17 Tempat Makan Nasi Cumi Surabaya yang Nikmat dan Nagih

Cumi-cumi mempunyai tekstur yang unik tidak seperti makanan laut lainnya. Perpaduan kelembutan dan rasa kenyal, memang menjadi semakin nikmat ketika dimasak dengan tepat. Bahan seafood ini bisa digoreng, dipanggang, dibumbui, atau diolah dengan cara lain.  Kalau Sedulur datang ke Kota Pahlawan, pastikan untuk mencoba masakan nasi cumi Surabaya yang terkenal lezat.

Nasi cumi Surabaya sendiri memiliki keunikan karena cara masaknya yang juga menggunakan tinta dari cumi. Mungkin bagi sebagian orang, tinta cumi ini memiliki aroma amis yang mengganggu ketika memasak cumi. Tapi kalau dimasak dengan bumbu dan teknik yang tepat, tinta cumi malah meningkatkan rasa gurih pada nasi cumi Surabaya.

Jadi tidak heran kalau kuliner Surabaya satu ini memang jadi menu wajib untuk para wisatawan. Sementara itu, dalam satu porsi nasi cumi, Sedulur juga akan merasakan kelezatan serundeng kelapa, sambal pecit, dan cumi yang berpadu ciamik.

Namun, untuk bisa menemukan nasi cumi Surabaya yang enak tidak bisa disembarang tempat ya. Sedulur perlu rekomendasi yang tepat dan kami sudah merangkumnya dalam ulasan di bawah ini. Jadi langsung simak bersama!

BACA JUGA: 7 Tempat Makan Nasi Krawu Surabaya yang Lezatnya Otentik

1. Kedai Gendis

Kuliner 24 jam Surabaya
Unsplash/Edward Howell

Kedai Gendis berlokasi di Ruko Grand City Regency, Surabaya. Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Menu nasi cumi khas tempat makan ini porsinya cukup besar dengan harga yang sangat terjangkau.

Isinya ada nasi, cumi hitam, serundeng, mie goreng, tumis buncis wortel, tempe kering, tahu, dan telur serta sambal yang gak boleh ketinggalan. Rasanya yang lezat dan porsinya yang banyak, dijamin bikin kenyang seharian.

Sambil mencoba nasi cumi hitamnya, Sedulur juga bisa memesan nasi krengsengan. Nasi krengsengan sama lezatnya dengan nasi cumi Kedai Gendis.

  • Lokasi: Ruko Grand City Regency, Jalan Rungkut Madya No A-11, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp25.000

2. Warung Nasi Cuhima Bu Evie

Warung ini menawarkan menu nasi cumi hitam alias cu himpal yang isinya sangat komplit dan lezat. Sebagai pelengkapnya juga terdapat tambahan lauk pauk seperti empal suwir, paru, babat, telur asin, mie goreng, teri, daging, serundeng, peyek, dan sambal. 

Disajikan menggunakan daun pisang sebagai alas dasarnya, membuat nasi cumi semakin nikmat. Jika ingin berbeda, warung makan legendaris ini juga telah menyajikan nasi empal suwir dan sego Suroboyo atau biasa disebut sebagai nasi campur Madura.

Warung Nasi Cuhima Bu Evie sudah ada sejak tahun 1986. Semua masakannya enak dan harganya terjangkau. Kedai makan ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Ketika ke sini pasti Sedulur akan ketagihan masakan cumi hitamnya.

  • Lokasi: Jalan Simpang Darmo Permai Selatan III No 58 dan Jalan Ngagel Madya No 8, Surabaya.
  • Kisaran Harga: Rp20.000-Rp39.000

3. Warung Sego Meduro Suramadu Bu Ana

Warung Sego Meduro Suramadu Bu Ana terletak di daerah Jalan Demak dan Jalan Kalibutuh Surabaya. Tempat makan ini dari jam 7 pagi sampai 5 sore. Sepiring nasi cumi dengan berbagai lauk pauknya harganya juga sangat murah.

Dalam satu porsi nasi cumi dilengkapi dengan lauk pauk seperti cumi hitam dan telur rebus, empal, babat, paru, udang goreng, mie, serundeng, dan tak lupa sambal pencit Surabaya yang terkenal.  Rasanya asam, pedas, segar dan gurih berpadu dengan begitu sempurna. Jika beruntung, Sedulur akan mendapatkan telur cumi yang meleleh saat digigit. 

Ada juga menu lain yang gak kalah lezat yaitu nasi Madura. Di dalamnya berisi nasi dengan aneka lauk pauk seperti babat, patu, empal, udang, mie kuning, dan sambal mangga. Selain itu, menu lainnya juga masih ada nasi bebek, nasi empal udang, rawon, nasi tongkol, dan nasi garang asem ayam kampung. Jadi, cukup komplit.

  • Lokasi: Jalan Demak No. 304 dan Jalan Kalibutuh No. 6, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp26.000

4. Warung Nasi Empal Bu Yudi

Daging cuminya empuk, meresap bumbu dengan baik, dan tidak berbau amis sama sekali. Nasi cumi di Warung Nasi Empal Bu Yudi bisa menjadi rekomendasi selanjutnya. Rasanya gurih dengan aroma sedap dari daun kemangi.

Jika Sedulur tidak suka seafood, Sedulur bisa mencoba nasi empal dengan mie atau sayur asin yang rasanya gak kalah enak. Kalau Sedulur belum kenyang, ada menu lontong cap go meh yang harus Sedulur coba. Warungnya berada di kawasan Tambaksari. Buka dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore.

  • Lokasi: Jalan Kapas Krampung 220-III, Tambaksari, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp44.000

5. Nasi Madura Bu Hamina

Nasi Madura Bu Hamina terletak di Jalan Pegirian, Surabaya. Warung makan ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Makanan disini sangat ramah di kantong karena harga menunya sangat terjangkau. Menu utamanya adalah nasi cumi dengan sambal uyah. 

Hati-hati, sambel ini cukup pedas hingga bikin berkeringat. Untuk menyantap nasi cumi biasanya disajikan dengan lauk pauk seperti udang, serundeng, perkedel, telur bali, dan mie goreng. Lalu ada juga nasi Madura yang patut juga Sedulur coba.

Dalam seporsi ada nasi, mie kuning, sambal mangga. Sedulur bisa menambahkan pilihan lauk, seperti empal, paru, udang, dan babat. Jika masih kurang kenyang, Sedulur bisa mencoba menu nasi lainnya seperti bebek, ayam, tongkol, usus, dan empal.

  • Lokasi: Jalan Pegirian Nomor 122 – 118, Sidodadi, Kecamatan Simokerto, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp20.000-Rp35.000

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Kuliner Ayam Goreng di Surabaya yang Terenak

6. Warung Nasi Cumi Bu Isya

nasi cumi surabaya
Unsplash/Fotos de Alimentos

Warung Nasi Cumi Bu Isya berada di Pasar Atom Lama, Surabaya. Tempat makan ini buka 24 jam sehari dan terkenal dengan masakan cumi-cuminya yang lezat. Salah satu favorit pelanggan yang ada di sini adalah hidangan nasi rawon dengan empal dan cumi. 

Kolaborasi unik ini akan membuat Sedulur jatuh cinta dengan rasanya, ditambah kuah kluwek yang cita rasanya manis dan gurih. Daging sapi dan cuminya juga empuk. Rasanya yang sangat lezat dan harga yang terjangkau, menjadikan warung Bu Isya menjadi pilihan tepat bagi Sedulur untuk makan siang maupun malam. 

Sedulur bisa makan nasi cumi hitam dengan tambahan tahu, paru, telur, empal, babat, usus, serundeng, mie goreng, udang, dan peyek. Kalau memang suka seafood, bisa juga ditambahkan ekstra cumi.

Cumi ini disajikan dengan dipotong cincin agar rasanya mudah meresap dan mudah disantap. Isinya padat, tapi porsinya cukup kecil. Jadi, pastikan untuk memesan beberapa hidangan untuk mengisi perut Sedulur sampai kenyang.

  • Lokasi: Pasar Atom Lama, Jalan Waspada, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp18.000-Rp28.000

7. Warung Bumbu Madura Ampel

Warung Bumbu Madura Ampel terletak di Jalan KH Mas Mansyur 55, Surabaya. Lalu ada juga cabang di depan Pujasera Aiola dan Progress Hotel. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 12 malam.

Untuk menu nasi Madura komplit terdiri dari nasi putih, cumi hitam, serundeng, udang goreng, mie, sambal pencit, dan sambal korek. Lauk cuminya banyak macamnya dan membuat Sedulur sangat puas. Saus pencitnya juga memiliki rasa asam pedas menyegarkan yang membuat ketagihan.

Kombinasi lezat ini pasti akan membuat Sedulur menginginkan lebih dan tambah terus. Bedanya dengan warung makan lain, bumbu maduranya enak. Cocok juga dengan lauk pauk seperti aneka jeroan sapi, termasuk babat, hati, usus, dan lainnya.

  • Lokasi: Jalan KH Mas Mansyur 55, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp20.000

8. Warung Kongde Mbak May

Warung Kongde Mbak May berlokasi di Jalan Bubutan, Surabaya. Tempat makan ini buka dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Jadi, memang gak sampai malam. Kadang juga bisa kehabisan jika Sedulur datang terlalu sore. Warung makan ini libur pada hari Minggu.

Kalau Sedulur ke sini, yang harus dicoba tentu nasi cumi hitam. Di dalamnya terdapat daging krengsengan, peyek udang, empal, mie goreng, serundeng, dan sambal pencit. Sambal pencitnya pedas segar, yang di dalamnya banyak irisan mangga muda. Rasanya nampol untuk semua, cocok bagi yang suka makan makanan pedas dan asam. 

Peyek udangnya juga bisa menambah kelezatan. Harganya per porsi juga murah dan banyak. Jadi pasti bikin kenyang. Bagi yang suka makan dengan banyak lauk pauk, masih banyak pilihan di sini. Di antaranya ayam kampung, tongkol, babat, dan dorang. Jika ingin mencoba masakan khas Jawa Timur lainnya, tersedia menu lezat seperti nasi rawon, nasi campur, kotokan ikan pe, dan gulai.

  • Lokasi: Jalan Bubutan Gang 3, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp25.000

9. Warung Semar

Selanjutnya Sedulur juga bisa menikmati nasi cumi hitam dengan rasa yang gak kalah enak. Rasanya juga tidak terlalu pedas. Nasi cumi di sini gak hanya bisa disantap dengan nasi putih, tapi juga dengan nasi jagung. Warung ini terletak di Jalan Ngagel Jaya Selatan dan buka dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Selain nasi cumi hitam, menu lainnya juga cukup beragam. Beberapa di antaranya seperti nasi lodeh empal, nasi Madura, nasi jagung Madura, nasi empal, nasi campur Madura, soto babat khas Madura, dan masih banyak lagi. Untuk lauknya, Sedulur bisa menambahkan tongkol, teri, peyek udang, dan empal goreng.

  • Lokasi: Jalan Ngagel Jaya Selatan 84, Surabaya.
  • Kisaran Harga: Rp25.000

10. Warung Pink Dinoyo WM

Warung Pink Dinoyo WM berlokasi di area luar Kampus WM Dinoyo Surabaya. Warung ini juga punya cabang lain di Jalan Darmokali No 20, Tegalsari, Surabaya. Warung Pink Dinoyo WM buka dari jam 8 malam sampai jam 1 pagi. Cocok untuk makan siang maupun kuliner malam.

Nasi cumi hitam di sini kebanyakan rasanya manis, namun jika kurang suka bisa ditambahkan sambal yang pedasnya membuat cita rasa semakin sempurna. Menu lengkapnya terdiri dari nasi putih, cumi hitam, tahu bali, telur bali, babat goreng, serundeng, mie goreng, sambal korek, dan peyek udang. Tenang, untuk harganya cocok untuk kantong mahasiswa kok. Dijamin porsinya juga bikin kenyang.

  • Lokasi: Area luar Kampus WM Dinoyo, Jalan Majapahit, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp18.000-Rp30.000

BACA JUGA: 5 Tempat Makan Nasi Campur Surabaya Terbaik dan Legendaris

11. Nasi Madura Bu Ja’

nasi cumi surabaya
Pexels/Tanyakorn

Nasi Madura Bu Ja mungkin belum seterkenal warung makan nasi cumi khas Madura lainnya yang ada di Surabaya. Meski begitu, masih banyak orang, terutama pelanggan setia, yang suka berjalan-jalan di gang sempit untuk menikmati nasi Madura yang pedas dan lauk pauk yang nikmat. 

Nasi Madura Bu Ja memiliki dua warung, satu terletak di Jalan Panggung Gang 2 Nomor 9 dan di Jalan Kalimati Kulin Nomor 18. Jika Sedulur ingin menyantap nasi cumi hitam khas Madura yang murah dengan lauk pauk yang enak, di sinilah tempatnya. 

Nasi dengan ikan seperti tuna harganya juga sangat terjangkau, cocok buat mahasiswa. Selain itu, sambal di sini juga kering dan asin, cocok dinikmati bersama es teh manis. Warung makannya buka dari pukul 05.00 WIB hingga 15.00 WIB setiap hari.

  • Lokasi: Jalan Panggung Gang 2 Nomor 9, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Kisaran Harga: Rp20.000

12. Rempah Rempah Madura

Nasi cumi di sini bisa dipadukan dengan lauk lainnya seperti babat, empal, tuna, paru goreng, dan udang. Jika pesan dengan tambahan dua macam lauk, harganya jadi Rp25.000. Warung Rempah Rempah Madura buka dari jam 4 sore sampai jam 12 siang.

Di sini cita rasa nasi cuminya pedas gurih, jadi cocok bagi Sedulur yang tidak terlalu cocok dengan makanan manis.

  • Lokasi: Jalan KH Mansyur, Surabaya
  • Kisaran Harga: Rp25.000

13. Cumi Hitam Racun

Cumi Hitam Racun telah membuka cabang terbarunya di Jalan Lidah Wetan, Surabaya. Bagi yang suka makan cumi dan jajanan, restoran ini adalah surganya. Selain cumi hitam, ada juga cumi pedas, cumi bakar, dan cumi pete sambel teri. Cumi-cumi di sini dipotong-potong besar dan teksturnya tidak alot, sehingga banyak orang yang lebih menyukai cumi hitam di sini.

Selain nasi cumi hitam, ada juga menu lain yang bisa Sedulur coba. Beberapa di antaranya seperti cumi panggang bumbu rujak, cumi krispi, cumi rica, dan masih banyak lainnya. Untuk ukuran porsinya bisa disesuaikan dengan perutmu, ada porsi sedang dan besar untuk semua pilihan menu.

  • Lokasi: Jalan Lidah Wetan No. 9, Surabaya 
  • Kisaran Harga: Rp25.000

14. Manjalita

nasi gegok nasi cumi pedas
Pexels/Fariz Albar

Manjalita merupakan warung makan yang terletak di kawasan The Kitchenware Paradise Jalan Kenjeran. Lokasinya yang nyaman menambah nikmatnya suasana saat menyantap nasi cumi hitam Surabaya di sini.

Sedulur juga bisa memilih lauk lain untuk melengkapi rasa cumi hitamnya. Sambalnya juga pedas dan pas di lidah. Jadi, tidak menghilangkan kenikmatan sajian utamanya.

  • Lokasi: Jalan Kenjeran no 463 – 465, Surabaya 
  • Kisaran Harga: Rp25.000

15. Nasi Cumi Ibu Atun

Nasi Cumi Ibu Atun terkenal dengan masakan nasi cumi hitamnya yang lembut, empuk, dan tidak amis. Satu porsi nasi cumi terdiri dari nasi, cumi hitam, mie goreng, serundeng, dan peyek udang. Kemudian Sedulur bisa menambahkan berbagai lauk seperti paru, usus, babat, empal, dan lainnya. Warungnya buka 24 jam, jadi Sedulur bisa datang kapan saja.

  • Lokasi: Jalan Waspada No.30, Bongkaran, Kec. Pabean Cantikan, Surabaya, Jawa Timur.
  • Kisaran Harga: Rp22.000

16. Cumireng

Dari namanya saja sudah bisa dipastikan kalau warung ini khusus menjual cumi hitam. Menunya banyak lauk khas Jawa Timur dan Madura. Yang istimewa, tentu adalah nasi cumi hitam ini biasa disajikan dengan telur asin, acar, dan mie goreng.

Sedulur juga bisa memesan bungkus dengan atau tanpa nasi. Jadi, di rumah Sedulur bisa makan nasi cumi hitam sepuasnya.

  • Lokasi: Dukuh Kupang Barat 28 No. 19, Dukuh Kupang, Surabaya 
  • Kisaran Harga: Rp25.000

17. Nasi Cumi Pasar Atom

Nasi Cumi Pasar Atom menawarkan porsi yang cocok bagi yang tidak suka porsi besar. Pasalnya, porsinya dibilang cukup dan pas di perut. Isiannya ada cumi hitam lembut, udang, serundeng, dan peyek. Kalau mau lebih mengenyangkan, bisa juga ditambah bumbu khas Bali atau empal yang sama lezatnya dengan cuminya.

Warung makan ini terkenal dengan cumi segarnya yang lezat, terutama dari kawasan pantai timur yang luas. Bumbunya sendiri beraroma gurih dan pedas. Dipadukan dengan lauk-pauk lainnya untuk mengisi piring, akan menjadi pengalaman tak terlupakan menyantap nasi cumi di sini.

  • Lokasi: Jalan Waspada No. 2-4, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur
  • Kisaran Harga: Rp26.000

Itulah tadi berbagai rekomendasi nasi cumi Surabaya yang bisa Sedulur coba. Tentu masih banyak lagi warung nasi cumi lain yang ada di kota tersebut. Kalau Sedulur dari daftar di atas, mana yang paling favorit nih?

Oia, kalau Sedulur hanya ingin membeli lauk di warung-warung di atas juga sangat mungkin lho. Apalagi di rumah memang masih punya persediaan nasi yang sudah matang. Namun, agar menyantap nasi cumi Surabaya di rumah makin nikmat, jangan salah pilih beras untuk persediaan nasi di rumahmu ya.

Sedulur bisa mecoba kelezatan Beras Perirasa yang sudah terbukti Jelas Hematnya dan Jelas Rasanya, kualitasnya juga terbaik sehingga setiap hidangan yang disantap bersama Beras Perirasa akan semakin nikmat.

Perirasa

Sedulur bisa memilih variasi beras mulai dari Beras Perirasa Hijau yang jelas berkualitas premium dan Beras Perirasa Biru yang jelas ramah di kantong. Sedulur tidak perlu khawatir karena Perirasa mudah ditemukan dimana saja.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk Perirasa di SuperApp, Blibli, Shopee GSA, TikTok Shop GSA, Tokopedia GSA, Supermarket di kota-kota di Jawa Timur (Sakinah, Besmart Ai, dan masih banyak lagi), serta warung kelontong terdekat. Untuk informasi lengkap tentang Perirasa, bisa langsung buka Website Perirasa atau akun Instagram Perirasa.