soto daging surabaya

Bagi sebagian orang, soto daging telah menjadi hidangan yang akrab disantap sehari-hari. Soto daging sendiri adalah istilah yang jamak digunakan untuk menyebut soto dengan isian daging sapi. Adapun salah satu daerah yang terkenal memiliki beragam pilihan rumah makan yang menyajikan soto daging di Surabaya.

Ya, di ibukota Provinsi Jawa Timur ini Sedulur bisa menemukan banyak rumah makan yang menyediakan kuliner soto daging. Tertarik untuk mencicipi soto daging di Surabaya? Agar tidak bingung, berikut sudah dirangkum beberapa rekomendasi soto daging yang bisa Sedulur coba saat berkunjung ke Surabaya.

BACA JUGA: Selain Soto, Ini 12 Makanan Khas Lamongan yang Nikmat di Lidah!

Rekomendasi Soto Daging di Surabaya

soto daging surabaya
Pixabay/Mhywin

Soto merupakan masakan yang kuahnya dimasak tersendiri dengan isian berupa irisan daging, kentang, dan bawang goreng yang dimasak terpisah. Selain itu ada juga yang menambahkan aneka sayuran seperti kubis dan tauge ke dalam soto.

Daging yang digunakan dalam soto sendiri cukup beragam. Namun kebanyakan soto menggunakan daging ayam sehingga akrab disebut soto ayam. Sementara itu, istilah soto daging lebih sering digunakan untuk menyebut hidangan soto daging sapi.

Meski bernama sama, soto di berbagai daerah biasanya memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain. Tak heran, soto selalu bisa menjadi pilihan untuk berwisata kuliner sekalipun bisa dijumpai di banyak daerah. Seperti misalnya saat berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur, Sedulur juga bisa memasukkan soto daging ke dalam pilihan kuliner yang akan dicicipi.

Sebagai referensi, berikut ada 6 rekomendasi rumah makan soto daging di Surabaya yang bisa Sedulur datangi.

1. Soto Madura Gubeng Pojok

Rekomendasi pertama ada Soto Madura Gubeng Pojok. Rumah makan yang telah berdiri sejak 1950 ini berlokasi di dekat Stasiun Gubeng tepatnya di Jalan Raya Gubeng Nomor 50, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

Di sini, Sedulur bisa menemukan soto daging dilengkapi nasi dan telur. Selain itu ada juga sambal dengan rasa pedas yang nendang sebagai pelengkap. Rumah makan ini buka setiap hari, mulai pukul 06.30 sampai dengan 15.00 WIB. Adapun seporsi soto daging dibanderol dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan.

  • Alamat: Jalan Raya Gubeng Nomor 50, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka jam 06.30 sampai 15.00 WIB

2. Soto Madura Cak Sugik

Soto Madura sepertinya menjadi primadona di Surabaya. Pasalnya, rekomendasi rumah makan soto daging berikutnya juga menyajikan hidangan soto khas Madura. Adalah Soto Madura Cak Sugik yang juga telah lama menjadi andalan warga lokal maupun wisatawan yang ingin menyantap soto daging.

Satu porsi soto daging di sini disajikan dengan isian yang melimpah. Di antaranya ada irisan daging yang empuk, jeroan, kerupuk, hingga telur asin yang bisa menjadi pilihan lauk pelengkap. Berbagai kondimen tersebut kian sempurna saat diguyur dengan kuah gurih lengkap dengan irisan daun bawang.

Tertarik mencoba? Sedulur bisa langsung meluncur ke Jalan Petemon Kali Nomor 35. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 05.30 sampai dengan 19.00 WIB. Adapun satu porsi soto daging di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan.

  • Alamat: Jalan Petemon Kali Nomor 35
  • Jam buka: Buka dari pukul 05.30 sampai dengan 19.00 WIB

3. Soto Madura Imam Bonjol

Rekomendasi warung soto daging selanjutnya juga menyajikan menu soto khas Madura. Menariknya, di warung ini soto daging disajikan secara terpisah dengan nasinya. Tak berhenti sampai di situ, cita rasa khas dari soto daging di sini kian diperkuat dengan cara penyajian nasi yang dibungkus daun pisang serta cara memasak soto yang masih menggunakan kayu api.

Teknik memasak yang khas tersebut membuat soto daging di rumah makan ini memiliki cita rasa khas sekaligus kuahnya juga kental dan lezat. Bagi Sedulur yang tertarik, langsung saja meluncur ke Jalan Imam Bonjol Nomor 6. Rumah makan ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB.

  • Alamat: Jalan Imam Bonjol Nomor 6
  • Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB

4. Soto Madura Tapak Siring

Hidangan soto daging dengan sentuhan tradisional sekaligus otentik juga bisa Sedulur temukan di rumah makan Soto Madura Tapak Siring. Rumah makan ini masih mempertahankan cara tradisional dalam memasaknya, yaitu dengan menggunakan kayu bakar.

Di samping itu, hidangan soto di sini juga memiliki ciri khas berupa kehadiran mie bihun sebagai pelengkapnya. Rumah makan Soto Madura Tapak Siring berada di Jalan Residen Sudirman Nomor 55 B. Rumah makan ini buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 sampai dengan 20.00 WIB.

  • Alamat: Jalan Residen Sudirman Nomor 55 B
  • Jam buka: Buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 sampai dengan 20.00 WIB

5. Soto Tropicana

Rumah makan soto daging selanjutnya yang juga telah lama menjadi andalan bagi wisatawan maupun warga lokal adalah Soto Madura Tropicana atau Soto Tropicana. Hidangan soto daging di sini identik dengan rasa rempah yang kuah yang memberikan cita rasa khas tersendiri.

Selain itu untuk isiannya terdapat irisan daging sapi dan jeroan yang memberikan sensasi gurih nan menggoda. Sedulur juga bisa memiliki varian soto lainnya, seperti soto daging telur, buntut, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Jalan Ngagel Jaya No.64, Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari jam 06.00 sampai 13.00 WIB

6. Soto Kudus Kedai Taman

Bosan dengan soto daging sapi? Sedulur bisa menjajal soto khas Kudus yang menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Cita rasa khas daging kerbau yang mungkin asing bagi sebagian orang akan memberikan sensasi sekaligus menjadi pengalaman baru bagi Sedulur.

Adapun umumnya satu porsi soto daging kerbau khas Kudus ini berisi irisan daging kerbau, bawang merah dan bawang putih goreng, serta tauge, seledri, dan kecap sebagai pelengkapnya.

Nah, hidangan soto Kudus ini bisa Sedulur temukan di Soto Kudus Kedai Taman. Rumah makan ini juga bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin menikmati hidangan khas lainnya, seperti iga penyet, ayam penyet, serta tahu gimbal. Soto Kudus Kedai Taman bisa Sedulur temukan di Jalan Taman Gayungsari Timur, Surabaya.

  • Alamat: Jalan Raya Taman Jl. Gayungsari Tim. No.7, Menanggal, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka dari jam 07.00 sampai 21.00 WIB

Itu dia enam rekomendasi soto daging di Surabaya yang wajib masuk daftar kunjungan Sedulur. Selain soto dengan irisan daging sapi, Sedulur juga bisa mencoba pengalaman baru dengan mencicipi soto daging kerbau khas Kudus.

Oia, ketika berwisata kuliner, Sedulur juga jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!