Tempat Makan

10 Tempat Makan Nasi Jagung Surabaya dengan Lauk Komplit

Sedang mencari menu sarapan selama di Surabaya? Di Kota Pahlawan ini, Sedulur bisa mampir ke beberapa tempat untuk menyantap nasi jagung Surabaya yang nikmat. Kuliner yang juga masakan khas Madura ini tersaji di beberapa warung makan dengan lauk pauk mulai dari sederhana hingga yang istimewa.

Nasi jagung sendiri merupakan masakan khas Indonesia yang umumnya disajikan dengan tempe goreng, ikan asin, rempeyek, bakwan, dan lauk pauk lainnya. Nasi jagung terbuat dari jagung tua atau biasa disebut jagung pipil. Kuliner Surabaya ini biasanya menjadi alternatif bagi sebagian orang yang bosan makan nasi. 

Selain menjadi sumber karbohidrat, nasi jagung memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh. Seperti kemampuan mengontrol kadar gula, mencegah kerusakan tulang, dan menjaga berat badan ideal. Cocok untuk menu diet juga. Selain kaya nutrisi, nasi jagung juga punya rasa yang sangat nikmat.

Hidangan ini memang terlihat sederhana, namun rasanya enak dan disukai banyak orang. Kuliner lezat nasi jagung bisa dengan mudah Sedulur temukan di Surabaya. Ada banyak pilihan masakan nasi jagung yang pasti bikin ngiler. Berikut ini rekomendasi nasi jagung Surabaya yang bisa Sedulur coba!

BACA JUGA: Mengenal Kotel, Camilan Khas Situbondo yang Gurih dan Lezat

1. Nasi Jagung Pegirian

nasi jagung surabaya
Freepik/Freepik

Kota Surabaya memang surganya kuliner, apalagi di malam hari. Salah satu kuliner yang digandrungi masyarakat adalah Nasi Jagung Pegirian. Tapi nggak sembarang nasi jagung, di sini juga dilengkapi dengan babat dengan tekstur yang lembut dan tidak amis, gurih dan pedas sambalnya bakalan bikin ketagihan. 

Tak heran jika pembeli rela mengantri panjang di Nasi Jagung Pegirian. Saking enak dan terkenalnya, saat hari libur dan akhir pekan warung ini bisa menghabiskan 3 kuintal atau 300 kilogram babat. Sedangkan untuk hari-hari biasa bisa menghabiskan 2-2,5 kuintal babat.

Kalau di warung nasi jagung babat lain cenderung keras dan alot, di sini babatnya sangat empuk, lembut, dan sudah tidak bau amis. Pasalnya sudah dimasak selama 12 jam dengan berbagai bumbu rempah. Bagian jeroannya juga enak dan rasanya benar-benar memanjakan lidah.

Pembeli di sini nggak hanya masyarakat lokal saja, tapi ada yang dari Kalimantan hingga Medan. Banyak juga wisatawan dari berbagai negara. Turis mancanegara dari Amerika, Australia, Rusia juga pernah datang ke warung ini untuk mencicipi Nasi Jagung Pegirian.

Meski begitu, warung nasi jagung babat ini juga terkena dampak selama pandemi COVID-19. Pendapatannya menurun. Tapi pembeli atau pelanggan setia masih berdatangan meski tidak seramai biasanya. Tapi sekarang sudah kembali normal dan ramai lagi.

Di sini tersedia aneka lauk lain, seperti paru, telur, tongkol, belut, kikil, peyek udang, dan lainnya. Semua komplit dan Sedulur tinggal pilih sesuai dengan seleramu.

  • Alamat: Pasar Pegirian, Jl. Nyamplungan No.236, Ampel, Kec. Semampir, Surabaya.
  • Jam Operasional: 16.00-02.00 WIB.
  • Kisaran Harga: Mulai Rp10 ribu hingga Rp35 ribuan tergantung lauk.

2. Nasi Jagung Babat Usus Pasar Senggol 

Pasar Senggol memiliki kudapan lezat yaitu nasi jagung khas Madura. Nasi jagung di sini terasa spesial dan berbeda karena dilengkapi dengan usus. Untuk sajian nasi jagungnya sendiri, perpaduan babat dan jeroan ususnya selalu berhasil membuat pembelinya ketagihan. Sedulur juga bisa menambahkan banyak aneka lauk lainnya lho! Misalnya, udang, paru, telur, dan banyak lagi. Semua lauk pauk ini sangat empuk, pedas, dan kaya akan rempah. Pecinta masakan pedas wajib ke sini!

  • Alamat: Jl. Raya Jemursari No.5, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Surabaya.
  • Jam Operasional: 08.00-23.00 WIB.
  • Kisaran Harga: Rp17 ribuan.

3. Nasi Jagung Mas Ang 

Tempat makan Nasi Jagung Mas Ang sudah beroperasi sejak tahun 2018 dan masih selalu ramai sampai sekarang. Warung makan ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Surabaya karena menawarkan berbagai lauk pauk yang komplit, mulai dari sayur lodeh, ikan asin, terong, pindang, telur, sambal hingga peyek. 

Nasi jagungnya memiliki rasa yang gurih, apalagi jika disantap dengan berbagai lauk yang memiliki rasa nendang karena bumbunya begitu nikmat. Dijamin akan membuat Sedulur ketagihan. Menariknya lagi, menu nasi jagung di sini sangat terjangkau harganya dan tempat makannya sangat nyaman membuat Sedulur betah berlama-lama. 

  • Alamat: Jalan Petemon II No.154, Petemon, Kec. Sawahan, Surabaya.
  • Jam Operasional: 16.00-23.00 WIB.
  • Kisaran Harga: Mulai Rp6 ribuan.

4. Nasi Jagung Bu Umi 

Nasi jagung Bu Umi terkenal karena menyajikan porsi besar dengan lauk pauk yang sangat lengkap. Lodeh, ikan asin, urap-urap, telur dadar jagung, dan sambal pedas ditambahkan ke setiap porsi nasi jagungnya. Nasi jagung di sini rasanya gurih bercampur pedas dari sambalnya. 

Perpaduannya begitu sempurna dan tingkat pedasnya masih nyaman di lidah. Aneka lauknya juga bumbunya pas. Warung ini buka dari pagi hari, jadi nasi jagung Bu Umi cocok sekali untuk menu sarapan sebelum beraktivitas.

  • Alamat: Jalan Dukuh Kupang XX, Kec. Dukuhpakis, Surabaya.
  • Jam Operasional: 06.30-11.00 WIB.
  • Kisaran Harga: Mulai Rp12 ribuan.

5. Nasi Jagung Babat Belut Markeso 

Warga di kawasan Rungkut pasti sudah tahu betul dengan tempat makan yang satu ini. Warung makan dengan slogan Resep Asli Madura, menyajikan nasi jagung yang cita rasanya khas.

Nasi Jagung Babat Belut Markeso menawarkan cita rasa antara kombinasi lembutnya daging babat dan belut sebagai lauk utamanya. Masakan warung ini benar-benar memanjakan lidah kamu. Kalau Sedulur ingin menambahkan rasa pedas, bisa menambahkan sambalnya.

  • Alamat: Pasar Soponyono, Puskesmas, Kali Rungkut, Rungkut, Surabaya.
  • Jam Operasional: 08.00-00.00 WIB.
  • Kisaran Harga: Rp15 ribuan.

6. Nasi Jagung Kedai Babat 88

resep nasi goreng sapi
Unsplash/Eugene Krasnaok

Nasi jagung di kedai Babat 88 menawarkan aneka lauk yang begitu bervariasi. Di sini Sedulur bisa menambahkan ayam, cumi, udang, daging kambing hingga paru-paru. Semua dimasak dengan rempah dan bumbu yang lezat. 

Rasanya tak perlu diragukan lagi, tekstur daging babatnya begitu lembut dan sambalnya yang pedas sangat cocok di lidah. Suasana makan di warung ini juga sangat bersih dan nyaman. Jadi kalau Sedulur sedang berada di Surabaya, wajib untuk mampir.

  • Alamat: Jl. Medokan Sawah Timur II Kav. 88 C, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Surabaya.
  • Jam Operasional: 07.00-21.00 WIB.
  • Kisaran Harga: Mulai Rp20 ribuan.

7. Nasi Jagung Bu Kasdi 

Nasi jagung buatan Ibu Kasdi selalu menjadi menu wajib bagi masyarakat Surabaya. Rasa rempahnya kuat dan nikmat. Apalagi pelayanan Bu Kasdi sangat baik, ramah, dan harganya sangat bersahabat. Sehingga nggak kaget jika nasi jagung Bu Kasdi cepat habis hanya dalam waktu 3 jam saja. 

Selain nasi jagung, di sini Sedulur juga bisa memesan rujak uleg dan gado gado. Cocok untuk sarapan atau Sedulur bungkus untuk bekal ke kantor. Bu Kasdi hanya berjualan di depan teras rumah. Sedulur juga dimanjakan dengan aneka laut. Beberapa di antaranya seperti urap sayur, ikan asin, mendol tempe, tahu goreng, sambal bajak, dan banyak lagi.

  • Alamat: Jl. Raya Jl. Raya Wiguna Timur No.52, Gn. Anyar Tambak, Kec. Gn. Anyar, Surabaya.
  • Jam Operasional: 06.00-09.00 WIB.
  • Kisaran Harga: Mulai Rp12 ribuan.

8. Sego Jagung Echo Bu Nur 

Sego Jagung Echo Bu Nur juga menarik perhatian para pecinta kuliner karena menambahkan bumbu khas Bali pada masakan nasi jagungnya. Porsi yang ditawarkan juga sangat melimpah dijamin Sedulur akan kenyang. 

Selain itu, Sedulur juga bisa mencoba sambal teri hijau yang juga dikenal sangat gurih dan pedas. Warung Bu Nur buka dari pagi. Tapi Sedulur harus datang lebih cepat jika tidak mau kehabisan. Pasalnya, nasi jagung di sini punya pelanggan banyak dan selalu ramai.

  • Alamat: Jl. Raya Sawo gang 1a No.17, Bringin, Kec. Sambikerep, Surabaya.
  • Jam Operasional: 06.30-13.30 WIB.
  • Kisaran Harga: Rp10 ribuan.

9. Nasi Babat Usus “SAMBEL MERCON” Pak Cholik

Nasi Babat Usus Pak Cholik “SAMBEL MERCON” bisa menjadi pilihan nasi jagung selanjutnya yang nggak kalah nikmat. Menu yang tersedia di sini antara lain nasi jagung dengan lauk babat, usus, dan paru. Sambalnya menjadi pelengkap nasi jagung dan babatnya yang begitu lembut. 

Nasi jagung Pak Cholik ini cocok untuk pecinta makanan pedas. Pasalnya, cita rasanya kombinasi gurih dan pedas yang nikmat. Sedulur pun juga bisa menemukan aneka lauk di sini.

  • Alamat: Jalan Tambang Boyo Nomor 138, Pacar Kembang, Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Jam Operasional: 16.30-23.00 WIB. 
  • Kisaran Harga: Rp23.000

10. Warung Wader Kedai Kincir

nasi jagung surabaya
Freepik/Freepik

Namanya memang warung wader, tapi di sini juga menyediakan nasi jagung yang nggak kalah enak. Sesuai dengan nama tempat makannya, di sini Sedulur bisa menikmati beragam menu nasi jagung dengan tambahan wader goreng yang renyah dan gurih.

Tersedia pula semangkuk sayur asem menyegarkan dengan botok khas Jawa Timur yang nikmat. Sedulur juga akan dimanjakan dengan tempatnya yang rindangnya pepohonan hijau sambil menikmati beragam menu khas Indonesia di warung ini.

  • Alamat: Jalan Ketintang Madya Nomor 200, Karah, Jambangan, Kota Surabaya
  • Jam Operasional: 07.30-17.00 WIB.
  • Kisaran Harga: Mulai Rp10 ribuan tergantung lauk

Itulah tadi rekomendasi Nasi Jagung Surabaya yang bisa Sedulur cicipi. Oia, ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.