nasi tempong mbok nah

Bagi Sedulur yang suka traveling, tentu saja sudah tidak asing dengan tempat kuliner yang bernama Nasi Tempong Mbok Nah. Ya, ini adalah salah satu destinasi kuliner yang wajib dikunjungi ketika berada di Banyuwangi dan sekitarnya.

Banyuwangi sendiri mempunyai beragam objek wisata yang sangat menawan. Tidak hanya itu, kota yang dijuluki sebagai “Sunrise of Java” ini, tentu juga memiliki kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Nah, dari sekian banyak makanan khas Banyuwangi yang ada, salah satu yang paling diburu adalah nasi tempong.

Sudah pasti Sedulur akan rugi jika berkunjung ke Banyuwangi namun melewatkan hidangan khas yang satu ini. Bicara soal nasi tempong, berikut ini penjelasan mengenai hidangan tersebut lengkap dengan tempat terbaik untuk menikmatinya!

BACA JUGA: 16 Tempat Nasi Bebek Goreng Surabaya Terpopuler, Wajib Coba!

Nasi Tempong Banyuwangi

Resep nasi tempong
Unsplash/Peter Teofilus

Nasi tempong merupakan salah satu kuliner khas dari Banyuwangi yang terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan menggugah selera. Nama “tempong” berarti “tampar”, yang menggambarkan sensasi pedas dari sambal yang seolah menampar lidah.

Ciri khas utama dari nasi tempong adalah sambalnya yang sangat pedas. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, tomat, terasi, dan bahan-bahan lainnya yang diulek hingga halus. Rasa pedas sambal ini menjadi daya tarik utama dan memberikan sensasi “ditampar” bagi para penikmatnya.

Nasi tempong disajikan dengan nasi putih dan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan asin, tahu, tempe, dan telur dadar atau telur mata sapi. Kombinasi lauk-pauk ini menambah variasi rasa dan tekstur pada hidangan.

Untuk menyeimbangkan rasa pedas dari sambal dan gurih dari lauk-pauk, hidangan ini juga disajikan dengan sayuran segar seperti bayam, kacang panjang, dan kubis. Sayuran ini biasanya direbus terlebih dahulu dan disajikan bersama nasi dan lauk.

Nasi Tempong Mbok Nah

Mungkin Sedulur bisa menemukan banyak warung yang menyajikan hidangan nasi tempong. Namun dari sekian banyak warung yang ada, Nasi Tempong Mbok Nah menjadi yang paling direkomendasikan. Tempat makan legendaris yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1990-an silam.

Dari sejak berdiri, bisa dibilang jika tempat makan ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Jadi jika Sedulur tertarik untuk mencicipi nasi tempong di sini harus sedikit sabar mengantri. Namun ketika nasi sudah siap disantap, dijamin waktu yang dihabiskan untuk mengantri langsung terbayar lunas.

Sedulur dapat memilih aneka lauk yang tersedia di dalam etalase. Mulai dari ayam goreng, lele goreng, sate udang, ati ampela, ikan asin, dan tentu saja masih banyak lagi lauk menarik yang lainnya. Sayuran yang tersedia juga sangat lengkap, terlebih sambalnya yang sangat nikmat.

Di samping hidangan yang nikmat, pelayanan yang ramah serta suasana yang nyaman akan membuat Sedulur betah untuk menikmati hidangan di tempat makan ini. Ya, restoran ini mengusung konsep sederhana yang hangat dan menenangkan.

BACA JUGA: 16 Tempat Makan Nasi Goreng di Surabaya yang Terkenal Enak

Lokasi dan Jam Operasional

nasi tempong mbok nah
Unsplash/Mufid Majnun

Lokasi dari Nasi Tempong Mbok Nas sendiri berada di Jalan Kolonel Sugiono 16, Kertosari, Banyuwangi. Jadi bagi Sedulur yang sedang berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa untuk mampir dan menikmati hidangan nasi tempong yang sangat nikmat di sini.

Nah, bagi Sedulur yang mulai tertarik untuk berkunjung, tentu saja harus tahu jam buka dan jam tutup dari warung tersebut. Langsung saja, berikut ini jam operasional dari salah satu warung nasi tempong legendaris di Banyuwangi ini.

  • Senin: 09.00 WIB – 22.00 WIB
  • Selasa: 09.00 WIB – 22.00 WIB
  • Rabu: 09.00 WIB – 22.00 WIB
  • Kamis: 09.00 WIB – 22.00 WIB
  • Jumat: 09.00 WIB – 22.00 WIB
  • Sabtu: 09.00 WIB – 22.00 WIB
  • Minggu: 09.00 WIB – 22.00 WIB

Menu yang Tersedia

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa nasi tempong merupakan hidangan yang terbilang “pepak”, mulai dari lauk, sayur, dan sambalnya yang nikmat. Nah, agar nantinya tidak bingung ketika sampai di tempat Nasi Tempong Mbok Nah, simak dulu menu yang tersedia berikut ini!

Minuman

  • Es Teh: Rp2.000
  • Es Jeruk: Rp2.000

Makanan

  • Nasi Tempong Standar: Rp6.000
  • Nasi Tempong Telur: Rp 9.000
  • Nasi Tempong Ayam: Rp13.000
  • Nasi Tempong Ayam Sayap : Rp10.000
  • Nasi Tempong Hati: Rp11.000
  • Nasi Tempong Lele: Rp11.000
  • Nasi Tempong Ikan: Rp13.000
  • Nasi Tempong Pepes: Rp11.000

BACA JUGA: 11 Makanan Khas Pasuruan yang Wajib Dicoba!

Tips Berkunjung

Berkunjung ke Banyuwangi untuk mencicipi nasi tempong adalah pengalaman kuliner yang menyenangkan. Agar kunjungan Sedulur ke tempat makan yang menyajikan Nasi Tempong Mbok Nah lebih maksimal, berikut beberapa tips yang dapat diikuti.

  • Warung Nasi Tempong Mbok Nah biasanya sangat ramai pada jam makan siang dan makan malam. Untuk menghindari antrean panjang, datanglah di luar jam-jam sibuk, misalnya di pagi menjelang siang atau sore hari.
  • Nasi Tempong terkenal dengan sambalnya yang sangat pedas. Jika Sedulur tidak terbiasa dengan makanan pedas, minta sambalnya dipisah atau kurangi porsinya.
  • Cobalah untuk memesan beberapa lauk tambahan untuk melengkapi pengalaman makan nasi tempong.
  • Salah satu daya tarik makan di warung makan ini adalah pengunjung bisa menikmati suasana lokal yang khas. Jadi selain menikmati makanan, luangkan waktu untuk menikmati lingkungan sekitar.
  • Makanan pedas bisa membuat Sedulur cepat haus. Jadi pastikan minum cukup air sebelum, selama, dan setelah makan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Dengan keunikan rasa pedas dari sambalnya dan variasi lauk-pauk serta sayuran segar yang menyertainya, Nasi Tempong Mbok Nas menjadi salah satu hidangan yang wajib dicoba bagi para pecinta kuliner yang berkunjung ke Banyuwangi.

Namun saat Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!