6 Rekomendasi Tempat Makan Soto Ayam di Sidoarjo

Soto ayam merupakan salah satu hidangan khas Nusantara yang digemari banyak orang. Hidangan ini cocok disantap kapan saja, baik untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam.

Meski dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah, soto ayam tetap menarik untuk dijadikan pilihan menu wisata kuliner saat berkunjung ke suatu daerah. Seperti misalnya Sidoarjo, Jawa Timur. Sedulur bisa menemukan banyak rumah makan atau warung soto ayam Sidoarjo dengan ciri khasnya masing-masing.

Apakah Sedulur tertarik mencoba hidangan soto ayam di Sidoarjo? Berikut ini sudah dirangkum beberapa rekomendasi warung soto ayam di Sidoarjo.

BACA JUGA: 8 Warung Tahu Campur Terenak dan Terfavorit di Malang

Rekomendasi Warung Soto Ayam di Sidoarjo

soto ayam sidoarjo
Unsplash/Aldrin Rachman

Bicara soal kuliner khas Sidoarjo, soto ayam mungkin jarang masuk daftar rekomendasi yang wajib dicoba. Sidoarjo sendiri lebih terkenal dengan lontong kupang, petis udang, dan kue lumpur bakar sebagai kuliner khasnya.

Kendati demikian, soto ayam juga bisa jadi pilihan menu santapan saat berlibur ke Sidoarjo. Apalagi di daerah yang memiliki julukan Kota Petis ini terdapat banyak warung soto ayam yang patut untuk dicoba.

Nah, sebagai referensi, berikut ada 6 rekomendasi warung soto ayam yang bisa Sedulur kunjungi.

1. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli

Rekomendasi pertama ada Soto Ayam Ambengan Pak Sadi Asli yang merupakan salah satu warung soto legendaris di Sidoarjo. Pasalnya tempat ini sudah buka sejak 1971 dan tetap ramai didatangi pengunjung hingga kini. Tak heran, tempat ini pun dianggap sebagai ikon kuliner soto ayam di Sidoarjo.

Tak sekadar menyajikan soto ayam yang gurih dan lezat, Soto Ayam Ambengan Pak Sadi juga menawarkan aneka pilihan topping termasuk telur dan koya yang dijamin akan menambah kelezatan soto saat disantap. Selain itu, tersedia juga variasi menu soto, di antaranya soto ayam brutu, soto ayam daging rangkong, hingga soto ayam jeroan. Sedulur pun bisa memilih menu sesuai selera.

  • Alamat: Jalan Pahlawan Nomor 5, Kwadengan Barat, Lemah Putro, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp28 ribu

2. Soto Ayam Bu Madun

Sedulur yang ingin mencicipi soto ayam dengan cita rasa yang otentik bisa berkunjung ke Soto Ayam Bu Madun. Soto ayam di sini terkenal memiliki rasa gurih yang berpadu dengan aneka rempah sehingga memiliki rasa yang khas.

Kelezatan kuah soto tersebut makin menggoyang lidah saat berpadu dengan daging ayam yang empuk serta kondimen lain, seperti mi yang memiliki tekstur kenyal.

Tak hanya menawarkan rasa makanan yang lezat, tempat ini juga bisa jadi pilihan bagi Sedulur yang ingin mencicipi soto dengan harga terjangkau. Pasalnya harga seporsi soto di sini dijual dengan harga mulai dari Rp12 ribu saja.

  • Alamat: Jalan Wisma Sarinadi Nomor 17A, Gajar Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp12 ribu

3. Soto Ayam Abah Atim

Berikutnya ada Soto Ayam Abah Atim yang bisa jadi pilihan bagi Sedulur yang ingin sarapan, makan siang, ataupun makan malam dengan menu soto ayam. Pasalnya, warung soto ini buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Soto Ayam Abah Atim sendiri terkenal dengan porsi sotonya yang cukup besar sehingga dijamin akan membuat Sedulur puas dan kenyang. Apalagi di sana Sedulur juga bisa meminta koya sepuasnya sebagai pelengkap.

  • Alamat: Jalan Raden Wijaya, Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp15 ribu

4. Soto Ayam Depot Rizky

Pilihan tempat makan soto berikutnya adalah Soto Ayam Depot Rizky. Tempat ini menyajikan hidangan soto dengan kuah kuning gurih dengan aroma rempah-rempah yang menambah kelezatannya.

Tak hanya itu, Sedulur juga bisa menyantap hidangan soto dengan berbagai lauk sebagai pelengkapnya di tempat ini. Mulai dari sate telur puyuh, perkedel, hingga tempe goreng bisa Sedulur pilih sepuasnya. Sedulur juga bisa menambahkan daun seledri dan bawang goreng sesuai selera.

  • Alamat: Jalan Semambung Nomor 451-583, Semalang, Sedati Agung, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: setiap hari mulai pukul 06.30 WIB sampai dengan 21.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp20 ribu

5. Soto Ayam Dji Djaya

Rekomendasi tempat makan soto ayam di Sidoarjo berikutnya adalah Soto Ayam Dji Djaya. Tempat ini cukup populer di kalangan penggemar hidangan soto maupun wisata kuliner di Sidoarjo. Tak heran warung tersebut pun sudah memiliki cabang di berbagai wilayah di Sidoarjo.

Warung Soto Ayam Dji Djaya sendiri terkenal dengan hidangan soto ayam bercita rasa otentik dan kuahnya yang segar. Sedulur juga bisa menambahkan isian termasuk uritan sebagai pelengkapnya.

  • Alamat: Jalan Dr Sutomo Nomor 22, Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: setiap hari mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 21.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp15 ribu

6. Soto Ayam Putra Ajib

Rekomendasi yang terakhir adalah Soto Ayam Putra Ajib. Warung soto ini memiliki ciri khas berupa potongan kepala dan ceker ayam yang menjadi topping andalan di sana. Tak hanya itu, seporsi soto ayam di sini juga melimpah dan memiliki kuah yang gurih sehingga dijamin akan membuat ketagihan.

  • Alamat: Jalan Majapahit, Sidowayah, Celep, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo
  • Jam buka: 07.30 WIB sampai dengan 19.30 WIB

Itu dia enam rekomendasi tempat makan soto ayam yang bisa Sedulur kunjungi saat berlibur ke Sidoarjo.

Saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!