kuliner malam banyuwangi

Banyuwangi memang tidak hanya unggul dari segi destinasi wisata alamnya. Daerah ini juga kaya akan kulinernya, terutama wisata kuliner malam Banyuwangi yang sangat menggugah selera. Beragam jenis hidangan dapat Sedulur nikmati.

Mulai dari soto, rawon, olahan ayam, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi ketika berada di sini dan sedang ingin makan pada malam hari, tidak perlu takut akan kelaparan. Dijamin Sedulur tidak akan pernah kesulitan menemukan tempat makan yang masih buka, sampai tengah malam atau bahkan 24 jam.

Kira-kira kuliner apa aja kuliner malam Banyuwangi yang menggiurkan dan wajib dicoba? Langsung saja, simak daftar yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 10+ Kuliner Malam Blitar yang Wajib Dicoba, Murah dan Enak!

1. Pondok Rujak Soto

rujak madura
Unsplash/Wherda Arsianto

Kuliner malam Banyuwangi yang pertama adalah rujak soto. Ya, rujak soto merupakan kuliner nyentrik khas Banyuwangi. Hidangan yang satu ini berupa campuran rujak sayur dengan bumbu kacang, petis, serta soto babat.

Pondok Rujak Soto sendiri termasuk salah satu kedai yang terkenal menjual hidangan rujak soto terbaik di Banyuwangi. Di sini, Sedulur bisa menikmati rujak soto lengkap dengan telur rebus serta kuah yang warnanya sedikit hitam, namun sangat nikmat.

  • Lokasi: Jalan Basauki Rahmat, No. 113, Singotrunan, Banyuwangi, Banyuwangi
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp20.000

2. Soto Pak Salim

Selain Pondok Rujak Soto, Sedulur juga wajib mencoba Soto Pak Salim. Kedai satu ini tidak hanya menawarkan rujak soto saja, namun juga aneka jenis soto lain. Diantara lain seperti soto daging, soto babat, soto lidah, sampai soto paru.

Dari beberapa menu yang tersedia, soto lidah menjadi sajian paling favorit di Soto Pak Salim ini. Berbeda dari kebanyakan soto, soto yang ada di sini memiliki kuah yang lebih pekat, kental, dan juga bumbu yang kaya. Selain soto, ada pula aneka sajian lain seperti capcay, nasi goreng, dan mi goreng.

  • Lokasi: Jalan A. Yani No. 18, Penganjuran, Banyuwangi
  • Jam buka: Pukul 06.30 – 10.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp15.000

3. Sego Tempong Mbok Wah

Sego tempong khas Banyuwangi memang menjadi salah satu sajian yang wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke kota ini. Sego tempong sendiri berisikan nasi putih, tahu, tempe, ikan asin, serta sayuran rebus seperti bayam, kol, dan terong.

Tentu saja penambahan sambal khas yang baru diulek saat dipesan, membuat citarasanya semakin nikmat dan segar. Nah, Sego Tempong Mbok Wah ini termasuk salah satu warung penyedia hidang sego tempong paling legendaris di Banyuwangi.

  • Lokasi: Jalan Gembrung No. 220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Glagah, Banyuwangi
  • Jam buka: Pukul 08.00 – 23.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp7.000

BACA JUGA: 13 Kuliner di Jember yang Menggoyang Lidah

4. Ayam Pedas Ibu Rantinem

kuliner malam banyuwangi
Unsplash/Shardar Tarikul

Ayam Pedas Ibu Rantinem juga menjadi salah satu warung legendaris yang ada di Banyuwangi. Berdiri sejak tahun 1970-an, sampai saat ini warung tersebut masih tetap populer. Ayam yang digunakan di sini adalah ayam kampung, sehingga rasanya lebih gurih dengan tekstur yang khas.

Sebelum dicampurkan dengan bumbu berkuah santan yang pedas, ayam kampung tersebut dibakar lebih dahulu. Dengan begitu, tentu saja citarasa pada ayamnya benar-benar akan terasa jauh lebih nikmat, dan menggoyangkan lidah siapa saja yang menyantapnya.

  • Lokasi: Krajan, Genteng Kulon, Genteng, Banyuwangi
  • Jam buka: Pukul 16.00 – 03.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp27.000

5. Sego Bungkus Bu Poer

Rekomendasi kuliner malam Banyuwangi yang berikutnya adalah Sego Bungkus Bu Poer. Di warung ini, Sedulur dapat menemukan aneka kuliner khas Jawa. Mulai dari telur dadar, ikan laut, gudeg, hingga oseng-oseng mercon yang pedasnya menggugah selera.

Selain itu, ada juga beberapa pilihan nasi seperti nasi jagung, nasi merah, nasi kuning, dan tentu saja nasi putih. Dengan harganya yang cukup terjangkau dan porsi yang cukup banyak, dijamin mampu mengatasi rasa lapar di malam hari.

  • Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman, No. 26, Panderejo, Penganjuran, Banyuwangi
  • Jam buka: Pukul 07.00 – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp5.000

6. Rawon Bik Ati

Selanjutnya ada Rawon Bik Ati yang menjadi salah satu tempat kuliner malam Banyuwangi. Sejak berdiri pada tahun 1948 silam, warung Rawon Bik Ati kini telah memiliki empat cabang.

Di sini, tersedia beberapa macam rawon dengan kuah gurihnya yang khas. Mulai dari rawon biasa, paru, empal, lidah, limpa, hingga rawon buntut goreng.

  • Lokasi: Jalan A. Yani, Tukangkayu, Banyuwangi
  • Jam buka: Pukul 08.00 – 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp15.000

7. Nasi Cawuk Bu Mantih

Nasi cawuk merupakan salah satu makanan khas dari masyarakat Using asli Banyuwangi. Warung nasi cawuk yang paling terkenal di Banyuwangi yakni Nasi Cawuk Bu Mantih. Nasi cawuk sendiri merupakan campuran nasi dengan kuah dari parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar, lalu dicampur timur.

Ditambah dengan bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, dan sedikit asam, sehingga mampu menghasilkan citarasa pedas segar. Selain itu, ditambah lagi dengan kuah pindang khas Banyuwangi yang menciptakan tambahan sedikit manis yang nikmat.

  • Lokasi: Pancoran Kulon, Rogojampi, Banyuwangi
  • Jam buka: Pukul 06.00 – 01.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

8. Tahu Petis Pak Agus

rujak madura
Unsplash/Wherda Arsianto

Rekomendasi kuliner malam Banyuwangi terakhir ada Tahu Petis Pak Agus. Walaupun bukan makanan asli atau khas dari Banyuwangi, namun tidak salahnya untuk mencobanya ketika berada di kota ini. Tahu Petis Pak Agus memang sudah terkenal dan buka selama 24 jam penuh.

Tahu petis sendiri adalah hidangan berupa tahu goreng yang dilengkapi dengan petis udang. Makanan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan dan teman perjalanan Sedulur selama berada di Banyuwangi.

  • Lokasi: Jalan Yos Sudarso No.119, Banyuwangi, Banyuwangi
  • Jam buka: 24 Jam Penuh
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

Itulah deretan kuliner malam Banyuwangi yang sangat menarik untuk dicoba. Pastikan untuk mencoba semua kuliner malam yang lezat dan unik di atas selama mengunjungi Banyuwangi!

Ketika berwisata kuliner, Sedulur jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!