Tempat Makan

Lezatnya Sate Kampret Kuliner Legendaris dari Jombang

Sate merupakan kuliner khas Nusantara berupa irisan daging kecil-kecil yang ditusuk dan dipanggang, serta disajikan bersama bumbu. Ada banyak jenis sate yang bisa Sedulur temukan di berbagai daerah. Satu di antaranya adalah sate kampret khas Jombang.

Meski namanya terdengar unik, sate kampret ternyata menjadi salah satu kuliner khas yang banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke sana. Lantas, apa itu sate kampret serta bagaimana cita rasanya? Daripada penasaran, yuk, langsung simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Sate Ponorogo Beserta Asal-Usulnya

Mengenal Kuliner Sate Kampret Khas Jombang

Sate kampret khas Jombang
Freepik/Jcomp

Salah satu makanan yang menjadi andalan daerah berjuluk Kota Santri, yakni Jombang, Jawa Timur adalah sate kampret. Sate kampret adalah hidangan sate yang terbuat dari irisan daging sapi.

Uniknya, sate kampret dibuat dengan bumbu yang memiliki cita rasa mirip dengan bumbu untuk ayam bakar. Hal ini sekaligus membuatnya berbeda dibandingkan dengan hidangan sate pada umumnya yang biasa menggunakan bumbu kacang.

Campuran berbagai bahan pada bumbu sate kampret juga membuatnya memiliki cita rasa khas, yakni manis, pedas, dan gurih. Perpaduan tekstur daging yang empuk dengan bumbu tersebut pun menciptakan sensasi lezat dan pastinya menggugah selera. Tak heran sate kampret begitu digemari banyak orang hingga menjadi hidangan khas Jombang.

Sejarah Sate Kampret

Sedulur mungkin mengira sate kampret adalah nama hidangan selayaknya sate sapi atau sate ayam. Akan tetapi, sate kampret sebenarnya merupakan nama hidangan sate sapi dari sebuah warung legendaris bernama Warung Jula Juli Sate Kampret yang berada di Jombang, Jawa Timur.

Warung sate kampret ini diketahui sudah berdiri sejak 1995 silam atau hampir 30 tahun yang lalu. Warung tersebut didirikan oleh Jumain Kampret dan kini dikelola oleh putrinya sebagai generasi kedua, yaitu Sri Wahyuni. Adapun nama sate kampret disebut memiliki kisah tersendiri.

Diceritakan bahwa menu sate kampret merupakan hidangan berupa sate sapi yang dibuat sendiri oleh mendiang Jumain Kampret. Sate daging sapi tersebut menjadi menu andalan yang banyak digemari karena memiliki cita rasa pedas yang khas.

Menu sate sapi itu pun menjadi terkenal sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi warung tersebut. Orang-orang pun kemudian biasa menyebut hidangan tersebut dengan nama sate kampret untuk menunjuk hidangan sate sapi dengan bumbu khas buatan Jumain Kampret.

Lokasi Warung dan Harga Sate Kampret

Sedulur yang penasaran dengan sate kampret bisa langsung datang ke Jombang, Jawa Timur. Tepatnya Sedulur bisa langsung mengunjungi Warung Jula Juli Sate Kampret yang berlokasi di dalam Pasar Legi, Jalan Seroja, Jombang. Warung tersebut buka setiap malam mulai pukul 20.00 WIB sampai dengan 01.00 WIB.

Adapun harga menu sate kampret alias sate sapi di sana terbilang cukup terjangkau. Sedulur bisa membelinya dalam porsian dengan rincian harga sebagai berikut.

  • Satu porsi isi 3 tusuk = Rp21 ribu
  • Satu porsi isi 5 tusuk = Rp27 ribu
  • Satu porsi isi 10 tusuk = Rp45 ribu
  • Satu porsi isi 10 tusuk tanpa lemak = Rp50 ribu

Selain sate sapi, Sedulur juga bisa menikmati berbagai hidangan lainnya, di antaranya adalah nasi pecel, lodel, hingga urap-urap. Selain itu, warung ini juga menjual menu rawon dan kare ayam.

Itu dia rangkuman informasi seputar sate kampret, hidangan khas Jombang yang unik dan menggugah selera. Bagaimana? Apakah Sedulur tertarik untuk mencobanya?

Oia, sebelum Sedulur mencicipi kelezatan sate kampret khas Jombang di atas. Jangan lupa untuk selalu membawa air mineral di setiap momen berburu kuliner ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.