Resep Kaldu Kokot, Kuliner Khas Sumenep Madura

Bagi Sedulur pecinta kuliner ekstrem dan unik, maka wajib banget untuk mencoba soto mata sapi khas Bangkalan. Hidangan satu ini dijamin bisa memberikan sensasi makan yang luar biasa, tapi juga menggugah selera. Apalagi menu mata sapi dihidangkan dengan kuah soto yang terkenal gurih dan menyegarkan.

Soto mata sapi sendiri memang menu yang tidak biasa, dimana Sedulur akan sangat jarang bisa menemukannya di daerah lain. Jadi ketika Sedulur berkunjung ke Bangkalan, maka tidak boleh untuk melewatkan soto ini.

Nah, biar tidak salah tempat dan bisa merasakan kelezatan terbaik dari soto mata sapi. Kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasi spot terbaiknya nih. Penasaran dimana? Langsung simak aja ya!

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Kuliner Tuban yang Legendaris, Wajib Dicoba!

Apa itu Soto Mata Sapi?

Resep Kaldu Kokot, Kuliner Khas Sumenep Madura
Pixabay/Sharon Ang

Soto mata sapi adalah salah satu kuliner unik dari Desa Burneh, Bangkalan, Madura. Menu ini menyajikan bola mata sapi yang dimasak secara utuh bersama dengan bumbu soto merah khas Bangkalan.

Hidangan ini sebenarnya belum terlalu lama muncul atau sekitar tahun 2000-an. Dimana saat itu, ada beberapa warga yang mencoba memasak mata sapi untuk dikonsumsi sendiri dan ternyata hasilnya memang enak.

Cara masak soto mata sapi ini juga agak berbeda dengan memasak daging sapi. Dimana para penjualnya harus merebus mata sapi secara lama untuk membuat otot-otot pada mata sapi menjadi benar-benar empuk dan lunak.

Citarasa Soto Mata Sapi

Mungkin ini merupakan kuliner yang tak lazim, tapi ada ratusan orang yang selalu datang silih berganti untuk mencoba hidangan ini setiap harinya. Dimana kebanyakan orang menilai soto mata sapi memiliki tekstur yang mirip dengan kikil tapi lebih kenyal.

Harga soto ini sendiri memang cukup mahal, karena proses memasaknya yang membutuhkan waktu lama. Tapi citarasa yang diberikan akan benar-benar sesuai dengan harga, karena Sedulur bisa merasakan kenikmatan mata sapi bercampur dengan gurihnya kuah soto merah.

Selain mata sapi, soto ini juga dilengkapi dengan ketupat atau topak, taoge, daun bawang, dan seledri. Topak memiliki bentuk seperti lontong atau ketupat, tetapi bedanya topak dibungkus dengan daun kelapa.

Para pelanggan juga akan merasakan pengalaman yang berbeda ketika menyantap salah satu bagian tubuh sapi ini. DImana bola mata sapi akan disajikan bulat-bulat, dan meletus ketika digigit di dalam mulut. Unik sekali ‘kan?

BACA JUGA: Resep Kaldu Kokot, Kuliner Khas Sumenep Madura

Lokasi Terbaik Soto Mata Sapi Bangkalan

soto mata sapi madura
Unsplash/Sebastian Zuchmanski

Kalau Sedulur tertarik untuk mencoba kelezatan dan keunikan soto mata sapi di Bangkalan. Maka ada satu tempat yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Soto Mata Sapi Bu Mis. Warung makan ini berada di sekitar Jalan Pancar Selatan, Pancar, Burneh, Bangkalan.

Biasanya warung ini sudah buka dari pagi sampai sore hari karena soto memang cocok dijadikan teman sarapan.Harganya juga cukup bervariasi dan Sedulur bisa memilihnya. Berikut ini alamat lengkap Soto Mata Sapi Bu Mis yang bisa kamu coba.

  • Alamat: Jalan Pancar Selatan, Pancar, Burneh, Bangkalan
  • Jam buka: 08.00 sampai 16.00 WIB
  • Kisaran harga: Mulai dari Rp12 ribu sampai Rp30 ribu

Demikian tadi ulasan lengkap tentang soto mata sapi di Bangkalan, Madura. Oia, saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!