9 Rekomendasi Kopitiam Malang Paling Hits Untuk Nongkrong!

Untuk saat ini, Malang tengah diserbu oleh tren kuliner kafe dengan konsep ala Singapura dan Malaysia, yang sangat populer. Salah satu tempat yang sedang naik daun adalah Kopitiam Malang. Kopitiam sendiri berarti kedai kopi dan sarapan tradisional, awalnya dikenal di Malaysia dan Singapura.

Di Indonesia, konsep semacam ini pertama kali populer di wilayah Bangka-Belitung, Riau, Bandar Lampung, Pekanbaru, dan Medan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kedai kopi dan sarapan bergaya Malaysia dan Singapura ini mulai berkembang pesat di Malang, khususnya di area perkotaan.

Nah, berikut ini ada daftar yang berisikan beberapa rekomendasi Kopitiam yang hits dan juga lezat untuk Sedulur coba selama berada di Malang!

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Tempat Makan Mie Ayam dan Pangsit di Malang

1. Shou Kopitiam

kopitiam malang
Unsplash/Vicky Gu

Pertama adalah Shou Kopitiam, tempat dimana Sedulur dapat menikmati beragam pilihan menu, mulai dari Kopi O, Kopi Butter, Kopi Guyu, Kopi Tarik, Milo Melayu, 3 Layer Tea, dan Terik. Untuk makanan, tersedia berbagai hidangan seperti Laksa Melayu, Kwee Tiau Seafood, Shumai, Fried Wonton, dan Toast.

Harga minuman bervariasi, mulai dari Rp5.000 hingga Rp19.000. Sementara untuk pilihan makanan berkisar antara Rp15.000 hingga Rp30.000. Dengan variasi menu yang beragam dan harga yang terjangkau, tempat ini menawarkan pengalaman kuliner yang memuaskan.

  • Alamat: Jalan Cengkeh No.15, Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0812-3223-2372
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 WIB – 22.30 WIB

2. Kopitiam Ijen

Ijen Kopitiam menawarkan dua pilihan lokasi, yaitu area indoor dan outdoor. Sehingga Sedulur dapat memilih sesuai dengan suasana yang diinginkan. Menu yang disajikan cukup beragam, dengan minuman favorit seperti Kopi Butter, es Milo, serta berbagai pilihan makanan khas Asia Tenggara.

Untuk harga, minuman berkisar antara Rp7.000 hingga Rp20.000. Sedangkan untuk makanan dibanderol mulai dari Rp12.000 hingga Rp28.000. Ya, Ijen Kopitiam adalah tempat yang tepat untuk menikmati hidangan lezat sambil menikmati suasana yang nyaman.

  • Alamat: Jalan Besar Ijen No.90-92, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0822-2655-2112
  • Jam buka: Senin – Minggu, 06.00 WIB – 00.00 WIB

3. Pengyu Kopitiam

Pengyu Kopitiam menghadirkan kombinasi menarik antara suasana yang nyaman dan menu yang menggugah selera. Merupakan hasil kolaborasi antara Depot Dua Legenda dan Toko Kopi Kongca, Pengyu Kopitiam menyajikan berbagai hidangan autentik yang memanjakan lidah sekaligus mata.

Menu andalan di sini mencakup roti gandum sarikaya butter, kopi butter, serta Mie Kwa yang menjadi signature dish mereka. Dengan harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000, Pengyu Kopitiam menawarkan pengalaman kuliner yang terjangkau namun memuaskan.

  • Alamat: Jalan Jenderal Basuki Rahmat No.6 C7, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 WIB – 22.00 WIB

4. Uncle Poeng Kopitiam

Uncle Poeng Kopitiam menawarkan pengalaman yang unik dibandingkan dengan kopitiam lainnya. Kafe Kopitiam Malang ini memberikan suasana yang berbeda dan autentik. Uncle Poeng Kopitiam menyajikan berbagai menu andalan yang menggugah selera.

Untuk minuman, Sedulur bisa mencoba Teh Liang, Kopi Butter, Teh Tarik, Kopi O, dan Wedang Rempah. Sedangkan menu makanannya mencakup Bahn Pho, Roti Bakar, Kwetiau, Wonton, dan Nasi Goreng. Harga menunya juga terjangkau, mulai dari Rp8.000 hingga Rp25.000.

  • Alamat: Kompleks Perkopian Pasar, Tawangmangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0852-3432-5666
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.30 WIB – 22.30 WIB

BACA JUGA: Jungle Cafe Trawas, Sensasi Wisata Kuliner dan Alam Jadi Satu

5. Laoban Kopitiam

kopitiam malang
Unsplash/Cyril Saulnier

Mengusung konsep kedai yang nyaman seperti di rumah, Laoban Kopitiam berhasil menarik banyak pengunjung ke tempatnya. Kopitiam Malang ini menawarkan suasana yang memikat dengan pilihan area duduk outdoor dan indoor yang Instagramable. Menu yang tersedia di Laoban Kopitiam sangat variatif.

Mulai dari Nasi Hainan, Kaya Butter Toast, Mie Laksa, hingga Nasi Lemak. Untuk minuman, ada Kopi Jahe, Kopi Susu Laoban, dan Milo Thailand. Dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp12.000, Laoban Kopitiam menawarkan pengalaman kuliner yang lezat tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

  • Alamat: Jalan Soekarno Hatta Indah No.17, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0856-5574-6893
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 WIB – 21.00 WIB

6. Niki Kopitiam Malang

Niki Kopitiam Malang menawarkan area indoor yang luas dengan banyak tempat duduk. Menu makanan yang tersedia mencakup Hotplate Kangkung Balacan, Kwetiauw Goreng Sapi, dan Nasi Ayam Saos Inggris, yang masing-masing disiapkan dengan cita rasa yang menggugah selera.

Untuk minuman, Niki Kopitiam menyediakan berbagai pilihan seperti Aneka Jus, Hot Ginger Tea, Ica Matcha, dan Kopi Tarik. Dengan rentang harga mulai dari Rp8.000 hingga Rp98.000, Niki Kopitiam Malang menawarkan pilihan kuliner yang bervariasi dan ramah di kantong.

  • Alamat: Jalan Bondowoso No.8, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 567388
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 WIB – 22.00 WIB

7. Toko Roti Cengli

Toko Roti Cengli menawarkan suasana oriental yang kental dengan bangunan berwarna merah dan dinding interior yang dipenuhi poster-poster menarik. Di sini, Sedulur bisa menikmati berbagai jenis roti seperti Roti Ayam, Roti Nougat, Roti Meises, serta Roti Kaya.

Untuk minuman, Toko Roti Cengli menyajikan pilihan seperti Kopi Tubruk, Kopi Cengli, Cokelat Pelangi, serta Es Orson Susu. Rentang harga di sini antara Rp8.000 hingga Rp100.000, sehingga Sedulur bisa mendapatkan berbagai pilihan roti dan minuman yang lezat dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Alamat: Jalan Borobudur No.26, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0897-1589-799
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 WIB – 22.00 WIB

8. Toko Kopi Kongca

Toko Kopi Kongca menawarkan suasana yang kental dengan nuansa oriental dan retro. Di kedai kopitiam Malang ini, Sedulur dapat menikmati berbagai hidangan seperti Bak Mee Goreng, Roti Kaya Butter, Roti Cokelat, Ngo Hiong, dan Mantou.

Untuk minuman, Toko Kopi Kongca menyediakan pilihan seperti Butter Coffee, Kopi Hitam Klasik, Jeruk Soda, dan Teh Kayu Manis. Dengan harga yang berkisar antara Rp6.000 hingga Rp18.000, tempat ini menawarkan kombinasi yang menarik antara harga terjangkau dan pengalaman kuliner yang autentik.

  • Alamat: Jalan Trunojoyo No.23, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0852-9111-5758
  • Jam buka: Senin – Minggu, 07.00 WIB – 22.00 WIB

9. Depot 2 Legenda

jungle cafe trawas kopitiam
Unsplash/Etienne Boulanger

Terakhir ada Depot 2 Legenda, yang menawarkan menu populer berupa nasi goreng ayam rempah. Selain itu, ada juga menu ayam kungpaw yang tidak boleh dilewatkan. Haraganya pun sangat terjangkau, berkisar antara Rp5.000 hingga Rp30.000.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi berkat kombinasi rasa makanan yang lezat, harga yang bersahabat, dan juga suasana yang unik. Di sini, Sedulur bisa merasa seperti berlibur di bawah pohon rindang sambil menikmati hidangan peranakan yang memadukan citarasa China dan Jawa.

  • Alamat: Jalan Diponegoro, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0813-3666-4002
  • Jam buka: Jumat – Sabtu, 07.00 WIB – 14.00 WIB

Bagi para penggemar kopi tradisional atau yang sedang mencari inovasi baru dalam setiap cangkirnya, rekomendasi kopitiam Malang di atas menjanjikan kepuasan dan kenikmatan. Jadi, saat Sedulur berada di Malang, pastikan untuk mampir ke salah satu kedai kopitiam tersebut.

Oia, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral di setiap momen berburu kuliner dan nongkrong ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.