kuliner kediri

Kediri adalah kota di Jawa Timur dengan kuliner yang beragam, lezat, dan juga mampu menggugah selera para penikmat makanan. Terlebih lagi, keberadaan dari Bandara Internasional Dhoho Kediri belakangan ini makin menyita perhatian publik, khususnya para wisatawan serta pemburu kuliner Kediri.

Alhasil, kemudahan transportasi dan juga jangkauan yang makin luas, Kediri semakin sering dikunjungi banyak orang. Selain mengunjungi berbagai objek wisata yang ada, banyak dari mereka yang penasaran untuk menjajal kuliner Kediri yang ada.

BACA JUGA: 11 Tempat Kuliner Kawasan Ampel Surabaya yang Patut Dicoba

Kuliner Kediri yang Wajib Dicoba!

Bicara tentang kuliner Kediri, berikut ini ada beberapa makanan khas dari salah satu kota di Jawa Timur yang sering dikunjungi tersebut!

1. Tahu Takwa

kuliner kediri
Unsplash/Eiliv Aceron

Tahu Takwa adalah kuliner Kediri yang terbuat dari tahu dipotong kecil-kecil dan digoreng hingga crispy. Kemudian diberi bumbu kacang yang gurih dan sedikit pedas. Hidangan ini sering kali disajikan dengan irisan ketimun dan daun bawang sebagai pelengkapnya.

Di Kediri, Sedulur bisa menemukan berbagai tempat yang menjual Tahu Takwa, termasuk warung-warung tradisional dan pedagang kaki lima di sepanjang jalan. Hidangan ini biasanya tersedia dalam berbagai variasi, seperti Tahu Takwa goreng biasa atau Tahu Takwa isi.

2. Stik Tahu Kediri

Stik Tahu merupakan hidangan yang populer di Kediri. Hidangan ini terbuat dari adonan tahu yang dicampur dengan tepung terigu dan rempah-rempah, kemudian dibentuk seperti stik dan digoreng hingga kecoklatan dan crispy. Stik Tahu biasanya disajikan dengan sambal atau saus sebagai pelengkapnya.

Keunikan Stik Tahu terletak pada teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta cita rasa rempah-rempah yang khas. Hidangan ini sering menjadi pilihan camilan atau makanan ringan yang disukai oleh banyak orang.

3. Nasi Pecel Tumpang Pudakit

Nasi Pecel Tumpang Pudakit merupakan salah satu varian dari hidangan nasi pecel yang populer di daerah Kediri. Nasi pecel sendiri merupakan hidangan khas Jawa Timur yang terdiri dari nasi putih, yang disajikan dengan campuran sayuran dan kemudian disiram dengan bumbu kacang yang khas.

Nasi Pecel Tumpang Pudakit memiliki ciri khas tersendiri dalam penyajiannya, terutama dari segi bumbu kacang, sayuran yang digunakan, dan juga pelengkap lainnya. Ya, Nasi Pecel Tumpang Pudakit menjadi salah satu pilihan kuliner yang menarik di Kediri.

4. Gethuk Pisang Kediri

Gethuk Pisang adalah makanan khas tradisional dari Jawa Timur. Sesuai namanya, hidangan ini terbuat dari pisang yang dihaluskan, lalu dicampur dengan gula dan kelapa parut. Campuran ini kemudian dibentuk menjadi bulatan atau cetakan lainnya, lalu disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Keunikan Gethuk Pisang terletak pada rasa manis dan aroma pisang yang khas. Hidangan ini seringkali dijadikan sebagai makanan ringan atau camilan yang nikmat. Selain itu, Gethuk Pisang juga dianggap sebagai salah satu hidangan penutup yang lezat.

5. Bakso Barokah 313

Bakso Barokah 313 adalah salah satu warung bakso yang terkenal di daerah Kediri Timur. Ya, bakso memang menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia yang terdiri dari bola daging yang dimasak dalam kaldu, kemudian disajikan bersama mie, sayuran, dan tahu.

Bakso Barokah 313 terkenal karena kualitas bakso mereka yang sangat baik dan citarasa yang lezat. Alamat dari warung bakso legendaris di Kediri ini tidak jauh dari Stadion Brawijaya Kediri yaitu di jalan Letjend Suprapto 107/55.

BACA JUGA: Sego Sambel Cak Uut: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Menu

6. Soto Bok Ijo

kuliner kediri
Unsplash/Lampos Aritonang

Salah satu rekomendasi kuliner Kediri yang cukup terkenal dan juga telah melegenda adalah Soto Bok Ijo. Kedai soto yang sudah ada sejak 1969 ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni ayamnya yang telah dibakar dulu dengan kecap manis.

Ayam tersebut juga tidak disajikan satu dalam mangkuk soto, namun diletakkan pada mangkuk berukuran sedang secara terpisah. Harga Soto Bok Ijo yang berlokasi di Tamanan ini pun sangat terjangkau, dan buka dari pagi sampai dini hari.

7. Sate Bekicot

Sate Bekicot merupakan sate yang terbuat dari daging bekicot atau siput. Meskipun di beberapa daerah hidangan ini mungkin tidak umum, namun di Kediri sate ini menjadi salah satu hidangan yang unik dan juga cukup populer.

Daging bekicot sendiri memiliki tekstur yang unik dan cita rasa yang khas. Hidangan sate bekicot ini berpusat di desa Djengkol, Plosokaten, kabupaten Kediri. Atau lebih tepatnya berada tepat di sebelah tenggara dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

8. Depot Wilis Kediri

Rekomendasi kuliner Kediri selanjutnya adalah Depot Wilis Kediri, yang menyediakan kuliner atau menu-menu makanan jawa khas ala rumahan.

Menu yang tersedia seperti nasi rendang, nasi campur, soto, rawon, nasi bali, sop buntut dan masih banyak menu lainnya. Depot Wilis Kediri ini berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Nomor 41 kota Kediri.

9. Sego Tumpang

sego sambel cak uut
Unsplash/Aldrin Rachman

Sego Tumpang adalah hidangan yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk dan sayuran, seperti ayam goreng, tahu, tempe goreng, telur, sambal, dan lain sebagainya. Hidangan ini biasanya disajikan dalam satu piring besar dan bisa dinikmati bersama-sama oleh beberapa orang.

Itu hanyalah sebagian kecil dari banyaknya kuliner Kediri yang khas dan patut untuk dicoba. Jelajahi kuliner Kediri untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang menarik dan pastinya tidak akan pernah terlupakan.

Biar wisata kuliner makin seru, jangan lupa siapkan perbekalan air mineral ya. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menjadi teman mencicipi semua hidangan di atas.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!