8 Rekomendasi Warung Pecel di Sidoarjo yang Paling Enak

Sidoarjo dikenal kaya akan kuliner lezat yang menggugah selera. Salah satu hidangan tradisional yang patut dicoba adalah nasi pecel. Meskipun banyak makanan modern yang sedang tren saat ini, nasi pecel Sidoarjo tetap menjadi favorit banyak orang.

Hal ini terjadi berkat kombinasi sayur-mayur segar yang disiram dengan bumbu kacang yang nikmat dan juga gurih. Hidangan ini terasa semakin istimewa dengan tambahan lauk seperti kerupuk, rempeyek, tahu goreng, tempe goreng, hingga sate usus.

Bagi para pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke Sidoarjo, nasi pecel adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Berikut ini adalah daftar rekomendasi nasi pecel Sidoarjo terbaik yang wajib Sedulur coba!

BACA JUGA: Keunikan dan Resep Pecel Punten Blitar yang Lezat dan Gurih

1. Pecel Pincuk AE Khas Madiun

tahu tek surabaya
Unsplash/Caroline Attwood

Ketika berbicara tentang pecel, bayangan kota Madiun akan langsung muncul sebagai kota yang identik dengan kuliner khasnya ini. Walau sedang berada di Sidoarjo, mungkin Sedulur merindukan rasa bumbu pecel otentik dari Kota Gadis. Untuk itu, cobalah mampir ke Warung Pecel Pincuk Wage AE.

Warung pecel Sidoarjo ini terkenal dengan sajian pecel khas Madiun, dan telah menjadi favorit di kalangan warga lokal sejak tahun 1992 silam. Ketenarannya yang legendaris membuatnya menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta pecel.

  • Alamat: Jalan Raya Surabaya-Malang No. 130, Pekauman, Bulusidokare, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 18.00 WIB – 02.30 WIB

2. Pecel Pincuk khas Ponorogo Mbak Vina

Ponorogo tidak hanya dikenal karena kesenian Reog-nya, tetapi juga karena kelezatan bumbu pecel yang otentik dan terkenal. Kelezatannya tidak kalah dengan kota-kota lain seperti Madiun, Nganjuk, Kediri, dan Blitar. Di Sidoarjo, Sedulur bisa mengunjungi warung nasi pecel Ponorogo Mbak Vina.

Warung ini menawarkan bumbu pecel khas Ponorogo yang dapat disesuaikan tingkat kepedasannya sesuai dengan selera. Selain itu, berbagai pilihan lauk seperti tempe, telur, dan ayam tersedia untuk melengkapi hidangan yang dinikmati.

  • Alamat: Jalan Diponegoro No. 132, Kapasan, Sidokare, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 17.30 WIB – 23.00 WIB

3. Pecel & Coffee Bang Jack

Warung pecel Sidoarjo yang satu ini bernama Bang Jack, menawarkan desain yang berbeda dari biasanya. Mengusung konsep seperti kafe, Bang Jack menyediakan menu khas kampung seperti pecel dan gudeg dalam suasana yang lebih modern dan nyaman.

Dari segi rasa, tidak perlu diragukan lagi. Pengalaman selama bertahun-tahun dalam menyajikan pecel dan gudeg telah menjadikannya sebagai tempat favorit di kalangan para penikmat kuliner. Ya, Bang Jack telah lama dikenal sebagai tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta pecel dan gudeg.

  • Alamat: Perumahan Pondok Mutiara Blok BV No. 1, Banjarbendo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 05.30 WIB – 15.00 WIB

BACA JUGA: Mengenal Pecel Pitik, Kuliner Wajib di Upacara Adat Banyuwangi

4. Nasi Pecel Pincuk Wong Nganjuk

pecel sidoarjo
Unsplash/Yoshua Giri

Bagi warga Sidoarjo yang memulai hari dengan beraktivitas pagi, pasti sudah familiar dengan keramaian di Warung Nasi Pecel Wong Nganjuk. Setiap pagi, warung ini dipenuhi oleh para karyawan yang hendak berangkat kerja dan masyarakat umum yang mencari sarapan lezat.

Keistimewaan dari warung ini terletak pada bumbu pecel khas Nganjuk yang sangat menggugah selera. Bumbu tersebut berpadu dengan sempurna dengan sayur segar. Jika Sedulur berniat sarapan di sini, bersiaplah untuk antre.

  • Alamat: Jalan Letjend Sutoyo, Medaeng, Sidoarjo (bawah Flyover Waru arah Surabaya)
  • Jam buka: Setiap hari, 04.00 WIB – habis; 17.00 WIB – 21.00 WIB

5. Warung Sego Pecel Ponorogo

Warung Sego Pecel Ponorogo di Sidoarjo ini menawarkan pengalaman kuliner yang menggugah selera, dengan sajian nasi pecel yang autentik dan memikat. Kenikmatan nasi pecel di warung ini terletak pada perpaduan sempurna antara sayuran segar dan bumbu kacang yang kaya rasa.

Ditambah dengan berbagai lauk pendamping seperti rempeyek renyah, kerupuk, tempe goreng, dan tahu goreng, membuat setiap suapan nasi pecel di sini terasa memuaskan. Di samping itu, suasana hangat dan pelayanan ramah membuat pengalaman makan Sedulur terasa semakin istimewa.

  • Alamat: Jalan Raya Karang Nongko Sukodono, RT.09/RW.03, Pekorungan, Pekarungan, Kec. Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 20.00 WIB

6. Nasi Pecel Dalu

Dalam bahasa Jawa, “dalu” berarti malam. Sesuai dengan namanya, Pecel Dalu memang buka di malam hari, menjadi destinasi ideal bagi para pencinta kuliner malam di sekitar Juanda. Menurut para pelanggan setianya, bumbu pecelnya sangat lezat dan terdapat berbagai pilihan lauk yang menggugah selera.

Mulai dari telur hingga paru, bisa Sedulur temukan di warung pecel Sidoarjo ini. Selain itu, kebersihan tempat ini juga sangat diperhatikan, membuatnya semakin layak untuk dikunjungi. Jika Sedulur mencari tempat makan malam yang enak dan nyaman, Pecel Dalu adalah pilihan yang tepat.

  • Alamat: Jalan Garuda No.111, Kepuh, Betro, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Sabtu, 20.00 WIB – 02.00 WIB

7. Pecel Kendil Mbak Hesti

Pecel Kendil Mbak Hesti menawarkan kenikmatan nasi pecel yang sulit untuk ditolak. Setiap suapan nasi pecel di sini memanjakan lidah dengan campuran sayur-mayur segar yang dilengkapi dengan bumbu kacang yang kaya rasa, gurih, dan sedikit pedas.

Lauk-pauk pendamping seperti tempe goreng, rempeyek renyah, dan tahu goreng semakin menambah kelezatan hidangan ini. Dengan suasana yang hangat dan pelayanan yang ramah, Pecel Kendil Mbak Hesti menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati nasi pecel yang memuaskan.

  • Alamat: Jalan Raya Cemeng Kalang No.18, Cemengkalang, Cemeng Kalang, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Sabtu, 16.00 WIB – 23.00 WIB

8. Pecel dan Rawon Blitar Kalijaten

pecel sidoarjo
Unsplash/Maddi Bazzocco

Di Sidoarjo, salah satu warung nasi pecel yang sangat populer berada di Jalan Kalijaten. Warung ini menambah deretan tempat makan nasi pecel yang buka hingga malam hari dengan rasa yang sangat menggugah selera.

Di warung pecel Sidoarjo ini, Sedulur dapat memilih berbagai lauk seperti ayam, daging, telur, rempela ati, hingga dadar jagung untuk melengkapi nasi pecel yang disantap. Selain pecel, warung ini juga menawarkan hidangan lain seperti nasi rawon dan nasi krengsengan.

  • Alamat: Jalan Raya Kalijaten, Kalijaten Timur, Kalijaten, Kec. Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 01.00 WIB

Baik untuk sarapan, makan siang, atau makan malam, warung-warung pecel Sidoarjo di atas menyediakan hidangan yang penuh cita rasa dan memuaskan. Jadi, saat Sedulur berada di Sidoarjo, pastikan untuk menjelajahi rekomendasi warung pecel tersebut dan rasakan sendiri kenikmatan yang mereka tawarkan.

Oia, biar menyantap pecel Sidoarjo ini makin nikmat, jangan sembarangan pakai nasi hangat ya. Sedulur sebaiknya mencoba nasi dari Beras Perirasa yang sudah Jelas Hematnya dan Jelas Rasanya, agar makan jadi makin lahap dan mantap.

Perirasa

Sedulur bisa memilih varian beras mulai dari Beras Perirasa Hijau yang jelas berkualitas premium dan Beras Perirasa Biru yang jelas ramah di kantong. Sedulur tidak perlu khawatir karena Perirasa mudah ditemukan dimana saja kok.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk Perirasa di SuperApp, Blibli, Shopee GSA, TikTok Shop GSA, Tokopedia GSA, Supermarket di kota-kota di Jawa Timur (Sakinah, Besmart Ai, dan masih banyak lagi), serta warung kelontong terdekat. Untuk informasi lengkap tentang Perirasa, bisa langsung buka Website Perirasa atau akun Instagram Perirasa.