kesan masa lalu sangat kental. Ingatan Sedulur langsung melayang ke masa lalu ketika para petani membajak sawah dengan alat pertanian tradisional.

Konsep bentuk bangunannya terkesan tradisional, namun menunya tak kalah dengan restoran terkenal. Resto OTS memiliki beberapa menu utama di antaranya ayam garang asem, iga garang asem, sop iga, gurami asam manis, gurami bakar, dan masih banyak lagi.

Selain menu spesial, Resto OTS juga menawarkan beragam menu seperti ayam goreng, iga panggang, olahan mie, nasi dan lain-lain. Harganya mulai Rp15 ribu.

8. Kafe Gunung & Fishing

Kafe Gunung & Fishing berlokasi di Jalan Raya Dander Km 9, Mojoranu Dua, Desa Mojoranu, Kec Dander, Kab Bojonegoro. Cafe ini merupakan tempat yang cocok untuk nongkrong dan berkumpul bersama teman, pacar, keluarga dan rekan kerja. 

Tempatnya enak dan santai, bersih serta memberi bernuansa pedesaan. Lokasinya juga sangat strategis di pinggir jalan Bojonegoro – Nganjuk. Tempat parkirnya luas dan terdapat musala, kolam ikan, dan toilet. Kafe Gunung & Fishing menawarkan berbagai menu Chinese food, minuman segar, dan aneka olahan nasi yang terjangkau.

Harga untuk menikmati aneka menu hidangan lezat di Kafe Gunung ini berkisar antara Rp39 ribu hingga Rp52 ribu. Cukup beragam untuk variasi lauknya, dengan harga berkisar antara Rp7 ribu hingga Rp34 ribu.

Harga berbagai olahan penyetan yang ditawarkan di sini berkisar Rp10 ribu sampai Rp37 ribu. Pilihan menu nasi dan mienya sekitar Rp8 ribu hingga Rp19 ribu untuk menikmatinya. Menu aneka jus dibandrol dengan harga sekitar Rp11 ribu sampai Rp15 ribu.

Harga sayur mayur berbeda-beda sekitar Rp12 ribu sampai Rp20 ribu. Jadi sangat terjangkau dan Sedulur memiliki banyak pilihan.

9. Lesehan Omah Pule

Rumah makan Lesehan Omah Pule terletak di Jalan Monginsidi, RT14/RW03, Pacul Permai, Desa Pacul, Kecamatan Bojonegoro, Kab. Bojonegoro. Lesehan Omah Pule merupakan restoran banyak didatangi tamu dari berbagai penjuru yang menjanjikan kuliner lezat dan menyehatkan. 

Lokasinya cukup strategis dan mudah dijangkau. Lesehan Omah Pule menawarkan banyak menu makanan. Mulai dari berbagai menu gurami, ayam, belut, bebek, dan lain sebagainya dengan harga terjangkau.

Lesehan Omah Pule merupakan tempat yang asri dan cocok untuk kumpul bersama. Tempat ini memiliki lahan parkir yang luas didukung dengan musala dan toilet. Harganya mulai dari Rp15 ribuan.

10. Kafe Garasi

Bagi yang menginginkan suasana kafe yang menyenangkan dan tenang, bisa mengunjungi Garasi Cafe yang berada di Jalan Mangga No 2A. Di sini Sedulur juga bisa menikmati beragam makanan dan minuman. Cafe dan bistro ini adalah sebuah restoran di Bojonegoro. 

Tempat makan ini menawarkan beragam menu ayam dan bebek dengan harga terjangkau dan enak pastinya. Jika Sedulur sedang mencari daftar harga menu Garasi Cafe and Bistro, Sedulur berada di tempat yang tepat. 

Berikut ini gambaran lengkap menu apa saja yang dijual di cafe dan bistro. Harganya cukup ekonomis, Sedulur hanya perlu siapkan sekitar Rp27.500 hingga Rp38.500 untuk menikmati berbagai makanan dan minuman di sini.

BACA JUGA: 25+ Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba, Bikin Nagih!

11. Warung Semok Ikan Gloso

tempat makan bojonegoro
Unsplash/Arturo Alvarez

Kabupaten Bojonegoro punya tempat makan yang begitu fenomenal. Namanya Warung Semok Mbak Sumi yang menyajikan menu spesial Ikan Gloso. Banyak pembeli yang mencari kuliner ini karena rasanya yang khas dan lezat.

Lokasinya dinilai jauh dari pemukiman warga yakni di pinggir jalan Bojonegoro-Nganjuk, Kawasan Hutan Dusun Kedungjati, Desa Kedungsource, Kecamatan Temayang, Kab. Bojonegoro. 

Selain menu ikan gloso, Warung Semok juga menawarkan menu yang cukup beragam seperti wader (tawes), nila hingga udang. Untuk nasinya, selain nasi putih juga ada nasi jagung. Penambahan sambal kemangi dan sayur menir membuat menu ikan goreng di sini semakin lengkap. Harganya mulai dari Rp15 ribu.

12. Sate Ayu Padangan

Sate Ayu Padangan terkenal dengan rasanya yang lezat dan banyak dicari para pecinta kuliner dari berbagai daerah. Sate Ayu di Bojonegoro Jawa Timur ini menggunakan daging kambing umur 6-7 bulan. Sate Ayu sangat populer di Bojonegoro yang terletak di Jalan Waduk Selorejo, Banjarjo, kawasan Padangan. 

Banyak pengunjung datang dari berbagai daerah untuk menikmati kuliner satu ini. Sate Ayu disajikan seperti sate kambing pada umumnya. Sate di sini dimakan bersama dengan tambahan kecap dan cabai yang sudah dihaluskan. 

Untuk cabai rawit yang dipakai jenis jempling, yang bisa memberikan rasa pedas yang lebih bersahabat dan tidak terlalu membakar lidah. Antara manis, asin, dan pedas, bisa ditambahkan irisan jeruk nipis untuk menambah cita rasa. Untuk harganya mulai dari Rp15 ribu.

13. Pecel Contong

Harga mulai Rp10 ribu Sedulur bisa menikmati nasi pecel contong, nasi lodeh, soto ayam, nasi goreng hingga menu rica-rica ampela di warung makan Pecel Contong. Selain itu tersedia juga gurami bakar, bebek panggang, sayur asem, lele goreng, botok tempe, hingga tempe penyet.

Pecel Contong ini lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Gang Sirsan Yatsiri Nomor 34, Sukorejo Lor, Sukorejo, Kec Bojonegoro, Kab Bojonegoro, Jawa Timur. Kalau Sedulur sedang berada di daerah sini, wajib mampir.

Itulah tadi rekomendasi tempat makan Bojonegoro yang bisa dicoba. Kalau Sedulur sedang berwisata atau berkunjung ke kota ini, tentu tidak lengkap kalau tidak mencicip kuliner khas daerahnya.

Tempat makan yang ada akan menawarkan beragam pilihan menu yang pastinya akan menggugah selera. Mulai dari ikan bakar, olahan ayam, pecel, dan lainnya sudah pasti memanjakan lidah kamu. Tak hanya ini, tempat makannya juga tak sedikit yang memberi rasa nyaman.

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!