Makanan khas pasuruan

Pasuruan adalah salah satu kota paling Islami di Pulau Jawa. Berada di pesisir pulau Jawa, Pasuruan memiliki julukan sebagai Kota Santri. Tak sekedar menjunjung budaya religi yang kuat, ternyata ada banyak sekali makanan khas Pasuruan yang super lezat lho.

Jika Sedulur sedang berencana berlibur ke Pasuruan untuk menikmati berbagai macam wisatanya, maka tidak boleh melewatkan wisata kuliner Pasuruan juga. Penasaran ada apa makanan khas Kota Santri ini? Langsung simak yuk!

BACA JUGA: 25+ Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba, Bikin Nagih!

1. Nasi Punel

ayam bakar ungkep
Pexels/Mufid Majnun

Makanan khas Pasuruan pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah nasi punel. Makanan ini merupakan nasi campur khas Pasuruan yang terkenal dengan rasanya yang enak.

Sedulur biasanya akan diberikan satu porsi besar nasi dengan lauk seperti ayam, daging, paru, jeroan, sate kerang dan sebagainya. Untuk daging dan paru adalah lauk paling spesial karena dimasak dengan teknik serundeng.

Hidangan ini sering dijumpai di warung-warung makan dan restoran di Pasuruan, dan menjadi favorit baik bagi penduduk lokal maupun wisatawan. Ya, menikmati nasi punel adalah cara yang sempurna untuk merasakan kekayaan kuliner Pasuruan yang autentik dan lezat.

2. Rawon Sate Komoh

Banyak kota di Jawa Timur menjadikan rawon sebagai makanan khasnya. Begitupun dengan Pasuruan. Namun, ada satu hal yang membuat rawon di Pasuruan unik dan lebih enak yaitu karena keberadaan sate komoh.

Sedulur akan merasakan nikmatnya kuah rawon yang hitam legam tapi gurih dengan lauk sate daging yang dibuat dengan bumbu spesial. Bagi yang ingin menikmati kuliner unik berupa perpaduan antara dua hidangan yang sama-sama lezat, maka wajib mencoba rawon sate komoh.

Dijamin, Sedulur akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan pernah bisa dilupakan selama menikmati hidangan ini. Satu porsi rawon sate komoh pun cukup terjangkau, Sedulur cukup membayar Rp 25 ribu untuk makanan khas Pasuruan ini.

3. Kupang Kraton

lontong kupang surabaya
Unsplash/Rivage

Berada di wilayah pesisir pantai, membuat makanan khas Pasuruan juga tidak bisa lepas dari seafood. Salah satu yang terbaik dan wajib dicoba adalah kupang kraton. Makanan satu ini berbahan dasar kerang kecil yang banyak dijumpai di pantai.

Namun, bukan berarti kupang keraton berasal dari kerajaan seperti yang ada di Jogja. Nama ini diambil karena ada sebuah kecamatan bernama Kraton yang memang jadi penghasil kerang terbesar di Pasuruan. Kelezatan kupang kraton juga sudah banyak dibicarakan orang-orang.

Sedulur akan merasakan gurihnya kerang kupang yang sangat pas bercampur dengan bumbu petis khas Pasuruan. Tidak hanya sebagai hidangan yang cocok dinikmati saat berkunjung ke Pasuruan, kupang kraton juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

4. Botok Tempe

Makanan khas Pasuruan selanjutnya adalah botok tempe. Walaupun terlihat sederhana dan cukup umum dijumpai di berbagai daerah, botok tempe di Pasuruan merupakan makanan yang sangat populer lho.

Apalagi makanan yang memiliki bahan dasar kelapa parut yang dikukus dengan bumbu seperti cabai, gamar, merica, dan daun salam ini juga memiliki banyak variasi. Misalnya saja, ada botok tempe yang juga diisi dengan udang, lamtoro, petai, sampai kerang.

Botok tempe sering disajikan sebagai lauk pendamping nasi hangat, dan biasa juga dinikmati sebagai camilan atau hidangan pembuka. Rasa gurih dari tempe yang dipadu dengan rempah-rempah tradisional khas Jawa Timur menciptakan kombinasi yang sangat nikmat dan khas.

5. Ikan Lempuk

Olahan ikan lempuk adalah salah satu yang harus dicoba ketika datang ke Pasuruan. Ikan ini merupakan hewan endemik yang ada di perairan Pasuruan, tepatnya di Ranu Grati. Salah satu olahan ikan lempuk yang paling populer adalah kerupuk dan peyek.

Rasa gurih ikan ini akan sangat terasa dengan aromanya yang khas. Ikan lempuk juga terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Bahkan, beberapa nutrisi dalam ikan ini sangat bagus untuk ibu hamil dan anak-anak.

Selain kerupuk atau peyek, ikan lempuk juga sering diolah menjadi sambal yang sangat nikmat. Penambahan berbagai macam rempah-rempah khas Jawa Timur, membuat sambal ini memadukan antara rasa gurih, pedas, dan manis yang menarik untuk dicoba.

BACA JUGA: Deretan Makanan Khas Madura yang Sayang Jika Dilewatkan

6. Bipang Jangkar

Makanan khas pasuruan
Unsplash/Seiya Maeda

Selanjutnya ada makanan khas Pasuruan yang juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah. Namanya adalah bipang jangkar. Makanan ini sudah sangat legendaris dan begitu terkenal di Nusantara. Bipang jangkar terbuat dari olahan beras yang dimasak menggunakan gula.

Bipang jangkar atau orang orang-orang juga sering menyebutnya dengan jipang, merupakan hasil akulturasi antara makanan Indonesia dan tiongkok. Hal ini dapat dilihat dari pengambilan nama bipang yang berasal dari Bahasa Mandarin ‘Bi’ yang berarti beras dan ‘Pang’ yang berarti wangi.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bipang jangkar sering dijadikan sebagai camilan atau oleh-oleh khas dari Pasuruan. Hidangan ini dapat dengan mudah ditemui di berbagai warung kue tradisional, pasar tradisional, atau pedagang kaki lima di Pasuruan.

7. Permen Jahe

Permen jahe atau biasanya disebut dengan ting-ting jahe adalah makanan khas Pasuruan tidak boleh ketinggalan masuk dalam kantong belanjaan. Makanan ini cocok sebagai cemilan dan oleh-oleh orang di rumah.

Makanan ini juga cocok disaat Sedulur tidak enak badan. Hal ini tak lepas dari permen jahe yang bisa membuat tenggorokan hangat dan perut menjadi tidak kembung. Proses pembuatan permen jahe Pasuruan dimulai dengan pembersihan jahe segar dan pemotongan menjadi potongan kecil.

Potongan jahe kemudian direbus bersama dengan gula hingga mendidih dan larutan gula mengental. Selanjutnya, campuran ini dicetak menjadi bentuk permen kecil dan didinginkan hingga mengeras. Setelah mengeras, permen jahe siap disajikan.

8. Kue Bidaran

Makanan khas pasuruan
Unsplash/Luna Wang

Kue bidaran atau kue gabus adalah makanan khas Pasuruan selanjutnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan, margarin, keju, telur dan minyak nabati. Makanan ini sangat unik karena teksturnya yang renyah tapi legit. Rasa makanan ini juga gurih manis sehingga cocok untuk semua kalangan.

Oleh karena itu, tidak kerah jika kue ini sangat disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Nah, kue bidaran sering dijual di warung-warung kue tradisional, pasar tradisional, atau pusat oleh-oleh yang ada di Pasuruan.

Kelezatan dan keunikan yang dimilikinya, membuat kue bidaran menjadi salah satu jajanan favorit yang patut dicoba ketika mengunjungi Pasuruan. Jadi ketika Sedulur berkunjung, jangan lupa untuk membawanya ke rumah, ya!

9. Klepon Pasuruan

Klepon Pasuruan merupakan jajanan tradisional khas dari Pasuruan, yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat dan juga wisatawan. Klepon sendiri terbuat dari tepung ketan yang dibentuk menjadi bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah cair.

Keunikan Klepon Pasuruan terletak pada penggunaan bahan-bahan yang segar dan alami. Tepung ketan yang digunakan harus berkualitas tinggi untuk menghasilkan tekstur yang kenyal. Gula merah yang digunakan sebagai isian juga harus memiliki rasa manis yang khas dan cair saat klepon digigit.

Klepon Pasuruan seringkali dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup, terutama pada pagi atau sore hari. Jajanan ini sering dijual di pasar-pasar tradisional dan warung kue, dan juga sering disajikan dalam berbagai acara adat dan perayaan.

10. Soto Gondrong

Bagi Sedulur yang sedang berada di Pasuruan dan mencari hidangan yang gurih dan segar, maka Soto Gondrong bisa menjadi destinasi yang tepat. Warung soto yang satu ini, mempunyai lokasi yang sangat nyaman karena berada di sebuah taman kecil.

Dengan begitu, tentu saja sangat cocok dinikmati bersama dengan keluarga atau teman. Tidak hanya tempatnya yang nyaman, cita rasa dari Soto Gondrong juga sangat khas. Hal ini karena mereka dikenal selalu menggunakan rempah-rempah khusus dalam pembuatan sotonya.

Sementara untuk mendapatkan pengalaman lebih baik dalam menikmati soto, Sedulur juga dapat memilih lauk tambahan yang lainnya. Di antaranya seperti tempe, telur, aneka gorengan, dan lain sebagainya. Pokoknya hidangan tambahan yang disajikan sangat lengkap.

BACA JUGA: 17 Tempat Makan Nasi Babat di Surabaya, Pasti Bikin Ketagihan!

11. Cenil Pasuruan

Kue khas Jawa Timur
Unsplash/Cristian Siallagan

Terakhir ada cenil Pasuruan, jajanan khas Pasuruan yang terbuat dari tepung kanji atau pati ketela pohon, yang diolah menjadi adonan kenyal dan dibentuk menjadi bulatan kecil. Cenil Pasuruan disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair yang memberikan rasa manis khas.

Di samping itu, parutan kelapa yang digunakan juga mampu menambah tekstur dan aroma yang gurih. Sedangkan gula merah cair akan menyempurnakan kenikmatan hidangan cenil. Ya, cita rasa yang dihadirkan benar-benar terasa sangat lengkap.

Perpaduan antara tekstur kenyal cenil, gurihnya kelapa, dan manisnya gula menciptakan sensasi rasa yang khas dan memikat, membuatnya menjadi salah satu jajanan favorit banyak orang. Jadi ketika Sedulur sedang datang ke Pasuruan, jangan lupa untuk membelinya.

Nah, itu tadi deretan makanan khas Pasuruan yang wajib Sedulur coba. Ada makanan berat yang bisa disantap untuk menambah energi, ada pula makanan ringan yang cocok untuk menjadi oleh-oleh. Sedulur bisa memilih mana makanan yang paling disukai.

Ketika Sedulur berwisata kuliner, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!