rumah makan pasuruan

Ada banyak rumah makan Pasuruan yang siap Sedulur jadikan tempat untuk melepas lelah sekaligus mengisi perut yang keroncongan. Dengan daftar yang akan dibagikan kali ini, Sedulur tidak perlu bingung jika mencari tempat makan di kota tersebut.

Ya, ketika melakukan perjalanan bersama rombongan baik itu keluarga, rekan, maupun teman-teman, tentu saja mencari tempat makan untuk beristirahat dan mengisi perut adalah hal yang wajib. Nah, jika sedang lewat atau berkunjung ke Pasuruan, tampaknya Sedulur sangat beruntung.

Bukan karena tanpa sebab, di kota ini ada banyak pilihan tempat makan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Langsung saja, berikut ini beberapa rumah makan Pasuruan yang direkomendasikan!

BACA JUGA: 13 Tempat Makan di Bojonegoro yang Enak, Wajib Dikunjungi!

1. Sri Istana Ayam Goreng

Unsplash/Streets of Food

Sri Istana Ayam Goreng di Pasuruan merupakan rumah makan Pasuruan, yang juga telah menjadi ikon kuliner lokal. Hal ini berkat hidangan ayam gorengnya yang lezat dan autentik. Restoran ini selalu ramai dikunjungi oleh warga setempat maupun wisatawan yang ingin menikmati sajian ayam goreng spesial.

Suasana restoran yang nyaman dengan pelayanan yang ramah, turut menjadi daya tarik utama Sri Istana Ayam Goreng. Dengan interior yang sederhana namun bersih dan tertata rapi, pengunjung bisa merasa seperti di rumah sendiri saat menikmati hidangan.

Selain ayam goreng, Sedulur juga bisa menikmati beberapa menu lain seperti ayam panggang, kare ayam, bahkan nasi goreng.

  • Lokasi: Jalan DR. Soetomo Nomor 3-4, Desa Sumber Gedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 – Rp130.000

2. Makoya Dapur Bakar

Makoya Dapur Bakar mampu menarik perhatian para pecinta kuliner dengan konsep masakan bakarnya yang khas. Rumah makan Pasuruan ini menawarkan suasana makan yang nyaman dengan desain interior yang hangat dan ramah.

Tempat ini sangat populer di kalangan warga lokal dan juga wisatawan yang berkunjung ke Pasuruan, menjadikannya salah satu destinasi kuliner yang wajib dicoba di kota ini. Keistimewaan Makoya Dapur Bakar terletak pada beragam menu bakar yang mereka tawarkan.

Mulai dari ayam bakar, ikan bakar, bebek penyet, dan lain sebagainya. Pokoknya, setiap hidangan dipersiapkan dengan bumbu spesial yang meresap dengan sempurna.

  • Lokasi: Jalan Duren Sewu Nomor 8-9, Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: 10.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 – Rp80.000

3. Jack’s Terrace Restaurant

Berikutnya ada Jack’s Terrace Restaurant, destinasi kuliner yang menawarkan pengalaman makan yang elegan dan menawan. Bisa dibilang restoran ini mampu menghadirkan suasana yang tenang dan romantis, cocok untuk makan malam bersama pasangan atau acara khusus dengan keluarga dan teman.

Rumah makan Pasuruan ini sebenarnya ada di lantai paling bawah dari Taman Dayu Golf Club and Resort. Suasana yang sejuk dan nyaman, tentu saja sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin menikmati hidangan sembari rehat sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan.

Menu yang bisa ditemukan seperti ayam kalasan, chicken teriyaki, burger,  pizza, gyuniku teriyaki, dan lain sebagainya. Sementara minumannya, ada es teh leci, kiwi, mint, aneka jus, kopi, dan lain sebagainya. 

  • Lokasi: Jalan Raya Surabaya-Malang Kilometer 48, Desa Bulukandang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp14.000 – Rp157.000

4. D’Gunungan

Tempat nongkrong yang Instagramable ini, benar-benar sempurna bagi para pecinta kuliner yang mencari suasana unik dan pemandangan alam yang menakjubkan. Terletak di dataran tinggi, tempat makan ini menawarkan pengalaman makan sekaligus bersantai yang tak tertandingi.

Desain arsitektur yang menggabungkan elemen modern dan alami menciptakan suasana yang hangat dan mengundang. Hal ini juga menjadikannya sebagai tempat yang populer untuk berkumpul bersama teman, keluarga, atau bahkan untuk merenung sendirian.

Terdapat berbagai macam menu makanan yang tersedia, seperti aneka pasta, steak, ayam, nasi goreng, sampai ikan. Sedulur juga dapat menikmati teh, kopi, mocktail, aneka jus, ataupun soda. 

  • Lokasi: Komplek De Taman Dayu, Kelurahan Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur
  • Jam buka: 11.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp20.000 – Rp165.000

5. Gubug Mang Engking

Gubug Mang Engking di Pasuruan menjadi salah satu rumah makan Pasuruan yang paling menarik. Restoran ini mengusung konsep gubuk atau pondok tradisional yang tersebar di sekitar kolam ikan. Hal ini tentu saja menciptakan pengalaman bersantap yang unik dan menenangkan.

Suasana di Gubug Mang Engking sangatlah menyenangkan dan mendukung pengalaman makan yang nyaman. Sambil menikmati hidangan, Sedulur bisa mendengar gemericik air dan melihat ikan-ikan berenang di kolam, menciptakan suasana yang sejuk dan asri.

Beragam seafood di sini memang terkenal enak. Di antaranya adalah aneka masakan kepiting, gurami, cumi, kerang, udang, dan lain sebagainya.

  • Lokasi: Jalan Raya Ledug, Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: 10.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp9.000 – Rp150.000

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Tempat Makan di Sarangan yang Harus Dicoba

6. Ayam Goreng Pak Sholeh

rumah makan pasuruan
Unsplash/Muhammad Fawdy

 

Terkenal dengan hidangan ayam gorengnya yang sangat lezat, Ayam Goreng Pak Sholeh menawarkan pengalaman kuliner yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Dengan bumbu rahasia yang telah diwariskan turun-temurun, hidangan di sini berhasil menarik perhatian banyak pelanggan.

Mungkin lokasi dari rumah makan Pasuruan ini terbilang agak pelosok. Kendati demikian, hal itu tidak membuat para pengunjung dari dalam dan luar daerah terus berdatangan. Di sini, Sedulur bisa menikmati hidangan di atas gazebo yang nyaman.

Selain ayam goreng, beberapa menu yang tersedia seperti olahan gurami, udang, bandeng, hingga tempe. Akan terasa semakin lengkap jika Sedulur memesan es sinom, beras kencur, atau soda gembira.

  • Lokasi: Jalan Ahmad Yani, Desa Tunggul Wulung, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp10.000 – Rp75.000

7. Wakul Tadago

Wakul Tadago merupakan kafe dan restoran yang menyajikan hidangan khas nusantara dengan sentuhan modern. Dengan interior yang didesain dengan elegan namun tetap mempertahankan nuansa tradisional, Wakul Tadago berhasil menciptakan lingkungan yang cocok untuk berbagai kesempatan.

Salah satu daya tarik utama Wakul Tadago adalah menu makanannya yang kaya dan beragam. Hidangan-hidangan yang disajikan di sini mencerminkan kekayaan kuliner Indonesia, mulai dari mie geprek, ayam geprek, kremes, ikan patin, hingga tumis kangkung.

Jika Sedulur berkunjung ke rumah makan Pasuruan ini, jangan lupa untuk memesan aneka minuman seperti kopi londo, tubruk, atau beragam minuman yang lainnya. 

  • Lokasi: Kompleks De Taman Dayu, Kelurahan Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: 10.00 WIB – 19.00 WIB
  • Harga: Rp4.000 – Rp235.000

8. Omah Djamur

Omah Djamur di Pasuruan adalah rumah makan Pasuruan yang menawarkan konsep unik, dimana mereka lebih berfokus pada berbagai olahan jamur. Dengan tempat yang cukup luas, Omah Djamur menghadirkan suasana makan yang nyaman bagi pengunjung yang datang secara rombongan.

Tempat ini juga sering menjadi favorit di kalangan warga lokal dan wisatawan yang mencari pengalaman kuliner yang berbeda. Dengan desain interior yang menampilkan nuansa alami dan hangat, restoran ini menciptakan lingkungan yang menyenangkan untuk bersantap bersama orang-orang terkasih.

Kemudian untuk hidangan yang ada di sini, yakni mulai dari nasi goreng jamur, kebab jamur, sate jamur, jamur krispi, dan berbagai macam olahan jamur yang lainnya.

  • Lokasi: Jalan Panglima Sudirman, Gang 10 Nomor 3, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: 10.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp3.000 – Rp15.000

9. Nom2man

Rumah Makan Nom2man mampu menarik banyak pengunjung yang ingin menikmati hidangan tradisional dengan cita rasa yang otentik. Dengan suasana yang santai dan ramah, Nom2man menjadi tempat yang cocok untuk bersantap bersama keluarga, teman, maupun orang tersayang.

Suasana di Rumah Makan Nom2man sangat mendukung pengalaman makan yang menyenangkan. Dengan dekorasi yang sederhana dan area yang terbilang cukup luas, pengunjung dapat merasakan kehangatan dan kenyamanan saat bersantap.

Di sini, Sedulur bisa memesan kopi hitam, kopi susu, susu, teh, dan aneka milkshake. Kemudian untuk makannya, ada jasuke, kebab, kentang goreng, sosis, dan aneka dimsum/

  • Lokasi: Dusun Melaten Kidul, Desa Plintahan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur 
  • Jam buka: 12.00 WIB – 24.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 – Rp20.000

BACA JUGA: 12 Wisata Kuliner Bondowoso Terenak yang Wajib Dikunjungi!

10. Kepiting Cak Gundul

menu masak sehari hari
Pexels/Roman Odintsov

Sesuai dengan namanya, Kepiting Cak Gundul terkenal dengan sajian kepiting segar dan lezat. Terletak Dengan suasana yang santai dan ramah, rumah makan Pasuruan ini menyajikan pengalaman makan yang menyenangkan bagi para pengunjungnya.

Hanya saja, Sedulur harus siap mengantre jika datang ke tempat makan ini. Pasalnya, Kepiting Cak Gundul selalu ramai para pengunjung, terutama saat akhir pekan dan libur panjang. Namun jika sudah dapat tempat, dijamin rasa lelah mengantri akan langsung terbayar lunas.

Sedulur bisa menikmati aneka olahan kepiting, seperti kepiting mentega hitam, bumbu asam manis, rebus, kare, dan juga lemon. Menariknya, di sini Sedulur juga dapat memilih jenis kepiting yang akan disantap.

  • Lokasi: Jalan Pandaan Kilometer 48, Desa Petung Asri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: 11.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga: Rp6.000 – Rp200.000

11. Kebon Pring

Rekomendasi rumah makan Pasuruan yang terakhir adalah Kebon Pring. Kebon Pring sendiri merupakan destinasi kuliner dengan konsep makan lesehan yang khas, memadukan antara hidangan yang nikmat dengan nuansa alam yang menenangkan.

Terletak di area yang hijau dan sejuk, rumah makan ini menawarkan pengalaman bersantap yang unik dan berbeda dari yang lain. Dikelilingi oleh pepohonan dan tanaman hijau, restoran ini memberikan kesan alami dan menyegarkan bagi para pengunjungnya.

Menu yang ditawarkan pun juga sangat beragam, mulai dari makanan tradisional Jawa sampai Chinese food dengan citarasa yang sangat nikmat.

  • Lokasi: Jalan Jend. A. Yani No.235, Karangketug, Kec. Gadingrejo, Kota Pasuruan
  • Jam buka: 08.00 WIB -22.00 WIB
  • Harga: Rp25.000 – Rp50.000

Nah, itulah beberapa rumah makan Pasuruan yang bisa direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Setiap rumah makan yang ada di atas, tentu saja memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Yang pasti, mampu memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan bagi Sedulur!

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!