restoran di Batu

Kota Batu di Jawa Timur memang menjadi salah satu destinasi terbaik untuk berwisata keluarga. Tak hanya memiliki banyak pilihan wisata mulai dari destinasi alam, wisata edukasi, hingga wisata kuliner yang lezat. Bahkan, beberapa restoran di Batu memiliki tata ruang yang memberikan pengalaman berkunjung jadi semakin mantap.

Restoran di Batu memang memiliki cukup banyak jenis menu dengan hidangan yang enak dan harganya sangt bersaing. Bahkan, beberapa restoran rela menyiapkan suasana yang apik dengan menciptakan pemandangan 360 derajat agar para pengunjung semakin betah berada di restoran di Batu.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk berwisata ke Batu dan singgah ke tempat-tempat yang unik. Beberapa rekomendasi restoran di Batu ini wajib masuk ke dalam daftar wisatamu!

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Kuliner di Kota Pasuruan, Lezatnya Bikin Nagih

1. Warung Mbok Sri

kuliner banyuwangi malam
Unsplash/Big Dodzy

Rekomendasi rumah makan keluarga pertama di Kota Batu yang pastinya sayang untuk dilewatkan adalah Warung Mbok Sri. Mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan warung di Jalan Raya Beji Nomor 105, Beji, Kecamatan Junrejo ini.

Tempat makan ini menawarkan banyak pilihan menu lezat yang dapat dicoba seperti sup asem-asem gurame, ayam bakar manis pedas, udang goreng tepung, urap urap mbok sri, sambal uleg, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya menawarkan berbagai menu lezat, Warung Mbok Sri juga memiliki lokasi yang luas serta suasana nyaman. Resto ini juga menawarkan paket makan keluarga untuk beramai-ramai mulai dari Rp300 ribuan saja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengajak keluarga mampir ke Warung Mbok Sri saat berkunjung ke Kota Batu.

2. Omah Koempoel

Makan malam romantis tidak harus selalu di restoran mewah, bisa juga dengan menggunakan restoran sederhana berkonsep tradisional Jawa. Sedulur dapat mencoba makan malam di Omah Koempoel yang ada di Jalan Sultan Hasan Halim Sisir, Kecamatan Batu. 

Mereka menyajikan menu tradisional Jawa dengan harga kurang lebih Rp5.000 hingga Rp25.000 saja. Pilihan menu yang tersedia juga sangat memanjakan, makan berat seperti aneka olahan mie, nasi, rawon, dan masih banyak lagi. Sedangkan menu camilan ada olahan tahu, tempe, getuk, dan banyak lagi pilihannya.

Pemandangan di sekitar restorannya pun tidak kalah mengagumkan dari tempat lainnya. Dari sini, tampak pegunungan dan sawah hijau yang lapang. Silahkan datang ke Omah Koempoel pada pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

3. The Clubhouse Restaurant & Lounge

Restoran ini terletak di Jambuluwuk Resort dengan alamat Jalan Trunojoyo Nomor 99, Songgokerto, Kecamatan Batu. The Clubhouse Restaurant & Lounge menawarkan pemandangan alam yang memukau, mulai dari Gunung Panderman hingga perkebunan teh yang luas. 

Restoran ini menyajikan berbagai menu dari lokal hingga internasional. Jadi, Sedulur tinggal pilih sesuai selera karena semua hidangannya sudah pasti memanjakan lidah kamu. Pengunjung juga dapat memesan paket makan malam romantis dengan harga yang lebih terjangkau. 

Harga makanan di The Clubhouse Restaurant & Lounge sekitar mulai dari Rp50 ribuan saja. Sedangkan untuk minuman sekitar Rp30 ribuan. Jadi, sangat terjangkau. Untuk jam operasional, restoran ini buka dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

BACA JUGA: 13 Kuliner di Jember yang Menggoyang Lidah

4. Pupuk Bawang Cafe & Dining

restoran di malang
Unsplash/Jay Wennington

Selanjutnya, Sedulur dapat mengunjungi Pupuk Bawang Cafe & Dining. Jam bukanya mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB. Restoran ini terletak di Jalan Panglima Sudirman Nomor 116 Pesanggrahan. Di sini Sedulur dapat melihat pemandangan alam yang cantik baik pada siang dan malam hari.

Di malam hari, Sedulur dapat melihat lampu-lampu kota Batu dari kejauhan yang tampak gemerlap. Untuk makanannya, restoran ini menyajikan beragam menu mulai dari cemilan, hidangan bergaya western dan Asia, hingga aneka cocktail segar. Harga makanannya mulai dari Rp15.000 hingga Rp100.000. 

5. Resto 360

Restoran ini termasuk dalam Royal Group yang memiliki berbagai anak bisnis lainnya, mulai dari Royal ATK, Royal Ole-Ole, dan Royal 360 Resto. Royal 360 Resto sendiri terletak di Jl. Ir. Soekarno No.129, Kota Batu.

Bagi Sedulur yang ingin datang ke Royal Resto 360, bisa langsung menuju ke arah Jatim Park 3. Restoran ini masih berada dalam satu kawasan dengan Resto Mang Engking Batu dan KUD Susu Batu yang berada di sebrang Jatim Park 3.

Restorannya sendiri berada di lantai 5. Kalau Sedulur gak mau masuk dari dalam Royal ATK, pengunjung bisa jalan sedikit ke samping, di sana ada lift khusus untuk menuju restorannya. Resto ini sengaja didesain dengan ruang semi terbuka sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Batu 360 derajat.

Menu yang disajikan di Royal 360 Resto juga beragam dengan harga yang relatif standar. Di antaranya ada wedang teh tawar yang dibanderol Rp6 ribu hingga Ice green tea freeze yang dijual Rp29 ribu.

Selain itu, ada pula menu gurame seharga Rp87 ribu dan nasi goreng seafood Rp45 ribu. Fasilitas yang diberikan oleh resto ini berupa area parkir yang luas, toilet, rest area dan pusat oleh-oleh.

6. Awang-Awang Sky Lounge

Awang-Awang Sky Lounge merupakan sebuah cafe dan resto yang terletak di atap bangunan dengan pemandangan kota yang menakjubkan yang dapat dinikmati dari segala arah. Alamatnya berada di Jalan Sultan Agung No.2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, searah dengan jalan utama menuju Puncak Gunung Telomoyo.

Wisatawan dapat menuju Puncak Gunung Telomoyo dari gerbang area parkir wisata Gunung Telomoyo di Dusun Dalangan, baik dengan sepeda motor maupun jeep wisata. Jam operasionalnya adalah dari pukul 11.00 hingga 23.00 WIB.

Tempat ini ideal untuk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman sambil menikmati panorama kota Batu 360 derajat dengan latar belakang Gunung Arjuno. Selain restoran, Awang-Awang Sky Lounge menyediakan berbagai fasilitas termasuk parkir kendaraan, hotel, spot foto, dan kolam renang.

Tidak hanya itu, tempat duduk yang disediakan juga berupa bean bag untuk kenyamanan pengunjung. Menu yang ditawarkan meliputi beragam hidangan seperti nasi goreng, pasta, masakan ayam, dan minuman.

Jadi, cukup komplit dan tinggal pilih mana yang sesuai seleramu. Harganya pun terjangkau, dimulai dari Rp32.000 untuk nasi ayam geprek dan Rp22 ribu untuk minuman Blue Sky Tea.

7. Chatten Cafe

restoran di Batu
Unsplash/Joonathan Borba

Chatten Cafe, sebuah destinasi wisata kuliner,yang  menawarkan pengalaman unik di Bumiaji, Batu, dengan suasana kafe yang menyajikan pemandangan 360 derajat. Terletak di perbukitan, cafe ini menawarkan panorama yang memukau dengan pemandangan Gunung Panderman dan Gunung Arjuna.

Bangunan utamanya memiliki tiga lantai yang menarik. Dengan lantai pertama berisi bar kopi dan beberapa area duduk, lantai kedua yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan, dan lantai ketiga sebagai spot foto dengan pemandangan Kota Batu 360 derajat.

Menu di Chatten Cafe beragam dengan harga main course berkisar antara Rp35 ribu hingga Rp90 ribu, dan minuman dengan harga mulai dari belasan ribu rupiah. Cafe ini buka dari jam 09.00 hingga 22.00, kecuali pada hari Minggu dimana buka mulai jam 04.00 hingga 22.00.

Selain itu, Chatten Cafe juga menyediakan fasilitas lain seperti Amphitheater, panggung musik live, area outbound, dan tempat berkemah. Rute menuju Chaten cafe, star hotel Purnama Sedulur bisa memiliki beberapa alternatif. Dari hotel Purnama, pengunjung mengikuti jalan sampai 800 m, lalu belok kiri (berseberangan dengan masjid berkubah biru putih di sebelah kanan jalan).

Setelah belok kiri, pengunjung mengikuti jalan hingga 1,3 km sampai menemukan pertigaan. Sampai di pertigaan, pengunjung belok ke kiri. Lalu belok ke kanan dengan memasuki gang bernama Dayakan, yang memiliki medan jalan bebatuan. Lalu lurus saja sampai nanti bertemu bangunan Chatten Cafe.

Itulah tadi beberapa restoran di Batu Malang yang bisa Sedulur coba dan menu yang sangat beragam. Tapi tentu saja, masih banyak lagi pilihan restoran lain yang bisa Sedulur sambangi.

Pasalnya, kota ini memiliki berbagai macam tempat makan dengan menu khasnya masing-masing. Mulai dari kuliner tradisional sampai western semua tersedia. Sedulur tinggal memilih mana kesukaan kamu. Selamat berwisata kuliner di Batu Malang ya!