13 Rekomendasi Bubur Ayam di Surabaya yang Paling Enak

Bubur ayam sering menjadi pilihan untuk menu sarapan yang tidak terlalu berat untuk banyak orang, tidak terkecuali di Surabaya. Walaupun termasuk ‘makanan ringan’, tapi seporsi bubur ayam di Surabaya sudah bisa memberikan energi pada tubuh untuk menjalankan aktivitas di pagi hari.

Jenis bubur ayam di Surabaya sendiri sebenarnya cukup beragam. Namun, kebanyakan bubur ayam disajikan dengan cakue, kacang tanah atau kedelai, kerupuk, bawang goreng, suwiran ayam, potongan kecil seledri, dan kuah. Sedulur juga bisa menambah beberapa topping mulai dari sate telur, sate usus hingga hati dan ampela ayam.

Sebenarnya tidak sulit menemukan bubur ayam di Surabaya yang enak dan lezat. Tapi biar Sedulur tidak bingung dan bisa menuju lokasi makan bubur ayam yang dekat, ada beberapa rekomendasi lokasi bubur ayam di Surabaya yang bisa dicoba. Penasaran dimana saja lokasinya? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Tempat Makan Dimsum di Surabaya Terfavorit

1. Bubur Ayam Mang Dudung

bubur suro
Unsplash/Fariz Albar

Bubur ini sudah sangat terkenal di kalangan pecinta bubur ayam di Surabaya. Pasalnya, Bubur Ayam Mang Dudung buka dari sore hingga dini hari. Cocok bagi Sedulur yang ingin menikmati makanan lezat di malam hari. Tapi bukan hanya itu saja yang membuat Bubur Ayam Mang Dudung begitu digemari. Melainkan ada tambahan telur rebus setengah matang yang menarik pelanggan. 

Pasalnya, telur rebus jarang dipakai sebagai topping bubur ayam Surabaya. Jika ingin tahu seperti apa rasanya, Sedulur harus mencobanya. Jika Sedulur tidak suka telur rebu setengah matang, Sedulur bisa memilih menu tanpa telur. Di sini, seporsi bubur ayam disajikan dengan kentang goreng, bawang goreng, dan seledri. 

Jika ingin yang lebih istimewa bisa menggunakan bahan tambahan ati ampela atau telur rebus setengah matang. Warung ini juga memiliki tiga cabang, jadi Sedulur bisa datang mana yang paling dekat.

  • Lokasi: Jalan Kedungdoro 105 Surabaya (18.00 hingga tengah malam), Aiola Eatery Jalan Slamet (09.00 hingga 22.00), dan Aiola Food Caravan Graha Fairground (10.00-23.00 WIB) 
  • Kisaran harga: Rp13.000-Rp20.000

2. Bubur Ayam Bang Rosi

Berbeda dengan yang lain, Bubur Ayam Bang Rosi buka 24 jam. Letaknya berada di kawasan Wiyun, Surabaya. Warung bubur ayam di Surabaya ini menyajikan bubur ayam dengan banyak lauk pauknya hanya dengan harga yang murah.

Sedulur juga juga bisa memesan bubur biasa atau polosan. Tambahkan sate usus seharga Rp2.500 dan telur puyuh rebus seharga Rp4.000 agar lebih nikmat.

  • Lokasi: Jalan Menganti Nomor 8A, Wiyung, Surabaya.
  • Kisaran harga: Rp16.000

3. Bubur Ayam Spensix “Bang Salim”

Bubur ini sebenarnya namanya Bang Salim, tapi orang menyebutnya Bubur Ayam Spensix karena letaknya di depan SMPN 6 Surabaya. Bubur ayam khas Bandung ini merupakan salah satu legenda bubur ayam di Surabaya. Bubur Ayam Spensix memiliki dua varian porsi, yakni jumbo dan reguler. 

Bagi tim sarapan yang ingin kenyang, direkomendasikan tim jumbo. Beragam menu lauk bisa Sedulur pilih, antara lain sate telur puyuh, sate kikil, usus, hati, ampela, dan telur asin. Warung bubur ini buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Dalam porsi bubur banyak irisan cakue dan ayam suwir. Selanjutnya banyak bawang goreng yang ditaburkan di atasnya. Cocok untuk yang suka bawang goreng, karena bubur jadi tambah nikmat.

  • Lokasi: Jalan Raya Gubeng Nomor 66, Gubeng, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp 14.000

4. Bubur Ayam Mang Endut

Bubur Ayam Mang Endut terletak di kawasan Kedungdoro, Tegal Sari. Warung ini buka 24 jam. Dalam satu porsi bubur, di dalamnya terdapat beberapa isian. Seperti cakue, suwiran ayam, bawang goreng, kulit pangsit, seledri. Untuk menambah kenikmatan, Sedulur bisa menambahkan kecap asin.

  • Lokasi: Jalan Kedungsari Nomor 43, Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp17.000

5. Bubur Ayam Bang Ali

Bubur Ayam Bang Ali berada di kawasan Tambaksari, Surabaya. Buka dari jam 5 pagi sampai jam 1 siang. Tempat makan populer ini memiliki kuah kuning lezat yang dibuat dengan bubur ayam yang lezat.

Harga per porsi bubur ayam juga sangat terjangkau. Selain bubur ayam, Sedulur juga bisa menikmati aneka gorengan seperti roti goreng, cakue, kue cucur, dan ote-ote mulai dari Rp6.000 saja.

  • Lokasi: Jalan Karang Gayam Nomor 5, Tambaksari, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp13.000.

6. Bubur Ayam Pak Didin Bandung

bubur ayam di surabaya
Unsplash/Pichara

Warung bubur ayam pinggir jalan ini menyajikan kerupuk untuk melengkapi santapan kamu. Semangkuk bubur ayam berisi bahan-bahan seperti ayam suwir, cakue, kacang goreng, dan sejumput bawang goreng.

Harganya juga murah. Bubur Ayam Pak Didin Bandung buka dari pukul jam 5 pagi hingga 10 malam. Jadi, Sedulur bisa datang untuk sarapan, makan siang, maupun malam.

  • Lokasi: Jalan Raya Menur Gang III Nomer 59A, Menur Pumpungan, Sukolilo, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp12.000

7. Ok Bubur Ayam Jakarta 46

Ok Bubur Ayam Jakarta 46 berada Jalan Raya Lontar, Sambikelep. Warung makan ini buka dari pagi mulai jam 6 pagi sampai 12 siang. Disarankan untuk datang sebelum siang agar Sedulur tidak kehabisan. Di sini buburnya memiliki banyak topping yang wajib dicoba dan harganya sangat terjangkau.

Selain itu, ada juga bubur ayam enak dengan abon sapi dengan harga Rp23.000. Itu bukan satu-satunya jenis bubur. Bubur ayam dengan telur rebus dari ayam kampung juga ada dengan harga sama Rp23.000. Jadi, Sedulur tinggal pilih mana yang sesuai selera.

  • Lokasi: Jalan Raya Lontar Nomor 210, Lontar, Sambikerep, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp16.000 untuk bubur ayam biasa

8. Bubur Ayam Pajajaran

Bubur ayam di sini layak mendapat predikat topping ayam terbaik. Soalnya bubur ayam di sini ditaburi suwiran ayam sampai meluap. Bahkan, Sedulur bisa dibuat bingung cara makannya agar topping tidak tumpah-tumpah. Hanya tinggal menunggu waktu saja, bubur ayam ini cepat habis. Jadi nggak heran jika bubur ayam Pajajaran menjadi best seller buryam alias bubur ayam di Surabaya.

Pengunjung dijamin tidak akan rugi dan otomatis kenyang. Sama seperti bubur ayam khas Bandung lainnya, bubur di sini disajikan tanpa kuah. Bedanya dengan bubur ayam lainnya, ada juga tambahan telur ayam rebus. 

Ya, tidak hanya enak, tapi juga kaya nutrisi. Tips makan Bubur Ayam Padjadjaran adalah makanlah dalam keadaan perut kosong agar tidak merasa kekenyangan. Warung ini buka dari Senin sampai Minggu, dari pukul 06.00 WIB-11.00 WIB.

  • Lokasi: Jalan Bendul Merisi No. 28, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp15.000

9. Bubur Ayam Parahyangan

Bubur ayam di sini terkenal dengan porsinya yang banyak dan harganya yang murah. Selain itu, pemiliknya tidak pelit untuk memberikan topping. Jika beruntung dan datangmu tidak kesiangan, Sedulur bisa meminta tambahan kulit ayam secara gratis. 

Tapi kulit ayam hanya khusus bagi pelanggan tetap yang tahu-tahu saja, jadi Sedulur harus bicara dulu kepada penjualnya. Bubur ini menjadi makanan pokok warga Surabaya yang bersekolah dan kuliah. Buka dari jam 6 pagi, namun sering kali tutup pada jam 8 pagi karena ramai pembeli. 

Oh iya, yang istimewa dari bubur ayam Parahyangan ini, penjualnya menggunakan kacang kedelai asli. Sangat tidak biasa makan bubur ayam dengan kacang kedelai. Jadi, rasanya menjadi semakin nikmat.

  • Lokasi: Jalan Pakis Tirtosari, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp13.000

10. Bubur Ayam Mama An

Pernah mencoba bubur ayam yang dimasak menggunakan jahe? Kalau berminat, silakan langsung ke bubur ayam Mama An! Di sini bubur ayamnya enak berbahan dasar jahe khas Surabaya. Jadi setelah makan bikin badan hangat. Cocok juga disantap ketika Sedulur sedang flu atau demam. 

Toppingnya bermacam-macam, ada ayam manis dan ayam asin. Ayam manis mirip dengan ayam pedas yang disajikan dalam mie ayam. Selain itu, ada potongan telur dadar di dalam bubur ayam. Sangat unik bukan? 

Bubur ayam Surabaya ini juga dilengkapi dengan kuah soto yang bisa langsung dicampurkan ke dalam buburnya. Cocok sekali bagi yang suka makan bubur ayam berkuah. Warung ini buka dari Senin sampai Minggu, pukul 05.00 WIB–22.00 WIB.

  • Lokasi: Jalan Gubeng Kertajaya IX Raya No. 68, Gubeng, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp25.000

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Kedai Kopitiam di Surabaya yang Paling Favorit

11. Bubur Ayam Bang Olan

bubur ayam di surabaya
Unsplash/Fariz Albar

Masih ngidam bubur ayam Surabaya dan toppingnya yang melimpah? Bubur Ayam Bang Olan yang ada di Wonokromo bisa Sedulur kunjungi. Rasa tongcainya yang nikmat membuat bubur ayam semakin lezat. Cita rasa bubur ayam di sini layaknya bubur di restoran, rasa gurihnya bukan dari micin maupun MSG. 

Rasanya sudah enak tanpa menambahkan bumbu apa pun. Porsinya juga cukup banyak. Karena jumlahnya banyak, hati-hati jangan sampai tumpah saat mengaduk buburnya. Kekentalan buburnya juga sangat pas, tidak terlalu encer.

Oleh karena itu, Sedulur tidak perlu khawatir bubur menjadi cair saat dibawa pulang. Warung ini buka dari Selasa sampai Minggu, dari pukul 07.00 WIB–11.00 WIB. Khusus hari Senin tutup.

  • Lokasi: Jalan Bratang Gede, Wonokromo, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp15.000

12. Bubur Ayam Elisabet Koe

Mau bubur ayam Surabaya dengan sambal pedas? Bubur Ayam Elisabet Koe wajib Sedulur coba. Dalam satu porsi bubur sudah diisi dengan ayam suwir, daun bawang, bawang goreng, cakue, dan kacang. Kerupuk disajikan terpisah agar bubur bisa diaduk rata.

Salah satu daya tarik dari bubur ayam ini adalah pilihan varian satenya. Di sini tersedia sate usus, sate ati ampela, dan sate telur puyuh yang dilumuri bumbu pedas. Rasanya dijamin sangat lezat! Warung ini buka Senin sampai Minggu, pukul 06.00 WIB–12.00 WIB.

  • Lokasi: Jalan Imam Bonjol, Tegalsari, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp15.000

13. Bubur Ayam 66

Kalau Sedulur sedang mencari bubur ayam dengan tekstur yang tidak encer, mampirlah ke Bubur Ayam 66 yang berlokasi di Pabean Cantikan. Karena tekstur buburnya padat, tidak perlu khawatir bubur menjadi cair saat dibawa pulang. Porsinya juga besar! 

Menu tambahan di Bubur Ayam 66 antara lain ceker ayam, sate telur puyuh, ati ampela, dan masih banyak lagi. Lauknya sempurna untuk sarapan! Untuk melengkapi menunya, Sedulur juga bisa memesan telur puyuh dengan saus tiram atau telur asin. Warung ini buka Senin sampai Minggu, pukul 06.00 WIB–12.00 WIB.

  • Lokasi: Jalan Johor No. 66, Pabean Cantikan, Surabaya
  • Kisaran harga: Rp20.000

Itulah tadi rekomendasi bubur ayam di Surabaya yang wajib Sedulur coba. Kalau dari daftar di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?

Oia, ketika berwisata kuliner, Sedulur juga jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!