cafe pasuruan

Pasuruan merupakan daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai objek wisatanya, seperti Taman Safari hingga Gunung Bromo. Namun di samping, ada banyak cafe Pasuruan yang recommended untuk Sedulur kunjungi bersama teman-teman atau keluarga.

Tidak hanya monoton, cafe-cafe di Pasuruan ini juga mempunyai konsep yang beragam. Mulai dari yang berkonsep natural, modern, bahkan yang Instagramable pun dapat Sedulur jumpai di daerah ini. Dijamin Sedulur akan menemukan cafe dengan menu dan suasana yang diinginkan.

Oleh sebab itu, simak beberapa rekomendasi cafe Pasuruan yang ada di bawah ini, dan tentukan cafe mana yang akan dikunjungi!

BACA JUGA: 32+ Rekomendasi Cafe di Madiun Terbaik yang Lagi Hits

1. Rumah Bunga Cafe & Resto

cafe pasuruan
Pixabay/Hoahoa111

Rumah Bunga Cafe & Resto terletak di dataran tinggi atau perbukitan dengan latar belakang hutan pinus dan sungai kecil, cafe ini menawarkan pengalaman bersantap sekaligus menikmati keindahan alam.

Terdapat beberapa spot selfie yang menarik dicoba seperti jembatan gantung, area tempat duduk dengan dekorasi bambu dan kayu, serta bangku dari ban bekas yang berwarna-warni. Sementara untuk menunya, ada steamboat, sop iga, dan ayam taliwang.

  • Alamat: Jalan Raya Nongkojajar, Sawiran, Dawuhan Sengon, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Jumat, 09.00 WIB – 19.00 WIB & Sabtu – Minggu, 08.00 WIB – 20.00 WIB
  • Harga: Rp10.000 – Rp35.000

2. Cafe E

Cafe E, salah satu cafe Pasuruan yang sedang banyak dibicarakan. Berada di kawasan pegunungan dengan udara sejuk, cafe ini menjadi tempat yang ideal untuk relaksasi. Interior kafe didesain dengan gaya modern minimalis yang memadukan area indoor dan outdoor.

Menu yang ditawarkan di Cafe E Pasuruan pun beragam, mulai dari ayam geprek, nasi goreng, bakso, chicken mentai, hingga berbagai pilihan pasta yang menggugah selera.

  • Alamat: Jalan Balai Dusun Karang Tengah, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp12.000 – Rp35.000

3. Grande Garden Cafe

Grande Garden Cafe bisa jadi pilihan sempurna bagi Sedulur yang mencari tempat makan keluarga di Pasuruan yang ramah anak. Cafe ini menawarkan fasilitas playground lengkap dengan perosotan yang pasti akan membuat anak-anak betah bermain.

Sesuai namanya, cafe ini dikelilingi oleh taman yang hijau dan asri. Menu yang harus dicoba di Grande Garden Cafe termasuk blukutuk udang, mangut lele, soup tomyam, dan chicken steak jamur.

  • Alamat: Jalan Kaliandra, Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Prigen – Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Jumat, 09.00 WIB – 21.00 WIB & Sabtu – Minggu, 08.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp6.000 – Rp80.000

4. The Olive Branch

The Olive Branch atau yang dikenal juga sebagai Rustic Market 4.0, memikat pengunjung dengan konsepnya yang unik. Rumah kayu bergaya Eropa memberikan nuansa alam yang menenangkan. Sementara interior indoor yang bergaya Mediterania dan Eropa menawarkan spot-spot foto yang menarik.

Menu The Olive Branch pun sangat beragam, mulai dari Korean beef bulgogi, lime honey chicken, fish n chips, grill salmon salsa, hingga berbagai pilihan pasta, pizza, dan steak.

  • Alamat: Taman Dayu, Pandaan-Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Jumat, 10.00 WIB – 21.00 WIB & Sabtu – Minggu, 07.00 WIB – 20.00 WIB
  • Harga: Rp25.000 – Rp295.000

5. Jalan Tengah Cafe

Jalan Tengah Cafe sering disebut sebagai hidden gem. Cafe ini menawarkan suasana yang homey, namun tetap asri dengan panorama sawah yang menawan. Pengunjung dapat menikmati berbagai spot foto menarik seperti ayunan, hammock, dan bean bag.

Menu kafe Jalan Tengah Pasuruan juga tak kalah menggoda, mulai dari Oxtail Soup, Battered Fish & Chips, Oxtail Fried Rice, Beef Kwetiau, hingga Sirloin Steak.

  • Alamat: Jalan Rajawali, Tembok Rejo, Purworejo, Pasuruan⁣⁣, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp12.000 – Rp120.000

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cafe Lumajang Terbaik yang Nyaman

6.  Kedai Hutan Cempaka

cafe pasuruan
Pixabay/Pexels

Kedai Hutan Cempaka menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung dengan lokasinya yang terletak di tengah hutan. Di sini, Sedulur dapat menikmati berbagai fasilitas lengkap seperti playground, trampoline, dan spot foto di jembatan gantung.

Nha, saat berkunjung ke Kedai Hutan Cempaka, disarankan untuk mencoba aneka wedang, tempe mendoan, serta hidangan berat seperti mie nyemek, nasi jagung, sayur lodeh, dan ayam goreng.

  • Alamat: Jalan Indrokilo Cempaka RT.07 RW.02 Gamoh, Dayurejo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Selasa – Jumat, 09.00 WIB – 21.00 WIB & Sabtu – Minggu, 08.00 WIB – 22.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 – Rp50.000

7. Matanai Coffe & Herbs

Matanai Coffee & Herbs merupakan sebuah kedai kopi yang menonjolkan keunikan bangunannya yang seluruhnya terbuat dari kayu, didekorasi dengan berbagai tanaman yang memperkuat kesan alami. Kedai ini menyajikan suasana alam yang menyejukkan.

Sedulur dapat memilih untuk di lantai bawah dengan bangunan yang estetis untuk yang menyukai ruang terbuka, atau di lantai dua untuk menikmati pemandangan dari ketinggian sambil diselimuti angin sejuk.

  • Alamat: Area Sawah/Kebun, Watuagung, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 – Rp25.000

8. Latar Ayem

Latar Ayem menghadirkan nuansa alam hijau yang menyegarkan. Nama cafe Pasuruan ini sendiri berasal dari bahasa Jawa, dengan “latar” yang berarti halaman dan “ayem” yang berarti tentram dan damai di hati.

Sesuai dengan namanya, kafe ini menghadirkan suasana adem ayem, seperti kembali ke kampung halaman yang tenang dan sejuk. Selain menikmati berbagai pilihan makanan dan minuman, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas seru seperti ATV, mini trail, berkuda, BMX, dan banyak lagi.

  • Alamat: Taman K Land Indonesia, Durensewu, Kecamatan Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 17.00 WIB
  • Harga: Rp25.000 – Rp50.000

9. Arunika Space and Heal

Arunika Space and Heal merupakan cafe Pasuruan tersembunyi yang menawarkan pengalaman unik. Suara alami sungai yang mengalir di sekitarnya menambah kesan damai dan nyaman. Kafe ini menawarkan berbagai menu tradisional, seperti nasi sambal terancam, yang menggugah selera.

Selain itu, tersedia juga menu grill yang cocok dinikmati bersama teman atau keluarga, menciptakan pengalaman santai yang tak terlupakan di Pasuruan.

  • Alamat: Jalan Arunika, Sekar Mojo, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
  • Harga: Rp8.000 – Rp50.000

10. Mbamble Coffee

Terakhir ada Mbamble Coffee, cafe Pasuruan yang menghadirkan konsep nuansa tradisional yang unik. Dengan bangunan berupa rumah kayu tradisional yang dilengkapi ornamen-ornamen jadul, kafe ini menawarkan atmosfer yang otentik dan memikat.

Menu-menu tradisional seperti nasi jagung, nasi bakar, dan pepes tongkol menjadi pilihan utama yang menggoda selera. Tidak ketinggalan, berbagai minuman rempah dan kopi khas juga tersedia.

  • Alamat: Jalan Kp. Baru, Kecepek, Sengonagun, Kecamatan Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 23.00 WIB
  • Harga: Rp8.000 – Rp25.000

Nah, itulah beberapa rekomendasi cafe Pasuruan yang bisa Sedulur kunjungi bersama teman-teman atau keluarga. Kira-kira cafe mana yang paling menarik perhatian? Silahkan tentukan sendiri ya.

Oia, biar suasana nongkrong dan ngumpul sama teman-teman bisa makin krezi , Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai teman nongkrong. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman ngobrol, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

Yumikrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.