Tempat Makan

10 Rekomendasi Kedai Rawon Enak di Malang yang Legendaris

Rawon enak di Malang pilihannya sangat banyak. Terbuat dari bahan utama daging sapi yang diolah dengan bumbu spesial, rawon menjadi sajian dengan cita rasa yang kaya dan lezat. Saat mencicipi rawon di Malang, Sedulur akan menemukan perpaduan sempurna antara kuah kental, empuknya daging sapi, wanginya rempah, serta perpaduan bumbu seperti kluwek, lengkuas, jahe, dan serai yang memberikan sentuhan unik pada kuah hitamnya.

Rawon sendiri adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Memiliki tampilan kuah berwarna hitam legam yang berasal dari buah kluwek, rawon diyakini sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Jadi tidak heran jika banyak warung rawon legendaris yang tersebar di penjuru Jawa Timur. Apalagi sup hitam ini memang sangat cocok dinikmati di udara sejuk seperti di Malang.

Tak sulit menemukan warung rawon enak di Malang. Setidaknya ada beberapa warung legendaris yang dikenal berbagai kalangan masyarakat. Lantas, di mana saja Sedulur bisa menemukan warung rawon legendaris di Malang? Berikut rekomendasinya!

BACA JUGA: Lezatnya Soto Dok Jombang yang Punya Asal-Usul Nama Unik

1. Rawon Brintik

lontong kupang sidoarjo
Unsplash/Steve Tsang

Malang memiliki tempat makan rawon tertua yang sudah ada sejak zaman kolonial. Restoran ini dikenal dengan nama Rawon Brintik. Kenapa disebut warung rawon tertua? Pasalnya, warung ini didirikan oleh Napsiah sejak tahun 1942, saat Indonesia masih dikuasai Jepang. 

Saat ini warungnya dijalankan oleh Ibu Hj. Maslichah (generasi ke-3) dan Arif Fadilah (generasi ke-4) di Rawon Brintik. Warung makan ini terletak di sebuah bangunan berusia puluhan tahun. Menu utamanya tentu saja rawon yang disajikan langsung dengan nasi. Tak hanya itu, Ibu Maslichah juga menjelaskan bahwa menu semur di sini pun tak kalah populernya.

Sebenarnya menurutnya dulu masyarakat lebih tahu soal menu semurnya. Rasa semur daging sapi yang sedikit manis dan autentik berhasil memanjakan lidah sahabat setia Rawon Brintik. Selain menu rawon dan semur, Rawon Brintik juga menyajikan ayam bumbu rujak, kari ayam kampung, dan pecel. Rasanya tidak kalah lezat dengan menu utama.

Rawon di sini disajikan dengan nasi putih dan taoge atau kecambah. Ada beberapa potong daging yang agak besar dan kuahnya yang sangat kental hingga membanjiri nasinya. Penyajiannya sederhana namun berhasil menggugah selera. Kuahnya yang berwarna hitam pekat berasal dari kluwak yang kualitasnya bagus.

Mencicipi kuahnya untuk pertama kali, perpaduan rasa segar yang gurih, legit, manis, dan sedikit asam langsung terasa di lidah. Bahkan daging sapinya pun empuk. Sehingga menambah kenikmatan memakannya. Porsinya memang tidak besar, namun cukup mengenyangkan.

  • Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 39, Sukoharjo, Malang, Jawa Timur
  • Harga: Mulai Rp27.500
  • Jam buka: 05.00-16.00 WIB

2. Rawon Tessy

Rawon Tessy juga rawon legendaris di Malang. Yang membedakan warung ini dengan warung lainnya adalah kuah rawonnya yang tidak terlalu kental. Sedulur dapat memilih sendiri lauk pauk tambahannya. Tak perlu jauh-jauh berputar di Malang karena Sedulur bisa langsung menemukan warung rawon enak ini di lokasi yang strategis dan dekat Stasiun Malang Kota Baru, namanya Rawon Tessy.

Rawon Tessy terletak di sebelah Stasiun Malang Kota Baru. Menu Rawon Tessy antara lain Nasi Rawon, Sop, Pecel, Nasi Bali Telur, Opor Ayam, dan Lodeh Pecel. Tempat makan ini juga buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga malam dan juga menyediakan minuman seperti teh hangat, jeruk panas, dan es jeruk.

Satu porsi Rawon Tessy harganya sangat terjangkau dan Sedulur bisa menambahkan aneka lauk. Jadi, akan menambah kenikmatan Sedulur menyantap rawon di sini.

  • Alamat: Jalan Trunojoyo, Klojen, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur
  • Harga: Mulai Rp20.000
  • Jam buka: 07.00-22.00 WIB

3. Rawon Rampal Malang

Rawon Rampal sudah ada sejak tahun 1957 dan selalu menjadi favorit warga Malang dan wisatawan luar kota Malang. Apalagi sajian kuliner ini sangat cocok untuk menu sarapan atau makan siang. Rawon Rampal selalu ramai pengunjung. Lokasinya juga dekat dengan Stasiun Kota Malang dan hanya beberapa meter saja dari Lapangan Rampal. 

Oleh karena itu kuliner ini dikenal dengan nama Rawon Rampal yang didirikan oleh pasangan suami istri Sangadi dan Sariah. Dan sekarang anak-anak dan keluarga mereka meneruskannya. Cita rasa yang ditawarkan Rawon Rampal juga tidak pernah berubah sejak awal berdirinya. 

Karena kuah mentahnya masih dibuat dengan cara tradisional yaitu dimasak dengan menggunakan batu bara sebagai bahan bakar, rasa yang dihasilkan lebih otentik, begitu pula dengan bumbu yang digunakan sebagai bahan campuran rawonnya.

Para tamu dapat memesan nasi dan kuah rawon dicampur atau terpisah. Rasa kuah rawon yang gurih dan aromatik sangat cocok dengan selera banyak orang. Selain itu tekstur dagingnya lembut dan empuk saat digigit. Pengunjung juga bisa mencoba lauk lainnya seperti empal, babat, paru dan otak. Selain rawon, tempat ini juga menawarkan menu lain yang tidak kalah enak yaitu soto. 

Di sini Sedulur juga bisa memesan nasi pecel, nasi campur, nasi daging, dan nasi campur empal, babat, paru atau otak. Salah satu tokoh ternama, para selebritis, mulai dari politisi elit hingga selebriti ibu kota, sering datang di sini. Dua mantan presiden yakni Megawati Soekarno Putri dan Soesilo Bambang Yudhoyono merupakan penggemar rawon yang disajikan di warung ini.

  • Alamat: Jalan Panglima Sudirman Nomor 71A, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang
  • Harga: Mulai Rp20.000
  • Jam buka: 07.00-14.00 WIB

4. Pecel dan Rawon Glintung Bu Yatirah

Selain itu, Sedulur juga bisa menikmati makanan rawon yang lezat di Pecel dan warung Rawon Glintung Bu Yatirah di Malang. Tempat makan populer bernama Rawon Glintung ini menawarkan berbagai menu seperti Nasi Rawon, Nasi Krengsengan, Nasi Campur, Rawon 1 Porsi, Pecel Sayur, dan Pecel Sambal.

Rawon Glintung juga menyediakan berbagai lauk pauk seperti Sate, Empal Goreng, Telur Cepklok, Ayam Goreng Telur, Telur Asin, Bakwan Jagung, Ampela Goreng, dan lainnya. Sedulur tinggal pilih mana yang sesuai selera. Pecel dan Rawon Glintung Bu Yatirah yang berlokasi di Kecamatan Blimbing yang menjual rawonnya dengan harga terjangkau. Sedulur bisa datang ke Rawon Glintung setiap hari.

  • Alamat: Jalan Letjend S. Parman Gang I Nomor 324, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang, Jawa Timur
  • Harga: Mulai Rp20.000
  • Jam buka: 06.00-14.00 WIB.

5. Rawon Pak Jenggot

Nama Warung Rawon Pak Jenggot juga terkenal di Malang. Warung ini telah beroperasi sejak tahun 1976. Rasa rempah kuat dari kuah rawon di sini masih tetap terjaga. Saat ini lokasi warungnya telah berpindah dari Jalan Kawi ke lokasi baru di Kecamatan Blimbing.

Berdiri sejak tahun 1970-an, Rawon Djenggot merupakan salah satu kedai rawon legendaris di Malang. Rawon Djenggot menawarkan beragam menu lezat untuk dicoba, seperti Nasi Rawon, Nasi Soto Daging, Nasi Campur Lodeh, Nasi Campur Bali, dan Soto Ayam.

Rawon Djenggot juga menawarkan lauk pauk tambahan seperti Telur Asin, Empal, Babat, Udang, dan Telur Ceplok sebagai menu tambahannya. Warung nasi rawon ini dijual dengan harga terjangkau dan buka setiap hari kecuali Kamis. Jadi, wajib untuk Sedulur coba!

  • Alamat: Jalan Sulfat No. 5, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.
  • Harga: Mulai Rp25.000
  • Jam buka: Senin- Sabtu 07.00–00.00 WIB (Kamis libur) & Minggu 10.00-00.000 WIB

BACA JUGA: Mencicipi Ayam Panggang Gandu, Kuliner Maknyus dari Magetan

6. Rawon Nguling

rawon enak di malang
Unsplash/Ruthy Yang

Warung Rawon Nguling juga tak kalah melegenda di Malang, karena buka sejak tahun 1982. Daya tarik utama rawon di sini adalah kuahnya yang gurih dan nikmat. Selain itu, Sedulur juga bisa memilih lauk pauknya sendiri seperti tempe, mendol, aneka sate, perkedel, babat, paru, dan lain-lain.

Bagi yang kurang suka rawon, masih ada menu lain yang mungkin sesuai dengan selera kamu. Pilihannya meliputi sop buntut dan berbagai hidangan lezat lainnya. Jika penasaran, Sedulur bisa mengunjungi warung rawon ini di daerah Kecamatan Kloje dan buka dari pagi. Cocok untuk menu sarapan kamu. 

  • Alamat: Jalan Zainul Arifin No. 62, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang
  • Harga: Mulai Rp10.000
  • Jam buka: 07.00-15.30 WIB

7. Pecel dan Rawon Merapi

Selanjutnya, Sedulur bisa mengunjungi rumah makan Pecel dan Rawon Merapi di Malang jika ingin menyantap makanan rawon yang lezat. Pecel dan Rawon Merapi menawarkan beragam menu seperti Nasi Rawon, Lontong Sayur, Nasi Pecel, Nasi Kare Ayam, Gado-gado dan Nasi Campur.

Harga menu pecel dan rawon per porsi juga sangat terjangkau. Warung ini buka dari pagi, jadi Sedulur bisa mampir untuk sarapan.

  • Alamat: Jalan Merapi, Oro Oro Dowo, Klojen, Malang, Jawa Timur
  • Harga: Mulai Rp13.000
  • Jam buka: 06.00-20.00 WIB.

8. Warung Lama Haji Ridwan

Meski Warung Lama Haji Ridwan bukan spesialis menu rawon, namun ia menawarkan menu rawon yang sama lezatnya dengan tempat makan lainnya. Jadi, bisa banget Sedulur coba. Beberapa menu yang ada di Warung Lama Haji Ridwan adalah nasi rawon, nasi kikil, nasi ayam goreng, gulai kambing, dan nasi pecel.

Tak hanya itu, ada juga nasi sambal ati, rujak cingur, tempe penyet, dan masih banyak yang lainnya. Kalau ke sini Sedulur akan memiliki banyak pilihan dan pilih mana yang sesuai selera. Lokasinya di Pasar Besar Malang dan Sedulur bisa sekaligus belanja.

  • Alamat: Pasar Besar Malang Lantai Dasar Unit B15 -16, Jalan Pasar Besar, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur
  • Harga: Mulai Rp10.000
  • Jam buka: 08.00–16.00 WIB

9. Warung Soto dan Rawon Kiroman

Warung rawon lainnya yang terletak di daerah Klojen, Malang. Namanya Warung Soto dan Rawon Kiroman, yang menawarkan aneka menu yang lezat dan pastinya rawon yang utama. Warung ini menawarkan pilihan menu seperti rawon, soto, kari ayam, ayam goreng, nasi sop, nasi gule, ayam bakar, dan nasi campur.

Tak hanya itu, Warung Soto dan Rawon Kiroman juga menjual aneka minuman segar seperti Es Beras Kencur, Es Dawet, Es Soda Gembira, Kopi Hitam, dan Jeruk. Rata-rata menu Warung Soto dan Rawon Kiroman dijual dengan harga sangat terjangkau. Warungnya buka dari pagi sampai sore, Sedulur bisa datang untuk sarapan maupun makan siang.

  • Alamat: Jalan Yulius Usman Nomor 52, Kasin, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timu
  • Harga: Mulai Rp20.000
  • Jam buka: 07.00-16.00 WIB.

10. Depot Asri Bu Saeroeun

rawon enak di malang
Unsplash/Febrian Zakaria

Depot Asri Bu Saeroeun sudah berusia lebih dari 70 tahun. Sekarang warung Bu Saeroeun dikelola oleh tiga generasi yaitu Gangga Setiawan, cucu dari ibu Saeroeun. Berjualan sejak tahun 1950-an, awalnya warungnya berada di perempatan Kaliurang atau Gunung Sari Intan dan mulai menetap di lokasi sekarang pada tahun 1960.

Depot Asri Bu Saeroeun juga terdampak pandemi. Dulu perhari hanya membutuhkan daging sapi 2,5 kg saja dan 7 bak tahu. Omzetnya menurun drastis saat Covid-19. Tapi sekarang sudah kembali normal dan warungnya selalu ramai setiap hari.

Banyak juga kalangan selebriti yang datang untuk makan di depot yang masih melestarikan warisan heritage-nya ini. Beberapa seperti Band Jamrud, Baim, Bondan Winarno, dan juga banyak pejabat. Dari luar, warung ini terlihat biasa saja, kecil dan sederhana. Namun saat masuk, Sedulur bisa menikmati suasana restoran kuno dengan furnitur jadul. 

Di sisi lain ada tembok dengan plakat izin yang masih menggunakan ejaan lama. Lalu ada papan tulis dengan menu tertulis. Warung rawon enak di Malang ini juga memiliki menu lain seperti sayur lodeh tahu yang tak kalah lezat.

Selain tahu rawon dan lodeh, di sinii juga menawarkan nasi campur, nasi dendeng, pecel, dan lainnya. Lauk pauknya ada paru, empal, otak, perkedel, babat, tempe, dan lainnya.

  • Alamat: Jalan Dr Cipto Nomor 6, Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur 
  • Harga: Mulai Rp10.000
  • Jam buka: 06.00-17.00 WIB.

Itulah tadi rekomendasi rawon enak di Malang yang harus Sedulur kunjungi. Saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!