rumah makan magetan

Wisata kuliner masih menjadi aktivitas yang banyak digemari terutama saat berkunjung ke suatu daerah. Tak hanya memburu makanan tradisional khas daerah, banyak pula yang mencari rekomendasi rumah makan di daerah yang dikunjungi. Seperti misalnya rekomendasi rumah makan di Magetan, Jawa Timur.

Magetan sendiri rupanya menyimpan kekayaan kuliner yang menarik untuk dikulik. Bagaimana tidak, ada banyak rumah makan yang menjadi favorit warga lokal maupun wisatawan. Lantas, mana saja rumah makan terbaik yang juga menyajikan menu dengan harga terjangkau di Magetan? Berikut rangkuman informasinya.

BACA JUGA: 9 Restoran di Jember Terbaik dan Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Rumah Makan di Magetan

Magetan adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi di sebelah utara, Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah di sebelah barat. Magetan sendiri sangat dikenal dengan kerajinan kulit, anyaman bambu, rengginang, serta produksi jeruk pamelo atau jeruk bali.

Di sisi yang lain, Magetan rupanya juga kerap menjadi jujugan bagi penggemar wisata kuliner. Pasalnya ada banyak destinasi kuliner yang menarik di daerah tersebut. Nah, spesial bagi Sedulur yang berencana maupun sedang berlibur ke Magetan, berikut sudah dirangkum 10 rekomendasi rumah makan terbaik sekaligus memiliki harga terjangkau di Magetan.

1. Ayam Panggang Bu Setu Gandu Magetan

nasi madura surabaya rumah makan magetan
Unsplash/Hazim Abd Halim

Rekomendasi yang pertama ada Ayam Panggang Bu Setu Gandu Magetan. Sesuai namanya, rumah makan ini memiliki menu andalan berupa ayam panggang yang gurih dan pastinya menggugah selera. Rumah makan ini pun terbilang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1990-an dan menjadi langganan wisatawan maupun warga lokal. Tak heran, tempatnya nyaris tak pernah sepi oleh pengunjung.

  • Alamat: Jalan Karya Usaha, Gandu, Krajan, Karangrejo, Magetan
  • Jam Buka: 07.00 sampai 21.30 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 25 ribu

2. Griyo Wingking Magetan

Griyo Wingking Magetan bisa menjadi pilihan Sedulur yang ingin kulineran dengan harga terjangkau. Pasalnya, aneka lauk di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5 ribu sampai Rp 25 ribuan saja. Adapun hidangan yang disajikan adalah menu tradisional khas Magetan.

  • Alamat: Jalan Raya Bendo, Nitikan, Plaosan, Magetan
  • Jam Buka: 07.00 sampai dengan 21.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 5 ribu

3. Warung Nasi Pecel Bu Parti

Berikutnya ada Warung Nasi Pecel Bu Parti yang menyediakan hidangan nasi pecel khas Magetan dengan beraneka pilihan lauk pendamping. Rumah makan ini telah lama dikenal sebagai salah satu spot sarapan favorit wisatawan saat berkunjung ke Magetan. Hal ini terbukti lewat eksistensinya yang masih bertahan hingga kini sejak berdiri pada 1950 silam.

  • Alamat: Jalan Thamrin Nomor 39, Magetan
  • Jam Buka: 05.00 sampai 15.30 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 10 ribuan per porsi

4. Depot Restu

Sedulur yang bingung menentukan menu makanan yang ingin disantap bisa datang ke Depot Restu. Sebab, rumah makan ini menyajikan beraneka ragam menu, mulai dari aneka sambal hingga bakso. Tempat ini juga bisa menjadi alternatif jika Sedulur dan keluarga memiliki selera yang berbeda.

  • Alamat: Jalan Sumatra Nomor 24, Dusun Onggoprayan, Kepolorejo, Magetan
  • Jam Buka: 06.00 sampai 16.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 12 ribuan

5. Restoran Harmadha Joglo

Restoran Harmadha Joglo menyediakan menu aneka hidangan khas Nusantara, seperti gurame asam manis, sop manten, urap, ayam bakar, hingga tahu petis yang bisa dijadikan camilan sembari bersantai bersama keluarga. Tak hanya menyediakan aneka menu yang lezat, tempat ini juga memiliki beragam fasilitas pendukung yang akan membuat Sedulur nyaman saat berkunjung di sini, di anatarnya lahan parkiran yang luas, ruang pertemuan, serta musala.

  • Alamat: Jalan Diponegoro Nomor 21, Nganten, Selosari, Magetan
  • Jam Buka: 09.00 sampai 21.00 WIB

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Rumah Makan di Pasuruan yang Enak

6. Sate Kelinci Telaga Sarangan

rumah makan magetan
Unsplash/Gema Saputera

Salah satu kuliner khas Magetan yang mungkin jarang Sedulur temukan di daerah lain adalah sate kelinci. Hidangan ini terutama banyak dijajakan di kawasan Telaga Sarangan, Magetan. Adapun biasanya sate kelinci dijajakan dalam bentuk porsian dengan harga sekitar Rp 18 ribu untuk 10 tusuk sate beserta lontong.

  • Alamat: Telaga Sarangan, Magetan
  • Harga: mulai dari Rp 18 ribuan per porsi

7. Sambelan Layah

Berikutnya ada rumah makan Sambelan Layah yang menyediakan beragam menu termasuk olahan ayam dan ikan lengkap dengan sambalnya yang menggugah selera. Oleh karenanya, rumah makan ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata kuliner khususnya bagi Sedulur yang merupakan penggemar kuliner pedas.

  • Alamat: Kebonagung, Magetan
  • Jam Buka: 13.00 sampai 20.00 WIB (hari Senin tutup)

8. Sate Jamur Tiram Bu Darmi

Selain sate kelinci, Magetan juga punya kuliner sate yang jadi andalan, yaitu sate jamur tiram. Khusus untuk sate jamur tiram di warung Bu Darmi, hidangan tersebut disajikan bersama bumbu kacang dengan cara yang gurih dan pedas yang khas. 

  • Alamat: Jalan Sarangan – Tawangmangu
  • Jam Buka: 09.00 sampai 17.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 10 ribu per porsi

9. Warung Kampoeng Bu Joko

Berikutnya ada Warung Kampoeng Bu Joko yang menyajikan hidangan rasa rumahan dengan sentuhan modern. Adapun menu andalan di rumah makan ini adalah gurame bakar yang disajikan dengan bumbu khas yang lezat dan gurih serta dilengkapi sambal terasi. Rumah makan ini juga memiliki ciri khas berupa desain bangunan yang unik yang berpadu dengan alunan musik yang memberikan kesan tersendiri.

  • Alamat: Jalan Ring Road Barat, Tanjungsari, Panekan, Magetan
  • Jam Buka: 09.00 sampai 21.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 35 ribu

10. Hargo Dumilah Magetan

rumah makan magetan
Unsplash/Ali Inay

Rekomendasi rumah makan di Magetan yang terakhir adalah Hargo Dumilah Magetan. Rumah makan yang terletak di sekitar Alun-Alun Magetan ini menawarkan menu andalan berupa gurame bakar dan ayam kampung. Selain itu, tempat ini juga bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin mengadakan pertemuan, rapat, perayaan ulang tahun, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Jalan Monginsidi Nomor 15, Candi Kidul, Candirejo, Magetan
  • Jam Buka: 08.00 sampai 22.00 WIB
  • Harga: mulai dari Rp 43 ribu

Itu dia rekomendasi sekaligus ulasan 10 rumah makan di Magetan yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata kuliner untuk Sedulur. Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat.

Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner. Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!