restoran di malang

Malang jadi salah satu kota wisata terbaik di Jawa Timur. Jadi tidak heran apabila Kota Apel ini selalu dikunjungi ratusan hingga ribuan orang tiap bulannya. Dengan besarnya potensi wisata, banyak pengusaha restoran di Malang berlomba-lomba memberikan pengalaman kuliner terbaik di kota tersebut.

Kota Malang memiliki banyak sekali makanan khas yang begitu menggiurkan untuk dicoba. Beberapa menu seperti bakwan malang, cwie mie, orem-orem, dan rawon menjadi menu andalan banyak restoran di Malang.

Sedulur juga bisa memilih restoran yang memiliki desain Instagramable dan konsep nan unik. Penasaran restoran apa saja yang bisa Sedulur kunjungi di Malang? Langsung simak restoran di Malang yang cocok untuk berakhir pekan.

BACA JUGA: 13 Kuliner di Jember yang Menggoyang Lidah

1. Djati Lounge

restoran di malang
Unsplash/Jason Leung

Sesuai namanya, Djati Lounge adalah restoran yang penuh dengan interior kayu. Meski begitu, restoran ini tetap menawarkan kenyamanan karena didesain modern. Terletak di Cluster Greenwood, Jalan Greenwood Golf Mansion No 49, Araya, Tirtomoyo, Pakis, Sedulur bisa datang pukul 10:00–23:00 setiap harinya.

Menariknya, ada dua area yang ditawarkan yakni outdoor dan indoor. Khusus di area luar, Sedulur akan ditawarkan suasana yang lebih nyaman karena menghadap langsung ke kolam renang.

Namun, area dalam ruangan pun tak kalah menarik karena kerap dijadikan spot foto para tamu. Jika tertarik, Sedulur bisa mencoba menu favorit Djati Lounge yaitu Chicken Affogato seharga Rp75 ribuan.

Restoran di Malang ini juga cocok untuk keluarga karena tempatnya luas, nyaman, dan estetik. Seperti restoran besar nan mewah pada umumnya, banyak area menarik untuk berfoto. Karena tempatnya menarik dan nyaman, banyak anak muda yang kerap ke sini dan menjadikannya sebagai salah satu tempat nongkrong di Malang instagramable. 

2. Javanine Resto 

Tempat makan di Malang dengan konsep outdoor dan indoor ini juga termasuk salah satu spot instagramable di Malang. Selain cocok dijadikan restoran untuk keluarga, Sedulur yang mau nongkrong bersama teman pun bisa melakukannya di sini.

Terletak di Jalan Pahlawan Trip A5, Oro-oro Dowo, Klojen, Javanine Resto buka pukul 10:00–23:00. Kalau Sedulur takut tak dapat tempat, bisa melakukan reservasi di (0341) 557989. Menu yang dihadirkan di sini cukup beragam, namun Sedulur disarankan untuk mencoba hidangan khas Indonesianya.

Salah satunya, Sedulur bisa mencoba Nasi Bebek Goreng 1/2 ekor yang dijual dengan harga Rp85 ribuan. Nasi bebek goreng ini bisa Sedulur makan untuk dua orang. Kalau ingin coba porsi satuan, Sedulur bisa menyantap Penyet Ikan Pari yang dijual dengan harga Rp38 ribuan. Untuk makan berdua di sini, Sedulur bisa membawa Rp150 ribuan saja.

3. D’flavors Cafe & Resto

Jika mencari restoran dengan konsep kekinian, maka D’flavors Cafe & Resto bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengusung konsep vintage, klasik, modern, tempat makan ini banyak disukai oleh kalangan muda di Malang.

Tak jarang, beberapa sudut restoran ini kerap dijadikan latar belakang foto untuk memenuhi laman sosial media. Penasaran? Sedulur bisa datang ke Plaza Araya Lantai Dasar, Jalan Panji Suroso, Purwodadi, Blimbing.

Untuk hidangannya sendiri, D’flavors Cafe & Resto menawarkan menu Asian dan Western. Salah satu menu favorit yang bisa Sedulur coba adalah Pancarlo Beef dan Beef Mushroom.

Setidaknya, Sedulur bisa menyiapkan bujet sekitar Rp200 ribuan untuk mencicipi berbagai hidangan yang ditawarkan tempat makan populer di Malang ini. Jadi, jangan sampai Sedulur melewatkan resto ini ya.

4. Melati Restaurant

Melati Restaurant juga masuk dalam rekomendasi yang wajib untuk Sedulur kunjungi. Karena restoran di Malang ini sangat terkenal khususnya di bagi para wisatawan dan juga masyarakat setempat.

Restoran yang terletak di Jalan Tugu Nomor 3 Malang ini, merupakan milik Hotel Tugu Malang, yang termasuk salah satu daftar hotel bintang 5 terkenal di Malang. Nuansa zaman dulu identik dengan Melati Restaurant.

Di sini, Sedulur bisa menemukan nuansa pecinan serba merah, Jawa tradisional, hingga replika arca pada masing-masing ruangannya. Penataan tersebut memang dibuat untuk menampilkan kesan klasik dan romantis layaknya era tempo dulu. 

Selain suasana yang cukup unik, hidangan yang ditawarkan pun tak kalah menarik. Restoran ini memiliki spesialisasi pada makanan tradisional, Cina peranakan, Perancis, dan Belanda. Mulai dari nasi goreng, ketan, hingga steak bisa Sedulur coba di restoran yang buka 24 jam ini.

Jika tertarik, Sedulur bisa menyiapkan uang sekitar Rp150 ribuan untuk menyantap beragam menunya.

5. Taman Indie Resto

Jika ingin mengunjungi restoran yang kental akan budaya Jawa, Sedulur bisa datang ke Taman Indie Resto. Nuansa Jawa yang diusung restoran ini juga didukung dengan suasana alam sekitarnya.

Mulai dari taman, hingga pemandangan sungai bisa dengan mudah Sedulur lihat di sini. Uniknya, staff yang ada di Taman Indie juga menggunakan baju khas Jawa sehingga menarik perhatian pengunjung. Karena suasananya yang cukup indah, tak jarang restoran ini dijadikan lokasi acara besar seperti ulang tahun ataupun pernikahan.

Khusus hidangannya, Taman Indie Resto menawarkan ragam menu tradisional nusantara. Beberapa menu andalannya adalah Udang Bakar Jimbaran, Sop Buntut, Sop Kikil, dan masih banyak lagi. Jadi restoran ini bisa jadi alternatif untuk Sedulur yang ingin menikmati kuliner khas Nusantara.

Bagi Sedulur yang ingin santap siang di tempat makan di Malang dengan view bagus, datang saja ke Taman Indie yang terletak di Jalan Lawang sewu Golf 2-18, Pandanwangi, Blimbing. Setiap harinya, tempat makan terkenal di Malang ini buka pukul 10.00–22.00. Untuk harga sangat terjangkau mulai dari Rp25 ribuan saja.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Kuliner di Kota Pasuruan, Lezatnya Bikin Nagih

6. Gardenia Resto

restoran di malang
Unsplash/Jay Wennington

Gardenia Resto ini tergolong tempat makan yang masih baru karena baru mulai beroperasi pada bulan Juli 2015 lalu. Salah satu menu andalan dari Gardenia Resto adalah sop buntut warisan nyonya yang resepnya turun temurun. Untuk masalah harga, tempat ini cukup ramah di kantong. 

Restoran satu ini mengusung suasana garden alias taman. Mulai dari peletakan berbagai tanaman, hingga keberadaan kolam membuat suasana restoran ini cukup nyaman untuk dikunjungi.

Sedulur juga bisa memilih dua area yang tersedia, yaitu indoor dan outdoor. Sedulur bisa menuju Jalan Bandung No 28, Penanggungan, Klojen, setiap hari pukul 10.00 sampai 22.00 untuk mengunjungi tempat makan di Malang ini.

Khusus hidangannya, Gardenia Resto menawarkan menu khas Asia. Salah satu menu andalannya adalah Sweet Sour Dory yang dijual seharga Rp32 ribuan. Ada pula berbagai racikan iga yang terkenal cukup lezat di sini. Siapkanlah uang sekitar Rp150 ribuan jika Sedulur berniat untuk mencoba hidangan di restoran ini, ya!

7. Enam Tiga Resto

Bagi yang menginginkan hidangan asli peranakan Tiongkok, Enam Tiga Resto bisa Sedulur jadikan pilihan. Varian hidangan yang ditawarkan restoran ini cukup banyak, mulai dari sapo tahu, nasi goreng, hingga aneka sup.

Selain hidangan yang beragam, suasana restoran pun didesain cukup nyaman. Umumnya, Enam Tiga Resto dijadikan tujuan untuk keluarga maupun rombongan. Jika tergiur untuk mencobanya, Sedulur bisa langsung menuju Jalan Borobudur N0 47 D-F, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru.

Restoran ini buka pukul 10.00 sampai 22.00 setiap Rabu–Senin. Jadi, hindari hari Selasa saat ingin berkunjung ke tempat makan ini ya!

8. Batavia Resto

Rekomendasi restoran terbaik di Malang selanjutnya yang bisa Sedulur kunjungi adalah Batavia Resto. Restoran yang satu ini berlokasi di Jalan Jakarta Nomor 51, Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Sedulur bisa menikmati sajian menu seafood segar dan chinese food yang lezat, mulai dari tom yum, kepiting asam manis, hingga udang bakar madu bisa Sedulur coba di sini dengan alunan musik yang indah. Untuk bisa menikmati hidangan di sini, silahkan bisa datang antara jam 10.00 dan jam 22.00 WIB setiap harinya.

Selain pilihan menunya yang sangat menggoda, suasana resto ini juga sangat identik dengan suasana Batavia atau Jakarta tempo dulu. Sedulur dapat melihatnya dari pemilihan furniture dan hiasan-hiasan mulai dari pemilihan kursi, meja, hingga perabot guci kuno bisa Sedulur lihat di sini.

Tak ketinggalan, lantunan musik keroncong maupun modern live music dari Batavia Resto tentu akan menambah nikmat suasana makan kamu.

9. New Hongkong Restaurant

New Hongkong Restaurant menjadi salah satu restoran di Malang yang tak boleh Sedulur lewatkan. Pasalnya, tempat makan spesialisasi chinese food ini terkenal legendaris karena telah berdiri cukup lama. Lokasinya berada di Jalan Arif Rahman Hakim, Kauman, Klojen, dan bisa Sedulur kunjungi setiap harinya pukul 10:00–21:30.

Pilihan hidangan yang ditawarkan cukup banyak, namun yang wajib Sedulur coba adalah Udang Windu Oven Keju seharga Rp67.500. Ada pula Sup Hipio Ikatan serta Ca Kailan yang dijual dengan harga rata-rata Rp30 ribuan sampai Rp75 ribuan.

Umumnya, restoran ini dikunjungi tamu yang makan bersama keluarga besar atau rombongan. Hal tersebut karena area dan penataan meja restoran ini cukup luas.

10. Harmony Cafe and Resto

Restoran Malang yang cukup mewah ini sajikan menu-menu lokal, terutama menu makanan khas Malang yang enak dan terkenal. Sebagian besar menunya adalah nasi, mie, bakso, aneka jus buah, dan shakes yang menyegarkan. Harga tiap menunya juga bervariasi, mulai dari Rp19 ribuan untuk kategori menu makanan, dan Rp6 ribuan untuk minuman. 

Tempatnya sangat nyaman dan luas karena terdiri dari dua lantai. Sedulur juga bisa bersantap di area indoor ataupun outdoor yang sama-sama luas, bersih, dan sejuk. Harmony Cafe and Resto ini buka setiap hari, dengan jam buka mulai dari jam 09.30 sampai dengan jam 21.00 WIB.

Untuk lokasinya, restoran Malang yang lagi hits ini berada di alamat Jalan Bromo Nomor 44, Oro Oro Dowo, Kota Malang. Jadi sangat mudah untuk Sedulur kunjungi saat sedang liburan ke Malang.

11. Rumah Makan Inggil

food court surabaya
Unsplash/Orva Studio

Masih bernuansa Jawa, namun pilihan restoran di Malang terbaik selanjutnya adalah Rumah Makan Inggil. Restoran ini penuh dengan ornamen ukiran kayu di bagian ruang interiornya. Saat masuk, Sedulur akan disambut pintu megah yang terbuat dari ukiran kayu asli Jepara dengan tulisan Inggil di atasnya. 

Furniture yang tertata juga berupa furniture kayu jati dengan detail ukiran yang mewah. Di bagian dinding, terlihat mural dengan gambar beberapa figur penting. Menariknya lagi, ada banyak spot foto instagenik yang bisa Sedulur datangi untuk menambah koleksi foto untuk akun media sosial kamu.

Bagaimana dengan menu? Menu di Rumah Makan Inggil ini tak lain adalah menu-menu lokal Jawa Timur-an, seperti rawon dan lain sebagainya. Jika penasaran, kunjungi saja alamatnya di Jl. Zainul Arifin Nomor 53, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.

12. RM Kertanegara

RM Kertanegara Malang terletak sangat dekat dengan stasiun kota Malang. Bagi wisatawan yang datang ke kota Malang dan turun dari stasiun akan langsung melihat bangunan megah rumah makan ini. Dinamakan RM Kertanegara karena letaknya yang ada di Jalan Kartanegara. Rumah makan ini memiliki dua ruangan, yaitu indoor dan outdoor. Pengunjung yang datang dilarang merokok di dalam ruangan sehingga kesegaran tetap terjaga. 

Rumah Makan ini menyediakan live music di malam hari dengan berbagai lagu yang bisa dipesan. RM Kertanegara sendiri menyajikan masakan jawa dengan harga mulai dari Rp20 ribuan. Rumah Makan Kertanegara ini mengusung konsep klasik dan elegan. 

Di rumah makan ini tersedia berbagai macam menu mulai dari makanan khas Indonesia, seafood, Chinese food, hingga western. Tak lupa untuk para coffee lover bisa datang kemari karena di dalamnya juga terdapat kedai kopi. Rumah Makan Kertanegara terletak di Jalan Kertanegara No 1, Klojen, Kota Malang, dan buka pada pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

BACA JUGA: 16 Makanan di Surabaya Timur yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tips Memilih Restoran Saat Liburan di Malang

Kuliner jember
Unsplash/Wan San

Di Malang banyak sekali restoran yang tersedia dengan berbagai ciri khasnya. Kalau Sedulur baru pertama liburan ke Malang, tentu tak ingin salah dalam memilih resto. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips dan hal-hal yang bisa jadi pertimbangan.

1. Coba restoran dengan makanan khas Malang

Di Malang, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa Sedulur coba. Mulai dari kuliner khas Malang dan Jawa Timur, Indonesia, bahkan sampai luar negeri, semua ada. Namun, ada baiknya untuk mencoba makanan khas Malang langsung di daerahnya untuk mendapatkan cita rasa otentik.

Beberapa contoh kuliner asli Malang meliputi bakso, pecel, nasi goreng mawut, cwie mie, dan sebagainya. Tidak ketinggalan, Sedulur juga dapat mencoba aneka kuliner Jawa Timur seperti rawon, rujak cingur, nasi bhuk, dan lain-lain. 

2. Pilih restoran yang aksesnya mudah

Salah satu tujuan mengunjungi restoran adalah untuk casual dining, baik saat siang maupun malam hari. Jika Sedulur berkunjung ke restoran untuk casual dining, pilihlah tempat yang aksesnya mudah untuk menghemat waktu.

Bagi Sedulur yang berniat membawa kendaraan pribadi, perhatikan juga ketersediaan lahan parkir. Tak hanya itu saja, Sedulur bisa pertimbangkan dari segi harga. Pastikan bahwa harganya cukup terjangkau supaya tidak menyiksa kantong.

3. Cari restoran yang hits dan instagramable

Beberapa orang mungkin akan memilih restoran sebagai tempat untuk hangout bersama dengan teman-teman. Memilih restoran yang sedang naik daun bisa menjadi pilihan tepat, terutama untuk anak-anak muda.

Selain itu, restoran yang baru buka juga bisa menjadi pilihan alternatif jika bosan dengan yang sudah berdiri sejak lama. Sedulur juga bisa pilih restoran yang Instagramable jika suka berfoto.

4. Pertimbangkan restoran yang luas dan ramah anak

Jika Sedulur pergi dengan keluarga yang anggotanya cukup banyak, pilihlah restoran yang luas. Restoran yang memiliki meja berkapasitas banyak atau private room bisa dipertimbangkan jika ingin menikmati waktu bersama keluarga. Jika membawa anak, pilihlah restoran yang menyediakan fasilitas tertentu, seperti high chair. 

5. Pilih restoran yang nyaman dan dilengkapi Wi-Fi

Jika Sedulur berkunjung ke Malang untuk business trip, Sedulur bisa memilih restoran yang menyediakan Wi-Fi serta ambience nyaman. Dengan begitu, Sedulur akan betah menghabiskan waktu lama dan fokus saat bekerja. Restoran yang buka 24 jam juga bisa dipertimbangkan supaya dapat puas bekerja sampai larut malam. 

6. Pertimbangkan restoran dengan view bagus

Jika ingin menghabiskan quality time bersama pasangan, pertimbangkan restoran yang memiliki view bagus atau suasana romantis. Sedulur bisa memilih restoran dengan rooftop atau memiliki pemandangan cantik. Supaya bisa benar-benar menikmati, coba berkunjung saat cuaca cerah dan pilih tempat dekat jendela atau outdoor.

Itulah tadi rekomendasi restoran di Malang yang bisa Sedulur coba. Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang tidak hanya dikenal dengan keanekaragaman bunganya yang warna-warni dan udaranya yang dingin karena dikelilingi oleh berbagai macam pegunungan.

Kota Malang juga kerap kali disebut sebagai kota kuliner karena banyaknya jenis makanan khas yang dapat menggugah selera makan para wisatawan. Untuk itu, daftar resto tadi bisa jadi pilihanmu!